Perbedaan Antara Google Plus dan Facebook (FB)

Ada banyak persamaan antara Google+ dengan Facebook. Keduanya merupakan media sosial yang paling banyak digemari belakangan ini. Namun penulis akan memberikan sedikit perbandingan antara kedua media sosial ini sehingga anda bisa melihat perbedaannya dan bisa lebih bijak dalam hal bagaimana menggunakan kedua media sosial ini. Berikut pembahasannya.
Yang pertama adalah di Facebook merupakan media untuk bersosialisasi, tetapi di Google+ merupakan sebuah ‘lapisan sosial’. Dengan Facebook kebanyakan daftar pertemanannya adalah teman-teman yang anda tambahkan selama mungkin bertahun-tahun termasuk keluarga, teman sekolah, dan lain-lain yang berkemungkinan teman-teman yang di Facebook tersebut adalah orang-orang dekat atau orang yang telah anda kenal.

Namun di Google+, akan bertemu dengan orang-orang hebat yang mungkin belum anda kenal sama sekali karena Google+ ini merupakan jaringan global yang terbuka yang menyediakan media untuk bertemu dan berinteraksi dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya.

Tidak seperti Facebook, di Google+ tidak ada batasan, semuanya sama, seseorang dapat menghubungi orang lain yang belum dikenalnya.

Dengan Google Plus anda bisa berbagi dengan berbagai media seperti website, dengan tombol +1, youtube, dan Google Drive.

Yang kedua adalah mengenai memfilter tampilan profil.

Di Google+ dapat menentukan siapa yang bisa melihat konten di profil. Anda dapat memberikan akses yang terbatas terhadap isi dari profil terhadap lingkaran tertentu.

Sebagai contoh, jika anda tidak ingin teman melihat konten yang sama dengan keluarga anda. Sehingga teman akan melihat konten yang berbeda dengan konten yang dilihat oleh keluarga anda.

Di Facebook juga bisa melakukan hal ini, tetapi tidak bisa menyaring dengan siapa yang bisa melihat profil tersebut sehingga seluruh orang yang berteman dengan anda akan melihat hal yang sama baik itu teman maupun keluarga.

Yang ketiga adalah lokasi tempat. Jika anda mempunyai bisnis kecil yang mempunyai pelanggan disekitar, maka informasi toko anda akan bisa terlihat di pencarian Google. Di Facebook hal ini tidak tersedia.

Yang keempat adalah menghubungkan website ke hasil pencarian. Di Facebook tidak bisa melakukan hal ini, tetapi di Google+ bisa.

Yang kelima adalah menghubungkan diri anda dengan website dan hal lainnya. Di Facebook konten yang dibuat akan tetap di Facebook. Sementara di Google+ anda mempunyai peluang untuk menghubungkan seluruh konten yang dibuat melalui web ke profil Google+ anda.

Hal ini akan memberikan peluang bagi tulisan anda untuk muncul dengan foto di pencarian Google. Bahkan bagi yang ingin menjadi penulis bagi beberapa buah situs sekaligus.

Yang keenam adalah mengenai pengalaman pencarian. Bisnis utama Google adalah mesin pencari. Google+ adalah jaringan global dan kebanyakan dari anda akan mempostingkan tulisan atau gambar dengan setingan “posting public”, isi kontennya bisa dikatakan tentang segala hal. Anda bisa menggunakan hashtag atau kata kunci guna memudahkan pencarian.

Jika anda adalah seorang pengusaha dan memberi pengaruh pada hasil mesin pencarian, maka Google+ akan membuka mata anda ke dunia baru.

Di google.com anda bisa memfilter hasil pencarian dengan menggunakan ‘search plus your world’ yang akan membawa hasil dari orang-orang yang terkoneksi dengan anda. Namun jika mensetnya dengan setingan global, maka hasilnya akan lebih umum.

Dengan kata lain, anda juga bisa mempengaruhi hasil pencarian orang lain. Ketika anda menghubungkan website dengan jaringan, profil, halaman, komunitas, hal ini juga akan mempengaruhi terhadap pencarian mesin pencari google.

Di Facebook, konten anda tidak diberikan secara umum, katakanlah anda mempunyai 1000 teman, maka konten tersebut hanya akan tampil pada 1000 teman anda saja. Tetapi di Google+, konten tersebut juga akan tampil di mesin pencari google sehingga seluruh dunia akan mengetahuinya.

Selanjutnya adalah mengenai video call. Di Facebook daftar pertemanan akan terintegrasi dengan Skype. Di Google+, Hangouts telah terintegrasi dengan chat dan video call.

Google Hangout mempunyai dua aspek, yaitu:
a. Group chat: chatting dengan 100 orang.
b. Video call: berkomunikasi dengan video call hingga 10 orang sekali jalan.
Semuanya gratis.

Dan yang terakhir, Facebook tidak mempunyai fitur-fitur pengunggahan video, media untuk beriklan, membuat email, kalender dan media penyimpanan data.

Demikian beberapa perbedaan antara Google+ dan Facebook. Semoga bermanfaat dan silakan berikan tambahan di komentar.

Silakan sampaikan komentar Anda