Tiga Kesalahan Pemasaran Melalui Media Sosial Yang Harus Dihindari

Semua orang akan sepakat bahwa pemasaran melalui media sosial merupakan sebuah keharusan bagi seluruh bidang usaha. Tantangan dalam pemasaran melalui media sosial ini adalah bagaimana menggunakannya secara efektif untuk membantu perkembangan usaha tersebut, dengan cara menghindari salah langkah yang akan membuang waktu dan usaha yang telah dilaksanakan menjadi sia-sia belaka.
Untuk memastikan bahwa usaha dalam memasarkan produk melalui media sosial berhasil, harap hindari kesalahan terbesar yang dilakukan oleh sebagian besar pengusaha sewaktu melakukan pemasaran melalui media sosial berikut ini.

1. Melakukan Pemasaran Melalui Media Sosial Tanpa Ada Mengatur Strategi Terlebih Dahulu

Seperti layaknya pemasaran melalui media lain, memiliki strategi yang jelas merupakan hal terpenting. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang saat ini sangat merasa nyaman dengan media sosial dalam kehidupan mereka sehari-hari, mereka umumnya membuat kesalahan karena tidak memiliki strategi dan perencanaan mendasar agar pemasaran tersebut menjadi berhasil.
Cara terpendek dalam bersaing dalam persaingan pemasaran secara efektif adalah dengan membangun follower, berkomunikasi secara efektif dengan mereka dan meningkatkan loyalitas konsumen merupakan tujuan umum dalam pemasaran melalui media sosial ini.
Anda harus memutuskan apa saja yang menjadi tujuan utama perusahaan, dan menjelaskannya kepada setiap orang yang terlibat di dalam tim pemasaran. Kemudian fokuslah kepada keputusan tersebut dan lakukan usaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan tujuan tersebut.
Usaha yang dilakukan pada pemasaran melalui media sosial biasanya tidak akan berhasil tanpa adanya strategi jangka pendek dan jangka panjang yang mengarah pada elemen kunci seperti riset audien, pendapat mereka, perencanaan konten yang akan ditampilkan, efen kegiatan yang tersusun secara sistematis, interaksi dengan audien dan pengukuran perencanaan yang matang, seluruh sumber daya ini akan membuat semua elemen akan terwujud.
Rekomendasi: Membangun strategi pemasaran melalui media sosial adalah dengan memikirkan tentang tujuan utama, bagaimana anda meriset audien, taktik yang akan diterapkan, metrik apa saja yang akan digunakan untuk mengevaluasi pencapaian dalam suatu rentang waktu, siapa yang akan bertanggung jawab pada tiap aspek kegiatan, dan seberapa banyak waktu yang harus disisihkan.
Anda harus menetapkan seorang yang memegang kunci pada pemasaran ini, dimana dia akan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dan melaporkannya ke manajemen seluruh perkembangan pemasaran.

2. Jangan Terlalu Berlebihan

Sebagai seorang penjual, anda tentu faham bahwa menggunakan platform media sosial yang sudah besar seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, LinkedIn dan media sosial lainnya sangat penting dilakukan secara efektif, terutama bagi perusahaan kecil dan menengah.
Dengan memahami audien di seluruh platform, membangun follower, berkomunikasi dengan para pelanggan dan menggunakan canel tersebut untuk meningkatkan kekuatan merek membutuhkan strategi, perencanaan, pola fikir yang kreatif dan kerja keras merupakan kunci keberhasilan.
Dengan menggunakan beberapa canel media sosial tadi merupakan sebuah kesempatan untuk meningkatkan keberhasilan anda secara lebih cepat.  Tetapi dengan jujur dapat saya sampaikan, walaupun anda mendedikasikan seluruh waktu, tenaga dan fikiran terhadap pemasaran melalui media sosial ini, tidak akan cukup efektif jika menggunakan seluruhnya, tetapi cukup pergunakan satu atau dua media sosial saja.
Oleh karenanya, saya merekomendasikan anda cukup memilik satu atau dua platform saja. Pilihlah platform media sosial yang paling relevan dengan calon pelanggan yang anda tuju. Kemudian habiskan minimal setengah tahun untuk fokus kepada media sosial tersebut. Berikan waktu seluas-luasnya untuk mengerti terhadap tiap-tiap platform media sosial tadi, temukan bagaimana cara berinteraksi terbaik dengan pelanggan di media sosial tersebut, cobalah untuk mendiskusikannya dan persiapkan sebuah perencanaan bagaimana menggunakan platform tadi dan kemudian implementasikan rencana tersebut.
Setelah anda mengerti beberapa platform tadi dan telah bisa diterima disana, barulah mulai mempertimbangkan untuk menggunakan media lainnya dan pastikan anda telah memiliki sumber daya manusia yang memadai untuk menjalankan pemasaran melalui masing-masing media sosial tersebut.

3. Menganggap Media Sosial Sebagai Media Promosi

Aspek paling penting dari media sosial adalah bersosialisasi. Sangat mengejutkan sekali jika melihat beberapa perusahaan besar sepertinya tidak mengerti tentang fungsi dasar dari media sosial ini.
Kalau iklan banner, PPC dan website memang diperuntukkan sebagai media promosi untuk mempromosikan produk atau perusahaan anda ke dunia. akan tetapi, media sosial membutuhkan berinteraksi dan berkomunikasi dengan audien anda, tidak hanya memposting sesuatu yang bersifat iklan, lantas diam saja.
Hal menarik di media sosial adalah adanya ketersediaan berinteraksi antara penggunanya. Jika anda membatasi penggunaan akun media sosial hanya untuk mempromosikan produk atau perusahaan tanpa menyisihkan waktu untuk mengerti dan berinteraksi dengan audien, bisa dijamin anda tidak akan berhasil menggunakan media sosial untuk membantu anda agar bisnis anda dapat bertumbuh dengan cepat.
Perlu diingat bahwa banyak para pelanggan yang memilih untuk berinteraksi dengan sebuah perusahaan melalui media sosial itu ingin mencari alternatif lain untuk didengarkan oleh perusahaan yang ditujunya.
Maka dapat direkomendasikan disini, fokus utama anda untuk meningkatkan nilai audien target anda dengan berinteraksi dengan mereka dan aktif berpartisipasi dalam setiap percakapan yang terjadi dengan mereka, tidak mencerocoki mereka dengan pesan-pesan atau iklan saja.
Usahakan agar anda mengerti kebutuhan dan keinginan pelanggan dan tunjukkan perhatian anda dengan memberikan informasi yang bermanfaat, menjawab seluruh pertanyaan mereka sehingga mereka terpuaskan dan bisa saja konten yang dibagikan tersebut berisi kelucuan-kelucuan sehari-hari untuk having fun.
Ketika seseorang berkomentar, cepatlah meresponnya. Buatlah mereka merasa didengar dan bernilai. Ketika audien anda melihat bagaimana pendekatan dan responsifnya anda, maka mereka biasanya akan menjadi lebih loyal terhadap produk, dan berkemungkinan besar mereka akan menyampaikannya kepada teman-teman mereka juga.
Itulah Tiga Kesalahan Pemasaran Melalui Media Sosial Yang Harus Dihindari oleh para bagian pemasaran untuk meningkatkan kekuatan produk di tengah masyarakat.

 

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda