Tip Beriklan di Media Sosial

Dalam sebuah perusahaan, beriklan merupakan suatu keharusan agar bisa lebih cepat dikenal oleh calon konsumen. Banyak perusahaan, terutama perusahaan besar, menghabiskan ratusan juta untuk biaya iklan. Mereka beriklan dengan berbagai media, seperti televisi, spanduk, internet dan sebagainya.

Bagaimana dengan perusahaan kecil yang mempunyai biaya yang terbatas? Berapapun biaya iklan yang dianggarkan sebuah perusahaan, yang terpenting adalah bagaimana mereka membelanjakan anggaran yang telah ditetapkan tersebut.

Disini penulis akan memberikan beberapa petunjuk, yang didapat dari berbagai sumber, yang bisa dipergunakan bagi perusahaan yang mempunyai biaya iklan yang terbatas, anggaplah seratus dolar, untuk beriklan di media sosial.

Buget rata-rata beriklan di media sosial

Sebelum masuk ke pokok pembahasan, alangkah baiknya kita lihat berapa banyak biaya yang dianggarkan oleh perusahaan seluruh dunia dalam memasarkan barangnya di media sosial.

Menurut The Content Factory, perusahaan rata-rata menghabiskan 200 hingga 350 dolar per hari.

Duke School of Business menemukan bahwa besaran biaya beriklan di media sosial terus meningkat dan diperkirakan akan menjadi 13 persen di tahun-tahun mendatang. Bahkan perkiraan mereka mengatakan bahwa biaya ini akan terus meningkat mencapai 21 persen pada lima tahun ke depan.

Salah satu kualifikasi utama yang perlu diperhatikan untuk membelanjakan 100 dolar di media sosial adalah apa niche dan calon pelanggan yang dituju, karena tiap niche mempunyai tingkat persaingan yang berbeda.

Berikut rencana-rencana yang mungkin bisa dipertimbangkan.

Rencana A : biaya iklan yang all-in-one

Desain/grafis/photo – 40 dolar

Dengan desain situs yang bagus akan mempunyai dampak yang besar di media sosial, karena gambar merupakan faktor terpenting untuk mengoptimalkan kesan pelanggan terhadap perusahaan. Oleh karena itulah tampilan visual mendapatkan porsi besar, yaitu 40% dari total biaya.

Gambar yang dibutuhkan adalah:

– Foto cover untuk seluruh profil di media sosial

– gambar profil yang mentereng, untuk foto wajah (bagi professional) atau logo (untuk sebuah perusahaan).

– Ikon dan photo yang menggunakan gambar pada konten media sosial.

Di internet sudah tersedia banyak alat edit photo agar terlihat lebih bagus. Perkiraan penulis, anda tidak membutuhkan biaya untuk mengedit photo tersebut. Bisa dilakukan sendiri.

Namun jika anda butuh tool yang lebih bagus, berikut anggaran biaya yang bisa dipakai, yaitu:

a. Biaya langganan Death to the Stock Photo (10 dolar per bulan) – Dengan berlangganan tool ini, kita bisa menggunakan seluruh photo dari photographer profesional yang tersedia di sana.

b. Fiverr untuk desain (15 dolar) – Fiverr dibutuhkan untuk mendesain foto dan mempunyai fitur yang lengkap untuk membuat gambar dan logo.

c. Creative Market, IconFinder dan The Noun Project (15 dolar) – Ketiga situs ini merupakan pasar bagi desainer untuk menjual hasil karya mereka. IconFinder dan The oun Project pasar bagi penjual ikon, harganya dua dolar untuk satu buah ikon. Creative Market menjual ikon, tema situs, template, photo, grafis dan hal lainnya yang telah digabung menjadi satu set.

Pengiklanan/ 30 dolar

Jika telah memulai beriklan di media sosial dan meningkatkan follower anda di sana, mulailah untuk beriklan. Anda bisa menghabiskan masing-masing 15 dolar di Facebook dan Twitter.

– Facebook, Menurut Moz, dengan 1 dolar per hari akan meningkatkan follower hingga 4000 orang hingga akan mendapatkan lebih banyak view.

– Twitter, dengan sedolar sehari akan meningkatkan klik yang didapat.

Membuat Skedul Posting – 10 dolar

Untuk menghemat waktu dalam memposting di media sosial, ada alat yang bisa digunakan yaitu Buffer. Anda bisa membuat banyak posting dalam satu waktu, namun tidak langsung diterbitkan. Dengan Bufer bisa diatur kapan posting tersebut diterbitkan di masing-masing media sosial yang anda inginkan. Misalnya pada jam 7 pagi anda buat 10 buah postingan, lantas di set tayangnya yaitu jam 8 pagi, 10.00, 12.00, 14.00, 16.00, 18.00, 20.00, 21.00, 22.00 dan jam 23.00.

Riset Audien – gratis

Kunci utama tentang media sosial adalah mendengarkan apa yang dibicarakan di internet. Apa yang mereka inginkan, masalah mereka, hal-hal favorit mereka. Kita harus menemukan audien potensial, berinteraksi dengan mereka, menanyakan apa yang mereka sukai dan memecahkan masalah mereka.

Banyak tool yang bisa digunakan, yaitu:

– Followerwonk bagi pengguna Twitter (gratis) – Alat ini berguna untuk mengetahui lebih dalam mengenai follower, dimana mereka tinggal, kapan mereka aktif. Fersi basic nya gratis, tetapi jika menjadi pro akan berbiaya sebesar 99 dolar per bulan.

– Facebook Audience Insights (gratis) – Berguna untuk memilah audien berdasarkan lokasi, umur dan jenis kelamin, kesukaan, laman yang disukai dan lain sebagainya.

– Typeform untuk membuat survey (gratis) – Buatlah sebuah survey dengan alat ini agar lebih mengetahui audien dengan lebih baik.

Analytics – 10 dolar

Dasbor media sosial seperti Buffer, Hootsuite, Sprout Social, dan sebagainya, telah ada analitiknya walau tidak terlalu mendalam. Jika masih menginginkan analytic yang lebih, bisa digunakan:

– Chartbeat – 10 dolar per bulan. Menganalisa dengan real time. Direkomendasikan bagi situs yang telah cukup besar dan mempunyai jumlah pengunjung yang telah cukup banyak.

– SumAll gratis. Untuk mengetahui apakah yang dilakukan di media sosial sekarang ini telah bagus atau tidak.

Sharing buttons – 10 dolar. Berguna untuk memudahkan dalam membagikan tulisan yang telah dibuat. Di blog Buffer, ada plugin untuk WordPress gratis bernama Digg Digg WordPress Plugin. Jika ingin lebih, bisa menggunakan Flare (9 dolar per bulan) atau SumoMe (10 dolar per bulan).

Rencana B : Investasikan dalam Bentuk Edukasi

Bentuk investasi ini adalah anda belajar sendiri mengenai bagaimana cara beriklan di media sosial.
Adapun media bacaan yang bisa anda dapatkan dengan membeli dan membaca buku-buku atau ebook yang berhubungan dengan mengiklankan produk di media sosial.

Buku bisa didapatkan di toko-toko buku yang tersebar di seluruh pelosok negeri, sementara ebook bisa didapatkan dengan memesan dari situs yang dipercaya.

Selain membaca buku, juga bisa bergabung dengan berbagai komunitas yang terdapat di berbagai media sosial.

Ajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai permasalahan yang sedang dihadapi dan dapatkan jawaban yang mungkin bisa membantu dalam memecahkan masalah tersebut.

Jika anda bisa berbahasa Inggris, daftar forum berikut akan bisa membantu:

– Inbound.org

– Growth Hackers

– Quibb

– Miscellaneous resources

– Primer

– Rainmaker.fm podcasts

Rencana C : Fokus ke Iklan

Jika anda telah berhasil dalam mengembangkan media sosial seperti telah melakukan skedul posting yang teratur, kontennya sudah bagus, dan sebagainya, dan ingin meningkatkan lebih banyak lagi pemirsa dengan beriklan, maka pilihan berikut bisa digunakan.

Facebook ads – 40 dolar

Dengan beriklan di Facebook, ada banyak cara mengkampanyekan iklan, yaitu:

– Interaction : Iklan dan konten berada di homepage dan user bisa berinteraksi seperti biasa.

– Reach : Meningkatkan jangkauan ke konsumen potensial, dimana mereka bisa berinteraksi dengan memberikan komentar, berbagi kesukaan, dan lain-lain.

– Follower : Berguna untuk meningkatkan jumlah follower sehingga meningkatkan visibilitas produk secara signifikan.

Twitter ads – 40 dolar

Sama dengan Facebook, Twitter juga memberikan beberapa alternative untuk beriklan, seperti:

– Meningkatkan jumlah follower

– Menambah jumlah klik

– Lebih banyak me retweet, favorites, replies

– Mengarahkan klik ke aplikasi kepunyaan anda.

LinkedIn – 20 dolar

LinkedIn mempunyai cara yang mirip dengan Facebook dalam beriklan.

Kesimpulan

1. Pergunakan uang pada hal yang tidak bisa anda kuasai

Jika anda tidak mempunyai keahlian di satu bagian dalam beriklan di media sosial, maka sewalah orang yang ahli untuk melakukannya.

2. Pergunakan uang untuk kegiatan yang paling banyak menyita waktu

Waktu adalah uang. Waktu sangat berharga, terutama jika anda melakukan semuanya sendirian. Coba perhatikan apa yang paling banyak menyita waktu anda, maka pergunakanlah uang yang ada untuk membuatnya lebih mudah.

3. Pergunakanlah uang jika bisa menghasilkan lebih banyak

Maksudnya adalah pergunakanlah uang tersebut hanya pada aktivitas yang mempunyai dampak langsung terhadap tujuan beriklan yaitu transaksi. Jika menghabiskan 100 dolar di bulan ini, maka fikirkanlah bagaimana caranya agar di bulan depan bisa mendapatkan kembali minimal 100 dolar juga agar bisa beriklan kembali.

Demikian sedikit mengenai cara beriklan di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Jika ada kekurangan atau tambahan beserta koreksi, silakan tambahkan di kolom komentar, untuk menambah wawasan penulis beserta seluruh pembaca.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda