Plugin Photo Galeri Terbaik di WordPress

Jika anda sedang mencari plugin WordPress untuk galeri foto agar gambar di situs anda tampil dengan efek maksimum, berikut ini diulas beberapa pilihan galeri, ada yang berbayar atau premium hingga gratisan.

NextGen Gallery

NextGen merupakan salah satu plugin terbanyak di pakai oleh pengguna WordPress di seluruh dunia. Jumlah downloadnya sudah melebihi 15 juta kali dan ratingnya pun bagus. Artinya kebanyakan para pengguna plugin satu ini sangat puas dengan layanan yang telah disediakan.

Disamping itu, pengembangan selalu dilakukan oleh perusahaan sehingga selalu up to date. Hal ini dikarenakan, rata-rata para penggunanya menggunakan versi Pro (berbayar) sehingga memudahkan perusahaan untuk mengembangkannya lebih lanjut. Fitur-fitur yang tersedia diantaranya adalah membuat watermark, slideshow, lightboxes dan galeri untuk Pinterest, dan lain sebagainya.

Baru-baru ini NextGen telah merilis versi terbaru bagi Pro-plugin, dimana anda bisa menggunakannya untuk eCommerce. Ini artinya para photographer bisa langsung menjual fotonya di situs pribadi berbasis WordPress. Ini merupakan langkah besar bagi NextGen terutama para pengguna berbayar (premium) mereka.

Disamping versi terbaru plugin Pro ini, mereka juga memperkenalkan versi baru lagi dengan nama NextGen Plus. Plus disini sama juga dengan Pro, dan harganya 39 dollar, sementara harga untuk eCommerce di versi Pro berharga 99 dollar.

Social Gallery

SocialGallery sangat cocok bagi anda yang selalu berinteraksi melalui media sosial. Social Gallery selalu terdepan dalam mengupdate pluginnya sehingga sesuai dengan keinginan pelanggan. Social Gallery selalu fokus bagaimana caranya agar para pengunjung blog anda dengan mudah memberikan like dan berkomentar terhadap foto anda, dan membagikannya melalui media sosial yang mereka ikuti. Dengan plugin yang responsive dan cepat, dia menawarkan beberapa fitur berkualitas, diantaranya:

a. Cara install yang mudah

b. Kompatibilitas dan dukungan NextGen

c. 40 + CSS 3 animation and transitions

d. URL bisa diatur sehingga memudahkan SEO

e. Warna, tautan, margin dan ukuran gambar bisa disesuaikan.

f. memudahkan pengunjung blog untuk berkomentar.

Social Gallery mendukung berbagai browser dan cocok dengan hampir seluruh tema di WordPress. Pluginnya dikompress dengan jQuery dan CSS sehingga waktu loadingnya lebih cepat, dan yang terpenting kompatibel dengan Google Adsense. Untuk menggunakannya, cukup merogoh kocek sebesar 29 dollar untuk lisensi regular.

Fancy Gallery

Jika anda membutuhkan plugin yang menawarkan ribuan layout dan variasi efek melayang, dan pilihan untuk mengkustom gambar, maka FancyGallery merupakan salah satu pilihan tepat. Dengan Fancy Gallery anda bisa membuat gambar sesukanya dengan system ajax-driven admin yang user friendly. Anda bisa membuat galeri dan album yang tidak terbatas untuk ditampilkan pada postingan, halaman dan widget. Disamping itu juga akan menghemat waktu anda karena mempunyai plugin dengan fitur auto-thumbnail. Harga yang harus dibayar sebesar 25 dollar.

Thumbnail Gallery

Thumbnail Gallery cukup murah dibandingkan plugin lainnya. Hanya dengan harga 18 dollar saja, anda sudah memperoleh plugin yang responsive dan bisa dikustomasi. Plugin ini kompatibel dengan seluruh browser dan perangkat keras. Anda juga bisa memasukkan galeri secara tidak terbatas ke halaman atau posting dengan gampang, dengan short code generator.

Fitur kuncinya termasuk tampilan yang responsive, terintegrasi dengan tombol berbagi, lightbox bisa diatur sedemikian rupa, HTML dan Flash compatibility. Anda juga dapat mengembed video dari Youtube dan Vimeo.

Envira Gallery

Envira merupakan sebuah plugin premium yang cukup bagus. Kecepatan aksesnya cukup cepat, dan cara menggunakannya cukup mudah. Plugin ini sangat sempurna karena codingnya sangat bersih sehingga bisa tampil dengan cepat, dan sangat responsive digunakan dengan browser ataupun perangkat apapun (komputer, laptop, tablet, handphone dan lain sebagainya).

Fitur addonnya mempunyai desain modular. Anda bisa menambahkan tombol Pint!, melindungi gambar agar tidak di download oleh orang yang tidak bertanggung jawab, full screen mode dan bisa ditautkan dengan mode lightbox. Jika anda tertarik menggunakannya, sebaiknya ambil yang Silver, dengan demikian anda sudah memperoleh seluruh fitur basic.

Justified Image Grid

Dengan menggunakan Justified Image Grid, anda dapat membuat photo grid yang indah dan responsive dari seluruh sumber yang telah anda punyai. Disamping itu juga dapat mengontrol lebar gambar, penampilan, efek khusus seperti desaturation, border, caption, animasi dan sebagainya. Di desain untuk membuat galeri anda indah dipandang mata, dan ramping.

Anda bisa mengambil gambar dari Facebook, Flickr, Instagram, 500px, Pinterest, deviantArt, Stumbleupon, Imgur, Tumblr dan banyak lainnya. Anda bahkan juga bisa memasukkan video dari Youtube dan Vimeo serta menggunakan NextGen sebagai manajer gambar.

Fitur-fiturnya:

a. gampang di install dan di setup

b. Mudah dikustomisasi tanpa tambahan coding

c. Otomatis mensejajarkan gambar,

d. Mendukung banner homepage

e. Tag cloud

f.  Spesial efek.

Setelah anda memperoleh lisensi dengan harga 29 dollar, anda akan memperoleh sebuah dokumen dalam bentuk PDF. Disana akan dijelaskan secara terperinci bagaimana cara menggunakan seluruh fitur yang ada, sehingga bisa termanfaatkan semaksimal mungkin.

FooBox Galleries

FooBox merupakan plugin yang responsive dan terdapat tombol built-in untuk media sosial dan berfungsi sebagai slideshow. FooBox adalah plugin premium, harganya dimulai dari 39 dollar untuk personal. Anda hanya perlu bayar satu kali saja dan setelah itu bisa dipergunakan selamanya. Tiap gambar mempunyai ikon sharing untuk media sosial sehingga anda akan lebih gampang membagikannya melalui media sosial apa saja. Juga mobile friendly.

Final Tiles Grid Gallery

Plugin ini mempunyai dua model layout, Final Tiles dan Masonry. Anda akan memperoleh dukungan selama 6 bulan pertama. Disamping itu juga, Final Tiles Grid Gallery mendukung album WordPress. Anda juga bisa menyelipkan video, 7 lightbox jika anda bayar penuh. Tampilannya cukup fleksibel. Gambar bisa dibuat landscape dan portrait.

Adapun layanan diberikan sebagai berikut:

a. Gridnya unik dan bisa dibentuk sesuka hati

b. Bisa embed video dari Youtube dan Vimeo

c. Terdapat 7 Lightbox

d. Responsif dan mobile friendly

e. Efek caption, termasuk animasi

Anda harus membayar sebesar 19 dolar untuk memperoleh lisensi standar.

Photospace Gallery

Plugin ini merupakan fitur built-in di WordPress. Dengan menerapkan plugin secara otomatis ke default gallery, maka penggunanya akan bisa mengupload beberapa gambar dalam sekali jalan, bisa di drag and drop, menambah judul, caption dan deskripsi gambar dan memodifikasi thumbnail, lebar gambar dan sebagainya.

OmniGallery

Dibuat oleh ColorLabs & Company, OmniGallery dapat membantu anda untuk membuat galeri photo dari media sosial, termasuk Instagram, Pinterest, Facebook, Flickr dan Dribble. Harga terbagi atas dua, yaitu gratis dan berbayar (pro) seharga $49.

Photo Gallery

Photo Gallery merupakan galeri yang sangat responsive. Anda dapat membuat galeri foto dalam beberapa menit saja. Plugin ini gratis tetapi bisa dioptimisasi dan responsive sehingga bisa dinikmati melalui berbagai perangkat. Anda akan mempunyai galeri dan album tak terbatas, lightbox, lima bentuk tampilan, dan embed untuk media sosial. Dia juga mendukung berbagai tipe photo dan terdapat tool untuk mengkustomisasi gambar.

WP Photo Album Plus

Anda akan mudah menggunakan WP Photo Album Plus. Dia menawarkan banyak fitur, termasuk photo dan album tidak terbatas, sub album, dan banyak lagi.

Gallery Bank

Gallery Bank di buat untuk membantu pengguna WordPress untuk membuat gambar visual dalam bentuk grid, list, masonry, thumbnail dan banyak lagi. Terdapat dukungan 36 bahasa dan desainnya telah responsive. Anda dapat menempatkan foto tanpa batas di tiap album, mengupload banyak foto dengan satu klik, efek khusus, dan animasi, social sharing dan lain sebagainya.

Simplest Gallery Plugin

Plugin ini sangat populer diantara plugin serupa yang gratis. Simplest Gallery Plugin bekerja tanpa ada kendala pada fungsi dasar galeri. Cukup di install dan aktifkan, maka anda akan melihat kemudahan dalam menjalankan plugin ini. Plugin ini juga menawarkan lightboxes, coverflow dan side scrolling thumbnail.

Gmedia Gallery

Didesain sangat responsive. Gmedia Gallery menawarkan fitur yang cepat dan fleksibel untuk membuat galeri slideshow, termasuk drag and drop sorting, tag and category sorting, dan edit image dan filter.

Awesome Flickr Gallery

Flickr sangat simple, cepat dan efektif untuk membuat sebuah galeri menggunakan photo dari album Flickr anda. Fiturnya mendukung untuk photo bersifat public dan privat, mensorting banyak foto, menunya cukup intuitif, capabel dengan SEO dan lain sebagainya.

Sebagai tambahan, anda dapat menggunakan Responsive Photo Gallery dan WP Easy Gallery. Fungsi kedua nya hampir sama.

Sebagai penutup, sebelum anda menggunakan sebuah plugin di WordPress, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu jumlah penggunanya, dan kapan terakhir kali di update. Setelah itu barulah anda lihat fitur-fiturnya serta bagaimana komentar penggunanya, apakah positif ataukah negatif.

Kalau anda ingin fitur yang sangat memuaskan, tentunya anda tidak akan ragu untuk merogoh kocek beberapa dolar untuk melindungi dan memaksimalkan foto sehingga bisa tampil lebih di depan diantara blog sejenis.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda