Pantangan di Media Sosial

Sewaktu bersosialisasi di media sosial, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita semua. Hal tersebut perlu mendapat porsi lebih karena merupakan tata krama dan kode etik sewaktu bersosialisasi. walaupun kita tidak saling mengenal secara pribadi, tetapi poin berikut penting diperhatikan, yaitu:

Tidak menyebutkan atau memention orang tersebut. Jika anda mengutip sesuatu dari teman anda, menggunakan gambar mereka, sebaiknya sebutkan nama mereka bahwa anda terinspirasi dari mereka dengan memention mereka (caranya: ketik simbol + lalu pilih nama yang ingin anda sebutkan dari pop up yang muncul).

Membagikan ulang postingan teman anda tanpa anda berikan komentar. Memberikan pendapat pribadi anda saat membagikan ulang sebuah postingan akan memberikan nilai lebih. Contohnya kenapa anda membagikan ulang postingan tersebut, apakah anda setuju atau tidak, dan lain sebagainya.

Berkomentar yang tidak bernilai lebih, seperti terima kasih, amin. Kolom komentar adalah sarana untuk bercakap-cakap antara teman-teman yang ada di lingkaran anda, pergunakanlah secara lebih efektif.

Hanya membagikan yang punya anda saja. Anda perlu untuk membagikan ulang postingan teman anda. Hal ini sangat membantu agar menambah pertemanan. Karena semakin banyak anda membantu, semakin banyak pula bantuan yang akan anda terima.

Hanya membagikan dari teman tertentu saja. Jika anda menilai suatu punya teman tersebut sangat bermanfaat, maka bagikanlah (siapapun dia) karena isi merupakan segalanya.

Mengharapkan imbalan. Jangan mengharapkan imbalan dari orang yang kita bagikan seperti jika kita bagikan postingannya maka dia pun harus membagikan punya kita.

Tidak meneliti terlebih dahulu hal yang ingin dibagikan. Google Plus merupakan media untuk belajar bagi setiap orang, maka berikanlah ilmu yang bermanfaat dan mempunyai data yang cukup dan relefan.

Membagikan postingan ke berbagai komunitas. Hal ini akan dianggap spam oleh Google, terutama jika postingan tersebut dihapus oleh yang punya komunitas.

Data palsu atau anonim. Google Plus bukanlah tempat untuk memprofokasi atau semacamnya. Oleh karena itu anda perlu mengisikan data profil anda secara lengkap. Foto profil anda janganlah gambar binatang atau gambar kartun (Google dapat mendeteksinya) tetapi foto wajah anda.

Sewaktu memposting jangan selalu membagikannya secara privat. Pergunakan selalu tiga serangkai, yaitu publik, lingkaran diperluas (extended circle) dan lingkaran (circle). Membagikan secara privat ini adalah anda hanya membagikan postingan anda ke circle saja atau ke lingkaran tertentu saja.

Jangan menukar foto profil anda terlalu sering. Alasannya adalah foto anda lebih mudah dikenali daripada nama. Foto profil adalah identitas anda.

Semoga dengan sebelas poin di atas, anda akan dapat lebih diterima dan dihargai di media sosial. Jika merasa ada yang kurang, silakan sampaikan atau tambahkan di kolom komentar agar menambah wawasan bersama.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda