Update Google Terbaru September 2016, Penguin 4.0 dan Possum

google-penguin-updateJika anda memperhatikan pemeringkatan di Google pada bulan September 2016, terutama situs yang telah mempunyai page view tinggi, barangkali anda akan terkaget-kaget karena grafiknya sangat drastis berubah. Sejak awal September, pakar SEO telah melihat perubahan ini. Peringkat situs naik dan turun, demikian juga dengan hasil pencarian terhadap situs lokal, ada juga pergerakan 404 di webmaster dan banyak lainnya lagi.

Untuk itu, melalui tulisan ini, saya akan membahas bagaimana sebenarnya kejadian yang terjadi saat ini di Google. Berikut pembahasannya.

Update Google dan Pergerakan Fluktuasi Dimulai pada Awal Bulan September

Di awal bulan September, alat monitor pergerakan SERP menunjukkan perubahan besar di mesin pencari, tepatnya di tanggal 1 hingga 3 2016. Tool ini biasanya mengukur seberapa besar perubahan terjadi dalam keseharian sebuah situs. Tak pelak lagi, hasil SERP berubah beberapa kali dalam sehari, dan pergerakannya tidak seperti biasanya. Namun Google menyangkal seluruh pertanyaan ini dengan fluktuasi tersebut merupakan hal biasa saja.

Kejadian ini sepertinya berhubungan langsung dengan perubahan terhadap hasil pencarian secara lokal, dimana perubahan ini pun berdampak di seluruh dunia. Biasanya Google melakukan perubahan terhadap updatenya berdasarkan negara, tetapi kali ini beda.

Setelah saya baca di Search Engine Land, ada tulisan Joy Hawkins yang menjelaskan kejadian ini, dan dia menyebut perubahan yang terjadi sekarang dengan Google Possum.

Pada dasarnya dia menyampaikan bahwa:

1. Perusahaan yang lokasinya tidak di tengah kota sekarang akan lebih meningkat di mesin pencari.

Dulu, jika ingin tampil di mesin pencari bagi sebuah perusahaan, kantornya atau lokasinya harus berada sedekat mungkin dengan pusat kota agar dapat memperoleh keuntungan lokasi di mesin pencari. Sekarang sudah tidak lagi. Bagi pemilik usaha yang agak jauh dari pusat kota pun akan diberlakukan sama.

2. Google akan menyaring hasil pencarian jika ada dua atau lebih perusahaan mempunyai alamat sama.

Nah, yang satu ini merupakan kerugian sangat besar bagi sebuah perusahaan yang mempunyai alamat usaha atau berbagi kantor dengan perusahaan lain karena akan di saring oleh Google dan dipilih salah satunya saja.

3. Lokasi si pencari/IP menjadi lebih penting.

Jika anda memeriksa ketertampakan usaha di Google dengan menggunakan alat pelacak secara internasional akan berbeda hasilnya jika anda menggunakan alat pelacakan yang IP addressnya berdekatan dengan tempat usaha atau menggunakan fitur lokal.

4. Kata kunci berbentuk phrase yang panjang, hasilnya akan berbeda.

Hasil berbeda akan ditampilkan bagi beberapa fariasi kata kunci, kota dan negara.

5. Pencarian Lokal dan Organik akan Berbeda.

Biasanya, jika anda diranking bagus di hasil pencarian maka di dalam peta pun akan bagus juga. Tetapi sekarang tidak lagi karena bisa jadi anda di hasil pencarian tidak muncul atau ada di halaman kedua atau ketiga, tetapi ketika dilakukan pencarian di peta atau map maka hasilnya akan berbeda.

Update Google Penguin 4.0

Seperti disebutkan di atas, bahwa pergerakan fluktuasi SERP di awal September telah dibantah oleh pihak Google. Namun, dugaan para pakar ternyata benar, bahwa Google sedang melakukan sebuah percobaan terhadap salah satu algoritma mereka yaitu Penguin. Hal tersebut terbukti benar karena pada tanggal 23 September 2016, Google mengumumkan update terbaru terhadap algoritma Penguin mereka.

Seperti disampaikan pada blog Webmaster Central mereka, Google mengkonfirmasi bahwa Penguin sekarang telah menjadi bagian dari algoritma inti Google. Berbeda dengan Penguin sebelumnya, dia merupakan program terpisah dan tersendiri, tetapi sekarang telah tergabung dengan mesin pencari itu sendiri. Berikut perubahan yang harus diketahui.

1. Updatenya akan real time

Kalau dulu, jika sebuah situs kena penalti atau hukuman dari Penguin, anda harus menunggu hingga ada update terbaru dari Penguin setelah pemilik situs tersebut memperbaiki kesalahannya. Masalahnya, update itu bisa berlangsung hingga 2 tahun. Artinya, anda harus menunggu selama 2 atau hingga ada update baru dari Penguin. Tetapi sekarang tidak, karena sudah real time. Jika anda di pentung Penguin dan segera memperbaikinya maka sewaktu Penguin mencek atau merayapi kembali situs tersebut, Penguin akan segera mencabut hukumannya. Jadi tidak perlu harus menunggu lama agar hukuman tadi hilang.

2. Hanya halaman yang kena pentung saja akan berdampak terhadap hukuman Penguin

Ini merupakan berita bagus karena situs secara keseluruhan tidak akan dihukum. Artinya, jika salah satu halaman kena hukum Penguin, maka halaman lainnya yang tidak terkena hukum dan masih akan tampil baik di mesin pencari serta berkemungkinan tampil di halaman pertama masih bisa seperti biasanya.

Update kali ini tidak seperti update terdahulu, dimana ketika salah satu halaman kena hukum maka seluruh halaman yang ada di situs itu pun akan kena imbas dari pentungan tadi. Dengan kata lain, Google tetap konsisten terhadap situs yang tampil lebih natural dan cocok dengan apa yang di inginkan oleh penggunanya melalui kata kunci.

Yang harus dilakukan ketika anda kena imbas dari perubahan ini adalah:

Pertama, jangan terlalu dicemaskan perubahan terhadap fluktuasi yang terjadi saat sekarang karena perbaikan terhadap algoritma Penguin masih berjalan dan masih dalam tahap penyempurnaan.

Kedua, jika ada halaman yang terlalu dioptimisasi di anchor textnya, anda harus segera memperbaikinya dan hapus tautan yang mempunyai kualitas rendah dan buatlah anchor text tersebut senatural mungkin.

Barangkali sekarang merupakan saat yang tepat untuk memeriksa anchor text melalui ahrefs site explorer dan bersihkan tautan yang tidak seharusnya ada atau bangun tautan berkualitas tinggi.

Untuk menanggapi perubahan ini, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian, yaitu:

Pertama, dalam pencarian lokal, Google masih menghubungkan antara peta lokal dan organik. Makanya anda harus fokus tidak hanya meningkatkan ranking di petanya saja tetapi juga harus mengoptimisasi situs dan teruslah membangun tautan.

Kedua, perangkat mobile masih sangat penting, makanya pastikan situs anda dapat tampil baik di pencarian melalui perangkat bergerak ini seperti smartphone, tablet dan lain sebagainya. Seperti telah diumumkan dahulu, Google akan menghukum situs yang memiliki popups di tampilan mobile, maka pastikan tidak ada popups di situs anda untuk pencarian mobile (tetapi untuk komputer atau laptop masih tidak ada masalah).

Terakhir, tetaplah membangun link building secara natural. Anchor text masih sangat berperan dalam perankingan situs.

Kesimpulan

Google masih akan terus berubah seiring waktu, untuk itu anda harus selalu up to date dalam hal ini agar dapat bertahan di halaman pertama mesin pencari. Jika perlu, mintalah saran orang yang lebih mengetahui masalah Google ini. Jangan pernah malu bertanya.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

2 thoughts on “Update Google Terbaru September 2016, Penguin 4.0 dan Possum

  1. terimakasih atas ilmunya pak , pantesan halaman web saya banyak yang turun, jadi intinya sekarang para blogger mesti update terus ya pak tapi sebisa mungkin harus natural dan tidak boleh menerapkan seo secara berlebihan

  2. Betul pak, karena hukumannya akan langsung terasa

Silakan sampaikan komentar Anda