Pengenalan Segmentasi

Advanced 3 1

Segmentasi merupakan cara paling umum untuk menganalisa bagian kecil data. Anda bisa menambahkan segmentasinya untuk secara cepat menyaring data tanpa menghapus secara permanen data-data yang telah dikumpulkan.

Segmentasi di Google Analytics adalah salah satu cara untuk melihat bagian tertentu dari keseluruhan data di dalam sebuah laporan. Anda dapat membuat segmen pengguna atau segmen sesi. Segmen pengguna dapat menjangkau beberapa sesi dengan maksimum rentang waktunya hingga 90 hari. Sebagai contoh, anda bisa membuat sebuah segmen pengguna yang menunjukkan data hanya bagi umur tertentu saja, tanggal tertentu, jenis kelamin, atau kombinasi dari ketiganya.

Segmentasi sesi dibatasi terhadap kebiasaan pengguna dalam sebuah sesi tunggal. Sebagai contoh, anda bisa membuat segmentasi sesi untuk sebuah tujuan yang akan dilakukan oleh pengguna selama sebuah sesi atau jumlah pendapatan yang dihasilkan dari transaksi dilakukan oleh pengguna.

Bagian paling berguna dari segmen adalah kemampuannya untuk menambahkan beberapa segmen di sebuah laporan tunggal dan berguna untuk membandingkan data tersebut. Anda dapat membandingkan segmentasi pengguna yang melakukan sebuah pembelian dengan yang tidak melakukan pembelian, agar lebih mengerti apa saja mempengaruhi pengguna untuk membeli sebuah barang. Anda mungkin memilih untuk membangun segmentasi ini berdasarkan sumber trafik tertentu seperti pencarian berbayar dan membandingkannya dengan sesi yang dihasilkan dari iklan melalui email. Ini membantu untuk melihat tipe pengguna mana saja dari pengguna dalam tiap sumber trafik.

Kedua segmen pengguna dan sesi bisa dibangun menggunakan dimensi, metrik, sesi tanggal dan bahkan urutan-urutan dari tindakan pengguna.

Di dalam sebuah laporan seperti Audience Overview, perhatikan bahwa segmentasi “All Users” secara otomatis diterapkan dan akan memasukkan setiap pengguna didalam rentang waktu tertentu. Untuk menambahkan segmentasi tambahan, klik “Add Segment” untuk masuk ke tampilan segmen.

Ada dua tipe segmentasi, yaitu segmentasi standar dan segmentasi khusus. Segmentasi standar (atau diset oleh sistem) merupakan segmentasi yang telah diset oleh Google Analytics dan terdapat di bawah bagian System. Segmentasi khusus adalah segmentasi yang bisa anda buat dan terdapat dibawah “Custom”.

Anda juga dapat mengimpor segmen yang dibuat oleh pengguna lain atau membagikan segmen khusus anda. Anda bisa menandai segmen yang anda fikir penting dan sering digunakan dan bisa melihat segmentasi yang sedang dipilih.

Segmen Standar

Untuk menggunakan sebuah segmentasi standar, klik bagian System dan pilih segmen mana yang ingin diterapkan.

Jika anda memilih trafik Tablet, sebagai contohnya, dan klik Apply, anda bisa membandingkan trafik Tablet dengan seluruh trafik di laporan mana saja. Segmentasi ini akan diterapkan ke seluruh laporan yang anda buka hingga anda membuang segmentasi tersebut atau keluar dari Google Analytics.

Untuk membuang sebuah segmentasi, klik tanda panah ke bawah dan pilih “Remove”.

Untuk membandingkan pengguna baru dan berulang di laporan, anda bisa memilih segmentasi New Users (pengguna baru) dan Returning Users (pengguna berulang).

Klik tombol Plus untuk menambahkan segmentasi tambahan. Anda bisa membandingkan hingga empat segmentasi pada saat bersamaan.

Anda dapat melihat ada sebuah menu drop-down Tindakan pada tiap segmentasi. Tombol “Copy” berguna untuk mengkopi segmen tadi dan mengeditnya jika ingin mengubah pengaturannya. “Build Audience” berguna untuk membuat sebuah audiensi untuk perbaikan pemasaran (akan dibahas kemudian).

Segmentasi Khusus

Sebagai tambahan dalam segmentasi standar, anda bisa membuat segmentasi khusus sesuai kebutuhan.

Silakan klik “Create New Segment” dibawah bidang segmen yang diterapkan tadi.

Disini anda bisa menambahkan karakteristik tersendiri untuk membuat sebuah segmentasi khusus. Anda bisa membagi segmennya berdasarkan demografis, teknologi, kebiasaan, sesi, sumber trafik dan ecommerce (jika diterapkan).

Sebagai contoh, di bawah Demographics anda bisa memilih umur “25” hingga “34” dan bahasanya “es” untuk bahasa Spanyo, dengan demikian akan memfilter data untuk pengguna berumur antara 25 dan 34 tahun dan setingan bahasa browser mereka adalah Bahasa Spanyol.

Anda juga bisa membuat segmentasi lebih mendalam lagi sehingga anda bisa mencocokkan dimensi dan metrik untuk nilai khusus yang telah anda masukkan. Anda bahkan bisa membuat beberapa filter tergantung kondisi di dalam segmentasi.

Anda juga bisa membuat segmentasi berdasarkan tahapan interaksi pengguna. Sebagai contoh, anda bisa mensegmentasi pengguna yang melihat sebuah halaman tertentu dan kemudian menonton video di sana. Sekuensi bisa digabungkan antara tampilan halaman atau event.

Anda bisa mengimpor segmen atau membagikannya ke Solutions Gallery dengan mengklik “Share Segment”. Ketika anda membagikan sebuah segmen, data anda tidak akan turut pula terbagikan. Anda hanya membagikan setingan segmennya saja. Anda juga bisa mengimpor segmen baru yang telah dibuat oleh pengguna Analytics lainnya dari gallery ini.

Segmen akan diterapkan setelah percontohan. Jadi, jika data yang ditampilkan di laporan anda merupakan sebuah contoh, maka data segmen pun akan berupa sebuah contoh pula.

Untuk mengantisipasi kompleksnya pertanyaan tentang kebiasaan konsumen, anda bisa membuat segmen untuk mengkotak-kotakkan bagian data dan menemukan kemungkinan untuk meningkatkan performa situs.

 

Sumber:

Video : https://analytics.google.com/analytics/academy/course/7/unit/3/lesson/1

Teks : https://support.google.com/analytics/answer/7165574

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda