Strategi Link Building Meningkatkan SEO

On-page optimization bisa terlaksana jika off-page optimization telah dilakukan diluar website. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan diluar situs adalah membangun backlink dengan melakukan strategi link building meningkatkan SEO agar bisa mengoptimalkan situs tersebut di mesin pencari.

Backlink merupakan sebuah kepercayaan. Semakin banyak dan berkualitas backlink yang didapat oleh situs anda, maka semakin baguslah perenkingan didapat oleh blog anda di mesin pencari, baik itu Bing, Google maupun Yahoo.

Pengertian Link Building

Link building adalah sebuah proses untuk mendapatkan tautan dari situs orang lain ke situs anda. Tautan dari situs lain tersebut disebut dengan Backlink.

Cara Mendapatkan Backlink

Ada banyak cara untuk membangun link building ini guna meningkatkan posisi situs di mesin pencari, berikut beberapa cara:

1. Buatlah tulisan disukai dan bermanfaat

Walaupun ini bukanlah metode langsung untuk membuat link building, tetapi dengan membuat sebuah tulisan yang menarik dan banyak disukai akan cukup membantu situs anda memperoleh backlinks. Tulislah sebuah tulisan yang sangat informatif dan original sehingga pemilik situs lainnya menyukainya dan menjadi referensi bagi tulisan mereka dimasa mendatang. Tulisan tersebut haruslah dapat dirasakan manfaatnya oleh orang yang membutuhkan dan bisa dipedomani.

Sebagai contoh tulisan saya ini. Dengan membuat tulisan original dan tidak copy paste dari tulisan orang lain diharapkan akan menjadi referensi bagi teman-teman sesama blogger di masa mendatang.

2.    Menautkan URL Blog ke Blog Orang Lain

Cara lainnya adalah menautkan alamat situs anda ke blog orang lain. Untuk menautkan ini perlu diperhatikan tingkat popularitas blog tersebut. Akan sangat baik jika tautkanlah ke blog popular atau sudah banyak pengunjungnya. Hal ini dapat anda lakukan dengan menempatkannya di kolom komentar. Tetapi perlu diingat, jangan pernah anda lakukan dengan cara terlalu agresif, apalagi ikut dalam program tukar blog secara massal. Anda bisa dapat penalti sehingga hilang dari peredaran mesin pencari.

3.    Jadilah Penulis Tamu

Walaupun ada beberapa orang berpendapat bahwa menjadi penulis tamu di blog orang merupakan hal yang kurang baik, namun jika ada pemilik blog yang bersedia untuk bertukar tulisan tentulah tidak akan menjadi masalah. Dengan demikian anda dapat menuliskan siapa diri anda secara singkat dan akan memperoleh backlink dari situs tersebut.

Jika anda ingin menulis di blog orang lain, sudah tentu yang perlu diperhatikan adalah kualitas tulisan. Jangan pernah anda menawarkan tulisan yang tidak berkualitas, apalagi hasil dari copy paste dari blog orang lain. Dengan kata lain, tulisan anda di sana haruslah dapat meningkatkan rating dari blog itu sendiri.

4.    Google+

Apakah anda ingin mendapatkan link dofollow dari salah satu produk google? Jika jawabannya “ya”, maka pergunakanlah Google+. Caranya sangat mudah, bukalah profile Google+ anda, edit dan di bagian Intro, tulislah tentang diri anda dan sudah tentu tulis juga alamat situs anda.

Dengan mencantumkan alamat situs di sana, maka anda mendapatkan backlink berkualitas bagi situs anda dan telah mempraktekkan salah satu strategi link building meningkatkan SEO. Oh, ya perlu dijadikan perhatikan adalah jumlah follower. Jumlah follower akan berpengaruh terhadap kualitas backlink ini. Semakin banyak follower, semakin baik kualitasnya.

5.    Membuat Infographics

Semua orang tentunya sudah mengetahui bahwa konten dalam bentuk visual lebih baik dibandingkan konten dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu, para blogger sangat menyukai sekali menambahkan infographic di blognya untuk meningkatkan trafik, menurunkan bounce rate dan meningkatkan rata-rata waktu yang dibutuhkan oleh seseorang untuk membaca sebuah blog.

Jika anda ingin membuat sebuah infographic, anda dapat mempergunakan tool yang telah banyak beredar di dunia maya, salah satunya adalah Piktochart (anda juga bisa meminta seorang desainer professional untuk membuatkannya untuk anda). Setelah anda memperoleh infographic, lantas bisa anda host kan di situs berbagi seperti di visual.ly.

Setelah anda lakukan hal di atas, kemudian bisa anda bagikan ke sesama blogger. Anda bisa meminta mereka untuk menggunakannya di blog mereka asalkan mereka memberikan tautan ke blog anda, atau bisa juga anda tawarkan untuk menjadi penulis tamu di blog mereka dengan memberikan gambaran mendetail mengenai infographic tersebut dan hasil tulisan itu di publikasikan di blog mereka.

Yang perlu diperhatikan adalah infographic tersebut haruslah unik dan desainnya terkesan profesional.

6.    Perbaiki Link Rusak

Strategi link building meningkatkan SEO berikutnya adalah dengan memperbaiki tautan yang rusak. Strategi ini  merupakan pekerjaan yang sangat banyak menyita waktu. Anda harus menemukan tautan rusak di blog atau situs niche anda, dan kemudian memberitahukan kepada pemilik situs tersebut bahwa ada broken link, lantas sarankan kepada mereka untuk mengganti link rusak tersebut dengan link yang benar.

Biasanya mereka akan sangat respon terhadap pemberitahuan ini karena tidak ada yang ingin mempunyai link rusak di situsnya.

Untuk memeriksa kerusakan link, bisa digunakan ekstensi di Google Chrome, yaitu Check My Links. Dengan ekstensi ini anda bisa memeriksa dan menemukan link rusak di situs manapun.

7.     Menghadiri Pertemuan

Jika anda cukup aktif di dunia maya dan mempunyai reputasi bagus di niche anda, maka kemungkinan besar anda akan diminta untuk mengikuti suatu pertemuan komunitas niche anda. Anda harus mengambil bagian dan aktif di pertemuan tersebut karena dengan demikian akan membantu anda untuk memperoleh backlink dan juga ini akan membuat anda akan lebih dikenal oleh orang banyak.

8.    Bantulah semua orang

Banyak cerita para blogger yang berhasil memperoleh banyak kunjungan ke situs mereka dengan selalu membantu orang lain. Mereka tidak mengharapkan apapun dari bantuan tersebut, tetapi secara natural biasanya mereka akan memperoleh backlink dari blog yang tidak mereka duga sebelumnya.

9.    Link building dari .edu dan .gov

Semua orang yang berkecimpung di SEO mengetahui bahwa backlink dari situs edu dan gov sangatlah tinggi nilainya. Namun, untuk mendapatkan link dari situs tersebut tentunya anda harus mempunyai konten yang sangat bermanfaat sehingga mereka mengetahui dan merasakan manfaat dari blog anda.

Jika anda tidak sabar untuk memperoleh tautan dari situs edu dan gov, bisa juga anda tautkan di kolom komentar (asalkan komentar anda adalah komentar berkualitas dan menambah wawasan terhadap tulisan yang anda komentari).

Anda dapat melakukan pencarian dengan queri berikut di Google:

Untuk Situs .edu:

site:.edu inurl:blog

site:.edu “keyword” “blog posts”

site:.edu “keyword” “post comment”

Untuk situs .gov :

site:.gov inurl:blog

site:. gov “keyword” “blog posts”

site:. gov “keyword” “post comment”

Kesimpulan

Link building merupakan salah satu faktor penting dalam perenkingan sebuah situs. Oleh karena itu, anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Tulisan ini  merupakan beberapa dari banyak strategi link building meningkatkan SEO yang masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.

Namun, dalam melakukan link building ini, anda harus ekstra hati-hati karena jika melakukan sedikit saja kesalahan, maka Google akan memberikan hukuman kepada anda sehingga situs anda tidak akan muncul di halaman pencarian.

Silakan sampaikan komentar Anda