Tour Petunjuk Antarmuka Google Analytics

Beginner 2.1

Akun/Properti/Penukar Tampilan

Jika anda memiliki beberapa akun, properti, atau setingan view, anda bisa dengan mudah menukarnya dengan mengklik menu pulldown dengan judul dari masing-masing View di bagian sudut atas kiri.

Ketika anda membuka pemanggil akun, anda bisa memilih dengan akun, properti, atau view. Anda juga bisa mencarinya berdasarkan namanya. Untuk menutup pemanggil akun ini cukup dengan mengklik sembarang di luar tampilan pemanggil akun ini.

Ikon Pemberitahuan

Dengan mengklik ikon lonceng di bagian atas kanan sebagai alat pemberitahuan di properti dan view Google Analytics.

Menu Pemberitahuan

Dengan mengklik gambar lonceng akan menunjukkan daftar dari seluruh pemberitahuan. Ini akan termasuk data yang tidak dikumpulkan dengan benar atau setingan yang harus diperbaiki dan dioptimalkan. Untuk menutup menu pemberitahuan, klik sembarang tempat di luar kotak pemberitahuan.

Seting, Umpan Balik dan Bantuan

Di bagian kanan atas tampilan layar Analytics, ada beberapa ikon, yaitu:

  • Sembilan titik persegi, berguna untuk menukar rangkaian alat pada Google Analytics.
  • Tiga titik vertikal berguna untuk mengedit setingan pengguna, mengirim umpan balik ke Google Analytics, atau melakukan pencarian artikel bantuan.
  • Ikon pengguna untuk menukar pengguna Analytics antar organisasi atau perusahaan.
  • Dan ikon terakhir berguna untuk menukar akun Google atau keluar dari Analytics.

Mencari Laporan

Untuk menemukan sebuah laporan, anda dapat menuliskan nama laporan yang ingin dicari di bar pencarian di bagian kiri atas tampilan navigasi.

Kustomisasi

Bagian kustomisasi ini berguna untuk membuat laporan secara khusus dan spesifik untuk bisnis anda. Bagian ini akan dibahas pada pelajaran tingkat lanjut.

Navigasi bagian kiri

Untuk menavigasi antar laporan, anda bisa menggunakan tombol navigasi di bagian kiri layar. Dengan mengklik tiap bagian akan menunjukkan laporan dari masing-masingnya.

Laporan Real-time

Laporan real-time akan menunjukkan bagaimana kebiasaan pengguna di saat itu juga termasuk dari mana pengguna datangnya dan apakah mereka melakukan pembelian atau tidak.

Laporan Pemirsa

Laporan pemirsa akan menunjukkan karakteristik pengguna seperti umur dan jenis kelamin, dari mana mereka menemukan situs, kesukaan mereka, bagaimana interaksinya, apakah mereka baru menemukan situs anda atau telah berkunjung ke situs sebelumnya, dan teknologi apa saja yang mereka pergunakan.

Laporan Akuisisi

Laporan akuisisi menunjukkan kanal mana (seperti iklan atau kampanye pemasaran) yang membawa mereka ke situs anda. Laporan ini termasuk beberapa kanal pemasaran seperti:

  • Organik atau pencarian berbayar.
  • CPC (cost per click atau pencarian berbayar)
  • Referal (trafik yang datang dari situs lain).
  • Social (trafik dari media sosial)
  • Atau “Other” (sebuah grup yang folume trafiknya sedikit sekali).

Laporan Kebiasaan Pengguna

Laporan kebiasaan menunjukkan bagaimana para pengguna berinteraksi di situs anda termasuk halaman mana saja yang mereka lihat dan dari halaman mana mereka keluar dari situs. Dengan beberapa penerapan tambahan, anda bahkan bisa melacak apa saja yang mereka cari di situs anda dan dimana mereka berinteraksi dengan elemen spesifik.

Laporan Konversi

Pada laporan konversi anda bisa melacak tujuan situs berdasarkan tujuan perusahaan.

Admin

Bagian admin terdiri atas seting Google Analytics seperti izin pengguna, kode pelacakan, seting view dan filter.

Penutup Navigasi

Pergunakan pointer ini untuk menciutkan tampilan navitasi sehingga anda memperoleh tempat lebih untuk laporan anda.

 

Sumber:

Tour : https://analytics.google.com/analytics/academy/course/6/unit/2/lesson/1

Teks : https://support.google.com/analytics/answer/6382998

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda