Verifikasi Akun Media Sosial Google+, Twitter, Facebook dan Youtube

Akun media sosial terverifikasi tampaknya menjadi trend sekarang ini. Twitter telah menggunakan fitur ini beberapa tahun yang lalu. Google+ juga menggunakan fitur ini sejak muncul di dunia internet. Sementara, Facebook dan Youtube baru mulai membuka diri untuk memberikan verifikasi terhadap akun penggunanya.

Lantas, apakah akun yang terverifikasi? dan apa keuntungannya?

Akun terverifikasi merupakan akun yang telah mempunyai tanda centang kecil atau badge di sebelah nama atau foto profil si pemilik akun media sosial. Tanda centang berguna untuk menentukan dan mengidentifikasi chanel resmi, profil, laman suatu bisnis atau tokoh masyarakat yang populer seperti selebriti dan sebagainya.

Tanda centang kecil menjadi sangat penting bagi tokoh masyarakat, selebriti atau merek dagang karena simbol centang merupakan lambang kebanggaan, menunjukkan bahwa orang atau merek dagang sangat berpengaruh dan sangat populer di media sosial. Selain itu juga menunjukkan bahwa tokoh atau merk itu terpercayai oleh masing-masing media sosial tersebut.

Nah, pada tulisan ini akan membahas bagaimana cara agar akun kita bisa mendapat verifikasi di masing-masing media sosial seperti Google+, Facebook, Twitter, dan Youtube.

Walaupun kita bukan seorang selebriti atau tokoh masyarakat, namun bukanlah mustahil bahwa kitapun akan mendapat tanda centang kecil yang menandakan bahwa kita adalah orang yang terpercaya oleh media sosial tersebut. Berikut kita bahas satu per satu.

Profil Google+

Dengan Google+, disamping fasilitas tanda verifikasi, juga menyediakan URL khusus bagi para penggunanya sehingga mudah dipergunakan dan diingat.

Contohnya, seperti akun Datuk Suhardi telah mempunyai URL khusus ini, yaitu google.com/+datuksuhardi. Untuk mendapatkan URL tersebut sangat gampang, syaratnya cukup dengan mempunyai beberapa ratus follower dan aktif dalam jangka waktu atau beberapa bulan, kemudian anda akan ditawarkan mengganti URL yang diberikan (biasanya dalam bentuk angka seperti google.com/93748232323) menjadi URL yang bisa anda tentukan sendiri.

Bagaimana dengan badge terverifikasi? Untuk mendapatkan verifikasi ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yaitu anda telah mempunyai banyak follower atau orang yang menambahkan anda ke dalam lingkarannya. Contohnya diatas 20.000 orang dan andapun mempunyai akun di media sosial lain (seperti di Facebook, dan Twitter) dengan nama dan foto profil yang sama.

Jumlah follower di media sosial lain itupun haruslah banyak juga (akan lebih gampang lagi kalau akun anda di Facebook dan Twitter tersebut telah terverifikasi).

Kita tidak bisa meminta kepada Google+ agar akun kita terverifikasi. Staf Google+ akan menghubungi dan memberitahukan bahwa akun tersebut sudah berhak mendapat badge verifikasi. Dia juga akan memberitahukan apa saja yang harus kita lakukan agar lambang verifikasi bisa muncul di samping profil.

Jika anda memang berniat untuk mendapat verifikasi dari Google+, berikut beberapa tip :

1. Akun kita telah populer dengan jumlah follower yang banyak. Jumlah follower ini tidak ada diumumkan secara resmi berapa jumlahnya oleh pihak Google+, diperkirakan sekitar 10.000 lebih.

2. Jangan pernah mempublikasikan postingan illegal.

3. Jangan pernah ditandai spam oleh pengguna akun lain.

4. Selalu aktif, lakukan selalu update status, dan selalu terlibat percakapan dalam kolom komentar.

Laman Google+ Business

Sama juga dengan akun sosial Google+, laman Google+ for Business dapat pula diverifikasi, dan mendapat centang kecil di sebelah nama atau photo profilnya.

Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan agar laman Google+ Business bisa terverifikasi, yaitu:

1. Laman Google+ harus terhubung dengan situs resmi perusahaan. Verifikasi ini juga diketahui dengan nama “Verifying Publishership”.

2. Pastikan bahwa laman Google+ Business namanya sama dengan nama perusahaan yang tercantum di laman website resmi perusahaan.

3. Buatlah brand tersebut menjadi populer dengan posting secara regular. Menurut Google kita harus mempunyai 1000 orang follower, baru bisa mengajukan permohonan verifikasi.

4. Setelah mempunyai jumlah follower yang cukup banyak, lakukanlah permintaan verifikasi dengan mengunjungi laman resminya.

5. Tandai di Google Map tempat atau lokasi toko atau kantor perusahaan.

Akun Twitter

Kalau dengan Twitter, URL akun anda akan langsung mempunyai nama unik anda sendiri pada saat pertama kali mendaftar. Sehingga nama akun akan lebih mudah dikenali.

Sama dengan Google+, akun Twitter yang telah terverifikasi akan mempunyai nilai tinggi di mata mesin pencari Twitter ketika mencari nama seseorang di kotak pencarian Twitter.

Beberapa rekomendasi yang harus dilakukan agar terverifikasi adalah :

1. Lekatkan tombol “follow” dari akun resmi Twitter pada situs resmi anda untuk memperoleh follower langsung dari website ofisial anda. Ini juga membantu pengguna dan staf Twitter untuk mengetahui pengguna asli akun Twitter di saat diverifikasi.

2. Masukkan situs resmi perusahaan pada profil.

Ada juga mengatakan bahwa jika kita promosi sebanyak 5000 dolar per bulan maka akun akan di verifikasi.
Jumlah follower tidak menjadi patokan agar dapat terverifikasi. Yang menjadi patokan adalah seberapa banyak orang di Twitter mencari anda. Semakin banyak orang yang melakukan pencarian mengenai anda, semakin besar peluang akun Twitter itu terverifikasi.

Agar dapat terverifikasi, anda harus menjadi pengguna yang banyak dicari dalam bidang musik, akting, fesyen, pemerintahan, politik, agama, jurnalisme, media, olahraga, bisnis, dan bidang minat utama lainnya. Oleh karena itu, tingkatkan kepopuleran anda dan tingkatkan follower di Twitter agar dapat terverifikasi.

Ada hal yang perlu diingat selama akun tersebut terverifikasi, yaitu jangan pernah rubah informasi apapun di akun tersebut. Jika dirobah, Twitter akan membatalkan verifikasi akun tersebut dan anda harus menunggu peninjauan agar terverifikasi kembali.

Akun Facebook

Program verifikasi Facebook mulai diluncurkan pada tahun 2013. Adapun akun yang dapat diverifikasi adalah akun yang telah mempunyai follower yang banyak dan aktif bersosialisasi. Setelah dirasa cukup oleh Facebook, maka anda akan dihubungi untuk diverifikasi.

Akun Youtube

Sama saja dengan media sosial diatas, Youtube juga memberikan badge. Ketika kita menemukan sebuah saluran atau chanel milik seorang selebriti atau orang terkenal yang telah terverifikasi, bisa dipastikan bahwa saluran itu merupakan saluran resmi mereka.

Cara Mendapatkan Verifikasi di Youtube

1. Anda telah mempunyai profil Google+ atau laman yang telah terverifikasi.

2. Pastikan bahwa website resmi anda telah terhubung dengan akun Youtube.

3. Jumlah follower sudah cukup banyak dan aktif.

Kesimpulan

Dari penjabaran di atas, bisa disimpulkan beberapa langkah agar akun dapat terverifikasi adalah dengan :

1. Buatlah website pribadi dengan URL nama anda, yang menceritakan tentang diri kita sendiri dan selalu update dengan artikel terbaru mengenai kegiatan sehari-hari sehingga jumlah viewnya cukup banyak.

2. Buatlah akun di beberapa media sosial yang dituju dan aktif di sana.

3. Nama website dan nama akun di seluruh media sosial tersebut sama. Data-datanya pun sama pula seperti alamat, tempat kerja, hobi dan sebagainya.

4. Photo profil di seluruh media diatas sama pula.

5. Tautkan website anda dengan seluruh media sosial yang diikuti.

Demikian beberapa cara agar akun terverifikasi di media sosial seperti Google+, Twitter, Facebook dan Youtube. Semoga bermanfaat.

Silakan sampaikan komentar Anda