Plugin SEO Untuk WordPress

Sekarang, WordPress dengan dukungan berbagai plugin telah digunakan oleh 50 juta lebih situs dan tidak diragukan, dia telah menjadi platform blogging terbaik yang pernah ada. Sekarang, blog tidak hanya digunakan oleh kaum profesional saja, tetapi juga digunakan oleh para pebisnis online, majalah, dan perusahaan bergerak di bidang pemasaran melalui internet agar perusahaan mereka dapat ditemukan di dunia maya.

Sebagaimana diketahui bersama, SEO atau cara mengoptimalkan mesin pencari bagi keuntungan blog merupakan bidang pengetahuan cukup kompleks di internet dan membutuhkan pengetahuan yang luas agar bisa menguasainya dengan baik. Tetapi, jika anda ingin serius menjalankan blog, bisnis atau hal lainnya maka anda harus meningkatkan ketertampakan situs dan otoritas anda di internet. Dan cara terbaik untuk itu adalah dengan SEO karena bisa meningkatkan trafik organik, pelanggan dan penjualan.

Oleh karena itu, untuk membantu anda untuk mengoptimisasi situs secara on-page, beberapa plugin berikut bisa membantu. Plugin dimaksud berfungsi untuk mengoptimisasi konten, mengintegrasikan situs dengan media sosial dan banyak lainnya.

SEOPressor

seopressor

SEOPrressor merupakan plugin SEO terbaik dan sudah mencakup seluruh kebutuhan berkaitan dengan SEO. Dia bisa untuk mengatur seluruh halaman, postingan, format khusus atau hal lainnya terhadap situs.

Dia juga mempunyai plugin untuk mencari kata kunci sehingga anda dapat menemukan long-tail keyword. Anda juga bisa menggunakannya dengan mendrag and drop kata kunci ke konten dengan satu klik saja. Dengan demikian anda bisa menghemat waktu disaat mencari kata kunci dengan tool lain sejenis.

Selain itu dia juga bisa menganalisa algoritma posting dan halaman dengan mengkalkulasikan statistik SEO terhadap konten. Kemudian akan memberikan rating dengan rentang antara 1 hingga 100. Dengan analisis ini dia akan memeriksa pula tag H1, H2, H3. Bisa memeriksa tautan outbound dan internal, gambar apakah telah mempunyai alternate dan tag judul. Tambahan lagi, dia mempunyai fitur untuk melakukan internal linking dengan kata atau phrase tertentu.

Dengan demikian, plugin ini akan membantu agar situs lebih social friendly dengan menambahkan Facebook open graph dan tag metadata Twitter. Didukung dengan snippet sehingga anda bisa membuat review tak terbatas, dan dapat menyesuaikan dengan schema.org secara otomatis.

Rank Reveal

rankreveal

Dengan Rank Reveal, anda bisa menemukan kata kunci apa yang digunakan untuk meranking sebuah tulisan sehingga ranking blog bisa lebih baik di masa depan. Anda juga bisa menemukan long tail keywords dengan tingkat kompetisi rendah tetapi konversinya cukup tinggi. Rank Reveal menggunakan grafik data yang dia punyai, dimana datanya tersebut cukup lengkap serta secara terus menerus memonitor ranking tiap situs di mesin pencari. Data tersebut berisikan seluruh kata kunci yang ada di SERP yang terkadang terabaikan dan tidak dapat ditemukan pada webmaster dan google analytic dan bagaimana masing-masing posisinya.

Anda bisa juga melihat perkembangan kompetitor berdasarkan seluruh kata kunci yang kompetitor anda punyai. Sehingga anda bisa menggunakannya untuk mengoptimisasi situs dan memperoleh hasil memuaskan di kemudian hari. Dia bisa melacak ranking secara lokal dan tersedia di 175 negara.

Video SEO Plugin

video-seo-wp

Plugin ini berguna bagi anda yang mempunyai blog video dan ingin meningkatkan trafik organik terhadap blog tersebut. Video SEO Plugin secara otomatis akan menggenerate schema.org video object markup dan membantu anda memunculkan video thumbnail di tiap hasil pencarian.

Setelah menginstal plugin ini anda tidak membutuhkan setingan khusus lainnya, sehingga bisa langsung ke konten dan langsung membuat artikel dan tutorial baru berdasarkan video tadi. Tetapi ada beberapa isian yang harus ditambahkan di bagian editornya dan beberapa detil dan thumbnail.

Fitur paling penting dari plugin ini adalah kemampuannya untuk mengambil secara otomatis detail SEO dari video tersebut dari layanan video hosting. Lagipula, plugin ini dapat membuat sitemap untuk video dimana akan membantu Google dan mesin pencari lainnya untuk mengindeks video tersebut secara lebih mudah. Dengan demikian plugin ini bisa membantu video anda akan dapat tampil lebih baik di hasil pencarian (SERP) dan nantinya akan berkontribusi terhadap trafik organik. Sekarang plugin ini telah mendukung untuk layanan hosting video seperti Youtube, Vimeo, Dailymotion dan banyak lagi lainnya.

All In One SEO Pack

all-in-one-seo-pack

Plugin ini paling terkenal di dunia dan salah satu plugin terbaik dibuat untuk para blogger, pebisnis online, eCommerce dan majalah. Dengan telah di download oleh lebih dari 14 juta kali dan mempunyai rating rata-rata cukup tinggi, ini merupakan bukti bahwa All In One SEO Pack sangat terpercaya.

All In One SEO Pack dibuat oleh Michael Torbert. Plugin ini juga menawarkan versi profesional sebagai tambahan. Versi pro memiliki fitur tambahan yang banyak dimana tidak akan anda dapatkan jikalau menggunakan versi gratis, termasuk layanan dukungan dan bantuan instalasi.

Adapun fiturnya sangat mudah untuk dipahami. Bahkan bagi blogger pemula dan tidak terlalu paham akan SEO bisa menggunakannya dengan sangat gampang. Dia bisa secara otomatis membuatkan deskripsi meta dan meta kata kunci untuk blog yang telah dipasangkan plugin ini. Dia juga bisa mengoptimisasi otomatis dengan baik terhadap judul. Sebagai tambahan, dia bisa juga menambahkan alternate tag terhadap seluruh gambar yang menyertai semua halaman. Alternate tag berfungsi untuk memperkenalkan gambar ke bot mesin pencari sehingga mesin pencari dapat mengerti gambarnya tentang apa karena bot hanya dapat membaca dalam bentuk teks saja, bukan gambar.

Terakhir, All In One SEO Pack mendukung juga untuk eCommerce, dan dengan algoritmanya dia bisa memeriksa apakah terdapat konten duplikat di masing-masing halaman agar terhindar dari hukuman Panda. Secara keseluruhan, plugin ini tidak ada duanya bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman sekalipun.

Plugin WordPress SEO by Yoast

yoast-seo

Plugin satu ini telah didownload jutaan kali dan ratingnya sangat tinggi. Di kategori SEO, Yoast bisa dijadikan sebagai alternatif terbaik setelah All In One SEO. Yoast ini dibuat oleh seorang ahli SEO yaitu Joost de Valk. Dia tidak hanya ahli SEO tetapi juga menjadi developer plugin terbaik yang beredar di pasar internet. Karyanya telah dipergunakan oleh banyak website besar dan majalah online.

Plugin WordPress SEO by Yoast juga menambahkan pilihan untuk mengintegrasikan open graph Facebook terbaru dan metadata Twitter sehingga website anda akan menjadi social friendly. Tetapi fitur paling penting terdapat pada analisis on page dimana analisis ini didukung oleh Linkdex.

Dengan adanya fitur ini, anda bisa menentukan sendiri meta deskripsi dan tag keyword di tiap tulisan. Disamping itu dia juga secara otomatis akan memeriksa kedalaman kata kunci di tiap postingan, memeriksa apakah phrase kata kunci tertarget sudah terdapat di judul atau URL postingan. Bahkan dia juga memberikan saran dimana harusnya menempatkan kata kunci sehingga akan meningkatkan hasil di SERP.

Fitur tambahan lainnya adalah terdapatnya skala yang disebut dengan Flesch Reading Ease. Fungsi fitur ini untuk memeriksa apakah postingan ini mudah dimengerti atau tidak (tetapi fitur ini untuk berbahasa Inggris). Flesch Reading Ease ini dapat mengoptimalkan konten agar mudah dibaca oleh pemirsa.

Selain fitur di atas, terdapat juga beberapa fitur tambahan seperti mengatur tag nofollow dan noindex di kategori, tags, author, archive dan halaman individu. Anda juga bisa menggenerate breadcrumb dan sitemap. Ada juga fitur untuk memilih apakah ingin menambahkan tag rel canonical atau tidak, dengan demikian konten yang sama tidak akan kena hukuman karena isinya hampir mirip.

Google Sitemap

bestwebsoft

Khusus untuk membuat sitemap, silakan gunakan plugin dari Bestwebsoft. Dengan plugin ini akan memudahkan anda untuk mensubmit sitemap ke Google Webmaster dan Bing Webmaster tool. Dia juga menggenerate file .gzip. File ini sangat penting oleh Google.

Selain itu, dia juga gampang digunakan dan sederhana serta mendukung format postingan dalam berbagai bentuk, seperti video, gallery, quote, dan sebagainya. Format seperti video, gallery dan sebagainya ini seringkali terabaikan oleh plugin SEO lain.

SEO Image Optimizer

seo-image-optimizer

Plugin ini gunanya untuk gambar. Dia bisa mengganti judul dan tag alt dari sebuah gambar. Seluruh perubahan akan dilakukan tanpa mengganggu database situs. Dia juga bisa mengubah ukuran gambar dan mengkompressnya agar kecepatan situs tidak terganggu karena ukuran file gambar.

Plugin ini sangat gampang digunakan, telah mendukung bagi website WordPress multisite, bisa digunakan untuk hampir seluruh tema WordPress dan terdapat layanan bantuan bagi pengguna premium.

Kesimpulan

Dengan telah menginstal plugin di atas dan menggunakannya secara maksimal, bisa dipastikan website anda akan melejit di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari seperti Google dan Bing.

Seandainya masih ada kekurangan dan tambahan, sangat saya apresiasi jika disampaikan di kolom komentar.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda