Pengaruh +1, Share dan Komentar Terhadap Sebuah Situs

Bagi yang punya situs, ketertampakan di halaman pertama mesin pencari merupakan hal yang sangat penting. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mempromosikan situsnya pada berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan sebagainya.

Namun dengan berpromosi pada media sosial, tidak akan berpengaruh banyak jika dibandingkan dengan berpromosi dengan Google Plus. Karena G+ memberikan hal yang berbeda dengan media sosial lain karena GooglePlus langsung terintegrasi dengan mesin pencarinya.

Ada tiga cara berinteraksi yang disediakan oleh GooglePlus, yaitu dengan +1, share dan berkomentar. Masing-masing interaksi ini akan memberikan dampak yang luas dengan cara yang berbeda pada sebuah situs. Tulisan ini akan membahas apa efek yang didapat oleh sebuah situs jika mendapatkan +1, share dan komentar pada tiap posting yang dibuat.

Setelah anda membuat sebuah tulisan dan mempostingkannya di GooglePlus, tentu ingin mengetahui bagaimana pengaruh interaksi yang didapat terhadap situs tersebut. Berikut ulasannya.

Jika suatu status mendapatkan 10 buah +1, maka Google akan mencatatnya bahwa ada 10 orang yang berpendapat bahwa tulisan dan situs tersebut penting. Oleh karena itu, semakin banyak yang memberikan +1 maka semakin bagus di mata Google.

Sementara untuk share atau membagikan ulang akan lebih besar sekali dampaknya. Jika sebuah tulisan dibagikan ulang dampaknya akan dua, yaitu google mencatat bahwa situs tersebut bermanfaat bagi lebih banyak orang dan juga akan memanen lebih banyak +1 dari masing-masing orang yang menshare.

Bayangkan jika anda membuat sebuah status yang menautkan URL situs, dan ada 10 orang yang menshare ulang, maka seluruh +1 yang didapat dari masing-masing post, baik post anda sendiri dan post yang menshare akan diakumulasikan.

Hitung-hitungannya jika di post awal anda mendapatkan 10 +1 dan di 10 orang yang menshare juga mendapatkan 10 masing-masingnya, maka jumlahnya akan menjadi 110 +1 yang didapat. Hal ini akan menjadi rekomendasi yang sangat luar biasa karena berasal dari 11 sumber yang berbeda. Belum lagi jika postingan tersebut juga diumumkan di sebuah komunitas. Semua akan digabungkan menjadi bagian yang yang terpisahkan.

Lain lagi masalahnya dengan komentar. Komentar adalah interaksi langsung antara si pembuat status dengan pemirsanya. Masalahnya  jika komentar yang ada tidak ada kaitannya dengan isi status, maka komentar tersebut akan dianggap sebagai sampah oleh google.

Komentar yang bagus adalah komentar yang mempunyai kata-kata yang sama dengan yang ada di status walaupun hanya satu atau dua kata yang cocok. Kecocokan ini akan ditandai bahwa anda dan pemirsa sedang membicarakan topik status. Sementara status sampah adalah tidak ada keterkaitan antara kata di komentar dengan isi status seperti kata-kata "Selamat siang, apa kabar" dan hal lain yang tidak membahas isi status.

Selanjutnya bagaimana cara untuk mendapatkan +1, share dan komentar?

Tidak ada cara lain selain memberi. Anda harus aktif memberi +1 dan menshare ulang status teman-teman anda. Sehingga mereka pun akan merasa "berhutang budi" untuk memberi +1 dan share ulang status anda.

Menurut pengalaman saya, jika kita meminta untuk memberi +1 dan share, maka hasil yang didapat adalah kecewa. Tidak akan ada orang yang mau untuk membantu anda kecuali ada keterikatan batin antara anda dan audien. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membantu audien dengan memberi +1 dan share ulang.

Khusus untuk share ulang. Kita tidak boleh terlalu sering membagikan ulang sebuah posting. Untuk memposting, baik membagikan ulang atau membuat status, harap dibatasi sekitar satu jam per post. Hal ini agar anda tidak di hilangkan dari notifikasi pemirsa karena postingan yang terlalu sering akan membuat orang bosan.

Jika anda dihilangkan dari notifikasi, kesempatan untuk mendapatkan perhatian pemirsa akan hilang. Sementara untuk +1 tidak ada batasan sehingga semua posting yang muncul di notifikasi bisa di beri +1.

Seluruh kegiatan yang kita lakukan di G+ akan langsung terindeks oleh mesin pencari Google. Maksudnya jika status anda mendapatkan +1, maka di saat itu juga ketertampakan situs akan langsung naik.

Inilah yang membedakannya dengan media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dan lainnya yang membutuhkan waktu lebih banyak agar terindeks oleh search engine.

Silakan sampaikan komentar Anda