Strategi SEO

Mesin pencari selalu berkembang seiring dengan perubahan zaman. Oleh karena itu, anda sebagai pemilik blog pun harus menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Agar situs anda bisa bersaing dengan pemilik blog lainnya, poin berikut sangat penting untuk diperhatikan.

1. Perluas Kata Kunci Yang Ramah Dengan Hummingbird
Kata kunci dalam SEO masih sangat penting, tetapi sekarang ini anda harus memikirkan untuk membuat kombinasi kata kunci yang lebih spesifik.

Caranya dengan menentukan gabungan kata yang sering digunakan oleh orang untuk mencari layanan anda.

Contohnya, dibandingkan dengan kata kunci "kopi", dengan kata kunci ini tentu saja calon pelanggan tidak akan menemukan anda karena jika dituliskan kata kopi saja, maka banyak situs yang kadang tidak relevan yang akan muncul.

Kemudian, kelompokkan phrase ini menjadi tiga kategori, informasional, navigasional dan transaksional. Untuk mengarahke kueri informasi, buatlah isi yang mendidik yang kemudian mengarahkan ke produk anda.

Kueri navigasional sudah mengacu kepada merek, nama produk atau situs. Kueri transasional mengacu pada komersial. Untuk mengurutnya, masukkan kata-kata seperti beli, kupon, diskon, tawaran, dan lain sebagainya.

2. Pertajam Struktur URL situs anda
Website yang mempunyai struktur URL yang efisien lebih tinggi rankingnya daripada website yang tidak beraturan. Oleh karena itu anda harus pastikan bahwa URL situs anda konsisten dan ramah mesin pencari.

Jika anda menggunakan dynamic URL, sebaiknya anda rubah menjadi static URL, karena URL anda pada struktur dynamic akan seperti : id=13579&color=4&size=2&session=754839 - biasanya terlalu panjang dan tidak ada kata kunci.

Tautan yang rusak dan error 404 juga akan merusak ranking anda. Anda harus rajin untuk mencek apakah tidak ada tautan yang rusak atau error.

Halaman berisi terlalu banyak link juga menurunkan ranking anda. Sekarang Google tidak lagi membatasi  untuk menempatkan link di sebuah halaman.

3. Fokus pada Link yang bertrafik Tinggi
Lebih baik kita mempunyai beberapa link dari beberapa situs niche daripada ratusan single link dari situs yang second-rate. Ada tiga cara:

a. Editorial Link: Ini adalah cara yang paling bagus, yaitu trafiknya datang dari mention kepada situs anda dari sebuah media. Anda menulis sebuah artikel pada sebuah media dan dipublikasikan dan bagikan di media sosial.

b. Kutip Ulang. tiap kali produk anda atau sebuah link ke situs anda muncul dengan kompetitor anda. Ini menyediakan sebuah petunjuk bagi Google bahwa perusahaan anda dan pesaing anda saling terkait. Jika kompetitor anda telah terotorisasi pada niche bisnis anda, situs anda bagi Google juga telah diperhitungkan.

c. Perbaiki Link yang Rusak. Anda harus memperbaiki link yang rusak sesegera mungkin.

4. Melihat Hasil Pencarian Secara Personal
Dikarenakan hasil pencarian Google telah dipersonalkan, akan menjadi sulit untuk mendapatkan hasil yang akurat tentang bagaimana sebuah page rank untuk pelanggan yang tidak pernah datang ke situs anda sebelumnya dan untuk pencarian di berbagai lokasi.

Menggunakan komputer dan browser pribadi anda juga tidak akan memecahkan masalah, karena Google telah mempersonalisasi pencarian anda juga, berdasarkan sejarah pencarian anda.

Untuk lebih akuratnya disarankan untuk menggunakan tool Rank Tracker.

5. Enkripsi Yang Aman
Google telah mengumumkan bahwa HTTPS menjadi salah satu faktor dalam ranking, maksudnya adalah website yang menggunakan HTTPS akan mendapatkan peningkatan dalam hal perenkingan Google.
Oleh karena itu, bagi anda yang masih menggunakan sistim lama, sebaiknya berpindahlah menggunakan HTTPS sekarang juga.

Silakan sampaikan komentar Anda