SEO Untuk Pemula

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optiomisation. Untuk sekarang ini, pengertiannya adalah sebuah teknik, analitik dan proses kreatif untuk meningkatkan keterlihatan situs di mesin pencari. Fungsi utamanya untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke situs dan diharapkan bisa meningkatkan penjualan. Pada tutorial lengkap SEO untuk pemula ini akan membahas cara agar sebuah situs bisa menjadi SEO friendly.

Pendahuluan

Tulisan ini akan membahas tentang tutorial SEO efektif untuk pemula. Di tulisan ini tidak akan dibahas teknik bersifat abu-abu atau mengelabui Google walau masih di batas kewajaran. Tidak dibahas cara abu-abu ini karena mungkin sekarang masih ditolerir tetapi bisa jadi besok tidak diperbolehkan lagi.

Aturan Google

Google mengharuskan kepada setiap pemilik blog untuk mematuhi peraturan webmasternya dan akan memberikan penghargaan kepada situs yang memiliki konten berkualitas tinggi dan menggunakan teknik diperbolehkan dengan cara meninggikan rankingnya. Sementara, jika situs tersebut tidak mematuhi aturan dan mencoba mengelabui Google dan kedapatan, maka dia akan menghukum situs tersebut dengan merangkingnya di belakang atau bahkan menghapus permanen blog curang tadi.

Peraturan disini tidaklah seperti undang-undang, tetapi lebih ke semacam petunjuk agar bisa diranking oleh Google. Sebagai catatan, ada beberapa metode perankingan di Google masih diperbolehkan walau ada kecurangan di beberapa tempat seperti Inggris dan Amerika, yaitu untuk situs hacking.

Anda bebas memilih apakah ingin mematuhi atau tidak menghiraukan peraturan ini, atau bahkan mengabaikannya. Seluruhnya tergantung atas tingkat keberhasilan dan tingkat retribusi Google. Jika mematuhi peraturan di Google, artinya anda menggunakan teknik ‘white hat’, sementara jika mengabaikan peraturan tadi, berarti menggunakan teknik ‘black hat’.

Pada tulisan ini akan menjabarkan sepenuhnya bagaimana menggunakan teknik white hat dengan demikian akan membantu blog memperoleh trafik organik atau hasil dari mesin pencari secara natural (SERPs).

Defenisi

Di luar sana banyak definisi SEO, tetapi secara umum dapat dikatakan pengertian SEO adalah memperoleh trafik blog melalui Google atau mesin pencari lainnya seperti Yahoo, MSN dan Yandex. Seperti kita ketahui Google adalah mesin pencari paling populer di dunia.

Kesempatan

Seni dari SEO itu adalah mengerti bagaimana seorang pengguna melakukan pencarian akan sesuatu di mesin pencari dan mengerti bagaimana bentuk hasil pencarian tadi yang ingin disampaikan oleh Google kepada penggunanya. Jika anda telah memiliki pemahaman tentang bagaimana mesin pencari menghasilkan SERPs nya secara natural untuk memuaskan penggunanya melalui kueri kata kunci, artinya anda telah menjadi seorang ahli SEO.

Manajemen Risiko

Ahli SEO akan memiliki pemahaman mengenai risiko jangka pendek dan jangka panjang sewaktu mengoptimisasi rankingnya di mesin pencari, dan paham tentang tipe konten dan situs yang ingin ditampilkan oleh Google di SERPnya secara alami.

Tujuan dari SEO adalah agar bisa tampil di mesin pencari dan ini akan sangat mudah jika tidak terdapat jebakan di sana sini. Itulah sebabnya ada aturan yang harus diikuti secara ketat atau diabaikan, risiko yang dapat diambil, hasil ingin diperoleh dan kompetisi untuk dimenangkan atau menderita kekalahan.

Trafik Gratis

Di ranking tinggi di Google sangat bernilai dan merupakan iklan gratis terbaik di dunia. Trafik dari Google secara natural masih menjadi trafik organik paling berharga bagi blog di dunia, dan sangat berpengaruh sekali untuk bisnis secara online.

Aturan mainnya adalah, anda masih bisa menghasilkan lead tertarget secara gratis, hanya dengan meningkatkan website dan mengoptimisasi konten sebaik mungkin untuk calon pelanggan yang sedang membutuhkan produk atau jasa anda.

Sebagai gambaran, di luar sana kompetisi sangat sengit untuk memperoleh trafik gratis ini di beberapa topik. Untuk itu anda harus fokus dalam berkompetisi dengan kompetitor lain.

Proses

Proses agar bisa tampil di halaman pertama mesin pencari dapat dilakukan dimana saja. Tetapi, bagaimana pun juga, masih diperlukan keahlian khusus dari berbagai bidang, seperti:

  • Desain web
  • Aksesiblitas
  • Kebergunaan
  • Pengalaman pengguna
  • Pengembang website
  • PHP, HTML, CSS dan sebagainya
  • Server
  • Domain
  • Teknik menulis
  • Penyajian data
  • Analisa backlink
  • Riset kata kunci
  • Promo melalui media sosial
  • Penggunaan software
  • Analitik dan analisa data
  • Rancang bangun informasi
  • Riset
  • Analisis log
  • Perkembangan Google itu sendiri

Bidang keahlian di atas harus dikuasai secara bersamaan agar bisa mengalahkan kompetitor.

Pengalaman Pengguna

Pentung terbesar Google teruntuk kepada seluruh blog yang tidak memuaskan pengguna. Jika anda berharap untuk di ranking oleh Google, anda harus menawarkan kualitas, jangan mencoba untuk memanipulasi atau praktek black hat. Jika blog tidak bisa memuaskan pengguna, hati-hatilah karena Panda sudah ada di ambang pintu, bahkan bisa dikenai hukuman tindakan manual.

Dari tahun ke tahun, google terus memperbaiki kualitasnya, untuk memastikan kualitas situs meningkat terus. Keberhasilan di dunia online butuh investasi terhadap konten berkualitas, tatanan website, kegunaan, konversi dengan keseimbangan optimisasi dan promosi.

Jika semua langkah di atas tidak dilakukan, anda akan terpuruk oleh algoritma Google di masa datang.

Tulisan ini hakekatnya tidak akan memperdayai SEO Google (istilahnya menspam) karena terlalu beresiko jika diterapkan.

Strategi Keberhasilan

Sekarang, tidak ada lagi istilahnya manipulasi, trik culas dan praktek black hat lainnya. Sekarang saatnya untuk menjadi relefan, terpercaya dan populer. Sekarang adalah waktu menambahkan konten berkualitas dan berguna di website yang sesuai dengan tujuan situs dan mempersembahkan kepuasan pelanggan. Jika anda benar-benar serius ingin mendapatkan trafik gratis dari Google, bersiaplah untuk menginvestasikan waktu dan usaha bahkan uang untuk website dan pemasaran online.

Tanda-Tanda Kualitas

Google ingin menampilkan tulisan berkualitas di hasil pencariannya, dan akan mereward bagi siapa saja yang mau berinvestasi untuk konten berkualitas atau layanan webnya bagus sehingga menarik tautan atau backlink dari website berkualitas lainnya.

Jika anda bersedia menambahkan konten berkualitas di website, dan mempromosikan situs tersebut, Google akan meranking website menjadi lebih baik.

Jika coba-coba untuk memanipulasi Google, dia akan menghukum website untuk satu periode, dan seringkali masih dihukum hingga anda memperbaiki kesalahan tadi. Sebagai contoh, backlink yang dibangun terlalu agresif atau tidak datang dengan natural secara umum masih dianggap pelanggaran oleh Google dan backlink tadi salah satu cara untuk memanipulasi pengunjung untuk mengunjungi salah satu situs. Tetapi untung didapat hanya untuk sementara. Itulah yang dilakukan dengan trik black hat dan cara ini memiliki trik tertentu. Dengan adanya backlink ini merupakan cara termudah untuk meningkatkan ranking web hingga saat sekarang ini. Jika anda ingin memperoleh nama baik di dunia maya, jangan pernah sekali-kali menggunakan trik black hat.

Memperbaiki kesalahan praktek black hat tidak akan serta merta langsung meningkatkan trafik melalui mesin pencari setelah keluar dari hukuman. Masa pemulihan sangat lama, begitu juga proses perbaikannya.

Ranking Google Selalu Berubah

Sudah menjadi tugas Google agar tidak mudah dimanipulasi SERPnya. Oleh karena itu, orang-orang di belakang algoritmanya selalu merubah peraturan dan meningkatkan standar kualitas untuk seluruh halaman yang berkompetisi memperebutkan ranking pertama.

Google menutup rapat resep rahasia algoritmanya, terkadang pengumumannya dapat membantu pemilik blog, terkadang tidak dan bahkan seringkali membingungkan jika menyangkut bagaimana memperoleh trafik dari Google.

Walau demikian, pada dasarnya cara mengoptimisasi mesin pencari Google masih tentang kata kunci dan tautan, disamping itu juga tentang relefansi, reputasi dan kepercayaan, serta kualitas konten dan kepuasan pengunjung.

Namun hal paling penting adalah pengalaman pengguna. Pengalaman pengguna merupakan kunci agar dapat menang dan mempertahankan ranking secara vertikal.

Relefansi, Otoritas dan Kepercayaan

Mengoptimisasi halaman web adalah tentang membuat halaman web tadi relefan dan cukup bisa dipercaya untuk diranking di sebuah kueri. Semuanya tentang berada di halaman pertama untuk beberapa bentuk kata kunci tertentu dalam jangka waktu lama, jika perlu selamanya. Anda bisa main bersih sesuai dengan aturan Google, yaitu dengan membangun otoritas dan kepercayaan secara natural seiring berjalannya waktu, atau mengabaikan seluruh aturan dan tidak mengindahkan peraturan.

Kebanyakan taktik SEO lama masih berfungsi untuk waktu tertentu, di beberapa level tergantung siapa melakukannya dan bagaimana cara penerapannya.

Apapun cara yang anda ambil, ketahuilah bahwa jika anda tertangkap Google mencoba mempermainkan ranking menggunakan trik curang, maka dia akan mengelompokkan situs tersebut sebagai spam dan akan dihukum (situs itu tidak akan diranking tinggi untuk keyword yang relevan)

Pengalaman Pengunjung Penting

Apakah Pengalaman pengguna salah satu faktor perankingan?

Pengalaman pengguna sering disebut dalam standar kualitas Google, tetapi dengan tegas dia mengatakan bahwa pengalaman pengguna tidak diklasifikasikan sebagai salah satu faktor perankingan di desktop. Tetapi di perangkat mobile tentu pengalaman pengguna berlaku karena pengalaman pengguna merupakan dasar pada update mobile friendly.

Pengalaman pengguna secara harfiahnya bukanlah faktor perankingan, ini lebih bersifat mengerti secara tepat apa yang disebut oleh Google sebagai pengalaman buruk si pengguna karena jika dia menerima sinyal buruk terhadap pengalaman pengguna berkunjung di sebuah website, maka website itu akan dicampakkan.

Pengertian Pengalaman Pengguna Yang Tidak Bagus

Bagi Google dari sudut pandang kualitas, tingkat pengalaman pengguna berdasarkan:

  • Desain menyesatkan atau berpotensi terdapat penipuan
  • Pengalihan menyesatkan (berbentuk tautan afiliasi).
  • File berfirus
  • Komentar dan postingan yang tidak di moderasi sehingga berpotensi bersifat spam.
  • Konsep utamanya berkualitas rendah
  • Konten tambahan kualitasnya dibawah standar

Pengertian Konten Tambahan

Konten tambahan ini di dalam halaman web dan pengalaman yang bagus menurut Google adalah tentang seberapa bermanfaat fungsi dan utiliti konten tambahan ini, seperti tautan navigasinya dapat membantu pengguna.

Konten tambahan ini berkontribusi terhadap pengalaman pengguna yang baik sewaktu mengunjungi sebuah halaman, tetapi tidak dapat secara langsung membantu agar tujuan halaman tersebut tercapai. Konten tambahan ini dibuat oleh Webmaster dan merupakan bagian penting dari pengalaman pengguna. Salah satu tipe umum dari konten tambahan adalah tautan navigasi yang dapat membantu pengunjung untuk mengunjungi bagian lain dari sebuah situs.

Intinya, jika konten tambahan ini tidak berfungsi dengan baik, hal ini bisa menjadi alasan tingkat kualitas situs menjadi rendah, tergantung dari tujuan halaman itu sendiri dan tipe situs. Standar untuk situs kecil tentu akan berbeda dengan situs yang telah mempunyai jumlah konten yang banyak.

Perlu sekali diperhatikan bahwa konten tambahan ini tidak akan banyak membantu jika konten utamanya tidak berkualitas. Adapun konten utama adalah seluruh bagian dari halaman yang secara langsung membantu sebuah halaman memperoleh tujuannya.

Poin Utama Tentang konten tambahan

  1. Konten tambahan bisa menjadi bagian paling berpengaruh terhadap tingkat kualitas sebuah halaman karena tujuannya adalah untuk memuaskan pengunjung.
  2. Konten tambahan yang gampang digunakan adalah konten yang secara khusus diarahkan ke konten tujuan atau tertentu.
  3. Situs lebih kecil seperti situs untuk bisnis bersifat lokal dan organisasi waralaba atau situs personal dan blog sangat penting sekali konten tambahan untuk mencapai tujuan mereka.
  4. Namun, sebuah halaman masih bisa mendapatkan rating tinggi walaupun tanpa konten tambahan ini.

Pendeknya, sebuah situs harus dapat memberikan kepada penggunanya sebuah kepuasan di saat dia berkunjung ke website tersebut. Walau Google masih mengutamakan konten utama dan reputasi sebuah domain sewaktu akan menampilkan hasil pencariannya.

Kepuasan pengguna dapat membantu untuk meningkatkan ranking di hasil pencarian sebagai faktor pendukung. Tetapi, jika pengguna atau pengunjung tidak puas akan langsung berdampak buruk terhadap situs.

Jika anda memutuskan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan fokus terhadap kualitas konten utama dan mengabaikan atau tidak menggunakan cara black hat, artinya anda telah melakukan langkah positif untuk memperoleh trafik melalui Google.

Menyeimbangkan Antara Konversi dengan Fungsi dan Pengalaman Pengguna

Kita ambil jendela pop-up atau pop-under sebagai contoh.

Berdasarkan berbagai penelitian di dunia, pengunjung biasanya sangat tidak menyukai jendela pop-up, terutama jika tampilannya tidak menarik. Faktanya, halaman berbentuk pop-up ini merupakan iklan paling tidak disukai sejak dulu kala. Hal ini berdasarkan pendapat berikut ini:

  • Membuat jendela browser baru harusnya merupakan hak pengguna.
  • Jendela pop up tidak boleh mengacaukan tampilan layar pengunjung.
  • Seluruh tautan harus bisa dibuka pada jendela yang sama.
  • Tidak seluruh browser mendukung jendela pop up.
  • Jendela pop up dapat menyesatkan pengguna.

Disamping ketidaknyamanan pengunjung terhadap pop up, namun untuk meningkatkan jumlah subscriber, sebagai salah satu contoh, sangat efektif sekali. Karena dengan adanya jendela pop up akan menarik perhatian pengunjung dan perhatian mereka akan sepenuhnya terpusat ke jendela ini.

Sebagai jalan tengah, sebaiknya gunakan jendela pop up ini sewaktu mereka mau keluar dari situs, seperti saat mereka mengarahkan kursornya ke address bar di browser. Dengan demikian, anda lebih mengutamakan kepuasan mereka terlebih dahulu setelah membaca konten di blog, barulah ditawarkan untuk berlangganan dengan menjadi subscriber.

Saya fikir strategi ini bisa meningkatkan kepuasan mereka. Jangan jadikan konversi ini menjadi tujuan utama tetapi tetap kepuasan pelanggan. Dengan demikian Google tidak akan mendeteksi ketidakpuasan pengguna.

Website Berkualitas Menurut Google

Google telah lama melakukan pengelompokan situs ke dalam beberapa bentuk entitas, dan apapun bentuk kelompoknya, anda tentu tidak ingin di beri label situs berkualitas rendah. Pengelompokan ini bisa dilakukan oleh tim teknis maupun algoritma. Evaluasi manual mungkin tidak akan berdampak langsung terhadap ranking, tetapi beberapa tanda-tanda jika Google telah menandai situs berkualitas rendah harusnya bisa dihindari. Salah satunya adalah melakukan praktek yang terlihat tidak natural.

Seperti dikatakan oleh Google bahwa halaman berkualitas rendah adalah halaman yang tidak memuaskan atau beberapa elemennya tidak berfungsi baik sehingga mengganggu atau menghalangi pengunjung untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Alasan Dikelompokkan Berkualitas Rendah

Ada beberapa penyebab sebuah situs langsung ditandai sebagai kualitas rendah, diantaranya adalah:

  • Jumlah konten utama tidak memadai
  • Kualitas konten utama sangat rendah.
  • Reputasi situs tidak dipercaya.

Pengertian Halaman Berkualitas Rendah

Ketika mendefinisikan tentang halaman kualitas buruk, Google mengelompokan penyebabnya sebagai berikut:

Konten Utama

Konten utama haruslah menjadi alasan utama kenapa halaman tersebut muncul. Penyebab konten utama dikelompokkan ke kelompok berkualitas rendah diantaranya adalah:

Kualitas Konten dan Pengalaman Pengguna

  • Konten itu memiliki beberapa masalah seperti tidak sesuai dengan tata bahasa, tidak di edit dengan benar, informasinya tidak benar atau akurat. Untuk pengalaman pengguna, di konten utama ini terdapat iklan teks yang menyebabkan tulisan susah dibaca.
  • Halaman yang menawarkan software bervirus dan terlarang, inipun menjadi kriteria kualitas buruk.

Desain Web

  • Jika desain web secara keseluruhan tidak bagus dan tidak nyaman dipandang, inipun bisa menjadi penyebab kualitas rendah.
  • Desain halamannya sangat kurang atau acak-acakan, seperti tidak terdapat ruang atau susunannya bertumpuk-tumpuk.

Keahlian Penulis

Di balik sebuah tulisan, terdapat orang yang bertanggung jawab terhadap konten website. Pertanyaannya adalah apakah orang tersebut menguasai topik tulisannya atau tidak. Jika tidak menguasai dan tidak dipercaya bisa menyebabkan dikelompokkan ke kualitas rendah.

Setelah konten utama, berikut ini penyebab utama dalam menentukan apakah konten berkualitas tinggi.

Konten Pendukung Tidak Mendukung

Konten pendukung tidak dapat membantu pengguna, hanya menguntungkan website saja. Bagi website besar, konten ini merupakan cara utama bagi pengguna untuk mengeksplorasi isi seluruh web, dan jika konten pendukung ini tidak dapat membantu pengguna, akan ditandai berkualitas rendah.

Iklan Yang Mengganggu

Iklan ini adalah iklan yang tidak sesuai dengan topik web. Sebagai contoh, jika web itu topiknya tentang pakaian sementara iklannya tentang kamera. Apalagi jika ada iklan berbau porno.

Situsnya tidak Terawat

Jika sebuah website tidak pernah di update dan kurang perawatan bisa dikelompokkan sebagai kualitas rendah. Terkadang sebuah website yang sedikit terlantar seperti tautannya sudah rusak atau tidak berfungsi, gambarnya tidak bisa dibuka dan konten sudah tertinggal jaman. Jika hal seperti ini terjadi yaitu tidak terupdate dan tidak terawat maka akan berpengaruh besar terhadap kualitas situs.

Reviewnya Buruk

Reputasi tidak baik menjadikan situsnya ke kelompok ini.

Rating Terendah

Ketika Google menandai situs anda memiliki rating paling rendah, maka saatnya untuk memperbaikinya sesegera mungkin. Adapun bagi anda yang telah familiar dengan petunjuk Webmaster, maka sudah tidak asing lagi peraturan seperti di bawah ini tentang rating rendah yang akan diberikan oleh Google, yaitu:

  • Situs tersebut tidak memiliki tujuan yang jelas. Terkadang agak susah juga untuk menentukan tujuan sebuah halaman jika isinya berputar-putar atau blog tersebut tidak memiliki sebuah topik.
  • Informasi yang disampaikan di halaman tersebut tidak mencukupi atau tidak memiliki informasi yang berarti bagi pengguna.
  • Halaman atau website itu dibuat hanya semata-mata untuk menghasilkan uang saja.
  • Konten dari halaman merupakan hasil dari copy paste dari situs web lain walaupun telah diberikan kredit kepada situs aslinya, tidak memiliki nilai tambah bagi pembaca, penulisnya terkesan tidak memiliki keahlian di bidangnya.
  • Situs yang diabaikan, kena hack dan sebagainya.
  • Situsnya tidak terpercaya, artinya informasi yang diberikan dapat menyesatkan pembaca, tidak akurat dan mengada-ada.
  • Reputasinya tidak bagus. Hal ini dapat diketahui dari jumlah waktu rata-rata yang dihabiskan seorang pengguna sewaktu mengunjungi situs tersebut.
  • Bervirus
  • Beberapa halamannya di disain untuk memanipulasi pengguna sehingga sewaktu pengguna tersebut mengklik sebuah tautan ternyata tidak sesuai dengan harapan.
  • Halaman yang meminta informasi personal tanpa alasan jelas seperti halaman yang meminta nama, alamat, akun bank bahkan mungkin meminta password dari layanan online lainnya.
  • Halaman yang memiliki tautan download dimana tautan tersebut merupakan situs yang tidak terpercaya bahkan mungkin berisi malware.

Halamannya rusak atau tidak berfungsi

Jika Webmaster sering menerima pesan error 404 maka situs tersebut akan dianggap tidak baik. Google secara jelas dan tegas telah menyampaikan tentang pesan 404 ini, sebagai berikut:

  • Dengan adanya pesan 404 ini maka situs tersebut secara jelas dan gamblang menyampaikan kepada penggunanya bahwa tautan tersebut tidak bisa ditemukan.
  • Pergunakan bahasa yang mudah dimengerti dan berkesan mengajak.
  • Pastikan halaman yang sudah tidak ada ini telah di redirect ke halaman yang diharapkan oleh pengguna.
  • Pertimbangkan untuk menambahkan tautan ke artikel paling populer seperti anda menautkan ke homepage.
  • Sediakan layanan aduan agar halaman yang hilang ini dapat disampaikan kepada anda oleh pengguna.

Beberapa website memiliki beberapa halaman rusak atau tidak berfungsi. Biasanya hal seperti ini normal saja jika situs tersebut sedang diperbaiki. Akan tetapi jika keterusan akan memberikan sinyal kepada google bahwa situs ini sudah tidak berfungsi dan tidak terawat walaupun halaman lain atau konten lain telah memiliki rating tinggi.

Apakah Kesalahan 404 di Search Console akan Merusak Ranking Situs?

Pada prinsipnya kesalahan 404 tidak akan membahayakan perindeksan atau perankingan akan tetapi akan berpengaruh terhadap kepuasan pembaca atau pengguna anda. Jika para pengguna merasa tidak terpuaskan, otomatis ranking situs secara keseluruhan akan berpengaruh juga.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda