Postingan di Komunitas Google+ Tidak Muncul

Sewaktu bergabung dengan komunitas di Google+, disana terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar. Jika dilanggar, akibat salah satunya adalah postingan anda di komunitas tersebut tidak akan muncul secara publik atau tidak dapat dilihat oleh anggota komunitas lainnya. Dengan kata lain, postingan itu hanya dapat dilihat oleh anda sendiri saja.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa postingan di Komunitas G+ terhapus.

Dihapus Oleh Moderator Komunitas

Ada beberapa alasan kenapa hal ini bisa terjadi. Tetapi pada prinsipnya adalah komunitas di Google+ memiliki aturannya sendiri dimana aturan tersebut salah satunya adalah mereka mempunyai topiknya tersendiri sehingga tidak semua jenis postingan diperbolehkan diposting di grup tersebut. Anda mungkin telah melakukan spam di grup tersebut dan akibatnya para moderator grup akan menghapus postingan tadi.

Jika anda bisa melihat postingan di profil anda, tetapi postingan tadi tidak muncul di komunitas, hal ini bisa ditandai dengan tercoretnya nama grup dan categori di bawah judul postingan seperti gambar di bawah ini.

Postingan di atas adalah sebuah contoh post yang dibagikan di dalam sebuah komunitas, tetapi telah di hapus atau didelet oleh moderator. Efeknya, hanya anda saja yang dapat melihat pos tersebut, anggota komunitas lainnya tidak bisa.

Pengaturan Profil

Disamping itu, sebagai anggota komunitas Google+, anda bisa memilih postingan apa saja yang bisa ditampilkan dan tidak bisa tampil di komunitas. Setingan ini bisa di atur melalui profil Google+. Jika setingan ini di posisi on, postingan dari seluruh komunitas akan muncul pada tab Post di profil anda, tetapi orang lain bisa melihatnya jika mereka bisa melihat postingan aslinya.

Untuk mengaturnya, silakan kunjungan halaman Setting, gulir ke bagian ‘Profile’ > ceklis atau hilangkan ceklis di kotak yang terdapat di atas “Show your Google+ communities posts on the Posts tab of your Google+ Profile”. Jika kotak tersebut di ceklis, postingan dari komunitas akan muncul di profil anda.

Melakukan Praktek Spam

Selain itu, alasan tidak munculnya postingan tadi adalah dikarenakan anda telah memposting hal yang sama di beberapa komunitas atau tautan dari situs lainnya, sehingga post tersebut ditandai sebagai spam.

Di beberapa kasus, jika anda bergabung dengan beberapa komunitas dan memposting sebuah postingan yang sama di beberapa komunitas, mungkin anda akan melihat bahwa hanya satu postingan yang terdapat di satu komunitas saja yang memperoleh trafik dan bisa dilihat secara publik oleh anggota komunitas lainnya.

Akan tetapi jangan terlalu dicemaskan, karena anda tidak akan kena hukum atau diblokir, anda hanya telah melanggar aturan di Google+ saja.

Untuk keluar dari permasalahan ini, anda harus bersabar dengan tidak memposting apapun dalam jangka waktu 24 jam ke depan. Setelah dilewati masa 24 jam tadi, anda bisa memposting kembali.

Tindak Lanjut

Kesimpulannya adalah jangan sekali-kali melakukan spam atau memposting hal yang sama dalam waktu berdekatan di beberapa komunitas. Memang anda tidak akan diblokir atau di ban, akan tetapi jika terlalu sering dan tidak mengindahkan kebijakan komunitas Google+, pada akhirnya akan kena hukuman juga. Untuk itu disarankan agar berhati-hati dan be smart.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda