Panduan Usaha Kecil Menengah Go Online

Panduan ini tidak hanya untuk membantu anda sebagai pengusaha kecil menengah agar bisa terlihat lebih menonjol secara online, tetapi juga merupakan panduan bagaimana anda sebagai pengusaha yang akan terjun ke dunia maya supaya bisa bersaing dengan usaha sejenis yang berjumlah ribuan dan telah dahulu eksis. Di dalam panduan ini, anda akan diarahkan agar bisa meminimalkan uang yang dibayarkan (jika perlu gratis).

Di dunia maya ini, ada beberapa audit SEO dan analisa yang perlu diperhatikan sebelum memulainya, diantaranya:

a. Untuk menentukan elemen apa di situs/landing page anda yang tidak teroptimisasi dengan baik atau tidak lengkap optimisasinya.

b. Agar memperoleh pemahaman lebih terhadap nilai bisnis anda saat sekarang ini guna hasil pencarian bisa lebih ditingkatkan.

c. Menentukan tingkat persaingan yang akan anda hadapi, dan memperoleh hasil sebesar-besarnya dengan usaha sekecil-kecilnya.

Untuk itu, anda harus mempunyai perencanaan matang sebelum bertindak. Itulah yang harus dilakukan setiap orang sebelum memulai mempromosikan usaha di dunia maya dengan aktif.

Panduan ini ditujukan untuk pemilik usaha kecil dan menengah dan usahanya tersebut merupakan usaha lokal dan menyasar calon pelanggan lokal melalui internet. Tulisan ini lebih cenderung ditujukan kepada anda yang telah memulai mengkampanyekan produknya secara online, tetapi masih memerlukan beberapa perbaikan.

Trik yang dilakukan sekarang bisa jadi tidak berlaku di masa mendatang. Makanya kita akan bermain aman atau diistilahkan dengan ‘white hat’, karena algoritma Google selalu berubah. Memang ada juga yang mencoba untuk bermain curang dan mempermainkan sistem, tetapi percayalah mereka pasti akan ketahuan, dan efeknya akan diberi penalti oleh Google.

Sebelum memulai, ada beberapa langkah yang harus diperiksa sebelum melaksanakan panduan yang akan diberikan. Proses kampanye di internet haruslah:

a. Analisa lokal SEO secara penuh.

b. Analisa dan carilah ide terbaik.

c. Laksanakan strategi yang diinginkan

d. Teliti kembali hasil didapat dalam beberapa bulan kedepan dan lakukan terus menerus secara berkala.

e. Jika ada yang tidak beres, lakukan evaluasi dan rubah rencana.

Belajar dari kesalahan merupakan kunci keberhasilan anda guna menemukan strategi apa saja yang berjalan baik untuk usaha anda. Algoritma Google selalu berubah oleh karena itu anda harus selalu memperbaiki pendekatan anda dengan Google. Kenapa demikian? Karena Google semakin pintar. Makanya anda pun harus lebih pintar dari dia.

Bagian 1. Optimalkan Laman Google My Business

Google My Business  adalah langkah pertama bagi seluruh pengusaha lokal. Dasbor My Business berisi informasi yang akan membantu anda untuk memulai tampil di internet. Untuk itu, pastikanlah informasi di laman ini seakurat mungkin dan tunduk terhadap Google’s business guidelines. Apa alasannya harus akurat? Berikut penjelasannya.

a. Mengisi laman Google My Business dengan seakurat dan seluruh kolomnya terisi masih sangat penting dan akan berpengaruh terhadap ranking mesin pencari.

b. Sangat penting sekali agar nama, alamat dan nomor telpon usaha diisi dengan benar. Disamping itu, anda juga harus mengisi kategori usaha, jam kerja dan gambar-gambar profil harus jelas.

Mengoptimalkan Google My Business

1. Dapatkan Laman My Business/Verifikasi Tanpa Ada Halaman Duplikat

Memperoleh laman My Business adalah langkah pertama. Sayangnya, banyak perusahaan, dengan berbagai alasan, membuat banyak laman yang sama. Banyak laman yang sama tidak baik, oleh karena itu pastikan laman mana yang akan dikelola untuk seterusnya.

Jika sudah ditentukan, konfirmasi dan catat URLnya. Ini merupakan andalan anda untuk langkah selanjutnya. Disamping itu, anda masih perlu memastikan bahwa tidak ada laman My Business lainnya. Jika pernah membuat dua buah laman maka anda harus menghapus salah satunya, karena dengan adanya laman duplikat akan menghancurkan SEO anda di kemudian hari. Untuk memeriksa laman duplikat, bisa digunakan Page Finder oleh Michael Cottam.

Tujuan Akhir: Dapatkan URL laman Google My Business dan hapus seluruh laman lain yang sama di Google My Business. Tetapi kalau anda pun membuat laman di Facebook, jangan dihapus laman facebooknya karena berbeda.

2. Memverifikasi Laman

Langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah memverifikasi laman tersebut. Kita harus memastikan bahwa laman yang sudah terdaftar di hasil pencarian Google dapat terverifikasi. Jika belum terverifikasi, pilihan untuk mengoptimisasinya sangat terbatas. Untuk memverifikasi dibutuhkan beberapa minggu agar muncul proses klaim laman tersebut. Anda harus bersabar dan selalu memeriksa apakah laman anda sudah di indeks oleh Google.

Caranya: Jika anda belum mengklaim laman tersebut sama sekali, anda harus menemukannya di mesin pencari Google. Tulislah nama laman tersebut dan klik teks “Is this your business?” di bawah laman hasil pencarian di Google. Setelah di klik, nanti anda akan dibawa ke langkah selanjutnya. Ada beberapa metode yang ditawarkan oleh Google untuk memverifikasi laman ini, diantaranya adalah dengan cara menelpon atau dengan postcard. Jika anda memilih dengan kartu pos, dibutuhkan waktu beberapa minggu hingga kartu pos sampai ke alamat anda. Jika telah sampai, anda dapat memasukkan kode di kartu pos ke laman (biasanya ada petunjuk diberikan). Kalau anda memilih untuk menelpon, bisa dilakukan langsung, tetapi tanggung sendiri biaya telponnya karena anda akan menelpon ke luar negeri dan tarifnya tentu akan membengkakkan tagihan telpon anda.

Sementara kalau anda membuat dan memverifikasi laman di Facebook, verifikasi dilakukan dengan cara mengirimkan hasil scan dokumen perusahaan seperti SIUP, NPWP dan lainnya.

3. Hubungkan laman My Business dengan Domain Alamat Email

Alasan utama melaksanakan langkah ini adalah legitimasi. Jika situs anda adalah warungmakanenak.com, pastikan alamat email untuk registrasi di laman ini adalah namaanda@warungmakanenak.com daripada warungmakanenak@gmail.com. Nilai alamat email pertama lebih tinggi dibandingkan alamat email kedua.

4. Nama Perusahaan Harus Tepat

Perlu diperhatikan bahwa anda harus konsisten. Konsisten disini maksudnya adalah nama, nomor telpon, alamat, email dan sebagainya harus sama anda cantumkan baik di situs, media sosial yg anda gunakan, dan terutama sekali di laman Google Mybusiness. Di Google yang terpenting adalah faktor kepercayaan. Jika nama, alamat email dan sebagainya itu tidak sama di web, Google akan melihat bahwa anda hanyalah sebuah spam dan tidak bisa dipercaya. Dengan demikian, anda tidak akan bisa terenking dengan baik.

Google telah menyatakan bahwa “nama anda harus merefleksikan bisnis anda di dunia nyata, sehingga bisa dikenal oleh pelanggan”. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di  Google’s name guidelines.

Artinya, anda tidak bisa menambah-nambah apapun di laman tersebut. Contoh, “warung makan enak” tidak akan sama artinya oleh Google dengan “warung makan enak – kepuasan pelanggan keutamaan kami”. Tambahan kata ini tidak bisa ditoleransi sehingga akan menghancurkan SEO di mesin pencari.

Jika di laman My Business anda menambahkan kata-kata deskripsi tadi sementara laman telah terverifikasi dan anda ingin mengubahnya, maka perlu diverifikasi ulang melalui kontak telpon atau kartu pos.

5. Alamat Harus Benar

Alamat yang dicantumkan harus bisa dijangkau oleh pos. Jangan tambahkan keterangan tambahan lainnya yang tidak ada hubungannya dengan alamat bisnis. Demikian juga dengan PO Boks. Alamat PO Boks tidak bisa dipakai.

Jika anda merasa perlu untuk mencantumkan mailbox di alamat tersebut, maka pastikan alamat fisik lengkap berada di baris pertama dan mailbox tersebut di baris kedua. Jika anda melakukan kesalahan, akan berakibat terhadap peringkat pencarian.

6. Nomor Telepon Harus Benar

Nomor telepon yang dicantumkan harus berhubungan dengan bisnis dan bisa dihubungi dari seluruh dunia. Contoh, jangan pernah mencantumkan nomor telepon seperti: 021-12345678, tetapi +6221-12345678. Dan nomor telpon yang dicantumkan adalah fixed phone, tidak nomor HP. Nomor HP dapat dipergunakan jika fixed phone atau diistilahkan dengan telpon rumah memang tidak ada sama sekali.

7. Alamat Situs

Andapun harus menempatkan alamat situs dengan benar di laman ini. Situs yang diberikan adalah situs utama (jika anda mempunyai beberapa buah websites). Cobalah untuk berfikir seperti calon pelanggan. Jika seorang pengguna mengklik URL dari laman Google+ dan ingin mengunjungi situs anda, silakan tanyakan kepada diri anda sendiri, situs mana yang ingin anda kunjungi. Intinya adalah cobalah untuk selalu memuaskan calon pelanggan.

Perlu diperhatikan kembali bahwa nama, alamat dan nomor telpon di situs itu harus sama dengan nama, alamat dan nomor telepon di laman. Jika perlu, foto-foto di situs juga terdapat di laman.

8. Kategori Usaha

Langkah ini adalah bagian paling penting dari sekian banyak langkah untuk mendaftar di Google My Business. Jika kategori usaha anda salah, maka Google pun akan salah menempatkannya di hasil pencarian.

Anda harus tepat mengkategorikan bisnis anda di antara beberapa pilihan kategori yang tersedia, sehingga pilihan tersebut tepat menggambarkan tentang usaha anda bagi Google. Pilihlah kategori paling relevan.

Ada beberapa alat atau tool untuk menemukan kategori, yaitu:

Blumenthal’s Business Category Tool

Moz Local Categories

9. Waktu Beroperasi

Isilah dengan tepat kapan toko anda mulai buka dan melayani pelanggan. Jika anda melakukan perubahan jam layanan, selalu ingatlah untuk merubah pula waktu beroperasi di laman ini.

10. Buatlah Pengantar Bisnis

Pada bagian ini, gambarkanlah dengan gamblang dan sejelas-jelasnya mengenai usaha yang anda geluti. Bagaimana bentuk layanan anda, apa saja produk yang dijual, siapa saja yang membutuhkan layanan anda, dan sebagainya. Pastikan deskripsi ini unik dan mengikuti petunjuk layanan Google.

Jumlah kata untuk menggambarkan bisnis berkisar antara 150  sampai 300 kata. Buatlah tulisan tersebut mudah dimengerti dan pastikan juga anda tidak menspamnya dengan kata kunci. Jika anda memiliki beberapa layanan, bisa digunakan Hyperlink untuk menautkan gambaran perusahaan dengan halaman situs, sehingga calon pelanggan dapat lebih mengerti dengan perusahaan.

Deskripsi ini bersifat no follow, tetapi jangan diabaikan karena akan mempengaruhi pelanggan apakah akan menggunakan jasa anda atau tidak.

11. Pastikan Profil Anda 100% Lengkap

Periksalah kembali profil Google My Business, sehingga tidak ada yang terlewatkan.

12. Upload Foto Terbagus

Ada tiga jenis foto penting di laman ini, yaitu photo profil, logo dan cover photo. Foto tersebut haruslah berkualitas bagus dan cukup besar sehingga bisa terlihat bagus ketika dilihat dengan mode full screen. Jika perlu, sewalah seorang photographer professional untuk membuatkan foto atau logo perusahaan. Kalau usaha anda adalah restoran atau café, bisa ditambahkan beberapa foto menu favorit di restoran tersebut. Begitu juga jika anda mempunyai beberapa produk yang dijual, seluruh produk tersebut harus ditambahkan dan kualitas foto harus maksimal seluruhnya.

13. Foto Untuk Firtual Tour

Firtual Tour adalah foto-foto yang menggambarkan bisnis anda. Sebagai contoh, jika anda usaha di bidang perhotelan, anda bisa mengupload beberapa foto kamar beserta fasilitas didalamnya, customer service, meeting room dan lain sebagainya. Dengan demikian, calon pelanggan dapat “berjalan-jalan” ke dalam kamar hotel anda dan mereka bisa “melihat lebih dekat”.

Untuk menggunakan firtual tour ini, masuk ke laman Google My Business dan klik tautan “Add Virtual Tour”. Anda akan dipandu bagaimana cara menggunakannya.

Bagian 2. Cara On-Page Optimization Untuk situs/Landing Page

Optimisasi secara on-page bagi situs bisnis atau landing page merupakan faktor kunci dalam lokal SEO. Prioritaskanlah untuk mengoptimisasi situs tersebut ketika anda mendesainnya. Optimisasi on-page ini merupakan salah satu faktor utama dalam pemeringkatan lokal SEO.

Sebelum memulai, pastikan homepage atau landing page telah terindeks di Google. Anda bisa melakukannya dengan mengetikkan URL di kotak pencarian, lantas lihat apakah situs anda itu muncul atau tidak. Pastikan situs tersebut tidak terkena hukuman dan sebagainya.

Selanjutnya, kita bisa lanjut ke topik pembahasan.

1. Google Webmaster Tools dan Google Analytics

Dengan menggunakan dua tool ini, yaitu Google Webmaster dan Analytics akan didapatkan banyak informasi dan data yang bisa dipergunakan untuk menentukan langkah selanjutnya.

Dengan Webmaster tool, anda bisa melihat apakah situs bisa terindeks dengan benar atau tidak, apakah ada hukuman, dan apakah ada kesalahan perayapan. Di Webmaster ini juga terdapat pencarian keyword yang diupdate setiap waktu sehingga anda dapat mempergunakan dengan sebaik-baiknya. Pencarian keyword ini tidak akan didapatkan melalui Analytics.

Selain menggunakan produk Google, pertimbangkan juga menggunakan Bing Webmaster tools agar situs anda bisa terlihat di mesin pencari Bing dan Yahoo.

Untuk mensetnya, silakan login ke Google Webmaster tools menggunakan akun email Google anda. Kemudian klik tambahkan situs. Disini anda akan harus menambahkan versi non-www dan www dari situs tersebut. Kalau versi situs anda https, silakan anda pilih mana yang akan dipakai.

Tetapi sebelum ke webmaster, anda harus terdaftar terlebih dahulu di Analytics karena di Webmaster akan diminta kode verifikasi dari analytic ini.

2. Tentukan Struktur Situs di Awal

Struktur situs anda harus direncanakan terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh. Apa saja tujuan anda dengan SEO lokal dan apa target yang ingin dicapai? Beberapa faktor utama sebelum melangkah adalah sebagai berikut:

a. Apakah bisnis anda mempunyai beberapa lokasi atau hanya satu lokasi saja?

b. Apakah ada laman bagi tiap layanan terpisah yang ditawarkan oleh bisnis anda?

c. Apakah kata kunci yang sama akan menarget ke beberapa kota walaupun tidak ada toko fisik di sana?

Jika usaha tersebut hanya mempunyai satu lokasi, homepage haruslah menjadi pusat informasi. Dari sana anda harus melihat struktur dari bagian halaman dari tiap layanan yang ditawarkan.

Jika bisnis anda mempunyai beberapa lokasi, pastikan anda mengoptimisasi landing page dan URL berdasarkan lokasi. Walaupun banyak berpendapat bahwa jika memiliki beberapa lokasi dan landing pagenya hanya satu tidak akan menjadi masalah karena Google telah lebih pintar. Namun format optimal disarankan agar tiap lokasi mempunyai landing pagenya tersendiri, karena tiap kantor harus mempunyai alamat tersendiri agar strukturnya menjadi lebih ideal.

3. Nama, alamat dan Nomor Telpon di Situs Harus Benar

Tiga serangkai ini merupakan kunci nomor satu dan harus tertera di landing page. Jika salah, akan berpengaruh terhadap faktor-faktor lainnya. Pastikan nama perusahaan anda benar tanpa ada tambahan embel-embel lainnya. Demikian juga dengan alamat lengkap kantor dan terakhir nomor telpon merupakan nomor telpon kantor, tidak nomor handphone atau telpon berawalan 800 atau lain sebagainya.

Pastikan tiga serangkai ini cocok dengan profil Google My Business anda dan pastikan juga bahwa anda menuliskannya di situs tersebut. Jangan tampilkan ketiga informasi ini dalam bentuk gambar karena Google tidak akan bisa mengenalinya.

4. Optimisasi Tag Judul/Deskripsi Meta

Sebelum membahas mengenai cara mengoptimisasi tag judul dan deskripsi meta, sangat disarankan agar menginstal MozBar toolbar di browser anda. Dengan toolbar ini anda bisa mencermati judul, meta dan header dengan sangat mudah karena menampilkan metric dari domain atau halaman sangatlah penting sekali.

Tindakan pertama yang harus dilakukan dan terpenting adalah memastikan tag judul berisi kota, Negara dan kata kunci. Jangan sampai terlihat seperti spam tetapi rangkailah secara professional dan tempatkan ketiga tadi di depan dan di tengah tulisan.

5. Sempurnakan Tag Header

Pastikanlah bahwa tag head anda bernilai bagi optimisasi. Ini tidak hanya terhadap H1, H2 dan H3 saja, tetapi seluruh tiap bagiannya. Pastikanlah strukturnya benar sewaktu anda mengurutkannya.

Tag paling penting yaitu H1, haruslah mencantumkan nama kota, Negara dan kata kerja sepanjang tidak terlihat seperti spam. Ingat, anda hanya diperbolehkan memiliki satu H1. Jika anda memiliki banyak H1, akan menghancurkan SEO karena kesempatan anda untuk tampil lebih sedikit.

6. Landing Page Harus Unik

Konten anda harus relefan, unik, dan mudah dibaca. Konten harus dapat menceritakan tentang usaha anda dan berpusat kepada kata kunci yang ingin anda optimisasi, serta harus dapat menarik pengunjung. Tulislah informasi yang unik dan jelas sehingga pelanggan mengerti jenis produk dan bagaimana layanan yang akan mereka terima. Kuncinya adalah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan ketika mereka mengunjungi situs anda. Tulislah sekitar 300 hingga 500 kata di sub header dan ajaklah mereka untuk melakukan sesuatu, bisa jadi mengajak untuk menelpon atau menjadi anggota komunitas situs.

Jika anda ragu dalam pembuatan kalimat apa yang bagus, sebaiknya pakai jasa penulis profesional.

7. Jangan Lupa Menuliskan Jam Kerja

Pastikan mencantumkan jam buka toko di tiap-tiap lokasi toko anda. Karena kalau mereka sudah tertarik terhadap produk atau jasa layanan suatu merek, hal berikutnya yang perlu mereka ketahui adalah kapan mereka mendapatkan layanan atau produk anda tersebut. Google telah merilisis sebuah penelitian bahwa 54% pengguna smartphone yang melakukan pencarian secara lokal mencari kapan sebuah toko mulai buka.

Pastikan jam kerja ini anda cantumkan dengan bentuk teks sehingga Google dapat merayapinya.

8. Cantumkan Review atau Testimoni Pelanggan

Review dan testimony pelanggan akan membuat calon pelanggan mempercayai produk atau layanan usaha anda. Cantumkanlah beberapa testimony mereka di landing page. Cuma yang perlu diperhatikan bahwa review ini benar-benar berasal dari pelanggan anda dan dapat dilacak melalui media sosial. Jika perlu anda cantumkan alamat medsos mereka (tentunya dengan seizing bersangkutan) sehingga tidak terkesan dibuat-buat.

9. Optimisasi Gambar

Gambar bisa dioptimisasi sehingga dapat ditelusuri melalui mesin pencari. Dengan penambahan gambar, akan berdampak besar bagaimana website anda akan dikenal. Jika gambar tidak mempunyai tag alt text, mesin pencari tidak bisa merayapinya sehingga mesin pencari tidak mengenali gambar tersebut. Pastikan juga bahwa tulisan di situs tidak berbentuk gambar, biarkan saja menjadi html teks.

Untuk gambar, besarnya jangan lebih dari 1 mb. Aturan ini merupakan aturan global karena jika lebih dari 1 mb tidak bisa dikompres oleh situs, ini akan mengakibatkan loading situs akan melambat.

Caranya dengan masuk ke CMS atau editor, lantas edit alt tag ke semua photo yang telah di upload. Sertakan juga nama kota dan kata kunci atau nama perusahaan di alt tag tersebut, sehingga Google dan mesin pencari lain dapat merayapinya.

Untuk mengompres gambar untuk di posting di web, sehingga tidak rusak resolusinya, bisa digunakan plugin seperti smush.it atau kraken.io.

10. Mobile Friendly

Sejak bulan April 2015, Google telah memfokuskan hasil pencariannya ke mobile friendly. Jika situs anda tidak dioptimisasi untuk layar yang lebih kecil, maka fikirkanlah untuk mengubah dan memperbaikinya. Karena hal ini akan penting sekali untuk masa depan keterlihatan situs anda di mesin pencari khususnya melalui smartphone. Menurut Google, 54% pencarian lokal berasal dari pencarian melalui smartphone.

Oleh karenanya pergunakanlah template responsive. Dengan templat ini, dia akan mengatur sendiri tampilan layarnya sewaktu ditampilkan melalui berbagai perangkat. Disamping itu, templat menggunakan responsive tidak perlu lagi membuat situs khusus untuk perangkat smartphone ini. Kekurangan jika menggunakan situs khusus untuk perangkat mobile, adalah berpotensi terjadinya konten duplikat.

11. Kecepatan Situs

Google telah mengumumkan bahwa kecepatan sebuah situs tampil di layar merupakan salah satu faktor yang diperhitungkan oleh algoritmanya. Jika situs anda waktu loadingnya lambat, bersiaplah akan ditinggalkan oleh pelanggan.

Jika anda ingin mentes kecepatan situs, bisa mempergunakan gtmetrix.com. Secara ideal, waktu loading sebuah website harus kurang dari 3 detik, semakin cepat semakin bagus. Kalau situs anda waktu loadingnya lebih dari 3 detik, cobalah mengoptimisasi gambar atau tingkatkan kecepatan hosting yang telah anda sewa. Hubungilah perusahaan dimana anda menyewa hosting.

Bagian 3. Schema Markup

Sejak diluncurkan sejak tahun 2011, schema.org merupakan langkah tepat bagi mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo. Dengan demikian mereka bisa berkolaborasi bersama untuk membuat sebuah cara bagi mesin pencari agar bisa mengerti informasi penting apa saja yang terdapat di sebuah situs. Menggunakan schema markup untuk SEO lokal adalah salah satu cara untuk tampil lebih unggul di mesin pencari. Schema ini akan menyampaikan ke mesin pencari untuk menampilkan informasi di hasil pencarian seperti apa tipe bisnis situs anda, review, waktu beroperasi atau toko buka, even, menu restoran, jam tayang film di bioskop dan lain sebagainya.

Markup Bisnis Lokal

Seperti telah didiskusikan pada bagian sebelumnya, penting sekali anda memiliki nama, alamat dan nomor telpon yang benar bagi bisnis di situs sehingga mesin pencari dapat mengenalinya. Menandai lokasi dan nomor telpon menggunakan schema, berarti anda telah maju selangkah.

Ketika anda menggunakan schema markup, kode tersebut tidak akan ditampilkan ke pelanggan. Dia hanya berguna bagi mesin pencari. Anda akan menampilkan lokasi dan nomor telpon dengan tag div.

Ketika kita melihat tipe bisnis seperti http://schema.org/dentist, maka akan banyak tampil beberapa pilihan tergantung dari tipe bisnis yang anda lakoni. Kebanyakan orang hanya menggunakan “schema.org/localbusiness” sebagai tipe bisnis. Pilihan ini tidak ada masalah, tetapi jika menggunakan tipe yang lebih spesifik akan sangat membantu sekali.

Geo Coordinate

Anda juga harus mentag lokasi dengan latitude dan longitude. Dengan demikian anda akan tampil di peta Google.

Review Markup

Dengan menggunakan Schema Review markup anda bisa me mark up testimony di situs anda sehingga Google mengetahui bahwa seseorang telah mereview sebuah situs. Review ini biasanya ditampilkan dalam bentuk bintang dan berada di bawah URL situs perusahaan di hasil pencarian.

Permasalahan yang sering muncul adalah jumlah reviewnya terlalu banyak dan ratingnya sangat tinggi sementara umur situs masih seumuran jagung. Karena review seperti ini bisa berdampak buruk terhadap situs tersebut dan akan dianggap spam oleh Google. Untuk amannya biarkan review tampil secara wajar dan pelan-pelan.

Markup Acara

Tidak banyak perusahaan menggunakan markup satu ini. Sebenarnya kalau dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya akan meningkatkan hasil pencarian situs melalui acara yang akan diselenggarakan. Tidak hanya itu, me markup acara akan meningkatkan CTR terhadap situs. Apapun bentuk acara yang perusahaan anda akan selenggarakan, selalulah untuk memarkupnya.

Jika anda ragu melakukannya sendiri, cobalah minta bantuan ahli.

Untuk memarkup melalui Google Webmaster bisa dilakukan melalui bagian Kartu Rich (bahasa Indonesia) atau Rich Snippet (bahasa Inggris).

Bagian 4. Bangun Citation Yang Terpercaya

Citation sebuah situs merupakan intisari dari SEO lokal. Membangun citation ini selalu menjadi perdebatan hangat diantara ahli SEO. Apakah memang dibutuhkan? Berapa tinggi citation yang dibutuhkan untuk sebuah profil berkualitas? Kapan waktu yang tepat meningkatkan citation. Sebenarnya kita telah membangun citation setelah profil Google My Business dibuat dan jika telah selesai mengoptimisasi on page situs. Dari sana, seharusnya bisnis sudah bisa terlihat hasilnya dan membangun citation cukup menjadi tambahan saja atas keberhasilan di masa mendatang. Membangun citation sangat membutuhkan waktu, apalagi kalau membangunnya secara manual. Tetapi cara manual ini sangat direkomendasikan.

Perlu diingat bahwa Google berjalan berdasarkan faktor kepercayaan dan pengalaman pengguna. Semakin bersih dan semakin terpercaya profil anda, maka Google akan melihat anda sebagai bisnis yang dapat dipercaya dan akan terlihat lebih tinggi di SERPS.

Kenapa Membangun Citation Secara Manual?

Dengan membangun secara manual, anda akan punya kontrol penuh. Dengan demikian perkembangan citation bisa dilihat dan dianalisa untuk perubahan di masa mendatang. Sebenarnya ada banyak perusahaan yang bergerak membangun citation ini.

Kenapa kita tidak menyewa jasa mereka? Berikut alasannya.

a. Tidak ada yang harus dibayar alias gratis.

b. Anda akan mempunyai control penuh terhadap citation terverifikasi.

c. Citation yang telah ada tidak akan hilang

d. Anda harus memperlakukan berbeda pada tiap citation (karena tiap citation selalu berbeda).

Memulai Mengaudit Citation

Lakukanlah audit citation profil terhadap bisnis sebelum membangun citation. Dengan melakukan audit citation ini terlebih dahulu, akan berguna untuk bisnis anda untuk jangka panjang. Audit tidak hanya diperlukan oleh perusahaan yang telah lama berjuang di dunia maya, tetapi juga bagi anda yang baru memulai sangat disarankan agar memperhatikan masalah ini dari awal. Walaupun belum ada citation dibuat secara manual, tetapi informasi usaha sudah dihantarkan oleh aggregator ke dunia maya. Anda tentunya ingin memastikan bahwa segala sesuatunya bersih dan NAP (name, address, phone number) sudah disubmit dengan benar.

Tool untuk analisa inisial citation ada beberapa, yaitu:

Brightlocal, salah satu tool SEO lokal, mempunyai tool untuk menganalisa citation untuk membandingkan dan mengambil citation dari competitor (30 hari versi trial selanjutnya bayar).

Moz Local, Tool untuk mencek citation dari mesin pencari besar (Google, bing, axciom, dll).

WhiteSpark, mencek 50 citation terbaik dari semua bisnis. Direkomendasikan mempergunakan versi berbayar karena bisa mengagregat data utama.

Yext, Yext bisa digunakan untuk melakukan analisa terhadap citation tanpa bayar.

Mulai Bangun Citation

Setelah proses audit selesai, anda harus punyai arah jelas mau kemana usaha anda akan dibawa. Berikut ada tiga tipe citation sebagai langkah awal.

1. Direktori Nasional, Disini termasuk Facebook, Youtube, dan lainnya.

2. Direktori Industri, Ini akan tergantung dari niche bisnis, dan anda bisa dengan mudah menemukannya dengan mencari kata kunci dan kota dimana direktori ini muncul pada SERP.

3. Direktori Lokal, ini termasuk direktori bisnis di kota mana anda berada.

Daftar 15 Citation Terbaik

Berikut merupakan 15 perusahaan yang bisa membantu anda untuk membangun citation bagi kampanye SEO lokal. Kelima belas ini mempunyai otoritas tinggi dan sangat penting sekali. Situs yang akan diberikan ini mempunyai kualitas tinggi dan memiliki trafik tinggi. Disarankan untuk mempergunakan email berbeda sewaktu mendaftar (ingat! emailnya harus emailkedua@namaperusahaan.com). Anda tidak disarankan mempergunakan seluruhnya, tetapi pilihlah mana yang terbaik dan bisa dikelola dengan sebaik-baiknya.

1. Bing Places

Bing merupakan pesaing ketat Google. Meregistrasikan situs anda ke Bing sangat penting, setelah Google.

Untuk mendaftar hamper mirip dengan Google. Masuk ke bingplaces. Jika harus punya akun Microsoft. Setelah log in, carilah bisnis anda melalui nama atau nomor telpon. Jika tidak muncul, anda harus membuatnya terlebih dahulu dan ikuti langkah-langkah menurut petunjuk. Jika muncul, langsung saja diklaim, dan lanjutkan ke proses verifikasi.

Lengkapi informasi di profil, termasuk nama, alamat, nomor telepon, jam buka kantor atau toko, media sosial, alamat situs dan sebagainya. Bing merupakan salah satu situs tersibuk, untuk itulah anda harus memperhitungkannya juga. Terakhir, jangan lupa foto professional anda. Setelah anda berhasil memverifikasi, biasanya baru akan muncul setelah 72 jam.

2. Yelp

Otoritasnya sangat tinggi, dan sangat dibutuhkan oleh beberapa usaha, terutama bagi usaha restoran. Yelp merupakan salah satu sumber berkualitas tinggi bagi konsumen untuk mereview dan menganalisa bisnis. Profil usaha anda harus lengkap.

Proses verifikasinya melalui telpon.

Untuk memiliki Yelp for Business, silakan masuk ke biz.yelp.com dan cari bisnis anda. Jika ada, silakan klik klaim dan ikuti langkah proses verifikasinya. Jika tidak, anda harus membuat profil baru, gulir ke bawah dan masuk ke “Add business to Yelp”. Isi dan lengkapi informasi yang dibutuhkan, termasuk foto terbaik.

Verifikasi bisa menggunakan telpon dan akan aktif setelah 72 jam.

3. Facebook

Facebook tidak hanya sebuah media sosial, dia juga merupakan citation berkualitas tinggi dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan anda. Verifikasi di Facebook dengan mengirim hasil scan dokumen perusahaan seperti SIUP, NPWP dan dokumen pendukung lain.

Untuk membuat laman bisnis di Facebook, pilih Local Business atau Place or Company, Organization atau Institution. Ikuti langkah-langkahnya, lengkapi seluruh informasi dibutuhkan. Perlu diperhatikan, kategori usaha sangat penting sekali disini, untuk itu pastikan kategori usaha anda telah benar. Gambar harus bagus dan terlihat professional. Jika anda ingin membuat cover photo di Facebook, bisa gunakan Template Facebook Cover Photo.

4. Youtube

Menggunakan Youtube merupakan taktik paling efektif bagi SEO lokal. Tidak hanya sebagai sumber citation, tetapi banyak orang tidak mengetahui bahwa anda bisa menyertakan nama, nomor telpon dan alamat serta alamat situs di bagian deskripsi. Proses verifikasi tidak diperlukan. Tautkan saja akun Youtube ke laman Google My Business. Untuk beriklan dengan Youtube, anda harus membuat sebuah video, slideshow atau apapun dengan format video dan posting di situs tersebut. Ketika mengedit deskripsi video, pastikan anda sertakan informasi perusahaan.

5. Yellow Pages

Yellow Pages (yp.com) masih merupakan citation terbaik karena masih banyak yang menggunakannya, tetapi tidak direkomendasikan menggunakan versi berbayar. Untuk verifikasi menggunakan telpon.

Jika anda ingin daftar, silakan masuk ke yellowpages.com dan masuk ke “Get Your Free Listing” guna memulai proses pendaftaran. Carilah usaha anda. Jika belum terdaftar, buatlah yang baru yang klaim laman tersebut. Jangan lupa untuk menginputkan informasi usaha selengkap mungkin. Verifikasi menggunakan telpon.

6. Data Aggregator: Infogroup (Express Update), Acxiom, LocalEze, dan Factual

Mendaftar secara manual ke empat aggregator ini agak sedikit susah. Biasanya mereka minta bayaran agar anda bisa terdaftar. Kalau anda tidak tahu caranya, silakan minta bantuan ke Moz Local, dengan harga 84 Dollar dan sudah terdaftar di empat aggregator tersebut. Moz akan membantu agar bisa terdaftar dan agar akun anda aktif, dibutuhkan waktu 4 hingga 8 minggu.

7. Yahoo!

Anda bisa mendaftar ke “Yahoo LocalWorks”, tetapi kalau gratis, proses pendaftarannya akan bertele-tele. Yahoo hanya menerima pendaftaran dengan berbayar. Kenapa bisa dikatakan demikian? Karena di forumnya hanya berisikan keluhan orang kenapa mereka tidak diterima di Yahoo Local. Namun, jika anda telah terdaftar di empat aggregator diatas, nantinya akan tercatat juga oleh Yahoo.

Walaupun demikian, Yahoo merupakan salah satu citation terkuat dan dianjurkan untuk terdaftar di sana.

Verifikasi laman menggunakan telpon atau email pribadi (namaanda@perusahaan.com).

Langkah pertama untuk mendaftar, anda harus mempunyai Yahoo ID. Kemudian masuk ke Yahoo Small Business dan carilah nama perusahaan, jika ditemukan silakan lanjut ke proses verifikasi. Jika tidak, silakan buat laman bisnis baru dan ikuti langkah-langkahnya menurut petunjuk diberikan. Proses verifikasinya cukup gampang, cuma proses diterimanya yang bikin frustrasi. Anda harus selalu memeriksa secara berkala apakah sudah diterima atau belum, terkadang butuh waktu berbulan-bulan.

8. Linkedin

Membuat sebuah laman usaha di Linkedin merupakan suatu keharusan bagi sebuah perusahaan. Linkedin merupakan sumber citation terpercaya di bidang dunia kerja, disamping fungsinya sebagai media sosial. Media sosial ini merupakan perkumpulan para professional dan para pencari kerja.

Anda tidak perlu memverifikasi laman usaha, cukup klik “accept” dan posting secara regular.

Untuk membuatnya silakan kunjungi Add a Company, isikan nama perusahaan dan email dengan domain perusahaan. Email anda harus dengan nama perusahaan (@domainanda.com), karena menggunakan email umum seperti yahoo dan gmail tidak bisa. Setelah itu silakan isi data perusahaan selengkap-lengkapnya, termasuk foto terkeren. Sebagai bahan referensi untuk photo cover, silakan kunjungi templat Linkedin cover photo. Setelah selesai pengisian seluruh data, akan langsung tercatat di Linkedin.

9. Angie’s List

Situs ini merupakan situs berbayar. Anda harus mendaftar dan bayar beberapa dolar agar memperoleh akses penuh. Anda dapat mencari perusahaan anda melalui database Angie’s List. Jika tidak ditemukan, silakan daftar dan buat laman bisnis di sana.

10. Manta

Untuk mendaftar, silakan masuk ke Manta, kemudian ikuti proses pendaftarannya. Setelah anda daftarkan, kemudian akan dikirim ke email kode untuk verifikasi. Setelah itu silakan hubungi nomor telpon yang diberikan dan masukkan kode di dalam email tadi.

11. Better Business Bureau

BBB merupakan salah satu organisasi yang sangat terpercaya. Ada dua pilihan pendaftaran di sana, berbayar dan gratis. Tautan di BBB akan bersifat No Follow atau Follow. Bisnis anda baru akan tampil setelah 1 tahun sesudah anda daftarkan atau verifikasi.

Verifikasi dapat melalui email atau telpon.

12. FourSquare

Sumber citation berikutnya adalah Foursquare. Dengan 20 dollar, verifikasi dapat dilakukan dengan instan dan memperoleh hak premium. Tetapi jika pilihannya adalah gratis, memverifikasinya dilakukan melalui kartu pos. Untuk mendaftar silakan masuk ke Foursquare, kemudian silakan lihat dan ikuti arahan di sana.

13. Merchant Circle

Silakan masuk ke Merchant Circle, buat laman bisnis dan lengkapi secara mendetail, kemudian klik submit. Nanti akan ada email verifikasi untuk anda submit. Selesai.

14. Mapquest

Jika anda mau terdaftar di Mapquest, prosesnya hampir sama dengan citation lainnya, tetapi akan lebih mudah jika menggunakan versi berbayar karena kalau gratis agak berbelit-belit. Kalau anda ragu, silakan minta bantuan ke Mapquest team support untuk mendapatkan pertolongan.

15. Hotfrog

Untuk daftar ke Hotfrog cukup mudah dan gratis. Disini anda juga dapat menambahkan informasi pribadi sebanyak diinginkan. Silakan daftarkan perusahaan anda di hotfrog, kemudian isi data sebanyak yang diminta. Verifikasinya melalui email yang harus anda submit. Setelah selesai di submit, langsung ON.

Itulah lima belas tempat yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan keterlihatan anda di internet. Barangkali tidak semuanya bisa relefan untuk Indonesia, tetapi apa salahnya dicobakan semuanya.

Bagian 5. Strategi Review Pelanggan

Memperoleh review melalui internet merupakan pilar bagi SEO lokal akhir-akhir ini. Tidak hanya algoritma Google saja, tetapi akan berdampak bagus terhadap opini pelanggan. Review disini tentunya berisi ulasan yang baik terhadap bisnis. Jika anda hanya mendapat bintang satu, siap-siaplah akan anjlok di mesin pencari, tetapi jika mendapat bintang 5, laman akan muncul di halaman pertama dan kemungkinan besar di baris paling atas.

Muncul di halaman pertama dan baris pertama saja tidak cukup jika anda tidak memperoleh review atau ulasan bagus dari para pelanggan. Makanya target awal dari SEO lokal harus dapat diranking paling atas berdasarkan target kata kunci dan memperoleh ulasan, minimal bintang 5.

Untuk mereview, bisa anda berdayakan orang-orang di sekitar anda (sebagai langkah awal) untuk mengulas laman yang telah dibuat tadi. Tetapi, jika anda harus memilih laman mana yang terbaik untuk memperoleh review?

Berikut lima prioritas yang disarankan, yaitu:

a. Google+

b. Yelp

c. Facebook

d. Trip Advisor

e. Situs yang mengkhususkan di bidang industry.

Tetapi kalau didapat di situs lainnya, seperti Yellowpages, Yahoo! Local, Angie’s List, BBB, Merchant Circle dan lainnya, itupun sangat membantu sekali. Tetapi kita fokus terhadap lima prioritas terlebih dahulu, karena kelima ini merupakan situs paling berpengaruh di dunia maya saat ini. Saran ini bisa berobah tergantung tipe bisnis masing-masing.

Review Google+

Review dari Google+ sangat penting karena berpengaruh terhadap pencarian Google. Mungkin anda bisa memperoleh 200 ulasan di Yelp, dan Trip Advisor, tetapi jika tidak memperoleh review dari Google+ maka tidak akan ada artinya karena tidak akan berpengaruh besar terhadap mesin pencari Google. Seperti kita ketahui bersama bahwa Google merupakan raksasanya dunia maya.

Bintang Emas di Google

Bintang emas merupakan hasil penilaian dari orang yang telah mengulas bisnis anda. Bintang ini akan muncul di hasil pencarian Google di bawah nama bisnis.

Biasanya, anda butuh 10 atau lebih review agar bisa ditampilkan ratingnya di SERP Google. Jika kurang dari 5 maka tidak akan ditampilkan.

Google review merupakan salah satu bagian terpenting dari algoritma Google. Beberapa penelitian mengatakan bahwa faktor review akan berpengaruh sebanyak 10% terhadap hasil pencarian Google. Bisa anda bayangkan bagaimana pengaruhnya, karena faktor-faktor yang mempengaruhi perankingan ada sebanyak 200 buah faktor.

Cara terbaik untuk memperoleh ulasan dari konsumen bisa dengan:

1. Tunjukkan cara memberi ulasan di laman anda.

Dengan memberikan petunjuk bagaimana cara mereview laman kepada pelanggan, akan membuat mereka tertarik untuk menyampaikan pendapat mereka. Apalagi sekarang telah ada Google+. Kebanyakan mereka tidak member review karena tidak mengetahui bagaimana caranya.

2. Kirim email

Jika anda mengetahui informasi email teman atau pelanggan maka langkah terbaik adalah mengirim mereka email disertai dengan tautan yang akan menuntun mereka untuk mereview laman perusahaan. Mintalah mereka untuk meluangkan waktu agar bisa mereview laman perusahaan. Tetapi anda harus berhati-hati, karena jika mengirim emailnya terlalu banyak dan sebagian besar dari mereka menolak untuk mereview atau mungkin menganggap email anda menggangu dan ditandai sebagai spam, maka Google juga akan menandainya sebagai spam. Kalau ditandai sebagai spam, siap-siap untuk hancur di mesin pencari.

3. Buat Laman Review di Situs

Cara ini cukup efektif juga. Anda bisa menempatkan tautan ke laman Review Google+ anda sehingga mereka bisa langsung melakukan review dengan sekali klik.

Review Yelp

Jika anda bergerak di bidang rumah makan, ulasan dari Yelp sangat penting sekali. Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan, diantaranya:

1. Tambahkan tautan Yelp di situs perusahaan sehingga mereka dengan gampang membuat review untuk anda.

2. Fokuslah terhadap Yelp reviewers yang telah lama karena ulasan dari Yelp akan disaring berdasarkan profil mereka masih baru. Serta menghindari orang-orang yang asal ulas saja tanpa mengunjungi tempat fisik atau mencoba membeli barang atau jasa dari perusahaan.

3. Jangan pernah mencoba dan membeli atau meminta untuk di review. Ini melanggar aturan kebijakan di Yelp. Berbeda dengan Google, kalau Google masih diperbolehkan kita untuk meminta seseorang untuk mengulas.

Review Trip Advisor

Review dari Trip Advisor sangat besar sekali dampaknya. Ini telah dibuktikan oleh bisnis pariwisata. Banyak industry pariwisata di dunia menanjak pendapatannya karena sebuah ulasan di trip advisor atau sebaliknya sebuah perusahaan bisa bangkrut karena mendapat ulasan negatif di Trip Advisor.

Untuk itu, kita harus mengetahui landasan perankingan di Trip Advisor, yaitu kualitas, kuantitas dan ulasan terbaru. Oleh karena itu, jangan pernah mencoba untuk mempermainkan situs ini, karena kalau tertangkap, siap-siap hancur. Berdasarkan salah satu penelitian, 58% dari indeks popularitas berdasarkan nilai ulasan rata-rata, hanya 6% dari jumlah review dan 9% baru dari faktor lain-lain.

Ini artinya bahwa Trip Advisor lebih mengutamakan kepada kepuasan pelanggan.

Review Facebook

Sekarang, ulasan dari Facebook sangat penting, karena akan tampil di hasil penelusuran Google. Disamping itu, dengan pengguna Facebook yang telah ratusan juta orang akan berpengaruh besar terhadap nilai sebuah usaha.

Review Dari Situs Industri

Review dari situs seperti ini akan berpengaruh besar bagi anda yang bergelut di bidang kedokteran, pengacara, universitas dan dealer mobil serta bidang professional lainnya.

Bagian 6. Analisis Tautan/Link

Analisis tautan ini sangat penting karena ini merupakan salah satu faktor yang diperhitungkan oleh Google. Dengan demikian, semakin bagus analisis situs anda maka akan semakin tinggi nilainya di mata Google. Sehingga anda akan terhindar dari masalah situs di masa datang. Berikut langkah-langkah untuk menganalisa tautan:

1. Pergunakan Mozbar.

Mozbar merupakan toolbar yang bisa diinstal di browser anda. Dengan demikian anda bisa memeriksa otoritas domain dan otoritas halaman dari homepage/landingpage.

2. Lihat profil link situs

Anda dapat melihat profil situs menggunakan Moz Open Site Explorer, Majestic, Ahrefs, atau SEMrush. Dengan demikian anda dapat mengetahui apakah ada varian tipe dari link anda? Apakah ada spam? Apakah ada root domain yang mempunyai terlalu banyak link menuju ke sana? Periksalah segala sesuatu yang terlihat aneh menurut anda. Apakah anda melihat terlalu banyak tautan datang dari domain luar negeri, situs judi, situs tidak jelas, dan sebagainya? Jika anda melihat terlalu banyak tautan bersifat spam, hati-hati! Kemungkinan situs anda kena hack. Untuk memeriksanya bisa mempergunakan Is My Website Penalized.

3. Pastikan tidak ada hukuman manual

Melalui webmaster tool, anda bisa memeriksa bahwa situs anda aman dan tidak kena hukum. Silakan masuk ke webmaster tool dan masuk ke search traffic, manual action untuk memastikan bahwa situs anda aman.

4. Lihat di Google Analytics

Silakan cek melalui Google Analytics apakah situs anda kena hukum oleh algoritma Google. Ini bisa dilihat melalui lalu lintas trafik yang didapatkan oleh situs. Jika trafiknya jauh menurun dalam waktu singkat, ada kemungkinan anda kena penalti.

Bagian 7. Analisa Kompetitor

Dengan menganalisa kompetisi yang anda hadapi sangat penting. Dengan demikian anda bisa memperbaiki strategi pemasaran anda jika strategi yang dilaksanakan sekarang tidak mempan. Saran berikut ini hanyalah berupa gambaran besarnya saja, karena masih banyak pilihan khusus lainnya yang bisa anda lakukan untuk dapat bersaing dengan kompetitor.

Untuk langkah awal, berikut analisis sebagai dasar anda untuk melangkah agar bisa menyaingin kompetitor.

1. Pilih 10 kompetitor berdasarkan kata kunci anda.

2. Identifikasi backlink yang dibuat oleh kompetitor anda di profil mereka dan carilah cara bagaimana anda bisa memanfaatkannya.

3. Ketahuilah citation mana saja yang mereka punyai dan tidak mereka punya.

4. Tentukan berapa target review yang diperlukan agar bisa masuk ke SERP.

1. Identifikasi Kompetitor

Caranya sangat gampang, coba variasikan target kata kunci anda di Google pencarian lantas lihat siapa saja yang muncul secara konsisten atau sering muncul. Catat!

2. Identifikasi Backlinknya

Kita sudah tahu bahwa salah satu komponen utama dari algoritma perankingan Google berdasarkan backlink dari situs lain. Backlink tersebut tidak perlu banyak, tetapi berasal dari situs yang relevan dan mempunyai otoritas tinggi. Dalam kasus SEO lokal, backlink sangat penting.

Berikut pertanyaan yang harus anda jawab:

a. Berapa banyak backlink dari situs lain yang dipunyai oleh kompetitor?

b. Seberapa kompetitif pasar yang anda masuki? Disini akan terlihat melalui tipe backlink yang dipunyai oleh kompetitor (apakah link spam, link dari konten berkualitas tinggi, atau hanya link dari direktori bisnis saja?).

Berikut beberapa tool untuk mencek profil backlink, yaitu: SEMrush,  Moz Open Site Explorer, Majestic SEO, Ahrefs.

Anda dapat mempergunakan salah satunya atau semuanya sekaligus. Saran saya, adalah mempergunakan Moz. Catat semua temuan yang anda dapatkan termasuk DA, PA dan jumlah root domain, termasuk jumlah follow link.

3. Analisa Trafik Kompetitor

Untuk menganalisa trafik sebuah situs, bisa menggunakan SEMrush. Dengan tool ini, anda bisa melihat seluruh informasi sebuah situs. Beberapa hal yang perlu dipelajari adalah:

a. Berapa banyak trafik organic dalam beberapa tahun terakhir.

b. Keyword terbaik mereka

c. Berapa persentase dari total trafik yang mereka dapatkan dari masing-masing keyword tersebut.

Dari tiga hal diatas, bisa menjadi pedoman bagaimana strategi yang akan dijalankan dengan menggunakan kata kunci sama.

4. Analisis Citation Kompetitor

Untuk menganalisa citation mereka, anda tidak perlu memeriksa setiap citation yang telah mereka dapatkan. Beberapa bisa saja spam, tidak relevan dan sebab lainnya. Anda harus tahu, citation apa saja yang bisa membantu dan mana yang tidak perlu dihiraukan. Untuk menceknya, silakan pergunakan Brightlocal’s Citation Tracker. Dengan menggunakan ini, bisa menggunakan citation potensial dan juga mengetahui citation apa saja yang telah dipunyai oleh kompetitor. Selain Brightlocal, juga bisa menggunakan Yext.com atau Moz Local.

5. Analisa Review Kompetitor

Dengan melihat hasil penelusuran di google, dapat kita lihat bagaimana ulasan masyarakat terhadap kompetitor. Kunci untuk dapat bersaing di review ini adalah dengan selalu konsisten hingga akhir.

Penutup

Sebagai penutup, saya harap panduan ini dapat memberi anda bagaimana menemukan strategi terbaik bagi usaha anda, sehingga bisa sukses di dunia maya. Sebenarnya masih banyak lagi sumber lain yang bisa anda pergunakan dan tulisan ini bisa menjadi salah satu bagian dari sumber berkualitas yang bisa anda dapatkan, untuk itu saya sangat menghargai jika anda sampaikan pengalaman atau pengetahuan anda di kolom komentar. Semoga sukses.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda