Perkembangan Algoritma Google

Google selalu mengembangkan algoritmanya dari waktu ke waktu, bahkan tidak ada orang diluar Google yang mengetahui bagaimana perkembangan algoritma Google ke depan. Dalam artian, apa yang dilakukan oleh Google untuk perbaikan mesin pencarinya di kemudian hari tidak pernah bocor dan beredar ke publik. Yang ada adalah setelah perubahan dilakukan, barulah kemudian para ahli SEO dapat menganalisa dan memperbaiki strategi pemasarannya. Bahkan orang yang bekerja di Google itu sendiri pun tidak tahu menahu apa dan bagaimana perubahan di Google. Tetapi, dengan mengenal dan mengetahui perkembangan algoritma Google, semoga kita bisa lebih mengerti bagaimana filosofi dari perusahaan Google itu sendiri.

Google sendiri telah menyampaikan bahwa terdapat empat buah update utama pada algoritmanya, yaitu Panda, Penguin, Humingbird dan Pigeon. Di antara update utama tersebut, Google pun telah membuat beberapa perubahan yang tidak terlalu dipublikasikan, tetapi tetap berdampak terhadap ranking situs di hasil mesin pencari.

Dalam pembahasan kali ini, selain mempelajari sejarah update algoritma Google, juga disampaikan bagaimana cara menghindari dan keluar dari hukuman Google, disertai dengan tautan-tautan untuk memeriksa kondisi sebuah webpage.

Pendahuluan

Sebelum membahas bagaimana efek dari masing-masing update algoritma ini, sebaiknya kita pahami dulu pengertian algoritma mesin pencari.

Kata algoritma mengacu ke logika dasar, prosedur langkah demi langkah untuk menyelesaikan sesuatu masalah. Khusus untuk kasus mesin pencari, masalah yang ingin dipecahkan adalah bagaimana menemukan situs paling relefan dengan kata kunci yang telah dituliskan di mesin pencari oleh penggunanya. Dengan kata lain, maksud dari algoritma disini adalah cara Google untuk menemukan, meranking dan menyampaikan kepada penggunanya hasil paling relevan di hasil pencarian.

Seperti kita semua ketahui bahwa Google merupakan mesin pencari nomor satu di internet, dan dia dapat mengungguli pesaingnya disebabkan dia fokus terhadap kualitas hasil pencarian yang akan disampaikan ke pengguna, sehingga penggunanya merasa sangat puas.

Dari awal, dengan mengembangkan kemampuannya untuk menjawab pertanyaan penggunanya dengan benar dan cepat, Google mulai memperbaiki algoritma pencariannya, yang selalu berubah dan terkadang perubahannya sangat drastis untuk menyampaikan hasil paling relevan. Sebagai akibat dari perubahan-perubahan ini, telah banyak situs kena hukuman, yaitu rankingnya merosot jauh ke bawah, sementara situs lainnya (yang sesuai dengan algoritmanya) trafik dan rankingnya menjadi jauh lebih baik.

Untuk melihat perkembangan updatenya, Google butuh data dalam jumlah sangat besar. Semakin relevan hasil penggunanya ketika mereka mencari sesuatu dengan menggunakan kata kunci spesifik, semakin akuratlah data yang bisa di ekstrak oleh Google dan menyampaikannya di halaman hasil pencarian. Demikian pula terhadap hasil pencarian melalui perangkat bergerak.

Untuk membatasi pembahasan, kita akan fokus terhadap empat perubahan utama algoritma Google. Masing-masing update ini berdampak sangat signifikan terhadap pemasaran melalui internet, on-page SEO, dan strategi yang harus diterapkan terhadap sebuah situs secara keseluruhan. Adapun algoritma itu adalah Panda, Penguin, Hummingbird dan Pigeon.

Keuntungan Utama Terhadap SEO dari Perubahan Algoritma Google

Dalam beberapa tahun terakhir, telah kita lihat efek positif dari update algoritma Panda, Penguin, Hummingbird dan Pigeon terhadap SEO, adapun beberapa efek positif tersebut adalah:

Komitmen Google untuk fokus ke pengguna. Sebagai diketahui, tujuan utama Google adalah untuk membantu pengguna untuk menemukan informasi terbaik yang mereka perlukan secepat mungkin. Dengan keempat update ini, terutama Panda, dia menunjukkan keseriusan komitmennya.

Walaupun masih terdapat kelemahan di sana sini, secara keseluruhan telah menunjukkan hasil optimal karena penggunanya telah memperoleh hasil paling relevan dan informatif di halaman pertama hasil pencarian ketika melakukan pencarian melalui Google. Ini disebabkan karena Google telah mengetahui kata-kata bersinonim.

Konten dengan pembahasan mendalam rankingnya meningkat. Sebelum ada algoritma Panda, konten dengan pembahasan sedikit dapat tampil di halaman pertama pencarian. Penulis blog cukup menulis sebanyak 300 kata saja per artikel, Page Rank tinggi, maka dia akan mudah memperoleh ranking pertama di hasil pencarian, bahkan bisa bertahan selama berbulan-bulan. Namun sekarang tidak lagi karena jumlah kata di dalam sebuah konten sangat berpengaruh. Itulah sebabnya sangat dianjurkan agar menulis sebuah topik harus mendalam dan semakin banyak tulisannya semakin bagus. Walaupun umur domainnya baru seumur jagung maka dia bisa tampil di halaman pertama mesin pencari.

Keuntungan Konten Baru

Ketika anda mempublikasikan konten baru di situs, maka Google akan memberi skor terhadap situs. Dengan berlalunya waktu, nilai fresh konten ini akan menurun. Itulah sebabnya sebuah situs butuh lebih banyak konten fresh.

Makanya, jika anda selalu mengupdate blog dengan tulisan yang relevan, gampang ditemukan dan pembahasannya mendalam (di atas 2000 kata), maka ranking dan pengunjung organik dari Google akan meningkat dari waktu ke waktu. Sementara jika tidak update secara regular maka situs itu akan sulit bersaing di mesin pencarian. Itulah sebabnya kebanyakan situs terkenal memposting tulisan baru tiap minggu, bahkan ada yang menerbitkan tulisan baru tiap hari.

Google Panda

panda

Barangkali anda telah pernah mendengar tentang algoritma Panda ini, walaupun sudah lama berkecimpung di dunia SEO tetapi mungkin tidak terlalu biasa tentang bagaimana detailnya. Dengan adanya update satu ini, telah merubah tatanan SEO secara keseluruhan. Dia mengharuskan seluruh pemilik usaha dan ahli SEO untuk berhati-hati terhadap satu ini.

Satu pembelajaran penting yaitu SEO selalu berubah-ubah. Dia selalu berevolusi dan mungkin teori saat sekarang ini bisa jadi tidak berlaku lagi di masa mendatang.

Pengertian Panda

Pada bulan Februari 2011, filter pencarian pertama dari update Panda diluncurkan. Pada dasarnya memfilter kualitas konten. Targetnya adalah konten dengan kualitas rendah dan sedikit tulisan untuk menghilangkannya dari halaman pertama hasil pencarian Google (SERP).

Dengan adanya update algoritma Panda telah mengubah dunia SEO. Dia merubah strategi konten, pencarian kata kunci dan penargetan kata kunci di Google, bahkan merubah bagaimana sebuah tautan dibangun sejak link dari tulisan kualitas bagus dan relevan akan mempunyai nilai tambah terhadap situs.

Sekarang Google dapat menentukan lebih akurat situs mana yang melakukan spam dan berguna bagi pengunjungnya. Sebelum adanya Panda, konten jelekpun bisa diranking tinggi atau bahkan mendominasi halaman hasil pencarian Google. Intinya, Panda 1.0 diluncurkan untuk memerangi konten berkualitas jelek yang membuat hasil pencarian Google menjadi kurang relefan.

Sejak saat itu, Panda mengupdate dirinya tiap satu atau dua bulan sekali. Ada yang mengatakan Panda mengupdate sebanyak 26 kali sejak diluncurkan. Tetapi hitung-hitungan ini tidak bisa dikatakan tepat karena banyak update tersebut tidak dipublikasikan secara resmi.

Perkembangan Panda

Panda 1.0.

Tujuan diluncurkannya update 1.0 ini untuk memfilter situs yang memiliki konten sedikit. Dalam kata lain tiap tulisan jumlah katanya sedikit di tiap tulisan tetapi jumlah konten seperti ini sangat banyak. Gunanya hanya untuk dapat tampil di halaman pertama mesin pencari dengan kata kunci target. Efeknya banyak situs yang bertumbangan kena hukuman ini. Tetapi jika situs itu memiliki kualitas bagus, dampaknya akan positif sekali bahkan mungkin menjadi lebih baik.

Panda 2.0.

Update berikutnya dirilis pada bulan April 2011. Kalau update 1.0 targetnya terhadap situs Amerika saja, sekarang dia mulai menyasar kepada situs global. Dia mulai fokus terhadap konten dengan kualitas terbaik, dan paling relevan di internet.

Panda 2.1 – 2.2.

Update ini merupakan update minor, diperkirakan dirilis pada bulan May, Juni dan Juli 2011. Update ini untuk mengukur kualitas dari sebuah situs. Konten dan halaman dengan kualitas rendah langsung dihukum, sementara konten berkualitas bagus akan langsung terasa peningkatan trafik.

Panda 2.3

Update kali ini fokus terhadap pengalaman pengguna. Para blogger dan pemilik situs yang menulis dan mempublikasikan tulisannya dengan tujuan membantu pengguna dan navigasi situsnya baik akan memperoleh keuntungan karena update satu ini.

Panda 2.4.

Update ini diluncurkan pada bulan Agustus 2011. Dia fokus untuk meningkatkan tingkat konversi situs dan keterikatan situs.

Panda 3.0.

Filter pencarian ini mulai diluncurkan pada bulan Oktober 2011. Update ini mengakibatkan situs besar SERPnya meningkat.

Panda 3.1.

Mulai hadir pada bulan November 2011. Efeknya tidak terlalu dirasakan karena hanya perbaikan terhadap update terdahulu.

Panda 4.0.

Pada bulan Mai 2014 Panda 4.0 dirilis. Pada dasarnya dia menarget pada situs besar yang telah mendominasi top 10 hasil pencarian terhadap kata kunci tertentu.

Faktor-faktor Penyebab Hukuman Panda

Sejak diluncurkannya Panda, pertanyaan mendasarnya adalah apa yang membuat sebuah situs kena hukum Panda? Berikut ini ada enam faktor penyebabnya dan disertai dengan saran bagaimana cara memperbaikinya sehingga bisa tampil kembali di halaman pertama.

Konten Duplikat

Jika anda memiliki konten duplikat, sangat tidak disarankan untuk meredirectnya. Ketika spider Google menemukan konten duplikat di situs anda, dia pertama sekali akan menganalisa elemen lain di situs anda sebelum menghukumnya. Cara mesin pencari menentukan konten duplikat sebagai berikut:

  1. Menemukan

Ketika konten ditemukan oleh bot mesin pencari, dia akan membandingkan isi tulisan konten tadi dengan konten lain di internet untuk menemukan apakah tulisan itu sama dengan tulisan lain.

  1. Membuang Konten

Lantas dia akan membuang halaman yang isi tulisannya sedikit, atau IPnya telah diblacklist.

  1. Membedah

Kemudian dia membedah tiap halaman yang terlihat melalui inbound link, link juice dan kualitas situs mana yang original.

  1. Menentukan hasil

Lantas dia akan memutuskan konten mana yang pantas dimunculkan di mesin pencari dan mana yang tidak berdasarkan keasliannya.

Untuk itu sangat direkomendasikan sekali agar menghindari konten duplikat dan fokuslah untuk menerbitkan konten yang unik, dapat membantu dan kaya informasi. Jangan pernah mencoba untuk memperdayai mesin pencari karena tidak akan sama konten original dibandingkan konten hasil copy paste.

Untungnya, ada cara untuk menemukan konten duplikat di blog orang lain. Berikut cara menemukannya langkah demi langkah.

  1. Kunjungi tool Duplicate Page Finder. Masukkan URL situs anda, kemudian dibawahnya masukkan pula URL dari halaman lain yang anda curigai duplikat dengan konten situs anda.
  2. Kemudian klik Analyze. Lantas akan terlihat hasil halaman tersebut ada konten duplikat atau tidak. Jika terdapat konten duplikat ada dua cara penyelesaiannya, yaitu: 1) perbaiki salah satu halaman yang original, atau 2) tambahkan tag no-index ke salah satu halaman tersebut sehingga spider Google akan mengabaikannya. Cara ini untuk konten duplikat di situs anda sendiri. Sementara jika ditemukan pada situs lain silakan ikuti langkah selanjutnya.
  1. Untuk situs orang lain masuk ke siteliner.com, masukkan URL situs anda dan tekan tombol Go.
  2. Setelah dianalisa, klik tombol “Duplicate Content”. Disini akan diperlihatkan daftar dari seluruh halaman terindikasi konten duplikat dan diperlihatkan juga persentasenya.
  3. Jika anda menerima penulis tamu atau artikel bersponsor, selalulah memeriksa apakah konten tersebut terindikasi duplikat atau tidak. Untuk memeriksanya silakan periksakan ke smallseotools.com/plagiarism-checker/. Tool ini merupakan alat untuk memeriksa apakah konten itu sudah ada yang menerbitkannya atau belum atau apakah konten itu hasil copy paste atau tidak. Setelah diperiksa melalui tool di atas, anda akan melihat analisa persentase keunikannya. Jika keunikan konten itu diatas 70%, artinya konten itu aman untuk diterbitkan, tetapi jika dibawah 70% sebaiknya dibuang saja.

Untuk itu, sekarang ini tidak lagi jamannya mencari backlink banyak-banyak, tetapi artikel mana yang paling dipercaya dan backlinknya paling relevan.

Inbound Link Berkualitas Rendah

Jika seluruh tulisan telah unik dan tidak ada copy paste, berguna untuk para pengguna dan unik, sekarang saatnya untuk memeriksa inbound link. Kualitas tautan yang menuju situs anda yang berkualitas rendah juga menurunkan kualitas situs anda, karena tugas Penguin 2.1 adalah untuk memeriksa kualitas situs dibandingkan kuantitas. Lebih baik memiliki sedikit inbound link berkualitas dibandingkan banyak inbound link tetapi kualitasnya rendah.

Jika situs anda memiliki inbound link dalam jumlah banyak dan datang dari situs yang tidak relevan seperti dari situs dengan topik berbeda, maka kemungkinan memperoleh hukuman dari Google akan meningkat.

Pada jaman Penguin ini, anda harus fokus untuk memperoleh tautan dari situs lain yang sama topik atau subjek pembahasannya. Nah, untuk memeriksa apakah ada inbound link berkualitas rendah mengarah ke situs anda, pertama sekali tentu harus menemukan inbound linknya terlebih dahulu. Untuk memeriksanya, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke OpenSiteExplorer. Ketikkan URL situs anda lantas klik tombol “search”.
  2. Kemudian klik “Linking Domains”
  3. Silakan periksa domain tertaut ke situs anda. Disini anda akan menemukan tautan yang dapat menurunkan nilai situs. Periksalah terlebih dahulu situs dari footer halaman, tautan yang terlalu dioptimisasi anchor teksnya, dan tautan mencurigakan lainnya. Dari sana bisa diteliti apakah menguntungkan atau tidak.

Bounce Rate Tinggi

Bounce rate atau rasio pentalan mengacu kepada seberapa banyak pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman saja. Dengan kata lain ketika seseorang mengunjungi halaman situs anda dan kemudian pergi begitu saja dan tidak mengunjungi atau melihat halaman lainnya seperti mengklik tautan lainnya atau membaca tulisan anda yang lainnya.

Jika bounce ratenya tinggi merupakan sebuah sinyal bagi Google bahwa pengunjung tidak menemukan apa yang mereka cari atau pengunjung berfikir bahwa situs anda tidak terlalu bermanfaat.

Pertanyaannya adalah seberapa tinggi bounce rate yang bisa ditolerir bagi sebuah situs? Jawabannya akan tergantung dari jenis situs. Tetapi secara umum dapat dikatakan bahwa rasio bounce rate yang bisa ditolerir adalah dibawah 60%. Semakin kecil tingkat persentasenya akan semakin bagus.

Faktor dasar yang mempengaruhi bounce rate ini adalah desain situs dan kebergunaannya. Perlu diingat, jika pengunjung tidak bisa menemukan apa yang mereka inginkan di situs anda dengan gampang, Google akan mengasumsikan bahwa konten anda tidak berguna. Ini disebabkan karena spider akan mengikuti bagaimana kebiasaan pengguna. Jika bounce rate sebuah situs rendah, maka Google akan menghadiahinya dengan meningkatkan nilai situs dan akan meningkatkan rankingnya di hasil pencarian.

Rasio pentalan dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu dan sewaktu rasio pentalan ini meningkat tajam tidak selalu akan menjadi masalah besar. Tetapi tetap harus selalu berhati-hati terhadap segala perubahan yang terjadi.

Jumlah Kunjungan Berulang Sedikit

Jika pengunjung situs anda hanya sekali berkunjung ke situs anda dan tidak pernah kembali lagi, ini akan menjadi pertanda bagi Google bahwa situs anda tidak terlalu relevan dan tidak terlalu berguna.

Untuk itu selalu perhatikan statistik pengunjung yang kembali mengunjungi situs anda. Untuk memeriksanya bisa digunakan Google Analytics. Cobalah perhatikan statistik pengunjung dan bandingkan dari bulan ke bulan.

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan berulang, bisa dilakukan dengan menawarkan konten gratis atau hadiah lainnya seperti akses gratis jika anda mengadakan sebuah acara. Selain itu perhatikan juga tampilan blog agar memuaskan pengunjung agar mereka mau berkunjung kembali.

Di Google Analytic, perhatikan juga terhadap sumber trafik. Beberapa domain mungkin mereferensikan beberapa pengunjung kepada anda. Sumber referal organik akan lebih bernilai dibandingkan referal berasal dari media sosial.

Cara gampang memperoleh pengunjung berulang adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi waktu loading. Kecepatan loading sebuah situs akan sangat berpengaruh terhadap ranking di mesin pencari. Untuk itu tingkatkanlah kecepatan situs sehingga pengguna suka berlama-lama di situs dan akan kembali di masa datang. Walaupun tidak berdampak langsung terhadap ranking, tetapi dengan meningkatkan kepuasan pelanggan akan meningkatkan pula nilai situs. Kenyataannya, 40% pengguna akan mengabaikan sebuah website ketika waktu loadingnya lebih dari 3 detik. Efeknya akan meningkatkan rasio pentalan atau bounce rate juga.
  2. Mau Membantu. Satu dari lima cara memperoleh pengunjung berulang adalah bersedia membantu mereka. Konten atau tulisan anda harus dapat menyelesaikan permasalahan mereka. Contohnya, anda bisa menulis tentang melakukan sesuatu langkah demi langkah (tentunya harus sesuai dengan topik blog secara umum). Sebagai contoh, jika topik blog mengenai SEO atau topiknya berkaitan dengan pemasaran melalui internet, barangkali bisa ditulis mengenai tutorial lengkap Google Analytic, dimana penjelasannya disertai dengan screenshot. Petunjuk seperti ini sangat bagus sekali disampaikan karena masih banyak para pemilik situs tidak terlalu mengerti bagaimana menggunakan GA dengan baik dan benar.

Konten Berulang Terlalu Banyak

Konten berulang yaitu konten yang dipergunakan lagi di situs. Sebagai contoh, beberapa paragraf di sebuah artikel bisa digunakan kembali di tulisan lainnya. Satu atau dua paragraf mungkin tidak akan menjadi masalah, tetapi jika persentase secara keseluruhannya terlalu tinggi, mungkin akan berdampak terhadap ranking situs. Untuk itu sekali lagi disarankan agar selalu menulis tulisan unik dan tidak pernah sama satu tulisan dengan tulisan lainnya.

Meta Tag Tidak Relefan

Sangat penting sekali untuk menset meta tag dengan tepat dan akurat, karena meta tag yang tidak relefan akan meningkatkan resiko kena hukuman. Meta tag ini terdiri dari judul, deskripsi dan kata kunci.

Jika anda menggunakan WordPress dan menginstal plugin All In One SEO, akan gampang sekali menset meta tag ini. Perlu diingat bahwa Panda tidak menyukai halaman duplikat.

Praktek SEO modern, tidak disarankan untuk menggunakan terlalu banyak kata kunci, walaupun seluruh kata kunci tersebut cukup relevan dengan blog. Penggunaan terlalu banyak kata kunci ini dikenal dengan istilah keyword stuffing. Jika dilakukan, Panda akan bertindak.

Cara Keluar Dari Hukuman Panda

Jika situs atau blog anda dihukum oleh Panda, langkah selanjutnya adalah menentukan bagaimana tindakan selanjutnya untuk keluar dari masalah ini. Banyak di luar sana yang telah membahas masalah ini tetapi tidak ada yang menjelaskan langkah demi langkah. Tetapi secara garis besar dapat dikatakan bahwa untuk keluar dari hukuman Panda harus mulai merubah orientasi terhadap pengalaman pengguna, maka secara otomatis dan perlahan akan keluar dengan sendirinya dari hukuman Panda ini.

Salah satu cara apakah situs telah dikenai Panda atau tidak adalah dengan melihat trafik organik dan ranking setelah update Panda dilakukan. Jika trafik organik menurun drastis, bisa dipastikan Google telah menghukum situs tersebut. Panda menginginkan konten berkualitas rendah, pembahasan tidak mendalam dan tidak bermanfaat harus dibuang. Terutama konten dengan jumlah kata dibawah seratus.

Cara lain untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan menulis ulang konten tersebut dan merubahnya menjadi tulisan berkualitas dan bermanfaat sehingga meningkatkan kualitasnya di mata Google.

Perbaiki Nilai Kualitas Panda

Sebagai tambahan cara membuang hukuman Panda adalah dengan memperhatikan nilai kualitas Panda. Adapun elemen penting yang perlu menjadi perhatian adalah elemen statis, pemeriksaan terhadap kualitas dan pengalaman pengguna.

1. Elemen Statis

Seluruh situs pasti memiliki elemen statis. Elemen statis ini menyampaikan apa tujuan situs dibuat, pemiliknya, dan persyaratan lainnya. Biasanya elemen statis ini berupa privacy policy, contact, about dan terms of service.

  1. Privacy policy. Kebanyakan privacy policy dibuat dengan tool pihak ketiga dan akibatnya seluruh privacy policy di dunia akan mirip. Cara penyelesaiannya dengan menambahkan tag no-index atau tag no-follow. Namun demikian Google selalu mengharapkan halaman ini pun dibuat unik dan berbeda dengan privacy policy lainnya. Setelah anda dapatkan privacy policy dari tool pihak ketiga ini, disarankan untuk menulis ulang kembali agar berbeda. Jika tidak ingin bersusah payah menulis ulangnya tetapi berbayar, silakan gunakan privacy policy
  2. Elemen statis lainnya adalah halaman contact. Biasanya halaman ini berisi kurang dari 100 kata. Elemen ini pun sebaiknya di no-indexkan atau tambahkan kalimat lainnya. Perlu diingat bahwa jika di sebuah web hanya terdapat satu atau dua postingan saja yang berkualitas baik sementara selebihnya berkualitas rendah, bisa disimpulkan bahwa seluruh web itu berkualitas rendah. Artinya, seluruh halaman dihitung.
  3. About. Halaman ini pun bisa memicu anda dikenai hukuman Panda. Disini sebaiknya sampaikan kepada pembaca tentang diri anda secara lebih detail, seperti pengalaman hidup, jenjang pendidikan dan lain sebagainya.
  4. Terms of Service. Walaupun kebanyakan pengunjung tidak akan mengunjungi halaman ini dan membacanya, tetapi tetap penting untuk membuatnya unik dan ramah Google. Jika anda adalah seorang blogger, penambahkan halaman ini di blog tidak diharuskan, artinya boleh ada boleh tidak. Tetapi jika situs ecommerce atau perusahaan wajib memiliki halaman ini.

2. Pemeriksaan Kualitas

Sebagaimana telah disampaikan bahwa salah satu faktor yang bisa membantu web untuk keluar dari hukuman Panda adalah pemeriksaan kualitas web. Koding di seluruh situs harus baik dan memenuhi standar yang ada.

Periksalah tag HTML, kesalahan PHP, Javascript dan CSS. Jika terdapat kesalahan dalam penerapan penggunaan kode di atas bisa mengakibatkan ketidak puasan terhadap para pengguna. Sebagaimana diketahui bahwa pengalaman pengguna akan berdampak terhadap ranking.

Jika situs masih menggunakan versi HTML lama, saatnya untuk mengupgradenya menjadi HTML5. Demikian juga menggunakan tag judul dan meta description selalu unik dan kata kuncinya relevan.

3. Pengalaman Pengguna

Sejak Panda akan menghukum web secara keseluruhan, anda diharuskan untuk selalu memfokuskan diri untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Ingat, pengalaman pengguna adalah tentang pengguna atau pengunjung situs. Ketika pengalaman pengguna ini membaik maka bisa dipastikan akan keluar dari hukuman Panda.

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, ada beberapa pertanyaan dibawah ini untuk mulai keluar dari hukuman Panda, yaitu:

  1. Apakah situs anda sudah tertata dengan baik? Jika sebuah web menjual produk atau layanan, bagaimana pengalaman pengunjung sewaktu datang ke situs tersebut?
  2. Apakah tulisan di web bisa menyelesaikan masalah mereka? Pengguna akan memperlihatkan kepuasannya melalui keterlibatannya dengan konten. Apakah mereka mau berlama-lama membaca tulisan di webpage itu? Apakah mereka berkomentar?
  3. Bagaimana navigasi blog? Jika pengguna bisa dengan gampang mengunjungi tiap bagian dari situs ke homepage, ini merupakan suatu kredit bagus. Semakin banyak anda tampilkan navigasi di blog semakin baik.
  4. Apakah ada pengguna kembali mengunjungi situs? Seperti telah disampaikan di atas bahwa Google tidak hanya memperhatikan pengunjung baru saja, tetapi juga terhadap pengunjung yang berulang kali mengunjungi situs anda. Jadi, jika konten anda sangat bermanfaat, mereka akan kembali lagi, tetapi jika tidak maka bounce rate akan semakin tinggi, hasilnya adalah kualitas web akan dinilai rendah.
  5. Seberapa cepat loading situs? Jika loading situs kurang dari 4 detik, ini sudah bagus. Apalagi jika kurang dari 2 detik. Tetapi jika lebih dari 4 detik, sebaiknya hubungi hosting provider untuk mengupgrade ke yang lebih baik dan cepat atau bisa juga mengoptimisasinya terlebih dahulu sebelum upgrade hosting. Cara memeriksa kecepatan situs bisa mempergunakan pingdom.com.

Google Penguin

penguin

Pada bulan April 2014, Google merilis update pertama dari Penguin. Jika Panda menyasar kepada konten berkualitas rendah, maka Penguin mengacu kepada tautan yang datang ke sebuah situs atau istilahnya link building.

Sebelum Penguin ada, pemilik situs, pelaku usaha dan webmaster melakukan berbagai taktik dalam bentuk link building. Beberapa taktik SEO link building ini masih bisa digunakan sampai sekarang, tetapi sebagian besar tidak bisa lagi. Ada empat faktor kenapa sebuah situs dihukum oleh Penguin, yaitu:

  1. Skema Tautan. Tautan yang mengacu ke sebuah situs hingga sekarang masih penting, tetapi sekarang ini lebih penting tautan berkualitas dibandingkan kuantitas. Skema tautan adalah sebuah bentuk aktifitas yang membangun tautan-tautan yang akan bisa memanipulasi mesin pencari agar sebuah situs bisa diranking lebih baik. Salah satunya adalah dengan terlalu banyak berkomentar di situs orang lain dan meninggalkan alamat situs di sana.
  1. Terlalu Banyak Kata Kunci. Sewaktu menulis blog, jangan terlalu banyak memasukkan kata kunci di sana. Walaupun tulisan itu sangat mendalam dan situsnya mudah dinavigasi (sudah lolos dari hukuman Panda), namun tetap masih bisa dihukum oleh Penguin kalau di dalam tulisan itu terlalu banyak kata kunci atau kata berulang. Jangan pernah coba-coba untuk memanipulasi ranking dengan memaksakan menggunakan sebuah phrase jika tidak cocok. Biarkan kalimat anda mengalir senatural mungkin. Walaupun kata kunci masih relevan di jaman Penguin, tetapi tetap fokus kepada bagaimana agar konten itu bisa mengalir dengan apa adanya dan bisa menyentuh para pengguna serta dapat menyelesaikan masalah.
  1. Terlalu dioptimisasi. Setiap situs butuh SEO, tetapi jika terlalu banyak akan menghancurkan diri sendiri. Cara terbaik adalah aktif di media sosial dan biarkan tautan itu datang dengan sendirinya sehingga perkembangan situs akan membaik secara perlahan. Jangan pernah tergesa-gesa. Pada bulan April 2012, Google merilis update terbaru, dimana dia menghukum situs besar yang terlalu banyak optimisasinya seperti kata kunci dan anchor text berlebihan, melakukan praktik skema link building, dan memanipulasi tautan. Sebagai catatan, ketika tautan anchor text langsung ke halaman URL secara spesifik, ini tidak akan jadi masalah, malah sangat bagus. Tetapi jika terlalu banyak, barulah jadi masalah.
  1. Tautan tidak natural. Tautan yang tidak natural ini adalah tautan yang menuju ke situs yang topiknya tidak sama dengan web awal. Sebagai contoh, jika situs anda tentang SEO kemudian ada tautan menuju situs lain topiknya tentang perbankan. Ini bisa terjadi jika anda melakukan tukaran link dengan teman, baik itu di Facebook maupun media sosial lainnya.

Cara Kerja Penguin

Algoritma Penguin adalah sebuah filter untuk menganalisa dan menghukum link spam dan link atau tautan yang tidak natural. Dia akan melihat apakah ada praktek link building secara agresif yang bertujuan untuk memanipulasi ranking mesin pencari.

Jika anda membangun backlink terlalu cepat sementara web itu baru saja dibangun, Google dengan gampang akan mudah mendeteksi telah melakukan kesalahan dan akan menghukum situs atau bahkan mungkin menghapusnya dari mesin pencari selamanya.

Tukar menukar tautan, tautan dibayar, dan bentuk lainnya dari teknik link building ini merupakan bentuk praktek SEO hitam. Untuk jangka pendek, barangkali akan bermanfaat, tetapi lambat atau cepat Google akan dapat menemukannya dan memberi hukuman.

Korelasi Antara Panda dan Penguin

Ketika anda fokus untuk membuat konten berkualitas, ini artinya anda sedang membangun link building karena orang atau pemilik web lain akan menjadikan web anda sebagai referensi mereka secara sukarela. Inilah hubungan antara Panda dan Penguin.

Perlu diingat bahwa ketika webpage anda berisi tulisan unik, berguna dan pembahasannya sangat mendalam, anda masih bisa di hukum oleh Penguin jika kualitas linknya masih rendah.

Perbedaan antara Panda dan Penguin adalah, Panda utamanya untuk memeriksa kualitas konten, sementara Penguin bertugas untuk menghukum situs yang melakukan spam atau membangun link dengan sangat agresif untuk memanipulasi rankingnya di mesin pencari.

Kedua algoritma ini perlu menjadi perhatian serius karena ketika blog kena hukuman Panda, maka bisa jadi Penguin pun akan memberikan tambahan hukuman.

Cara Keluar dari Hukuman Penguin

Jika anda tidak ingin dipenalti atau hukum oleh Penguin, selalulah jaga agar blog itu memperoleh link secara natural. Untuk memeriksa kepercayaan pengunjung, bisa digunakan aplikasi Web of Trust (WOT). Jika skor WOT rendah, maka anda harus segera melakukan perbaikan, apakah itu navigasi, templatenya dan terutama konten.

screenshot-4

Anchor Text

Anchor Text adalah teks yang memiliki tautan ke URL lain, sehingga dengan mengkliknya maka akan menuju ke halaman tujuan dari link tersebut. Hyperlink itu akan tidak tampak, tetapi ciri-ciri anchor text adalah warnanya berbeda dengan teks lain.

Penguin pun menyasar penggunaan anchor text berlebihan. Tentu saja anchor text ini memainkan peranan penting di update Penguin. Inilah sebabnya kenapa harus membangun jenis link dengan benar, menggunakan kata paling relefan dan generik agar risiko di hukum oleh Penguin semakin berkurang.

Adapun beberapa bentuk pelanggaran dihukum Penguin adalah: jual beli link, tukaran link, konten duplikat, terlalu banyak menggunakan tag H1, terdapat kode kesalahan 404, tautan dari situs dengan bahasa berbeda.

Google Hummingbird

hummingbird

Pada bulan September 2013, Google merilis salah satu algoritma yang memperbaiki hasil pencarian di mesin pencari, yaitu Hummingbird. Dengan Hummingbird, Google dapat menyediakan hasil pencarian dengan lebih akurat dan lebih cepat sewaktu menuliskan kata kunci di mesin pencari.

Dengan kata lain, update ini didesain untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian bagi kata kunci secara lebih spesifik, dan tidak hanya terhadap kata kunci itu sendiri, tetapi juga terhadap kata yang mirip dengan kata kunci yang dituliskan tadi. Dengan adanya algoritma ini terdapatlah 200 faktor mempengaruhi ranking situs untuk menentukan relefansi dan kualitasnya.

SEO masa lalu bertujuan untuk meranking sebuah situs untuk kata kunci tertentu, sementara SEO saat sekarang bertujuan untuk menjawab pertanyaan pengguna agar bisa menyelesaikan masalah mereka.

Dengan adanya Hummingbird cara pencarian berubah dengan menggunakan kata kunci dalam bentuk phrase dan panjang. Biasanya phrase dalam bentuk percakapan sehari-hari.

Elemen Hummingbirds

Sejak Hummingbird tidak hanya sebuah update algoritma seperti Panda dan Penguin, tetapi lebih ke perubahan total terhadap cara mesin pencari untuk memuaskan penggunanya, anda harus memperhatikan beberapa elemen penting dari Hummingbird ini. Seluruh elemen ini saling terkait dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Dalam arti kata, anda harus mengerti audien anda.

Pencarian Berbentuk Percakapan

Pencarian bentuk percakapan ini merupakan elemen utama dari perubahan algoritma Hummingbird. Apapun topik blog atau web seseorang, pasti di sana terdapat kata kunci berbentuk percakapan yang bisa meningkatkan nilai konten. Sekarang, para pengguna google melakukan pencarian dengan menggunakan kata dalam bentuk percakapan.

Sebagai pemilik situs, anda harus merubah bentuk kata kunci sewaktu membuat sebuah tulisan menjadi dalam bentuk orang sedang bercakap-cakap. Kata kunci bentuk percakapan ini adalah kata kunci berbasis pertanyaan. Untuk menemukan kata kunci berbasis pertanyaan ini, bisa digunakan Google Keyword Planner.

Dari hasil google keyword planner, bisa dilihat apa yang sedang dicari atau kata kunci apa saja yang ditulis oleh para pengguna Google. Mereka semuanya butuh jawaban dari anda. Jadi, tugas andalah untuk menyediakan jawaban dari pertanyaan mereka dengan menggunakan kata kunci berbentuk percakapan.

Google Pigeon

pigeon

Ada satu lagi algoritma dari Google, yaitu Pigeon. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2014. Pigeon menyasar kepada perusahaan yang bersifat lokal. Dengan Pigeon, sewaktu anda mencari restoran, misalnya, maka dia akan menampilkan restoran terdekat dari lokasi anda berada saat itu. Untuk SEO, algoritma ini tidak terlalu berdampak sangat serius.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, yang harus dilakukan hanyalah membangun link secara lebih terukur dan tidak tergesa-gesa, trafik organik lebih utama dibandingkan trafik dari sumber lainnya, fokus tulisan kepada kualitas dibandingkan kuantitas untuk meningkatkan trafik blog.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

One thought on “Perkembangan Algoritma Google

  1. Jelas sekali, untuk memperoleh ranking tidak tergesa -gesa, melainkan ada aturan mainnya. dan google pun tidak segampang itu menilai. Algoritmanya tap waktu berubah.

Silakan sampaikan komentar Anda