Tips Komunitas Google Plus

Tulisan berikut ini tentang bagaimana tips sewaktu anda menjadi anggota di sebuah komunitas google plus. Di beberapa komunitas ada sebuah peraturan biasanya telah ditetapkan oleh si pemilik komunitas atau adminnya. Walau tidak seluruh komunitas menetapkan peraturannya secara ketat, tetapi ada baiknya mengetahui secara umum apa dan bagaimana mengikuti sebuah komunitas di google plus.

Baca dan Ikuti Petunjuk Komunitas

Anda akan menemukan petunjuk mengenai komunitas pada bagian “About this community”. Aturan ini jangan pernah dilanggar karena bagi pemilik dan moderator, aturan ini adalah hal yang sangat serius. Anda bahkan di keluarkan jika tidak mengikuti aturan ini dan Google akan mencatat bahwa anda mempunyai catatan yang buruk.

Jangan Tentang Anda Saja

Fokuslah menjadi sumber ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Berkomentarlah pada sebuah postingan dan jawablah beberapa pertanyaan yang diposting oleh anggota komunitas lainnya.

Tambahkan Pendapat Anda Ketika Memposting Sebuah Tautan

Anda harus menjelaskan kenapa informasi ini akan berguna bagi anggota komunitas lainnya. Jika anda memposting tautan yang sama di beberapa komunitas, hubungkan postingan anda tersebut. Ini akan membantu anda agar jangan dianggap spam sehingga kontribusi anda akan lebih bernilai.

Jangan Abaikan Kategori Sewaktu Memposting

Komunitas biasanya mempunyai beberapa kategori. Dengan memposting pada kategori yang tepat akan memudahkan bagi anggota lainnya untuk melihatnya dan menjaga komunitas tersebut tertata rapi.

Gunakanlah Komunitas Sebagai Sumber Daya

Bacalah postingan yang terdahulu, lalu tanyakanlah sebuah pertanyaan, maka anda akan takjub karena anda akan cepat mendapatkan jawaban, bahkan mungkin lebih pas dari pada menggunakan mesin pencari Google.

Jangan Posting Hal yang Tidak Relevan

Komunitas ada bermacam-macam, maka pastikan anda memposting konten yang relevan dengan komunitas yang anda ikuti. Terkadang, jika adminnya sangat ketat, maka tulisan anda akan ditandai sebagai spam. Ini tidak akan bagus bagi akun anda, karena bisa di ban oleh Google.

Rubahlah Setting anda maka postingan komunitas anda tidak muncul pada halaman profil.

Hal ini menjadi sangat perlu jika anda bergabung pada beberapa komunitas. Jika postingan komunitas anda muncul, akibatnya halaman profil anda akan dipenuhi oleh konten yang banyak sekali. Untuk menghilangkannya, pergi ke Setting, Profile dan hilangkan centang pada “Show your Google+ communities posts on the Posts tab of your Google+ profile”.

Jangan Tinggalkan Postingan Anda

Kebanyakan anggota sebuah komunitas adalah orang yang aktif, orang-orang ini ingin berbincang-bincang dengan anda tentang apa yang anda posting. Tetap fokus terhadap topik, karena inilah yang membuat komunitas Google Plus menjadi unik dan lebih bernilai.

Buatlah Sebuah Komunitas

Jika anda tidak menemukan komunitas yang cocok, maka saatnya anda berperan dan buatlah sebuah komunitas tersebut. Hal ini tidak saja menjadikan anda sebagai pemilik, tetapi juga akan memberi anda sumberdaya yang sangat luar biasa dari orang-orang yang seide dengan anda.

Jangan Takut Untuk Berpendapat

Jika anda mempunyai sebuah pendapat yang perlu dikatakan, maka jangan ragu untuk terlibat dalam sebuah percakapan. Buatlah pendapat anda didengar, walaupun anda tidak sehebat mereka yang diluar sana.

Dengan melakukan hal diatas, anda dapat memulai menjadi orang yang berharga pada sebuah komunitas di Google Plus. Seperti halnya di tiap media sosial, jika anda mendengar, berinteraksi dan berbagi, anda akan membuka diri anda kepada kemungkinan yang tidak terbatas.

Semoga bermanfaat

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda