Panduan Usaha Kecil Menengah Menggunakan Media Sosial

Terkenalnya sebuah merek merupakan dambaan tiap pebisnis, dan trafik di media sosial sangat diinginkan. Tetapi yang paling penting adalah pendapatan dan keuntungan dari hasil penjualan produk. Nah, jika anda melakukan promosi melalui media sosial, skenario di atas, yaitu trafik, merek menjadi terkenal dan meningkatnya pendapatan harus digabung menjadi satu.

Untuk disadari bersama, bahwa keberadaan audien target anda di Facebook, Google+, LinkedIn, Instagram dan jejaring sosial lainnya adalah karena mereka suka bersosialisasi. Rata-rata mereka ingin mengetahui bagaimana keadaan keluarga dekat dan teman-teman mereka yang berada jauh di perantauan. Ingin melihat gambar-gambar lucu dan hal lain yang menyenangkan, bahkan sebagian tertarik akan video-video lucu yang mungkin bisa mereka dapatkan melalui jejaring sosial.

Jadi, ketika mereka menyukai atau mengikuti akun media sosial perusahaan dan selalu mengikuti dan menyukai postingan anda, pada hakikatnya mereka tidak ingin membeli. Hakikatnya media sosial adalah sebagai media bagi perusahaan untuk lebih dekat dan terlihat di hati masyarakat.

Akan tetapi, jangan lantas menjadi frustrasi dan mengabaikan untuk terus update status di media sosial. Medsos adalah tren paling cepat di dunia. Dia telah menjadi sumber trafik terbesar bagi usaha. Jika diibaratkan Facebook adalah sebuah negara, maka dia adalah negara paling besar di dunia.

Jikalau dibandingkan dengan negara terbesar di dunia, yaitu Cina, warga Facebook melebihi negara Cina tersebut. Seperti kita ketahui bahwa Cina merupakan negara paling banyak penduduknya di dunia. Facebook lebih banyak lagi. Diantara 5 orang di dunia ini, 1 orang adalah pengguna Facebook.

Setelah anda mempersiapkan diri anda untuk tampil di internet, di tulisan ini, saya akan membagikan tip bagaimana caranya agar memperoleh pelanggan lebih banyak melalui media sosial.

1. Buatlah Komunitas Kecil Yang Erat dan Ajak Mereka Untuk Terlibat

Media sosial hakikatnya adalah tentang berkomuniktasi. Kalau anda tidak berinteraksi dengan pengikut dan calon pembeli di sana, anda tidak akan bisa membangun hubungan baik.

Salah satu cara untuk memperoleh kepercayaan konsumen adalah menumbuhkan emosi positif. Tetaplah posting hal-hal positif, sederhana, menginspirasi dan lucu. Jangan selalu memposting tentang produk saja. Buatlah status yang bisa bersifat positif, sederhana, menginspirasi dan bahkan mengandung kelucuan seperti lelucon yang bisa membuat tersenyum. Dengan demikian, akan terjadi percakapan dua arah di akun perusahaan dan tunjukkan bahwa anda peduli pada mereka. Dari sudut pandang psikologi, cinta dan rasa memiliki berada pada level ketiga dari tingkat kebutuhan manusia menurut Maslow.

Agar komunitas sosial anda merasa dispesialkan, sangat direkomendasikan sekali agar anda memposting foto-foto yang sifatnya ‘behind-the-scene’, video dan kegiatan sehari-hari dari perusahaan. Bisa juga diberikan penawaran untuk produk baru yang akan dijual di pasar ke follower. Sehingga mereka sudah menggunakannya sebelum produk tersebut dijual bebas di pasar. Dengan demikian akan timbul rasa percaya dan meningkatkan hubungan baik.

Cara lain untuk terlibat dengan calon pembeli adalah menggunakan grup di media sosial. Anda bisa menemukan komunitas tertentu di media sosial yang berkaitan dengan produk yang anda jual. Anda bisa bergabung dengan beberapa grup dan secara reguler memposting tentang produk-produk baru atau hal baru lainnya tentang perusahaan atau tentang hal-hal lain yang bisa membuat mereka tertarik untuk menjadi follower anda.

Tetapi perlu diperhatikan tata tertib grup tersebut. Karena masing-masing grup mempunyai aturan tersendiri, untuk itu anda harus mengkonfirmasi ke moderator grup untuk melakukan promosi di sana. Disamping itu jangan pernah menjadi spam dengan terus menerus atau tiap sebentar memposting di sana. Lama-lama orang akan menjadi bosan dan akan mengabaikan anda.

Selain bergabung dengan grup milik orang lain, cara lainnya adalah membuat grup sendiri. Untuk memperoleh anggota dengan cepat, dapat dilakukan dengan beriklan di facebook atau jika anda mempunyai daftar email teman-teman, bisa dilakukan dengan mengundang mereka langsung.

2. Bangun Hubungan Baik Dengan Para Influencer dan Selebriti di Media Sosial

Media Sosial merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk orang yang punya kreatifitas untuk memperoleh follower melalui keahlian mereka masing-masing. Kebanyakan konsumen dipengaruhi oleh rekomendasi yang diberikan oleh selebriti media sosial (selebriti media sosial adalah orang yang mempunyai banyak follower dan selalu update status secara konsisten serta selalu memperoleh banyak like dan komentar). Kenyataannya, 92% konsumen percaya terhadap rekomendasi dari orang yang mereka sendiri pun tidak mengetahui produk tersebut, tetapi orang itu adalah seorang selebriti medsos.

Itulah alasannya kenapa affiliate marketing adalah salah satu strategi terbaik bagi blogger untuk menghasilkan uang secara online. Bahkan ada seorang selebriti media sosial yang bisa menghasilkan uang ratusan juta karena merekomendasikan followernya untuk membeli produk-produk yang dijual secara online.

Kalau anda punya follower banyak dan selalu update serta suka balas komentar dan like, silakan klik sociabuzz untuk informasi lebih lanjut agar dapat duit melalui media sosial. Tetapi sebelum bergabung dengan Sociabuzz, anda harus menilai bagaimana pengaruh anda di media sosial, untuk itu saya rekomendasikan menggunakan Klout. Tingkat popularitas seseorang di Klout diukur dengan rentang antara 0 – 100.

Jika target kampanye anda melalui para seleb medsos ini, yang pertama sekali dilakukan adalah memperoleh kepercayaan mereka dan membangun hubungan baik dengan iklas.

Anda juga harus memilih mereka secara hati-hati dan bedakan tipe iklannya agar memperoleh hasil terbaik. Lebih baik memilih orang yang followernya aktif dan suka menshare ulang dibandingkan mempunyai follower banyak tetapi tidak ada komunikasi diantara mereka sama sekali.

Jika anda mempunyai dana, lebih baik anda sewa seorang selebriti media sosial ini untuk mempromosikan sebuah kontes dan menghasilkan trafik ke situs anda.

3. Gunakan Iklan Berbayar Terus Menerus

Seperti telah disampaikan di atas bahwa promosi melalui media sosial meningkat dari tahun ke tahun. Silakan dimulai iklan berbayarnya dengan harga paling rendah, tetapi lakukan terus menerus.

Dengan iklan berbayar, anda bisa menargetkan siapa saja pengguna Facebook yang ingin disasar. Dengan demikian, anda bisa menjangkau calon konsumen yang mungkin tidak bisa di dapat melalui dua cara di atas, yaitu melalui grup dan selebriti media sosial.

Kesalahan terbesar yang dibuat kala membuat iklan berbayar, adalah menyebarkan bujetnya secara merata. Untuk awal mungkin bisa dilakukan untuk melihat bagaimana kinerja pada masing-masing iklan. Para ahli strategi pemasaran menganjurkan agar hanya beriklan pada tempat paling menguntungkan.

Cara lainnya adalah dengan membayar para seleb media sosial ini untuk meningkatkan trafik ke situs anda.

Cara berikutnya adalah memposting ulang. Posting ulang disini maksudnya adalah, ketika ada seorang pengunjung mengunjungi situs anda, maka periksalah dari mana dia berasal, maksudnya dari media sosial apa yang merekomendasikan dia untuk datang. Kemudian, periksalah apakah dia mempunyai akun di media sosial lainnya. Sebagai contoh, jika dia datang ke blog anda karena melihat iklan di Facebook, lantas anda bisa memeriksa apakah orang tersebut mempunyai akun lain selain Facebook, Google+ misalnya. Lantas anda pun beriklan di Google+ di mana mereka berada.

4. Lakukan Eksperimen dengan tombol “buy” dan ‘keranjang belanja’

Tidak semua media sosial mengharuskan anda untuk menunjukkan keberadaan anda di dunia maya. Ada beberapa media sosial seperti Instagram dan Pinterest yang mempunyai pola fikir untuk membeli. Artinya, para penggunanya rata-rata tertarik untuk membeli barang yang disukainya.

Tetapi, iklan di media sosial tidak menyediakan layanan untuk membeli barang bagi konsumen. Bahkan ada yang merasa tidak nyaman karena mereka merasa tidak cocok dengan filosofi perusahaan mereka.

Media sosial sekarang telah ada media iklan berupa laman. Dengan laman ini calon pelanggan bisa melakukan pembelian tanpa meninggalkan media sosial tersebut. Selain itu, bisa juga digunakan aplikasi seperti Ecwid. Dengan demikian anda bisa menawarkan barang dengan lebih nyaman kepada pelanggan anda. Kalau Pinterest, juga menyediakan tombol ‘Buy It’ sebagai tempat belanja penggunanya terhadap barang sebuah perusahaan. Mereka juga bermitra dengan Apple Pay demi amannya transaksi yang dilakukan melalui Pinterest.

Jika anda pemilik bisnis eCommerce, sangat disarankan untuk bereksperimen menggunakan layanan tersebut di seluruh media sosial yang anda ikuti. Untuk menganalisa pergerakan pertumbuhan media sosial ini bisa pergunakan tool khusus.

Kesimpulan

Jika dilihat dari luar, media sosial diperuntukkan hanya untuk meningkatkan gengsi produk di dunia maya. Di media sosial tidak terlalu menjanjikan untuk menjual langsung sebuah produk. Namun demikian, jangan pernah sekalipun merasa putus asa. Dengan empat strategi di atas, diharapkan bisa membantu anda agar pelanggan merasa produk benar-benar ada di sekitar mereka. Sekarang, saatnya bagi anda untuk keluar dari zona aman dan mencoba hal baru serta menemukan pengalaman baru.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda