Strategi Membangun Link Building

Link merupakan hal penting bagi Google untuk melihat apakah sebuah blog itu penting atau tidak dan kemudian dia akan meranking sehingga apakah blog tersebut layak ditampilkan di halaman pertama atau tidak di halaman mesin pencarinya. Tidak semua link mempunyai nilai sama, beberapa akan menaikkan trafik, sementara link lainnya bahkan menurunkan trafik.

Sebenarnya dengan mempunyai lima link berkualitas dari situs yang berpengaruh, lebih berharga daripada mempunyai banyak link dari situs biasa-biasa saja. Ini karena eksternal link ke sebuah situs merupakan bagian dari algoritma Google mengenai perenkingan.

Agar tidak membuang-buang waktu dalam link building, kita perlu strategi untuk membangun link ini sehingga situs dapat berada di halaman pertama, menghasilkan link ke situs kita, dan menopang ranking situs terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada algoritma Google di masa mendatang.

Kebanyakan orang menerapkan link building tanpa menerapkan strategi yang jelas. Mereka hanya meletakkan link di berbagai situs tanpa memperhatikan kualitas blog. Akibatnya, websitus mereka berada di bagian bawah halaman pencarian Google.

Berikut beberapa tips dan trik SEO barangkali bisa anda terapkan untuk mendapatkan link berkualitas. Dengan harapan halaman situs bakalan berada di halaman pertama. Untuk diingat, cara ini tidak akan langsung berpengaruh terhadap website dalam waktu semalam. Perlu waktu dan konsisten melakukannya.

1. Lakukan Penelitian DA dan PA

DA merupakan kependekan dari Domain Authority yaitu ukuran domain dibuat oleh Moz. Sedangkan PA adalah Page Authority. Semakin tinggi skor DA dan PA dari sebuah halaman atau situs, semakin bagus dan bernilai link yg datang dari situs ini.

Sesungguhnya, kekuatan dari websites datang dari DA dan PA karena Pagerank tidak lagi menjadi ukuran. Jadi, daripada membangun link dari blog berpagerank rendah, katakanlah dari blog ber PR6 dengan nilai DA nya kurang dari 20, lebih baik membangun link dari blog ber PR 3-4 dengan nilai DA diatas 30%.

Untuk mencari Domain Authority sebuah situs, kita bisa pergunakan MozBar SEO Addon (lambangnya huruf M). Bisa dipergunakan dengan Chrome atau Mozilla. Cara penggunaannya hanya dengan mendownload dari addon masing-masing browser, lantas dipasang dan selesai. Setelah terpasang dan aktif, silakan kunjungi saja situs yang ingin dilihat DA dan PA nya. Nanti hasilnya akan terlihat secara otomatis.

Atau bisa juga dengan melihat hasil pencarian Google. Cukup ketikkan kata kunci relevan dengan situs anda, lantas akan muncul hasil pencarian disertai dengan penilaian DA dan PA di bawah seluruh hasil pencarian.

2. Bangun Hubungan Baik Dengan Orang Menyebut Anda

Taktik ini sangat mudah karena kita hanya membangun pertemanan dengan orang-orang tersebut. Namun jika anda tidak tahu siapa saja telah menyebut nama kita, maka pergunakanlah Topsy. Sayangnya Topsy ini hanya bisa dipakai untuk Twitter.

Setelah anda temukan orang yang menyebut anda atau menuliskan URL kita, maka mulailah bangun hubungan baik dengan menghubungi dan memulai percakapan. Setelah percakapan telah terbangun dan mempunyai misi dan visi yang sama, kemudian bisa dilakukan pembicaraan mengenai langkah-langkah ke depannya agar terjadi hubungan timbal balik saling menguntungkan. Cara membangun hubungan baik bisa dengan menjadi penulis tamu di blog mereka, melakukan interview, atau bekerja sama membuat sebuah tulisan. Silakan pilih mana yang menurut anda cocok dengan gaya masing-masing.

3. Buat Pemancing Ego

Konten yang menaikkan ego seseorang mendorong dia untuk terikat dengannya. Caranya dengan menulis sebuah konten yang membuat pembaca anda mengetahui kesulitan mereka dan buatlah mereka sadar bahwa anda mengerti dengan masalah mereka. Gunakan postingan blog anda untuk menyampaikan bahwa anda mengerti dan paham permasalahan yg sedang mereka alami dan anda merupakan solusi terbaik mereka.

Kemudian, tunjukkan beberapa contoh atau studi kasus bagaimana strategi yang anda buat itu bisa bekerja secara maksimal dan siapa saja yang telah tertolong karenanya. Ini akan mengarahkan orang untuk menyukai dan kemudian mempercayai anda. Setelah semua dilakukan, maka mintalah mereka untuk melakukan tindakan yaitu dengan cara pintalah mereka agar membagikan postingan ini dengan orang lain, jika mereka merasa terbantu dengan tulisan anda.

Seringkali, orang yang menautkan blog mereka ke suatu posting akan membagikannya ke jaringan mereka agar semua teman mereka mendapatkan manfaat juga.

Salah satu cara termudah untuk membuat pemancing ego ini adalah dengan membahas blog teman-teman sesama blogger di internet. Seperti, buatlah sebuah tulisan dengan judul “10 blog dengan rating tinggi”. Kemudian beritahu pemilik blog yang anda bahas bahwa anda telah membuat tulisan tentang blog mereka. Cara ini akan mendorong para pemilik blog itu untuk membicarakan blog anda dan akan terbangun link building yang mereka buat sendiri ke blog anda.

4. Bangunlah Hubungan Dengan Editor

Editor dan situs media besar bisa meningkatkan keterlihatan anda di mesin pencari. Caranya dengan membuat konten yang berkualitas sehingga menarik mereka untuk menerbitkan ulang tulisan kita. Namun tentunya kita harus mempunyai kedekatan dengan para editor dari situs media ini.

5. Menggunakan LSI

LSI merupakan kependekan dari Latent Semantic Indexing. Ini merupakan teori matematika simple yang digunakan oleh Google untuk mengukur relevansi sebuah halaman. Dengan kata lain LSI adalah sinonim kata. Kamu harus sering menggunakan kata bersinonim atau mempunyai maksud sama agar tidak terkena penalty dari Google. Karena kalau terlalu banyak menggunakan kata kunci sama di sebuah tulisan akan berdampak buruk terhadap situs.

6. Kriteria Kualitas dari Google

Kita harus mengetahui bagaimana cara kerja algoritma Google dalam hal konten berkualitas. Dengan algoritma terkini, Google bisa mengindeks lebih dari 100 juta gigabita informasi untuk menghasilkan pencarian di mesin pencarinya. Tujuan utama adalah menghasilkan jawaban terbaik dari pertanyaan yg diajukan oleh para penggunanya. Jika para pengguna tidak merasa puas dengan situs yang ditampilkan, maka situs tersebut akan berkurang nilainya di mata Google.

Google spider merupakan program mutakhir yang merayapi setiap situs yang terdaftar. Mereka akan mencari dan menemukan tautan di halaman-halaman itu baik internal link maupun eksternal link. Kemudian data ini akan dimasukkan ke database. Hal ini dikenal dengan pengindeksan.

Google secara terpisah juga mencari konten baru, yaitu konten yang menarik perhatian dan orang-orang mau menyebarkan luaskannya karena kebutuhan mereka. Konten menarik ini bisa berbentuk postingan blog, video, laporan dalam bentuk PDF, artikel, dan tipe artikel lainnya di mana pembaca mau membacanya hingga tulisannya selesai dan membagikannya dengan orang lain.

Kesimpulannya:

Kualitas sebuah konten tergantung dari para pengguna Google. Semakin lama dia mau berlama-lama di suatu halaman semakin baguslah konten tersebut menurut Google. Begitu juga dalam hal membagikan ulang. Semakin banyak membagikan ulang, semakin bagus konten tersebut.

Google hanya memenuhi kebutuhan manusia. Ketika anda membuat sebuah tulisan dan link building maka carilah cara terbaik agar membuat mereka senang. Semakin banyak orang senang, semakin tinggi trafik didapat. Jangan pernah menggunakan cara-cara curang untuk memanipulasi Google, seperti anda buat beberapa buah blog, lantas masing-masing blog di tautkan satu sama lainnya. Dijamin, anda akan tenggelam.

Berikut sedikit mengenai algoritma Google, yaitu Panda, Penguin dan Hummingbird.

a. Google Panda

Pertama kali rilis di bulan Februari tahun 2011. Fungsi algoritma ini untuk memastikan bahwa konten berkualitas akan diberi penghargaan setimpal. Tugas kita sebagai pemilik blog atau penulis adalah membuat sebuah tulisan bermanfaat dengan pembahasan mendalam sehingga orang-orang bisa terbantu karenanya.

Dengan kata lain, ketika seseorang mencari informasi mengenai cara memulai bisnis kecil-kecilan, dan blog anda membahas mengenai masalah itu, Google mengharapkan kita membuat artikel secara komplit, menyertakan sebuah video, gambar, infographic, Ebook dan hal lain terkait dengan topik pembahasan tersebut.

Hindari menulis artikel pendek. Lebih baik fokus menulis sebuah artikel dengan jumlah kata di atas 1200 per artikel tiap kali membuat sebuah postingan. Dengan jumlah kata panjang, telah terbukti meningkatkan jumlah trafik ke situs. Tapi perlu diingat, jangan pernah memikirkan mengenai bagaimana penempatan kata kunci di setiap artikel kita. Cukup tulis saja sebanyak mungkin dan sedetail mungkin dengan mengikuti kata hati.

b. Google Penguin

Algoritma ini memonitor mengenai kualitas tautan situs anda dapatkan. Semakin natural tautan itu maka akan semakin tinggi nilainya. Jangan pernah membeli atau tukaran link dengan blog lain. Cara tersebut hanya akan menenggelamkan situs anda.

Menulislah secara natural, datang dari hati dan niatkanlah bahwa kita menulis untuk membantu agar mereka yg mempunyai pertanyaan akan mendapatkan jawaban.

c. Google Hummingbird

Algoritma Hummingbird ini merupakan perubahan terbesar dari algoritma yang telah ada. Dia merubah cara pikir blogger dalam meningkatkan trafik ke suatu situs.

Sebelum Hummingbird, para penulis blog akan mati-matian menaikkan ranking kata kunci di hasil pencarian. Umumnya mereka berpendapat bahwa SEO adalah tentang bagaimana menempatkan kata kunci yang menguntungkan bagi mereka di hasil pencarian, kemudian membungkusnya dalam bentuk artikel. Mereka tidak mempedulikan bagaimana tanggapan pembaca, apakah artikel itu bermanfaat atau tidak.

Sekarang dengan adanya Hummingbird, cara pencarian berganti menjadi pola berbentuk percakapan. Google biasanya mengambil data dari sumber dayanya, disebut dengan grafik pengetahuan – digabungkan dengan sinyal sosial (Google+) yang relevan untuk mengerti makna dari kata atau gabungan beberapa buah kata sewaktu ditulis di kotak pencarian, sehingga hasilnya para pengguna Google akan menemukan jawaban dari pertanyaan mereka tulis di sana.

7. Fokuslah ke Link yang Relevan

Ranking organic membutuhkan waktu membuatnya, tetapi sesungguhnya cara ini lebih menguntungkan dibandingkan menggunakan cara-cara cepat atau dibayar apalagi link tersebut berasal dari situs yang tidak relevan dengan topic pembahasan blog kita.

Sesungguhnya, ketika kita mulai memberi tahu orang lain tentang sesuatu hal baru, menunjukkan bagaimana kemampuan atau keahlian kita, dan mewawancarai atau menuliskan tentang seseorang yang berpengaruh di industry kita, maka anda akan mendapatkan link natural relevan ke situs. Hal ini disebabkan karena orang-orang dari target pembaca akan membagikan, mengutip dan mungkin merekomendasikan konten tersebut ke orang lain.

Sama saja jika anda pergi makan ke sebuah restoran, dan anda rasakan bahwa masakan di restoran itu enak maka anda tentu saja akan merekomendasikannya ke teman-teman tanpa meminta imbalan apapun.

Silakan sampaikan komentar Anda