Strategi Untuk Meningkatkan Trafik Blog Melalui Google Plus

Google+ merupakan salah satu media sosial yang mempunyai karakter kuat jika anda mengetahui rahasia bagaimana cara menggunakannya. Jika anda berpikiran untuk meninggalkan media sosial ini, sebaiknya fikirkan sekali lagi, apalagi setelah anda baca tulisan ini. Pertanyaan mendasar dalam menggunakan media sosial ini adalah “Apakah strategi terbaik yang bisa digunakan untuk meningkatkan trafik ke blog anda dengan menggunakan Google+?” Berikut beberapa strategi untuk meningkatkan trafik blog melalui Google+.

1. Tip pertama adalah selalu tanggapi komentar yang didapat dengan cara yang semenarik mungkin.

Seperti halnya media social lainnya, menanggapi komentar yang didapat dengan cara baik merupakan strategi utama dalam bersosialisasi di dunia maya. Caranya adalah dengan selalu memeriksa aktifitas di konten yang telah dibuat.

Kapanpun seseorang membagikan ataupun memberikan +1 terhadap salah satu konten, maka “follow”lah orang tersebut. Sejak mereka menyukai konten anda, biasanya mereka akan mem”follow” anda kembali. Disamping itu bangunlah hubungan baik dengan para “influencer” atau orang yang mempunyai follower banyak anda pastikan bahwa anda membagikan kontennya seperti konten lainnya.

2. Bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan topic blog.

Disinilah dimulainnya membangun hubungan dengan target pembaca anda. Bagikanlah konten anda di komunitas tersebut. Jangan lupa pula untuk membagikan, berikan komentar dan +1 terhadap konten yang menarik menurut anda. Jangan lupa, jadilah follower orang-orang yang ada di komunitas tersebut dimana biasanya mereka akan memfollowback anda kembali.

3. Pergunakan hashtags.

Hashtags merupakan cara yang terbaik untuk memperluas jangkauan konten anda di media social, termasuk juga di Google+. Pergunakanlah hashtags yang sesuai dengan tema blog anda. Hal ini akan meningkatkan trafik untuk konten dan blog. Hashtags harus dipergunakan pada setiap postingan anda.

4. Pergunakan bentuk konten yang berbeda dengan blog lainnya.

Semua orang tahu bahwa banyak situs lainnya yang telah membahas topic yang sama dengan topic blog anda. Untuk itu, pergunakanlah bentuk atau cara lain dalam mengisi blog, seperti tambahkan video, podcast, buat jajak pendapat dan bisa juga lakukan penelitian. Apapun pilihannya tentu terserah anda, yang penting buatlah berbeda dengan yang lainnya, sekecil apapun perbedaan tersebut.

5. Jangan hanya membagikan suatu link.

Seperti kita dapat lihat, banyak orang yang hanya membagikan tautan tanpa menambahkan informasi tambahan mengenai link tersebut. Jika hanya dengan membuat judulnya saja tidaklah cukup. Godalah pembaca dengan pertanyaan, atau tambahkan informasi lainnya yang akan menimbulkan keingin tahuan mereka terhadap isi dari tautan tersebut.

6. Timing memposting.

Telah banyak dilakukan penelitian oleh para ahli bahwa ada waktu-waktu tertentu dimana orang akan lebih banyak melihat postingan anda dibandingkan waktu lainnya. Untuk itu lakukanlah penelitian dengan memposting di waktu-waktu yang berbeda dan perhatikan aktifitas pos tersebut. Aktifitas pos anda akan berbeda jika di posting pagi, siang atau malam hari. Demikian juga jika di posting pada hari Senin akan berbeda hasilnya kalau di posting di hari Jum’at pada jam yang sama. Jika telah didapat waktu yang paling oke, pergunakanlah dengan semaksimal mungkin waktu-waktu tersebut.

7. Jangan pernah malu minta bantuan agar membagikan atau +1 konten.

Biasanya orang akan berkenan untuk membantu membagikan postingan anda, terutama jika anda pun rajin memberikan +1 atau membagikan postingan mereka. Win win solution lah hehe.

8. Lengkapi selengkap-lengkapnya profil Google+ anda.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah berikanlah informasi selengkapnya di profil media social anda. Ini tidak hanya berlaku di Google+ saja, tetapi juga berlaku di semua media social. Alasan utamanya adalah karena ada beberapa orang yang suka berbisnis secara local. Siapa tahu, ada yang ingin berbisnis dan menghubungi anda. Dengan mengisi seluruh data di profil seperti alamat, situs, pekerjaan, dan segala sesuatunya, sehingga orang dapat menghubungi anda dengan mudah. Disamping itu, jelaskan pula apa yang bisa anda lakukan untuk membantu mereka (apa pekerjaan anda). Tambahkan tautan atau alamat yang berkaitan dengan anda seperti akun Facebook, Youtube, Twitter atau media social lainnya. Alasan lainnya adalah masalah kepercayaan. Dengan mengisi profil dengan benar, maka akan meningkatkan kepercayaan orang terhadap anda. Oh ya, jangan lupa berikanlah foto terbaik anda sebagai foto profil dan gambar cover yang menggambarkan siapa diri anda.

9. Tunjukkan diri anda.

Jangan pernah tutupi pribadi atau pendapat anda. Bagikanlah dengan pengikut anda dan dengan komunitas yang anda ikuti. Bagikanlah meme, kata-kata bijak, anekdot, artikel, minat dan jangan lupa berikanlah pendapat anda terhadap hal-hal yang dibagikan tersebut. Dengan demikian orang akan lebih mengenal anda secara personal yang akan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap mereka.

10. Pergunakan Google Hangouts.

Alat ini merupakan karya dari Google. Hangout dipergunakan untuk melakukan webinar atau live show melalui internet dengan audien anda. Masalahnya menggunakan hangout cukup mahal karena membutuhkan koneksi internet yang stabil dan harus tepat waktu. Dengan Google hangout, anda dapat melakukan siaran langsung dan siaran ini pun bisa direkam dan disimpan di Youtube. Lantas, sesi Hangout ini bisa dipergunakan untuk konten lainnya di blog anda. Dengan melakukan webinar ini, akan memberikan kesempatan kepada audien anda untuk saling bertukar fikiran dan akan meningkatkan otoritas dan kepercayaan audien anda.

11. Konten.

Untuk membangun kepercayaan, konten mempunyai peranan sangat penting. Melalui konten ini mereka akan “mengetahui” anda. Dari waktu ke waktu anda akan mendapatkan pengakuan, hal ini hanya akan terjadi jika konten anda muncul di mesin pencari Google. Di saat anda dapat ditemukan melalui mesin pencari, maka anda akan memperoleh trafik dari orang yang membutuhkan tulisan atau konten anda.

12. Aktif.

Dengan selalu aktif seperti memposting secara terus menerus, membalas komentar ataupun berkomentar di postingan teman. Tambahkan orang-orang ke dalam lingkaran anda, dan buatlah kegiatan yang berkaitan dengan topic blog.

13. Tag teman atau orang yang seide dengan anda sewaktu memposting.

14. Kembangkan lingkaran anda.

Sejak dirilisnya pencarian Google secara personal, jumlah follower anda menjadi sangat penting untuk meningkatkan trafik blog. Semakin banyak follower, semakin percaya google terhadap anda, semakin tinggi nilai blog di mata Google.

15. Pergunakan gambar yang menarik.

Sebuah gambar adalah hal pertama yang muncul di Google+. Semakin bagus gambarnya, kemungkinan besar pemirsa akan membaca postingan anda, dan tentu akan menarik minat mereka untuk membaca blog anda.

Itulah beberapa tips yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan trafik ke blog anda menggunakan salah satu media social Google+. Jika mempunyai keraguan atau tambahan, silakan sampaikan melalui komentar.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda