Pencarian Lokasi, Pencarian Orang per Orang dan Pengaruhnya Untuk Usaha Kecil Menengah

Ketika tiba waktunya untuk memasarkan dan menjual barang melalui internet, kebanyakan bisnis kecil dan menengah tidak mengetahui dimana harus memulainya. Setelah lebih dari 20 tahun keberadaan internet di dunia dan telah menjadi gaya hidup bagi hampir seluruh manusia di muka bumi, sayangnya masih banyak perusahaan yang belum bisa menentukan bagaimana caranya menghasilkan uang melalui internet. Walaupun bisnis saat ini masih buang-buang uang dalam memperdalam strategi bagaimana caranya menghasilkan uang. Namun semua itu sia-sia belaka. Mungkin memang ada yang berhasil, tetapi dibalik itu masih banyak yang gagal sia-sia.

Usaha Kecil Menengah harus kembali ke akar rumputnya kembali. UKM ini harus memasarkan atau mengiklankan diri mereka di internet seperti tidak di internet. Mereka harus mempraktekkan cara-cara keberadaan, pengaruh yang progresif dan pelayanan prima bagi pelanggan tetap. Mereka harus membangun fondasi bagi keberhasilan online secara lokal.

Berdasarkan riset terakhir, 56% pencarian merupakan pencarian lokal. Dengan demikian, jika anda bisa memaksimalkan keberadaan di internet, maka keuntungan akan bisa didapatkan lebih maksimal. Demikian juga pencarian yang dilakukan dengan perangkat bergerak seperti smartphone. Sebuah lapporan dari Google mengenai aktifitas mobile ini secara rinci sebagai berikut:

a. 45% dari pencarian melalui mobile berorientasi kepada tujuan dan mengharapkan bantuan untuk membuat sebuah keputusan.

b. 3 dari 4 pencarian secara mobile akan ada tindak lanjutnya, seperti mengunjungi toko, menelfon toko dari hasil pencarian, melakukan pembelian atau saling menyampaikan kepada teman atau kerabat.

c. 28% dari pencarian mobile menghasilkan konversi (melakukan pembelian, mengetahui letak toko, dan lain-lain).

d. 55% dari konversi tersebut (melakukan pembelian, mengunjungi toko) terjadi kurang dari satu jam setelah melakukan pencarian.

e. 63% dari pencarian mobile akan melakukan tindakan setelah 1 jam.

f. 84% dari pencarian akan melakukan follow up setelah 5 jam.

Untuk eksis di internet tidaklah sulit, menyita waktu atau pun berbiaya mahal. Dengan Google, anda bisa memulainya dengan membuat sebuah laman Google+ for your business. Tampilkanlah keberadaan toko atau brand anda sebagus mungkin dan up to date serta lengkap.

Jadikan Pelanggan dan Klien Menjadi Pemberi Saran Anda

Menjadi tren populer jika melakukan pemasaran melalui internet adalah melalui Influencer Marketing. Influencer Marketing adalah orang yang mempunyai pengaruh besar di media sosial. Dengan menemukan influencer ini sebagai target pemasaran dan anda dapat mempengaruhi mereka untuk memposting ulang postingan atau tautan anda maka hal ini merupakan sebuah keuntungan besar. Bisa diibaratkan bahwa strategi ini adalah meletakkan ratusan telur di dalam satu kantong. Tergantung seberapa besar follower yang mereka punyai. Strategi ini akan lebih bermanfaat jika anda berhubungan dengan orang yang telah familiar dengan brand atau diri anda pribadi. Anda dapat mendorong mereka untuk “meminjamkan” progressive semantic influence.

Progressive semantic influence adalah sebuah gagasan dimana kita mempunyai pengaruh masing-masing, dan semua orang harus diberlakukan berdasarkan pengaruh yang bisa mereka dapatkan atas keputusan orang lain. Setiap orang, termasuk anda, dengan cara masing-masing, terhubung satu sama lain, baik di dunia maya maupun di dunia nyata dimana masing-masing kita saling mempengaruhi. Kebanyakan pengaruh ini tidak diterima melalui berbagai cara yang bisa di ukur, tetapi terjalin tiap hari berdasarkan seberapa populer dan seberapa banyak teman kita di komunitas sosial. Untuk memanfaatkan pengaruh ini, caranya cukup gampang, yaitu mintalah kepada mereka untuk mereview produk kita, sehingga produk tersebut terkesan sangat bagus.

Sebuah review merupakan salah satu bentuk paling kuat kesannya dalam sebuah komunitas sosial. Dengan review, perusahaan bisa membentuk opini bahwa perusahaan anda sangat berbeda dengan perusahaan kompetitor. Sebuah bisnis yang mempunyai banyak review, kualitasnya lebih baik dan review tersebut sangat detail, maka anda akan dengan mudah memenangkan hati calon pelanggan. Sebagai langkah awal (biasanya agak sulit), cukup anda dapatkan 5 buah review, nanti akan bertambah seiring waktu dengan membuat tampilan visual di media sosial yang lebih menarik. Dampak review bisa digambarkan sebagai berikut. Jika teman anda di media sosial pernah mereview sebuah rumah makan dan dia memberikan bintang lima (dengan kata lain reviewnya sangat positif), maka saat anda mencari dengan kata kunci rumah makan maka rumah makan yang telah direview tadi akan tampil lebih baik di bandingkan rumah makan lainnya di hasil pencarian anda. Bayangkan jika orang yang mereview tersebut mempunyai puluhan ribu follower, tentu dampaknya akan sangat besar sekali.

Meningkatkan Eksistensi Perusahaan Melalui Pencarian Secara Personal

Media sosial mempunyai dampak yang terus berkembang terhadap pencarian di mesin pencari. Media sosial ini menyediakan data berdasarkan popularitas dan tren terhadap mesin pencari. Sebagai contoh, jika anda mempunyai akun Google+ dan follower anda banyak dan blog anda ditautkan dengan akun G+ tersebut, maka ketertampakan situs anda di Google dan mesin pencari lain seperti Yahoo dan Bing akan semakin naik posisinya.

Cara Menarik Perhatian Google

Anda mungkin sering lupa bahwa tujuan utama Google adalah untuk menampilkan hasil terbaik bagi penggunanya. Hasil tersebut haruslah mempunyai nilai tertinggi bagi penggunanya. Google ingin menampilkan hasil yang paling bisa memenuhi kebutuhan si pencari. Untuk itu anda harus membangun keterlihatan anda di dunia maya, sampaikan pendapat anda tentang niche yang anda tuju sehingga anda akan terlihat mempunyai ciri khas tersendiri di bidangnya. Google akan menggunakan jaringan lokal anda, pengaruh anda bagi orang di sekitar anda, sebagai faktor perenkingan yang kuat bagi keterlihatan anda di mesin pencari bagi penggunanya.

Kesimpulan

Dengan memenangkan persaingan secara lokal, artinya anda telah memenangkan hati orang-orang yang berada dekat dengan lokasi toko. Sehingga para calon pelanggan lokal akan mudah menemukan dan berkunjung ke tempat anda. Sudah tentu dengan harapan ada transaksi yang akan terjadi.

Silakan sampaikan komentar Anda