Tips Sukses Bisnis Online

Bagi para pebisnis online, tentu ingin mendapat uang cepat melalui blog, media sosial dan media digital lainnya. Dengan demikian mereka bisa membuka lowongan kerja bagi yang lain.

Tip berikut saya ambil dari berbagai sumber dan dibagi atas beberapa bagian, yaitu: Optimisasi Situs, Menulis blog, Membangun blog, Branding, Meningkatkan Trafik,Pemasaran Melalui Email, Media Sosial, Monetisasi,

Optimisasi Situs dan Pengalaman Pengguna

  1. Ketika ngeblog, jangan hanya memberi sekedar informasi saja, tetapi fokuslah terhadap transformasi.

  2. Kelompokkan konten dalam beberapa kategori dan letakkan di halaman utama.

  3. Buatlah sebuah daftar isi bagi audien agar memudahkan mereka mengetahui isi seluruh postingan blog dan akan meningkatkan trafik.

  4. Tampilan blog jangan terlalu ramai. Ketika seseorang berkunjung ke situs yang penuh dengan iklan, tag cloud, komentar, recent post, tautan ke produk, tautan ke posting favorit, dan banyak lagi jenis sidebar dan footer di sebuah halaman, si pembaca akan memperoleh kesan bahwa anda tidak mempunyai ide yang jelas tentang apa yang ingin disampaikan.

  5. Buatlah sebuah archive page atau halaman utama. Disana anda dapat mengarahkan pengunjung baru ke konten terbaik anda.

  6. Kategori dan tags harus disertakan dengan wajar di blog, dan buatlah sebuah gambar kreatif untuk mengoptimisasi postingan itu di Pinterest, selain di Facebook dan Instagram.

  7. Ada empat hal yang harus ditambahkan di bagian bawah blog, yaitu tautan sosial media, tombol pilihan, konten populer dan sebuah bar pencarian.

  8. Sewaktu anda melakukan podcast, barangkali server situs tidak akan bisa menampung trafik yang datang, untuk itu gunakanlah host podcast seperti Libsyn atau Blubrry.

  9. Aturlah laporan Google Analytic untuk menghemat waktu anda.

  10. Pergunakan plugin Wordfence untuk menscan virus atau malwaver yang mungkin menginfeksi file blog. Selalu pastikan blog anda aman dari serangan virus dan gangguan lainnya.

Menulis blog

  1. Temukan konten yang telah menghasilkan banyak tautan, dan kemudian buatlah tulisan yang lebih baik dari konten tersebut.

  2. Buatlah konten yang tidak akan lengkang oleh waktu yaitu konten yang selalu dibutuhkan oleh semua orang kapanpun. Keuntungan menulis konten seperti ini adalah anda selalu bisa mempublikasikannya kembali walaupun sudah lama anda menulisnya dan masih relevan di saat itu.

  3. Judul tulisan haruslah memiliki 2 karakteristik, yaitu: harus berisi kata kunci untuk tujuan SEO dan bisa menarik minat pembaca untuk mengklik laman tersebut.

  4. Jika anda kehabisan ide menulis, carilah ilham menggunakan catatan kecil. Tulislah ide yang muncul di benak anda, tempelkan di dinding kamar dan buatlah ide itu se kreatif mungkin. Kategorikan ide tersebut menggunakan warna kertas berbeda.

  5. Jika ingin nyaman ketika membuat sebuah video, pencahayaan ruangan harus cukup karena akan meningkatkan semangat anda dalam berkarya.

  6. Jangan terlalu dipusingkan berapa banyak tulisan yang harus di buat dalam jangka waktu tertentu. Fokuslah selalu terhadap kualitas tulisan dibandingkan kuantitas.

  7. Paragraf panjang akan lebih sulit dibaca dibandingkan paragraf pendek. Usahakanlah paragraf yang anda buat sependek dan seefektif mungkin.

  8. Proses pembuatan tulisan haruslah sesuai dengan langkah pembuatan tulisan agar tidak ngambang.

  9. Buatlah tulisan berbentuk studi kasus, tulisan bersambung, cara mengerjakan sesuatu, dan tulisan lainnya yang paling banyak dicari oleh pengguna internet.

  10. Perhatikan pertanyaan atau komentar pembaca karena dari sana anda bisa memperoleh ide tentang tulisan berikutnya.

  11. Kurangi jumlah tulisan yang kurang berbobot, fokuslah membuat tulisan yang berkualitas dan kaya informasi.

Membangun blog

  1. Tentukan topik blog, temukan 5 hingga 10 orang berpengaruh dan berpengalaman dalam topik tersebut, lantas jalin hubungan baik dengan mereka.

  2. Temukan topik apa yang belum ada di internet dan kemudian buatlah tulisan yang dapat mengisi kekosongan tersebut.

  3. Jelaskan siapa yang akan membutuhkan blog anda, dengan demikian anda bisa menarik minat mereka untuk membeli produk atau menggunakan jasa anda.

  4. Jika anda ingin dikenal di suatu bidang tertentu, jangan sekali-kali berpindah-pindah topik pembahasan di blog (alias membuat blog gado-gado).

  5. Mengertilah target audien dan bangun kepercayaan mereka terhadap anda.

  6. Jangan buat blog gado-gado, tentukan apa yang menjadi keahlian anda dan tuangkan dalam blog.

Branding

  1. Jenis blog sangat penting.

  2. Merek anda merupakan gambaran dari perusahaan secara keseluruhan. Anda adalah sebuah merek dagang. Anda harus memikirkan apa yang membuat anda bersemangat tiap hari? Bagaimana bisnis anda tampak berbeda dibandingkan bisnis sejenis? Kenapa anda melakukan yang sedang anda lakukan saat ini?

  3. Jika ingin membangun usaha anda, jadilah orang yang suka menolong dan mempunyai kepribadian menyenangkan.

  4. Tentukan cara menjual yang unik sehingga jualan anda selalu berada di depan.

  5. Desain web harus seimbang antara bentuk dan fungsinya. Temukan cara agar pengunjung akan merasa senang ketika mengunjungi blog.

  6. Jangan lupa pergunakan email marketing. Anda dapat melakukan hal ini dengan menggunakan templat email tertentu, disana terdapat logo perusahaan, tambahkan ikon media sosial dan isi email itu sendiri. Hubungi mereka secara berkala melalui email.

  7. Blog anda harus berisi kebenaran, baik itu tentang diri anda maupun pokok pikiran dari tulisan tersebut.

  8. Pergunakan WP image border untuk membuat border gambar di dashboard WordPress.

  9. Untuk membuat grafik, pergunakan Picmonkey atau Canva.

Meningkatkan Trafik

  1. Jika ingin diranking di halaman pertama, buatlah sebuah situs yang bermanfaat bagi pengguna dan tulislah konten berkualitas. Karena mesin pencari hanya akan menampilkan hasil terbaik di hasil pencariannya.

  2. Buatlah tulisan yang mencakup seluruh aspek dari topik pembahasan secara lebih terperinci, terhubung dengan influencer dan berikan konten berkualitas bagi pembaca.

  3. Ketika menulis di blog orang lain, selalu tambahkan tulisan tersebut dengan contoh nyata karena akan membuat tulisan tersebut lebih relevan dan berkualitas.

  4. Buatlah judul dan alt text di tiap gambar ketika mengupload, dengan demikian Google dapat mengenali gambar tersebut.

  5. Ketika menulis untuk blog besar, sertakan tautan ke halaman tentang pribadi anda.

  6. Cobalah menulis di Huffingtonpost

  7. Jika ingin trafik meningkat drastis, cobalah ikuti beberapa webinar yang diikuti juga oleh kompetitor anda.

  8. Jika anda hanya mempunyai satu blog, perkaya dengan menggunakan berbagai medium seperti webinar, podcast, guestposts, PDF dan lain sebagainya.

  9. Pergunakan Upviral untuk membuat rantai referral.

  10. Gunakan Triberr, dimana para pemilik blog saling membagikan postingan blog.

  11. Jangan pernah takut bertanya dan menghubungi orang lebih ahli dari anda. Biasanya mereka akan sangat suka sekali untuk membantu siapapun.

  12. Mulailah mendengar apa yang audien anda katakan.

  13. Mendapatkan pengunjung awalnya seperti tetesan air. Dia datang satu-satu, tetapi akan berlanjut seperti bola salju yang semakin lama semakin besar seiring berlalunya waktu.

Pemasaran Melalui Email

  1. Pergunakan media agar pengunjung dapat mendaftar di blog melalui email mereka.

  2. Ada empat tipe email, yaitu RSS to email, Round-up, email bertujuan membangun hubungan baik, dan email penjualan.

  3. Agar email anda tidak dianggap spam, pastikan di dalam email tersebut tidak ada kata-kata bernuansa jualan.

  4. Pergunakan email untuk bisnis, karena dia bersifat personal, cepat, lebih terfokus, dan jangkauannya luas.

  5. Perhatikan kata yang disampaikan sewaktu mengirim email. Jika pemilihan katanya salah akan berdampak negatif terhadap imej pembaca.

Media Sosial

  1. Jika anda mempunyai sebuah grup di Facebook dan ingin orang  yang berpengaruh di Facebook bergabung dengan grup tersebut, jangan pernah malu untuk meminta mereka bergabung.

  2. Pergunakan Woobox untuk menambahkan tab media sosial di halaman Facebook.

  3. Berikan izin kepada anggota untuk melakukan live stream di grup tersebut, dengan demikian akan menambah nilai grup dan meningkatkan persahabatan sesama anggota.

  4. Gunakan conversion box untuk meningkatkan like di FB. Dia berbentuk popup kecil di bagian bawah kanan blog, meminta orang untuk menyukai laman Facebook.

  5. Lakukan 3 hingga 10 kali tweet di Twitter. Waktunya sebar di antara pagi, siang , sore dan malam.

  6. Gabung dengan Twitter Cards, sehingga anda akan memperoleh informasi lebih detail tentang cuitan anda.

  7. Selalu retweet orang yang setopik dengan anda.

  8. Untuk Pinterest, buatlah pin anda lebih panjang dari pada biasanya agar terlihat lebih jelas dibandingkan yang lain.

  9. Buatlah gambar baru untuk postingan lama anda, kemudian pin ulang.

  10. Pergunakan Jquery Pin It, untuk memperjelas gambar dan tombol pin it di gambar.

  11. Gambar di Instagram harus saling mengisi dan seimbang.

  12. Dimensi gambar di Instagram adalah 640px x 640px

  13. Gunakan IFTTT atau tool lainnya agar bisa mengotomatiskan beberapa tindakan di blog.

Monetisasi

  1. Jangan terlalu berharap terhadap Google Ads untuk memperoleh hasil maksimal.

  2. Buatlah pembelajaran mengenai email/beberapa seri video bagi pembaca anda, beri mereka pengetahuan baru dan sampaikan penawaran anda beberapa kali untuk bergabung atau belajar langsung dari anda.

  3. Jika posting anda adalah tautan afiliate, laman disclaimer harus berada di bagian atas blog, tidak di bagian bawah.

  4. Selalu periksa secara berkala postingan lama yang telah populer dimasanya, jika memungkinkan lakukan promosi ulang terhadap blog tersebut.

  5. Tulislah sesuatu yang bisa menghasilkan uang.

  6. Jangan takut menjual sesuatu di halaman utama blog.

  7. Sewaktu mempromosikan produk dengan cara afiliasi, anda harus menjelaskan produk itu dengan jelas.

  8. Selalu menjadi orang yang terpercaya karena calon pelanggan takut rugi dan ditipu. Tiap detail di blog anda akan sangat berpengaruh terhadap keputusan mereka.

Tulisan lain: Tool untuk bisnis online dan mitosnya.

Entrepreneur

  1. Bisnis butuh investasi. Tidak ada yang gratis di muka bumi ini.

  2. Jika anda bermasalah dengan disiplin, lakukan hal spesifik di waktu tertentu.

  3. Jangan pernah berhenti berusaha karena para blogger top selalu bangun ketika mereka jatuh dan mencoba kembali.

  4. Blogging sebenarnya tentang hubungan baik. Tulislah sebuah tulisan yang diperlukan oleh orang banyak, beri mereka sesuatu dengan gratis namun bermanfaat, buat email list dan bangun fans yang loyal. Itulah caranya memperoleh uang di internet.

  5. Jangan tulis tentang strategi yang anda dengar dari orang lain. Tulislah pengalaman anda sendiri.

  6. Jangan pernah ambil foto di Google image karena akan bermasalah dengan hak cipta.

  7. Pertimbangkan penghasilan yang didapat dari pekerjaan sampingan ketika ingin berhenti dari pekerjaan tetap anda.

  8. Jadikan menulis menjadi rutinitas sehari-hari.

  9. Kenapa anda sering gagal sebagai blogger? Karena blog anda tidak mempunyai tujuan yang jelas.

Akan menyenangkan sekali jika anda dapat menambahkan beberapa pengalaman di komentar.

Silakan sampaikan komentar Anda