Pengaruh Public, Extended Circle, dan Your Circle

Sewaktu akan mempostingkan sesuatu di Google Plus, ada bagian "Attach" dan "To". Fungsi attach adalah untuk memberikan lampiran yang akan kita tautkan, seperti photo (untuk menambahkan photo), link (untuk melampirkan tautan situs), Video (menampilkan video yang bisa kita ambil dari Youtube), Event (untuk memberitahukan pemirsa mengenai kegiatan yang akan kita lakukan), dan Poll (jajak pendapat).

Sementara fungsi "To" atau kepada berfungsi untuk menentukan postingan anda ini akan dibagikan kepada siapa saja.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai menentukan kepada siapa postingan kita akan dibagikan dan bagaimana efeknya kepada para pemirsa.
Biasanya sewaktu memposting, saya selalu membagikannya dengan tiga serangkai yang saya beri kotak, yaitu public, extended circles (lingkaran diperluas) dan your circles (lingkaran anda).

Public berfungsi agar postingan ini bisa dilihat oleh semua pengguna internet, sehingga postingan ini bisa ditemukan pada mesin pencari Google. Jika Public ini tidak disertakan, maka postingan kita akan bersifat privat dan pemirsa anda tidak diperbolehkan untuk membagikan ulang postingan anda.

Extended circles berfungsi jika ada yang memberikan +1, maka orang yang ada di lingkarannya dapat melihat postingan saya ini.

Your circles berfungsi agar semua pemirsa yang ada di seluruh lingkaran saya akan dapat melihatnya.

Disamping itu anda bisa menentukan secara tersendiri kepada lingkaran mana postingan ini akan dibagikan, apakah kepada Spesial, Orang Barat dan sebagainya (nama lingkaran tersebut akan berbeda tergantung anda yang memberi nama). Postingan anda hanya akan terlihat oleh anggota lingkaran tertentu itu saja.

Berikut ini adalah efek jika anda tidak membagikan postingan anda secara publik, yaitu pemirsa anda tidak dapat membagikannya kembali secara publik.

Sewaktu anda menscroll ke bawah, maka setelah lingkaran bisa membagikan kepada komunitas yang telah kita ikuti. Jika ini yang anda pilih, maka seluruh anggota komunitas akan bisa melihatnya walaupun anggota komunitas tersebut tidak ada di dalam lingkaran anda atau tidak berteman dengan anda.

Demikian pengaruh dari pilihan kepada siapa sewaktu memposting. Semoga bermanfaat dan Happy sharing.

Silakan sampaikan komentar Anda