Rangkuman Pelajaran Google Analytics Untuk Pemula

Beginner 4 5

Tinjauan Pelajaran

Mari kita tinjau kembali apa yang telah anda pelajari di Google Analytics Untuk Pemula. Kita telah membahas tentang :

  • Bagaimana analitis digital bisa membantu bisnis.
  • Menunjukkan cara kerja Google Analytics.
  • Dan telah ditunjukkan bagaimana membuat sebuah akun, menginstal kode pelacakan, dan menyetel beberapa view berbeda dengan filternya masing-masing sebagai percobaan.

Anda haruslah telah merasa nyaman dengan navitasi di Analytics, cara membaca seluruh overviews dan laporan, dan cara menyetel dashboards dan shortcut dengan cepat untuk mendapatkan data yang anda butuhkan.

Kami harap anda juga mengerti bagaimana menampilkan analisis dasar terhadap laporan Pemirsa, Perolehan, dan perilaku pemirsa. Terakhir, kami memperkenalkan tentang pelacakan kampanye dan bagaimana mengatur tujuan untuk mengukur pendapatan atau konversi di situs.

Kami juga telah menunjukkan bagaimana caranya menghubungkan antara akun Analytics dengan AdWords untuk melacak dan mengoptimalkan iklan di AdWords.

Langkah Berikutnya

Tetapi sebelum kita lanjut, marilah kita bahas beberapa tambahan untuk meningkatkan bisnis menggunakan data di Google Analytics.

Jika anda ingin melihat halaman kinerja paling bagus untuk pengguna baru, di bawah Behavior pergilan ke “Site Content” dan klik pada laporan “All Pages”. Kemudian tambahkan sebuah dimensi kedua yaitu “User Type” (tipe pengguna), sehingga anda akan bisa melihat halaman mana saja yang paling sering dikunjungi oleh pengunjung baru. Ini akan membantu anda dalam menentukan konten terbaik untuk ditampilkan dan perbaikan bagi strategi pemasaran untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Jika ingin mengetahui halaman pertama mana yang kurang efektif, pergilah ke laporan “Behavior” (tingkah laku) di bawah “Site Content” dan buka laporan “Landing Page”. Perhatikan “rasio pentalan” untuk melihat halaman mana yang bertanggung jawab atas perginya pengunjung tanpa membuka halaman lain di situs anda. Jika anda menjalankan iklan dan ingin mengkorelasikan laman landas ini dengan tujuan pemasaran, tambahkan dimensi kedua pada “campaign” (kampanye) atau “source medium” (sumber media). Kemudian anda bisa memeriksa kampanye dan laman landas mana yang mengalihkan pengunjung dan buatlah beberapa perbaikan.

Penting juga untuk dimengerti mengenai perangkat yang digunakan oleh pengunjung dan bagaimana respon perangkat tersebut terhadap situs anda. Untuk melihat data perangkat pengguna, lanjut ke laporan perolehan dan pilih “Campaign” (kampanye) dan kemudian “All Campaigns” (seluruh kampanye”. Kemudian tambahkan sebuah dimensi kedua pada “Device Category” (kategori perangkat) terhadap laporan tersebut. Sekarang anda dengan mudah dapat melihat pengalaman pengguna ketika menggunakan perangkat berbeda sebagai respon mereka pada kampanye iklan melalui media digital.

Disamping itu, ada juga cara lain yang cukup potensial untuk mengoptimalkan kampanye digital menggunakan data berdasarkan geografis dan Sasaran. Navigasi ke laporan Lokasi pada bagian Geo di Google Analytics. Kemudian di bawah menu pull-down di Conversion di bagian kanan, pilih sebuah sasaran yang diinginkan dan pilih “tingkat Tujuan Konversi” Ini akan membantu anda untuk melihat kota atau negara mana yang paling banyak konversinya dan membantu anda untuk menargetkan pemasaran di lokasi tersebut.

Anda juga harus mengerti bagaimana cara menggunakan Google Analytics agar lebih mengerti tentang pengunjung, meningkatkan efisiensi pemasaran melalui internet, dan meningkatkan penjualan melalui situs perusahaan. Jangan lupa untuk mengatur akun Analytics agar memiliki beberapa view untuk memeriksa dan menambahkan beberapa filter agar dapat diandalkan, datanya akurat. Tentukan pula sasaran yang ingin dilacak tentang konversi situs dan pastikan anda telah menandai kampanye pemasaran secara benar.

Terakhir, kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi anda telah mengikuti kursus Google Analytics untuk pemula ini dan jangan lupa untuk menyelesaikan tes akhir agar anda memperoleh sertifikat. Dan harapan kami agar anda menjawab survey yang kami lakukan. Pada prinsipnya kami menyukai data dan menggunakan imbal balik anda untuk meningkatkan kualitas kursus ini.

Terima kasih

Sumber:

Video : https://analytics.google.com/analytics/academy/course/6/unit/4/lesson/5

Transkrip : https://support.google.com/analytics/answer/6382986

 

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda