Perbandingan Antara All in One SEO Pack dan Yoast SEO

Jika situs anda baru dan ingin tampil maksimal di mesin pencari Google, tentu membutuhkan sebuah plugin SEO. Di WordPress, ada dua Plugin SEO yang sangat menonjol dan sangat populer, yaitu All in One SEO Pack dan Yoast SEO. Jika ditanyakan kepada orang yang telah berpengalaman atau telah terlebih dahulu membuat blog, ada mengatakan bahwa Yoast lebih bagus sehingga dia menggunakan plugin ini. Sementara lainnya mengatakan All in One SEO Pack merupakan plugin terbaik di WordPress. Akibatnya akan sulit menentukan mana paling baik digunakan diantara dua plugin SEO ini, karena masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Nah, pada tulisan ini kita akan melihat masing-masing kelebihan antara plugin SEO terbaik ini di WordPress.

Kedua plugin ini, yaitu All in One SEO Pack dan Yoast SEO memiliki pengguna fanatiknya masing-masing. Kedua plugin inipun merupakan plugin SEO paling populer dan paling banyak digunakan di WordPress sepanjang masa.

All in One SEO Pack pertama kali didirikan pada tahun 2007 oleh Michael Torbert dan Steve Mortiboy. Sejak berdiri, dia telah memperoleh banyak pengguna dan telah menjadi plugin WordPress paling banyak didownload dan dipergunakan hingga saat ini.

Sementara, Yoast SEO baru mulai beroperasi pada tahun 2010. Pendirinya adalah Joost de Valk. Dikarenakan kegigihan dan perbaikan secara berkala dan tetap, maka plugin ini menjadi saingan utama dari All in One SEO.

Kedua plugin ini merupakan plugin yang sangat bagus sekali dan fitur-fiturnya merupakan fitur yang sangat dibutuhkan dan harus ada oleh seluruh situs menggunakan WordPress.

Instalasi dan Pengaturan

Sebenarnya, jika ingin mengimplementasikan konsep SEO secara baik dan benar di sebuah situs dibutuhkan pelatihan dan praktek. Tetapi dengan plugin SEO dari WordPress semuanya menjadi lebih mudah, bahkan seorang pemula pun bisa memasang plugin SEO di WordPress tanpa perlu keahlian khusus. Sekarang, marilah kita mulai dikupas satu per satu.

Halaman Depan

Yoast SEO

Langkah pertama tentu harus instal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO. Setelah diaktifkan, Yoast SEO akan menanyakan apakah mau mengikuti tur untuk memperkenalkan menuĀ  di plugin ini. Anda boleh mengikuti tour ini atau tidak. Jika tidak cukup klik close.

perbandingan-antara-yoast-dan-all-in-one-seo-1

Pada bagian setting Yoast SEO dibagi menjadi dua halaman, dimana masing-masing halaman mempunyai tab terbeda. Dengan adanya dua jenis halaman ini akan memudahkan pengguna untuk menemukan pilihan yang ada pada bagian setting.

Di layar bantuan terdapat seluruh halaman setingan Yoast SEO. Klik saja tombol Help berwarna ungu di bagian atas, dan akan muncul video atau teks bantuan tentang pilihan-pilihan yang ada di halaman tersebut.

Untuk tampilan awal, bagian settingnya terorganisasi dengan rapi, ada juga tour untuk pemula, dan bagian bantuan agar mempermudahkan para pemula untuk menstel Yoast SEO di situs WordPress mereka.

All In One SEO Pack

Untuk All In One SEO Pack, setelah plugin ini terpasang dan di aktifkan, akan muncul menu di bawah Dashboard. Jika di klik akan masuk ke halaman setingan plugin.

Seluruh setingan dari All In One SEO Pack tampil pada satu halaman tunggal. Ini akan terlihat agak berlebihan, tetapi bagi sebagian pengguna tampilan seperti ini akan mempermudah dan mempercepat menyetingnya jika dibandingkan jika tampil pada beberapa halaman berbeda.

Halaman seting dibagi menjadi beberapa bagian. Tiap bagian berisi beberapa fitur dan fungsi, sebagai contoh, ada setingan untuk homepage, title, display, dan sebagainya.

Ada pula ikon help di samping tombol pilihan. Ketika ikon itu di klik akan muncul penjelasan singkat dan ada beberapa tautan jika diperlukan tambahan informasi.

Dalam tampilan halaman depan masing-masing plugin memiliki banyak opsi. Kedua plugin mencoba untuk membuatnya menjadi lebih simpel dan gampang bagi pengguna untuk menset setingan SEO mereka. Beberapa blogger suka dengan tampilan pilihan dibagi dalam beberapa bagian, maka dia akan memilih Yoast, sementara jika ingin dalam satu halaman saja dan tidak ingin ambil pusing dengan pembagian-pembagian opsi silakan gunakan All In One SEO.

Sistem Kelol SEO Per Tulisan

SEO harus dilakukan tiap saat karena masing-masing postingan atau tulisan memiliki nilai SEO tersendiri. Ini artinya, anda harus menggunakan plugin SEO untuk mengoptimalkan konten atau tulisan bagi mesin pencari ketika akan mempublikasikan ke publik. Berikut analisa kedua plugin untuk meningkatkan nilai SEO tulisan.

Yoast SEO

Yoast SEO dilengkapi dengan tool untuk menganalisa konten. Fungsi tool ini mengoptimisasi tiap postingan atau tulisan di situs. Di bagian bawah editor postingan, anda bisa lihat metabox Yoast SEO dengan snippet preview, tempat mengolah kata kunci dan analisis konten.

Fungsi snippet preview akan memperlihatkan bagaimana bentuk judul dan deskripsi situs terlihat di mesin pencari. Yoast SEO secara otomatis menggunakan judul posting sebagai title dan bagian awal tulisan sebagai deskripsi, tetapi sebaiknya deskripsi ini diganti sebelum dipublish. Cara merubahnya dengan mengklik tombol edit snippet. Dengan memperbaiki dan memfokuskan kata kunci di Yoast SEO akan membuat plugin ini menganalisa konten untuk kata kunci yang telah dimasukkan tadi.

Analisis ditunjukkan dalam area analisis konten, dimana Yoast SEO akan memberikan saran bagaimana meningkatkan nilai SEO untuk postingan atau tulisan tadi.

Meta box Yoast SEO memiliki dua bagian. Untuk merubah tampilan antara dua bagian itu cukup dengan mengklik gambar roda gigi.

Tampilan pertama merupakan tampilan lanjutan. Di tampilan lanjutan ini sebaiknya jangan dirubah jika anda baru mengenal SEO. Jika salah seting bisa mengakibatkan mesin pencari tidak dapat mengindeks tulisan, tidak diindeks artinya tidak ada trafik.

Pada tampilan kedua merupakan setingan media sosial. Tampilan media sosial ini bisa mengatur gambar untuk artikel itu sewaktu akan dibagikan melalui Facebook dan Twitter. Jika judul dan deskripsi tulisan yang ada di snippet preview sudah cocok atau sesuai, biarkan saja kosong. Tetapi jika ingin perbaikan, silakan rubah khusus untuk dua media sosial ini.

All In One SEO Pack

Metabox pada All In One SEO mirip dengan Yoast untuk mengedit setingan SEO masing-masing tulisan. SEO meta box ini dari All in One SEO akan selalu ada di bagian bawah tulisan jika plugin ini telah terinstal.

Tidak seperti Yoast, meta box plugin ini sangat sederhana. Anda bisa mengedit judul dan deskripsi, namun tidak terdapat analisis konten dan skor SEOnya. Selain plugin dasar ini, All In One SEO Pack menawarkan tool lanjutan di tiap tulisan, dimana anda bisa mengontrol bagaimana mesin pencari mengindeks postingan tersebut. Selain itu anda dapat pula menonaktifkan plugin ini agar tidak berefek terhadap halaman atau postingan yang anda tentukan.

Untuk fitur media sosial, sebelum menggunakannya, harus diaktifkan terlebih dahulu. Caranya dengan masuk ke laman All In One SEO > Feature Manager.

perbandingan-antara-yoast-dan-all-in-one-seo-7

Dengan mengaktifkan addon ini, akan muncul tambahan tab yaitu Social Setting tab di meta box All In One SEO dibawah tempat mengedit postingan. Dengan addon ini anda bisa mengatur gambar dan deskripsi teks yang ingin digunakan sewaktu membagikannya di Facebook dan Twitter.

Pada prinsipnya kedua plugin ini untuk memudahkan anda untuk mengedit setingan SEO untuk semua postingan. Dengan All In One SEO Pack tampilannya cukup ramping dan penggunanya bisa menambahkan beberapa tambahan addon jika diperlukan.

Sementara Yoast telah menambahkan seluruh fitur tambahan dalam satu paket seperti analisis konten, kata kunci dan skor SEO.

Tambahan Tool dan Fitur

SEO on page merupakan proses menyeluruh bagi sebuah tulisan. Itulah sebabnya kedua plugin ini menambahkan beberapa tool dan fitur tambahan disamping meta tag. Berikut ini merupakan fitur tambahan dari masing-masing plugin ini sehingga anda tidak perlu menginstal plugin lainnya.

Yoast SEO

Yoast SEO telah mempersenjatai dirinya dengan satu set fitur yang bisa mendukung hampir seluruh aspek untuk mengoptimisasi sebuah situs, beberapa tool tersebut adalah: XML Sitemaps, Bradcrumb Navigation, Open Graph Meta Tags, Impor Data dari Google Webmaster Tools, Editor untuk robots.txt dan .htaccess, Impor/Export SEO data.

All In One SEO

Fitur pada All In One SEO sangat banyak, tetapi beberapa tidak diaktifkan langsung. Untuk mengaktifkannya harus dilakukan secara manual yaitu dengan cara masuk ke bagian All In One SEO > Features Manager. Berikut fitur tambahan: XML Sitemap.txt, File Editor, Bad Bot Blocker, Open Graph Meta Tags, Import and Export SEO Data, Performance Manager.

Seperti terlihat, kedua plugin memiliki fitur dan tool yang sama. Kekurangan All In One SEO Pack adalah dia tidak memiliki fitur bradcrumbs navigation dan impor data dari Google Search Console.

Dukungan dan Addon

Walaupun kedua plugin ini cukup mudah digunakan dan disertai dengan petunjuk praktis cara penggunaannya, namun dukungan teknis sangat terbatas.

Yoast SEO

Plugin gratis Yoast SEO sama sekali tidak ada dukungan dari perusahaan, dan risiko harus ditanggung sendiri jika salah menggunakannya. Untuk dapat bantuan, anda bisa mengunjungi forum dukungan WordPress.org dan berdiskusi dengan para pengguna lainnya, tetapi tidak ada jaminan dari tim Yoast.

Jika ingin mendapatkan dukungan langsung dari Yoast secara profesional, anda harus membeli Yoast SEO premium. Harganya dipatok berdasarkan berapa banyak situs yang ingin didaftarkan. Semakin banyak tentu akan berbeda dengan hanya satu situs saja.

Lisensi premium ini disertai juta dengan fitur-fitur tambahan seperti fokus keywordnya bisa dibuat beberapa buah dan fitur lainnya. Selain itu, Yoast SEO juga menawarkan beberapa plugin tambahan untuk situs bersifat khusus seperti situs e-commerce karena situs seperti ini membutuhkan perlakuan SEO secara khusus. Plugin tambahan itu diantaranya adalah plugin untuk video, situs bersifat lokal dan situs berita.

All In One SEO Pack

Sama seperti Yoast, All In One SEO Pack gratisan tidak memperoleh dukungan bantuan dari timnya. Jika ingin memperoleh dukungan anda bisa membeli versi pro untuk dukungan selama satu tahun penuh. Harga untuk versi pro hanya satu harga saja dan jumlah situsnya tidak ada batas, sehingga cocok bagi anda yang mengelola beberapa buah situs sekaligus.

Untuk versi pro, memiliki beberapa tambahan fitur yang tidak didapat jika menggunakan versi gratisan, diantaranya plugin ini mendukung untuk WooCommerce, XML sitemap untuk video, dan lain sebagainya. Jadi, dari segi harga All In One SEO Pack lebih unggul dibandingkan dengan Yoast SEO.

Kesimpulan

Dari kedua plugin dapat diambil kesimpulan bahwa dua plugin ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahkan tidak bisa dikatakan mana yang lebih baik dibandingkan yang lainnya. Tetapi secara pribadi, saya menggunakan Yoast karena ada beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh All In One SEO Pack seperti fitur untuk mengimpor data dari webmaster tool, breadcrumb navigation dan lain sebagainya, terutama fitur breadcrumb navigation sehingga saya tidak perlu lagi menginstal plugin tambahan khusus untuk breadcrumb navigation ini, sementara fitur ini sangat penting untuk sebuah situs karena telah menjadi salah satu pertimbangan perenkingan oleh Google.

Silakan sampaikan komentar Anda