Perubahan Algoritma Facebook: Fokus ke Teman dan Keluarga

Tujuan news feed Facebook adalah menampilkan cerita teman yang paling relefan dengan anda. Ini tidak segampang yang anda kira jika anda mempunyai pengguna milyaran orang yang harus anda buat bahagia dan lebih dari ribuan cerita per hari untuk diprioritaskan untuk masing-masing pengguna. Sekarang, Facebook telah mengumumkan satu perubahaan paling signifikan dalam menampilkan news feednya.

Facebook telah mengumumkan bahwa algoritma news feednya telah berubah dan akan lebih memprioritaskan konten yang diposting oleh teman dan keluarga dari si pengguna.

Perubahan ini artinya bahwa konten yang diposting oleh laman perusahaan akan berkurang ditampilkan bagi para pengguna. Pada pengumuman itu, Fb mengumumkan bahwa prioritas mereka adalah menjaga anda tetap terhubung dengan orang, tempat dan segala sesuatu yang anda pedulikan, dimulai dengan orang yang menjadi teman di Facebook.

Pada bulan April 2015 lalu, Facebook telah melakukan update terhadap algoritmanya dengan mencoba memastikan bahwa cerita yang diposting langsung oleh teman dekat anda akan lebih tampil di news feed, sehingga anda tidak akan kehilangan kabar dari mereka. Tetapi berdasarkan pengalaman selama satu tahun ini, Facebook percaya bahwa orang-orang masih khawatir jika kehilangan update terpenting dari teman-teman mereka.

Update ini sepertinya akan berdampak terhadap seluruh tipe konten yang diposting oleh laman (laman berbeda dengan akun karena laman biasanya digunakan oleh perusahaan dan bisa dikelola oleh banyak orang atau banyak akun, sementara akun merupakan milik pribadi dan orang lain tidak bisa mempunyai akses untuk memasukinya kecuali kena hack), termasuk tautan, video, foto dan lain sebagainya. Facebook mengatakan bahwa trafik yang langsung datang ke laman akan jauh berkurang.

Tetapi, dengan update kali ini, jika trafik referral anda datang dari orang yang membagikan ulang konten anda dan teman-teman mereka menyukai dan berkomentar maka trafik tidak akan berdampak besar. Tautan atau konten laman yang dibagikan oleh teman atau konten teman anda dimana anda selalu berinteraksi dengan mereka akan tetap tampil lebih tinggi di beranda anda.

Apa Yang Bisa Diharapkan Melalui Update Ini?

Kesuksesan Facebook karena dia menampilkan postingan teman dekat seseorang. Untuk memastikan anda tidak ketinggalan postingan teman dan keluarga yang anda pedulikan, Facebook mencoba meletakkan postingan mereka paling atas news feed. News feed ini akan terus mempelajari dan beradaptasi setiap saat berdasarkan konten dari orang yang paling anda sukai. Sebagai contoh, jika anda pernah menyukai foto dari saudara anda, maka postingan dari saudara anda itu akan tampil lebih didahulukan dibandingkan postingan orang yang tidak pernah anda sukai.

Facebook juga mempelajari bahwa, setelah postingan teman dan keluarga, ada dua keinginan orang ketika mereka membuka News Feed, yaitu:

a. News Feed harus bisa menginformasikan sesuatu. Orang mengharapkan cerita yang muncul di beranda haruslah berharga bagi mereka. Terkadang, seseorang akan merasa suatu informasi yang mereka baca akan informative dan menarik, sementara orang lainnya tidak merasakan hal yang sama. Demikian juga tampilan di news feed di Facebook. Oleh karena itu, algoritmanya selalu mencoba untuk lebih mengerti apa yang menarik bagi anda secara lebih personal, sehingga cerita itu akan muncul lebih baik di news feed.

b. News feed harus menyenangkan. Facebook juga menemukan bahwa orang-orang lebih suka konten yang menyenangkan. Bagi sebagian dari mereka,  ada yang memfollow orang terkenal atau atlit, dan bagi sebagian orang lainnya menonton video dan membagikan foto-foto lucu ke teman-temannya. Sekali lagi, algoritma Facebook mencoba untuk mengerti dan memprediksi apa postingan di facebook yang akan ditampilkan di news feed anda sehingga anda tidak akan melewatkannya.

Keindahan Dari Keberhasilan Jejaring Sosial

Meskipun perusahaan telah berkembang dengan pesat, tetapi di hatinya, Facebook masih meletakkan pertemanan di atas segala-galanya, dan tanpa mempererat hubungan kita dengan orang-orang terdekat, Facebook dapat menghadapi tantangan agar penggunanya yang sebanyak 1,65 milyar untuk kembali. Untuk dapat mengerti bagaimana cara kerja utama dari jejaringan sosial dan membuat kita selalu terus menggunakannya, Swiss Federal Institute of Technology telah mempelajari jejaring sosial seperti Friendster dan Myspace untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang telah mengganggu sebuah jejaringan sosial.

Mereka menemukan bahwa ketika waktu dan usaha dihubungkan dengan menjadi anggota sebuah jejaring sosial tidak menguntungkan, maka orang satu persatu akan meninggalkannya. Jika satu orang pergi, maka teman-temannya biasanya akan ikut pergi juga sehingga lama kelamaan tidak ada yang menggunakannya lagi.

Jejaring sosial seperti Friendster dan Myspace sama seperti Facebook. Keduanya dulu memiliki jutaan pengguna, tetapi sebuah penelitian menemukan bahwa keterikatan antar penggunanya tidak kuat. Para penggunanya tidak terlalu mempunyai kedekatan, dan ini menimbulkan korelasi langsung antara bagaimana hubungan yang kita rasakan terhadap teman dan keluarga dan hubungannya dengan tiap sosial media tersebut.

Jika pengguna Facebook merisaukan ketika kehilangan update penting dari orang yang paling mereka cintai, kemudian hubungan mereka dengan sosial media tersebut mulai mengendur ketika mereka menemukan cara lain agar selalu terhubung. Dan ketika para pengguna mulai pergi, atau tidak pernah log in lagi, akan terjadi efek berantai terhadap sosial media tersebut.

Bagi Facebook, News feed merupakan bagian paling integral bagi produknya untuk membuat kita semua merasa saling terhubung dengan orang yang kita cintai. Oleh karenanya, hal ini menjadi penting bagi Facebook untuk menjaga konten yang kita inginkan muncul di awal kita log in.

Bagaimana Dampak Update Ini Terhadap Laman Bisnis?

Sudah pasti, perubahan ini akan berakibat terhadap seluruh bentuk konten yang diposting melalui laman, termasuk tautan, video, dan foto. Facebook dengan gamblang telah mengatakan bahwa konten dari teman dan keluarga akan lebih diutamakan. Dan perusahaan juga diminta untuk meningkatkan komunikasi dan menjadi terlibat dalam semua perspektif tanpa membumbuinya dengan hal lainnya. Kita mengharapkan bahwa update ini akan mengakibatkan postingan organic akan naik dan trafik referral akan menurun di beberapa laman. Akibatnya akan berbeda di tiap laman dan akan sangat tergantung dari komposisi audien atau bagaimana konten anda dibagikan melalui Facebook. Sebagai contoh, jika trafik yang didapatkan oleh sebuah laman berasal dari referensi orang-orang yang mengikutinya, dan mereka menyukai dan berkomentar di postingan tersebut, maka trafik seperti ini tidak akan terlalu berdampak dibandingkan jika mayoritas trafik anda berasal dari follower saja.

Penutup

Dengan seluruh update algoritma Facebook ini, anda sebagai perusahaan atau pemilik laman, perlu meluangkan waktu untuk menentukan bagaimana seharusnya menggunakannya supaya dikemudian hari trafik tidak menurun secara drastis. Salah satu taktik yang mungkin digunakan adalah dengan membuat konten semenarik mungkin sehingga follower anda akan bersedia membagikannya dan menyukainya. Dengan demikian, laman anda akan selalu muncul pertama kali saat seseorang log in ke Facebook.

Disamping itu, selalulah untuk fokus terhadap apa yang diinginkan oleh orang di News Feed mereka. Seperti telah disampaikan di atas, disamping konten dari teman dan keluarga, pengguna Facebook juga ingin diinformasikan dan di entertain. Dengan pola fikir seperti ini, semoga laman yang anda kelola akan tetap menjadi terdepan.

Semoga bermanfaat.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda