Tips Fotografi Untuk Website

Para pemilik situs biasanya akan mengkombinasikan berbagai bidang keahlian sewaktu membuat sebuah desain web online. Bidang keahlian itu antara lain pengembang web, SEO, pemasaran, penulis dan bahkan fotografi. Pemilik usaha kecil dan menengah dan situs personal menggunakan foto untuk menyampaikan sebuah pesan bagi pengunjung situsnya.

Sementara, kualitas sebuah foto akan berdampak besar terhadap pesan yang ingin disampaikan. Itulah sebabnya tulisan ini dibuat, agar anda memperoleh tips bagaimana menggunakan foto yang tepat dan bagus untuk desain situs.

Foto berkualitas bagus akan memperindah tampilan website dan pengalaman pengunjung secara keseluruhan. Sementara, gambar berkualitas rendah atau tidak pas akan memberi kesan tidak bagus dan akan menghancurkan persepsi seseorang terhadap website secara keseluruhan. Itulah alasannya kenapa dalam proses pemilihan foto akan berperan besar dan krusial di setiap pembuatan website.

Fotonya Harus Cocok Dengan Topik Pembahasan

Selalulah membuat foto yang masuk akal. Gambar yang relefan merupakan hal paling krusial dalam setiap tulisan. Sebagai contoh, situs mengenai restoran tentunya akan menampilkan gambar mengenai interior atau eksterior restoran, atau foto sewaktu orang sedang ramai makan di sana dan foto lainnya yang berhubungan dengan tema restoran (gambar menu favorit, misalnya).

Dengan demikian, foto-foto tersebut akan memberikan gambaran terhadap pengunjung tentang makanan apa saja yang tersaji di sana atau gambaran tentang suasana restoran tersebut. Intinya, anda harus menggunakan foto yang otentik dan jelas serta sesuai dengan jenis website.

Jangan Sampai Ada Ruang Kosong

Photo jaman dulu biasanya mempunyai latar belakang kosong, warna latar belakang itu umumnya berwarna hitam atau putih. Tampilan foto seperti ini akan berkesan hanya untuk ‘jualan’. Jika situs anda bertujuan untuk ecommerce barangkali tidak ada masalah, tetapi walaupun demikian cobalah hindari latar belakang yang kosong.

Pengunjung akan dengan mudah mengenali teknik ini dan ketika membaca konten atau tulisan anda maka mereka akan memperoleh kesan anda sedang berusaha untuk menjual sesuatu.

Memotret dengan cara profesional merupakan cara terbaik untuk mengatur bagaimana photo itu tidak ada ruang kosong, tetapi gambarnya jangan sampai ada salah satu objek di foto tersebut terlalu dominan.

Komposisi Gambar Tidak Normal

Foto biasanya akan fokus di tengah, tetapi tidak selalu gambar seperti ini akan cocok dengan pesan yang ingin disampaikan. Cobalah mengambil foto dari berbagai sudut sehingga fokusnya akan muncul di samping atau di salah satu sudutnya. Jika anda masih ragu bagaimana bentuk tampilan foto seperti ini, bisa dilihat di produk-produk situs Etsy, dimana mereka menampilkan produk dari beberapa sudut pandang.

Teknik lainnya adalah dengan memblurkan bagian belakang sementara bagian depannya lebih fokus. Dengan demikian akan membuat perhatian kita akan tertuju ke bagian tertentu dari foto dan komposisinya lebih dinamis.
Intinya adalah hindari apa yang anda fikirkan seharusnya normal.

Anda akan bisa mengetahui sebuah foto itu bagus atau tidak ketika melihatnya, tetapi terkadang tidak bisa mengatakan dengan tepat kenapa foto itu dikatakan bagus. Itulah anda harus bermain dengan komposisi warna dan cobalah mainkan fokus foto, kedalaman gambar dan tempat objek yang akan difoto.

Tampilan Harus Melebar

Kebanyakan situs kontennya berbentuk paragraf sehingga bentuknya lebih lebar daripada memanjang. Ini dikarenakan kebanyakan monitor komputer tampilannya lebih lebar dari pada memanjang. Orang akan menggulirkan layar ke bawah untuk melihat konten-konten lainnya.

Dengan photo yang lebih lebar orang dapat dengan cepat melihat gambar secara keseluruhan ketika tampil di layar tanpa harus menggulirkannya ke bawah. Cara ini juga akan memberikan lebih banyak ruang bagi konten lainnya. Foto dengan tampilan memanjang sebenarnya tidak ada masalah, cuma akan memakan tempat sewaktu tampil di monitor dan orang harus menggulirkan layar ke bawah sewaktu ingin melihat gambar secara utuh.

Referensi Situs Foto

Jika anda tidak bisa atau tidak ingin bersusah payah membuat foto sendiri, maka anda bisa mencari stok foto secara online. Berikut saya akan sampaikan beberapa tempat yang bisa anda jadikan sebagai bahan dasar untuk foto website.

Pexels

Ketika menginginkan foto-foto berkualitas cukup bagus, silakan kunjungi Pexels. Di sana terdapat berbagai jenis foto, mulai foto pemandangan, makanan dan segala macamnya. Rata-rata berkualitas tinggi. Fitur pencariannya cukup mudah dengan menggunakan tag dan kategori di tiap fotonya. Lisensi foto berlisensi CCO, sehingga foto itu bebas digunakan untuk didownload, dimodifikasi, ditambah, dikurang bahkan dapat digunakan untuk tujuan komersil. Namun demikian anda bisa memberikan sedikit donasi jika menginginkannya.

Unsplash

Unsplash merupakan stok foto gratis paling terkenal dan terfavorit di dunia. Situs ini dijalankan oleh para penggunanya dengan sukarela. Mereka secara teratur menambahkan fitur pencarian dan mereka bahkan menerbitkan Buku Unsplash untuk para fan.

StockSnap

Di situs StockSnap, anda akan menemukan foto baru tiap minggunya. Mereka memiliki variasi foto yang cukup banyak seperti situs-situs lain yang saya ulas di tulisan ini. StockSnap cukup gampang digunakan, tampilannya sangat bagus serta seluruh foto berkualitas tinggi dan gratis.

Itulah tiga situs berbagi foto gratis di internet dan saya yakin anda tidak akan kecewa ketika berkunjung dan melihat koleksi mereka. Sebagai tambahan, berikut situs foto gratis lainnya.

Gratisography

Pixabay

FindA.Photo

Magdeleine

Fancy Crave

Apapun pilihan anda, apakah akan menggunakan foto sendiri atau menggunakan foto gratisan melalui internet, tips foto di atas harusnya bisa memberikan tambahan wawasan kepada anda tentang elemen di tiap foto yang akan digunakan.

Tidak ada cara gampang untuk mengerti bagaimana filosofi fotografi tanpa mempraktekkannya langsung. Itulah sebabnya saya sangat merekomendasikan untuk membuat foto sendiri dan mempraktekkan tip fotografi di atas.

Jika anda mempunyai pengalaman mengenai fotografi sewaktu membuat situs atau tulisan, silakan sampaikan melalui komentar, sehingga dapat berbagi pengalaman dan memperkaya tulisan ini.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda