Waktu Yang Tepat Posting di Media Sosial

Bagi anda sebagai seorang pengusaha kecil menengah, aktivitas di media sosial sudah pastilah sangat terbatas sekali. Barangkali anda bisa memposting dalam satu hari itu cuma satu atau dua kali. Beda dengan anda yang bisa aktif tiap waktu, barangkali tulisan ini tidaklah terlalu penting.

Nah, dengan postingan satu atau dua kali dalam sehari tersebut, anda tentu ingin mendapat perhatian maksimal dari follower agar mereka lebih tertarik dengan produk, makanya waktu posting menjadi sangat penting sekali. Untuk itu mari kita lanjut ke pembahasan, yaitu kapan waktu yang pas untuk memposting di media sosial anda, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+ dan Pinterest.

Pengertian Waktu Optimum Memposting di Media Sosial

Kapan pun anda membagikan sebuah konten di media sosial, apakah itu update status, membagikan gambar atau tautan dari blog anda, postingan tersebut haruslah pada waktu yang tepat. Yang sering kali tidak anda sadari adalah pengguna masing-masing media sosial mempunyai karakteristik tersendiri. Ada waktu-waktu tertentu dimana pengguna sebuah media sosial ramai dan ada waktunya lengang. Idealnya, postingan anda harus ditampilkan di saat ramai tersebut, sehingga post akan lebih terlihat di medsos.

Disini saya tidak hanya akan memperlihatkan kapan waktunya pengguna sebuah media sosial ramai dikunjungi tetapi juga kapan pengguna media sosial itu kurang dikunjungi. Adapun standarnya adalah berdasarkan jumlah transaksi kunjungan secara global.

Waktu Optimum Memposting di Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+ dan Pinterest

Waktu optimum biasanya berbeda-beda di tiap daerah di belahan dunia bahkan beda orang pun hasilnya tidak akan sama walau masih di satu lokasi, tetapi secara umum dapat digambarkan sebagai berikut:

Facebook

Waktu paling cocok adalah antara jam 1 siang hingga jam 4 sore dan sebaiknya hindari antara jam 8 malam hingga jam 8 pagi.

Trafik dimulai sejak jam 9 pagi, dan paling tinggi trafiknya adalah hari Rabu jam 3 sore. Trafik akan menurun setelah jam 4 sore dan hindari memposting di akhir pekan.

Twitter

Saat paling pas untuk memposting adalah antara jam 1 siang hingga jam 3, dan tidak pas antara jam 8 malam hingga jam 9 pagi.

Trafik dimulai setelah jam 11 pagi, dan waktu paling aktif adalah hari Senin hingga Kamis. Trafik turun setelah jam 3 sore dan hindari mempos setelah jam 3 sore di hari Jum’at.

LinkedIn

Untuk memposting, waktu terbaiknya adalah dari jam 7 pagi hingga jam 9 pagi atau jam 5 sore sampai jam 6. Hindari antara jam 10 malam hingga jam 6 pagi.

Trafik dimulai sebelum dan sesudah jam kerja dan waktu paling tinggi adalah hari Selasa hingga Kamis. Trafik menurun jam 9 pagi hingga jam 12 siang dan jam 1 siang hingga jam 5 sore. Hindari posting hari Senin dan Jum’at.

Google+

Waktu paling tepat antara jam 9 pagi hingga jam 11, dan jangan posting diantara jam 6 sore hingga jam 8 pagi.

Trafik mulai ramai setelah jam 9 pagi dan waktu paling tinggi trafiknya adalah di jam kerja. Trafik menurun setelah jam 5 sore dan hindari posting di malam hari.

Pinterest

Waktu paling tepat memposting adalah antara jam 2 siang hingga jam 4 sore atau jam 8 malam hingga jam 1 tengah malam dan hindari antara jam 5 sore hingga jam 7 sore.

Trafik mulai setelah jam 12 siang, dan waktu paling tinggi trafiknya adalah hari Sabtu di pagi hari. Trafik mulai turun setelah jam 5 sore dan hindari posting di sore hari.

Bagaimana Mengatur Waktu Posting?

Sebagaimana anda lihat, trafik akan berbeda di masing-masing media sosial. Facebook, Twitter dan Pinterest trafiknya lebih banyak di sore hari. Sementara LinkedIn dan Google+ biasanya memperoleh trafik di pagi hari. Bagaimana cara mengatur agar anda tidak kehilangan momen ini?

Langkah pertama adalah pergunakan tool berikut untuk mengatur aktifitas anda di media sosial :

a. AgoraPulse (Untuk Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Google+)

b. Post Planner (Facebook dan Twitter)

c. Tailwind (Pinterest)

d. Friends+Me (Google+)

Dengan AgoraPulse, anda bisa membuat sebuah update dan kemudian mengaturnya agar tampil di waktu yang telah ditentukan. Dengan demikian, anda bisa membuat update untuk laman Facebook di pagi hari, tetapi tampil di sore hari ketika trafik FB sedang meningkat. Dengan PostPlanner, Tailwind atau Friends+Me, anda bisa membuat posting kemudian masukkan ke dalam antrian agar tampil di waktu tertentu di media sosial berbeda.

Kedua, buatlah sebuah catatan kapan waktu ideal bagi anda untuk memposting di masing-masing media sosial yang anda ikuti. Anda dapat melakukan penelitian kecil-kecilan dengan memposting di waktu berbeda pada tiap-tiap media sosial tersebut.

Perlu juga diingat bahwa konten pun akan berpengaruh sangat besar terhadap tanggapan yang akan anda peroleh. Anda tidak bisa berharap akan memperoleh banyak tanggapan di Facebook hanya karena memposting di saat trafiknya sedang tinggi. Seluruh aktifitas anda di media sosial harus di desain untuk mengedukasi, entertain dan bersifat mengajak konsumen.

Jika anda membuat konten yang sangat bagus, kemudian memposting di saat yang tepat, maka ini akan memaksimalkan hasilnya. Artinya bahwa seluruh data di atas hanyalah sebagai landasan bagi bisnis dan aktifitas sosial anda. Mulailah beraktifitas di waktu tersebut dan lakukan eksperimen. Setelah didapat data, perhatikan kapan waktu yang tepat untuk masing-masing media sosial. Jika keaktifan anda hanya sekali atau dua kali sehari, akan lebih memudahkan untuk melihat hasilnya. Namun, jika anda posting lebih aktif, anda disarankan untuk menggunakan tool atau alat seperti AgoraPulse atau sejenisnya.

Silakan dicoba dan lihat, apakah anda bisa mendapatkan hasil lebih baik dengan memperbaiki waktu postingan. Apapun hasilnya, silakan sampaikan lewat komentar di bawah agar kita bisa berbagi pengalaman.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda