Petunjuk Google Plus Collection

Apa itu Collections? Fitur ini adalah koleksi postingan tentang subjek yang anda pilih. Dia seperti virtual, majalah interaktif. Bisa berisi tentang minat, niche, atau focus kepada konten yang anda publish di Google Plus.

Collection berguna untuk membuat sebuah percakapan tentang hal yang anda sukai dengan orang yang tepat.

Bagi beberapa orang, mereka membuat Collection untuk menemukan konten tentang minat yang sama dan membawanya ke suatu tempat khusus. Bisa juga digunakan untuk menemukan niche tertentu dari orang yang mereka ikuti dan dikumpulkan ke Collection.

Collection mempermudah dalam hal membagikan konten yang anda sukai dan membagikannya dengan orang-orang yang mempunyai minat yang sama.

Ikon Collection berada di bar samping kiri, tergabung dengan Home, Profile, People dan lainnya.

Juga terdapat pada bar disamping Post untuk melihat pada Collection mana saja anda telah bergabung.
Cara menyembunyikannya sama dengan tab lainnya di setting akun.

Bagaimana cara kerjanya?

Orang yang telah memfollow anda secara otomatis akan mengikuti Collections yang anda buat.

Anda bisa mengikuti sebuah collection dengan mengklik tombol Follow jika belum mengikuti orang yang membuat Collection tersebut.

Kemudian anda diberikan pilihan, apakah akan menampilkannya di profil anggota collections tersebut.

Pilihan ini bisa juga dirubah di bagian About pada profil atau Page.

Membuat Collections

Semua profil atau laman di Google Plus bisa membuatnya. Klik saja ikon Collections di samping kiri layar atau tab di profil. Kemudian klik tanda +.

Kemudian akan muncul kotak dialog untuk menentukan tipe Collection, yaitu publik atau privat. Disini juga tempat menamai Collections tersebut. Anda bisa merubahnya suatu saat jika merasa sudah tidak cocok lagi dengan nama tersebut.

Di bagian sebelah kanan tampilan, ada tiga ikon, yaitu Customize, bagikan, dan gambar gear.

Customize berguna untuk mengganti tampilan gambar utama. Gambarnya bisa dipilih dari koleksi yang telah ada. Namun jika tidak ada yang cocok bisa diganti dengan mengklik tulisan Add Your Own.

Gambar Share tidak perlu diterangkan lagi.

Gambar gear berguna untuk merubah setingan Collections. Terdiri dari dua pilihan, yaitu Edit Collection dan Delete Collection.

Edit berfungsi untuk merubah nama dan apakah anda ingin seluruh follower anda juga tergabung dalam Collections yang anda buat.

Nama maksimal berisi 50 karakter.

Anda bisa membuat hingga 50 Collections.

Kita harus hati-hati memilih setingan apakah akan dibagikan untuk publik atau privat. Karena seting ini tidak bisa diganti jika sudah ditetapkan.

Cara Posting di Collections

Pilihan 1.

Anda buat sebuah postingan, lantas langsung dikirimkan ke Collections.

Pilihan 2.

Jika ingin memasukkan postingan yang sudah ada, terdapat sebuah tanda panah kecil pada kotak post yang akan menampilkan pada menu, lalu pilih ke Collections mana ingin dibagikan.

Pada pilihan ini, kita tidak bisa menambahkan komentar pada postingan tersebut. Tapi seperti postingan lainnya, anda bisa mengedit kata-kata yang telah terdapat di dalam postingan.

Pilihan 3

Juga terdapat pilihan untuk membagikan dan menambahkan sebuah komentar diatas boks

Jika Collections ini di set ke publik maka semua orang akan bisa melihat isinya.

Konten Collections juga akan tampil di main stream. Orang yang mengaksesnya akan tergantung kepada siapa anda ingin membagikannya, apakah ke publik, lingkaran, komunitas dan lain sebagainya. Mirip seperti membagikan posting biasa.

Sementara, jika ingin mengeluarkan sebuah postingan dari Collection, caranya sama dengan memasukkannya pada pilihan 2.

Kita tidak bisa memindahkan sebuah post yang telah dibagikan di sebuah komunitas ke Collections, tetapi masih bisa “membagikan” nya ke Collections. Caranya sama dengan Pilihan 3.

Bagaimana hubungan antara Collections dengan Lingkaran?

Ketika memposting di sebuah Collections, maka secara otomatis akan terposting juga di main stream tergantung dari seting Collections tersebut, apakah secara publik, atau privat.

Kita tidak bisa menotifikasi atau menyebut orang sewaktu membagikannya ke Collections secara bersamaan.
Perbedaan antara Collections dan Komunitas

Di Collections hanya anda, si pembuat Collections, yang bisa memposting, tetapi follower masih bisa memberi +1, berkomentar atau membagikan ulang post tersebut. Sama seperti pos publik yang biasa.

Sementara di dalam komunitas semua anggota bisa membuat pos.

Collections dapat diindeks oleh Google, sama seperti postingan biasa.

Dengan adanya fitur ini, diharapkan orang akan lebih fokus terhadap niche yang dia pilih. Mereka akan fokus terhadap sebuah subjek pembahasan yang tergabung di dalam sebuah tempat tersendiri.

Collections merupakan pilihan tepat bagi anda yang telah membuat Laman Bisnis.

Laman bisnis berbeda dengan Collections, karena dengan laman ini anda diberikan peluang untuk mengelolanya hingga oleh 50 orang dan akan tampak pada Google Maps. Sementara Collections tidak.

Efek pada pelaku bisnis akan lebih fokus dalam membangun otoritas mereka di suatu bidang atau niche tertentu.

Kesimpulan

Fitur ini merupakan koleksi pribadi tiap akun. Sebagai contoh, saya mempunyai minat mengenai kucing, adsense, dan Google Plus.

Kala saya posting mengenai kucing, akan saya kumpulkan pada koleksi tentang kucing.

Sewaktu pos mengenai adsense, akan ditempatkan pada adsense.

Sedang Google Plus merupakan kumpulan tulisan yang saya tulis di blogspot.

Kegunaannya, sewaktu saya terbentur dengan masalah adsense, misalnya, saya bisa memeriksa koleksi pos saya yang berjudul adsense. Begitu juga anda yang telah memasukkan saya ke dalam lingkaran, ketika terbentur mengenai adsense, mungkin kumpulan adsense saya bisa digunakan untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Demikian tulisan mengenai Google Plus Collections. Semoga dapat bermanfaat, namun jika masih ada kekurangan dalam tulisan ini, sangat diharapkan perbaikannya melalui kolom komentar.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda