Proses Pengumpulan Data Analytics

Beginner 1.2

Perlu diingat bahwa Google Analytics adalah sebuah platform yang mengumpulkan data dan menyusunnya agar menjadi sebuah laporan yang berguna bagi penggunanya.

Melacak Sebuah Web

Untuk melacak sebuah situs, anda pertama kali harus membuat akun di Google Analytics. Kemudian anda perlu menambahkan beberapa kode trek Javascript ke seluruh halaman pada situs tersebut. Tiap kali seorang pengunjung mengunjungi sebuah halaman web, kode tersebut akan mengumpulkan informasi secara anonim tentang bagaimana sebuah pengguna berinteraksi dengan halaman web tadi.

Pada Google Store, kode trek bisa menampilkan seberapa banyak pengunjung yang telah mengunjung sebuah halaman yang menjual sebuah barang dibandingkan dengan barang lainnya. Atau dengan kata lain, dia bisa menyampaikan kepada anda seberapa banyak pengguna yang telah membeli sebuah item seperti Android doll dengan melacak apakah mereka membuatnya untuk melakukan pembelian pada halaman konfirmasi.

Tetapi kode trek dapat pula mengumpulkan informasi dari browser seperti bahasa yang diset pada browser tersebut, tipe browser (seperti Chrome atau Safari), dan perangkat yang digunakan dan sistem operasi pada perangkat tersebut untuk mengakses Google Store. Google Analytics juga dapat mengumpulkan ‘sumber trafik’ yaitu dari mana mereka menemukan halaman situs Google Store pertama kali. Bisa dari mesin pencari, iklan yang telah mereka klik, atau promosi melalui email marketing.

Perlu diingat bahwa setiap kali sebuah halaman ditampilkan, kode trek akan mengumpulkan dan mengirimkan informasi terbaru tentang aktifitas para pengguna. Google Analytics akan mengelompokkan aktifitas ini dalam sebuah periode waktu yang disebut dengan sebuah sesi. Sebuah sesi akan mulai ketika seorang pengguna menavigasi ke sebuah halaman yang terdapat kode trek Google Analytics-nya. Sebuah sesi akan berakhir setelah 30 menit dari aktifitas terakhir pengguna tadi. Jika seorang pengguna kembali ke halaman tadi setelah sesinya berakhir, maka dia akan memulai sebuah sesi baru lagi.

Proses dan Pelaporan

Ketika kode trek mengumpulkan data, maka data-data ini akan dipaket sebagai sebuah kesatuan dan dikirimkan ke Google Analytics untuk diproses menjadi sebuah laporan. Ketika Analytics memproses data, dia akan mengumpulkan dan mengorganisasi data tersebut berdasarkan beberapa kriteria seperti perangkat yang digunakan apakah mobile atau dekstop, atau browser yang mereka pergunakan.

Tetapi ada pula setingan konfigurasi yang bisa anda tentukan sendiri bagaimana data tersebut diproses. Sebagai contoh, anda bisa membuat sebuah filter untuk memastikan bahwa data tersebut tidak terdapat trafiknya dari perusahaan, atau data itu hanya berisi dari negara atau daerah yang telah ditentukan.

Dan ada satu hal penting perlu diingat, yaitu jika Analytics telah memproses data tadi, dia akan dikumpulkan di sebuah database dan tidak bisa dirubah lagi.

Jadi penting untuk diingat bahwa ketika anda telah mengkonfigurasi setingan Analytics, jangan kesampingkan data yang ingin di analisa di kemudian hari. Sekali data telah diproses dan dimasukkan ke dalam databse, dia akan muncul pada Google Analytics sebagai sebuah laporan.

Sumber:

Video : https://analytics.google.com/analytics/academy/course/6/unit/1/lesson/2

Teks : https://support.google.com/analytics/answer/6383007

 

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda