Panduan Menghapus Spam dan Trafik Sampah di Google Analytics

Google Analitik merupakan tool paling penting supaya anda bisa mengerti trafik di situs dan dapat dijadikan pedoman bagaimana keputusan yang harus anda buat agar bisa naik trafiknya. Tetapi, apakah anda bisa mempercayai data tersebut?

Untuk menginstal Google Analitik sangat mudah, anda hanya perlu memasukkan kode dari tool tersebut ke situs. Namun, apakah itu cukup? Tentu saja tidak. Setelahnya, anda harus menerapkan pengukuran yang diperlukan agar bisa melacak dari mana saja trafik didapat. Apakah dari user sungguhan atau dari spam, bot dan sumber trafik lain. Trafik seperti ini akan menghabiskan data dan dapat mengarahkan anda ke keputusan salah.

Artikel ini akan memandu anda untuk menseting analitik sehingga data didapat akan akurat dan benar. Caranya dengan:

  1. Memblok seluruh spam, apapun bentuknya atau dari manapun juga (referral, kata kunci, laman) dengan efisien.
  2. Membuang seluruh spam.
  3. Menghentikan sumber lainnya dari trafik yang tidak sesuai.

Panduan ini di desain semudah mungkin, sehingga anda bisa melakukannya sendiri.

Memasang Analitik yang Akurat dan Terpercaya

Disini anda tidak hanya dipandu bagaimana menyingkirkan trafik abal-abal yang menghabiskan data, tetapi juga bagaimana caranya melakukannya dengan cara aman, seperti:

  1. Melindungi: Bagaimana mengkonfigurasikannya dengan benar agar data tersebut aman dari salah konfigurasi.
  2. Menghentikan: Bagaimana cara menyaring dan memblok: Ghost dan Crawler Spam, Bot, dan Trafik internal
  3. Membersihkan: bagaimana cara menghapus data spam.

1. Melindungi Data Dari Salah Seting

Tahapan ini sangat penting dilakukan agar data analitik anda bersih, dan juga untuk melindunginya dari salah seting. Jika anda telah melaksanakan tahap ini, berarti anda telah memiliki minimal 2 tampilan dan dengan satu data (tanpa filter), anda bisa mengabaikan tahap ini. Ada tiga tipe tampilan data, yaitu:

  1. Tampilan utama /tampilan untuk analisis – anda akan menggunakan tampilan data ini untuk menganalisa data anda. Anda bisa mengatur penyaringan, tujuan, segmen dan lain sebagainya (anda bisa mengaturnya lebih dari satu setingan).
  2. Tampilan Tidak Tersaring (dengan data mentah) – ini merupakan cadangan bagi anda, disamping itu bisa juga digunakan untuk memeriksa bagaimana hasil dari setingan penyaringan data.
  3. Pilihan: Test View – Jika anda ingin ekstra hati-hati anda bisa melakukan testing tampilan, dimana anda bisa mencoba untuk memfilter sebelum menerapkannya ke Tampilan utama.

Jika tampilan anda standar, disebut juga dengan “semua data situs web”, direkomendasikan untuk menggunakannya sebagai tampilan master dan buatlah cadangannya untuk tampilan tidak terfilter.

Cara membuat tampilan baru

1. Masuk ke tab admin, pada kolom ketiga klik setelan tampilan.

2. Rubah nama tampilan menjadi Utama (atau bisa anda rubah sesukanya), kemudian klik tombol simpan di bagian bawah.

3. Setelah berubah nama tampilannya, lantas klik salin tampilan.

4. Kemudian akan muncul pop up. Masukkan nama bagi tampilan baru tersebut (bisa anda buat dengan nama “data tidak terfilter” atau apapun sesuka anda). Klik Salin tampilan.

Catatan: Jika anda ingin menghapus salah satu tampilan, silakan masuk ke Setelan Tampilan, kemudian klik “pindahkan ke tong sampah” disebelah “salin tampilan”.

2. Menghentikan Spam dan Trafik Sampah Lainnya di Google Analitik

Setelah dipastikan data terlindung, waktunya untuk menutup trafik spam, tetapi sebelum itu berikut ini beberapa hal yang tidak boleh dilakukan.

Cara Salah Menangapi Spam

Jika telah melakukan beberapa kesalahan dibawah ini, segeralah lakukan perbaikan, seperti:

  1. Menghindari membuat filter pengecualian bagi tiap spammer. Langkah ini sungguh tidak efisien dan akan membuat kacau.
  2. Tidak menggunakan daftar pengecualian referral sebagai spam
  3. Tidak menggunakan layanan dukungan dari hosting untuk Ghost spam (seperti plugin WordPress, .htaccess, dan lain-lain).
  4. Tidak men-disavow tautan, karena beranggapan bahwa spam tidak akan merusak SEO atau ranking.

Cara Aman Membersihkan Analitik

Anda harus membuat tiga buah filter berikut dan satu buah fitur built-in, yaitu:

  1. Filter Ghost spam menggunakan Valid Hostnames (trafik dari : referral, organic, laman, kunjungan langsung).
  2. Filter Crawler spam menggunakan Campaign Source.
  3. Aktifkan fitur Bot Filtering (untuk memfilter bot).
  4. Filter trafik internet, yaitu seluruh IP yang anda dan tim anda gunakan.

a. Filter Ghost spam

Ghost spam adalah spam paling agresif dan namanya terus berubah-ubah. Salah satu karakteristiknya dia tidak pernah mengunjungi situs anda. Spam jenis ini bukan juga bot. Dia menggunakan protocol terukur untuk menghantam Google Analitic. Protokol ini memberikan akses bagi developer untuk mengirimkan data langsung ke server Google Analitik. Spammer menggunakan fungsi ini untuk keuntungannya sendiri dan menghantam property analitik secara random dan meninggalkan referral, kata kunci atau laman palsu.

Kuncinya adalah sejak spammer tidak mengenal hostname (website), dia menggunakan website palsu. Itulah sebabnya anda harus membuat filter untuk hostname palsu ini. Cara ini, selain sangat efektif untuk melawan ghost spam, juga akan membantu menyisihkan sumber trafik tidak relefan lainnya seperti hostname test dan dev.

Cara Menemukan Hostname Anda

Anda dapat menemukan sebuah daftar dari seluruh hostname di Google Analitic:

1. Masuk ke bagian Pelaporan dan pilihlah jangka waktu tertentu (sebaiknya dipilih tahunan). Jika umur situs anda belum cukup satu tahun, silakan pilih bulanan.

2. Di bar sebelah kiri, pilih Pemirsa.

3. Klik Teknologi dan Pilih Jaringan

4. Di bagian atas laporan (nomor 3), pilih Hostname.

5. Setelah anda masuk, akan terlihatlah laporan dengan seluruh hostname (baik yang asli maupun palsu).

Biasanya akan terdapat minimal satu hostname yang valid, yaitu domain anda. Hostname lainnya akan tergantung dari konfigurasi situs dan layanan lainnya yang anda tambahkan pada kode pelacakan (UA-000000-1).

Buatlah daftar dari seluruh hostname valid. Anda bisa mengabaikan hostname lainnya walaupun itu bukan spam, tetapi menghasilkan trafik tidak relevan. Hostname invalid biasanya hostname yang tidak anda kenal, seperti:

  1. Hostname dengan URL menuju ke situs spam.
  2. Halaman terkenal seperti google.com atau amazon.com (spammers menggunakan nama terkenal seperti ini untuk mengecoh anda).
  3. (not set) – Hostname paling banyak biasanya seperti ini. Hostname ini ada ketika spammer tidak mau bersusah payah untuk menset hostname sewaktu mengirim spam.

Gambar berikut adalah salah satu contoh dari laporan hostname. Milik anda mungkin lebih kompleks.

Warna hijau: valid hostname     merah : spam

Dari laporan di atas kita telah memperoleh valid hostname (untuk diingat bahwa kita sedang mencari valid hostname yang valid untuk disertakan bukan mengeluarkannya. Hostname valid tabel di atas adalah:

www.suhardimunir.web.id

translate.service.com

www.videoservice.com

www.suhardimunir.web.id.googleweblight.com

suhardimunir.web.id

webchache.service.com

mail-list-manage.com

(catatan: yang ganti yang kena coret)

Cara Membuat Filter Hostname

Setelah didapat valid hostname, sekarang membuat Regular Expression yang cocok dengan data diatas, yaitu sebuah REGEX. (bisa menggunakan http://regexr.com/ atau https://regex101.com/ ).

Sewaktu mempergunakan regex, sangat penting sekali untuk menambahkan seluruh hostname yang relevan atau jika salah maka anda akan kehilangan data.

Jika data sudah benar, sekarang waktunya untuk membuat filternya.

  1. Masuk ke tab Admin, pilih tampilan mana yang akan dipakai untuk difilter. Jika anda telah mengikuti petunjuk diatas, silakan anda terapkan pada tampilan yang telah dibuat tadi.
  2. Pilih Filter pada kolom tampilan
  3. Pilih Tambahkan Filter
  4. Beri nama pada Nama Filter (disini saya beri nama Valid Hostname)
  5. Jenis filternya dipilih Khusus
  6. Klik Sertakan
  7. Di Bidang Filter, anda pilih Hostname
  8. Pada Pola Filter isikan Regular Expression (Regex) tadi.
  9. Lantas klik verifikasi filter ini. Dengan mengklik verifikasi filter, anda akan memperoleh informasi sekilas bagaimana filter tersebut bekerja. Hasilnya nanti akan tampil hostname yang tidak relevan atau spam. Artinya, hostname yang valid atau benar tadi sudah disaring oleh Google Analytics.

Penting diingat: filter ini akan menghentikan hampir seluruh spam dan tidak memerlukan penanganan khusus, tetapi harus selalu di perbaiki expressionnya ketika anda menambahkan ID baru ke layanan atau domain.

b. Membuang Perayapan Spam Referral

Spam jenis ini lebih susah dideteksi karena dia menggunakan valid hostname. Oleh karenanya anda perlu membuat sebuah filter berbeda dengan sebuah ekspresi yang cocok dengan seluruh spam perayapan. Untuk mempersingkat waktu disertakan sebuah Regex teroptimisasi untuk spam perayap. Namun, jika anda punya waktu, silakan buat sendiri regex  seperti membuat expression untuk valid hostname.

Untuk membuat filter spam perayap, yaitu:

  1. Masuk ke tab Admin
  2. Dibawah kolom tampilan, pilih Filter
  3. Klik Tambahkan Filter
  4. Buatlah nama khusus untuk filter ini.
  5. Buatlah setingannya dengan tipe : khusus, bidang filter : sumber kampanye, Pola filter : masukkan expression spam (bisa digunakan expression dibawah ini, sebagai langkah awal).

Buatlah 1 filter untuk tiap expression

# Expression 1

(best|dollar|success|top1)\-seo|(videos|buttons)\-for|anticrawler|^scripted\.|\-gratis|semalt|forum69|7make|sharebutton|ranksonic|sitevaluation|dailyrank|vitaly|profit\.xyz|rankings\-|dbutton|\-crew|uptime(bot|check|\.com)

# Expression 2

responsive\-test|torrent\-to|magnet\-to|dogsrun|tkpass|free\-video|keywords\-monitoring|pr\-cy\.ru|fix\-website

Jika ada muncul pesan mengatakan bahwa filter tersebut tidak akan mengubah data anda, artinya mungkin konfigurasi filternya salah atau datanya terlalu sedikit.

Kemudian klik Save.

Sebagai catatan, anda mungkin menemukan referral lain yang mungkin tidak menjadi spam, tetapi tidak relevan, seperti situs berfungsi mentes situs atau kuki. Anda dapat menambahkan filter kedua dengan konfigurasi yang sama dengan menambahkan referral tidak relevan tadi. Biasanya filter ini akan diterapkan dalam beberapa menit saja, tetapi secara resminya dikatakan bahwa akan butuh waktu selama 24 jam.

Menyaring Bots dan Spider

Ada banyak perayap mesin pencari, dimana mereka berfungsi untuk mengindeks situs sehingga para penggunanya bisa menemukannya. Walaupun trafik berasal dari perayap ini tidak akan merusak situs, tetapi akan merusak data Google Analitycs sewaktu mereka merayapi situs anda. Data seperti ini tidak ada gunanya karena itu perlu dikeluarkan dari laporan Google Analytics.

Google telah mempermudah anda untuk melakukannya, cukup ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pada tab Admin pilih salah satu tampilan pada kolom ketiga.
  2. Klik Setelan Tampilan.
  3. Pada Pemfilteran Bot, beri ceklis Kecualikan semua klik dari bot dan spider yang dikenal
  4. Klik Simpan

Dengan mengklik pilihan ini akan mengeluarkan seluruh kunjungan yang berasal dari bot dan spider yang dikenali dan terdaftar dalam IAB.

Menyaring Trafik Internal

Selain spam, trafik internal merupakan salah satu penyebab utama dari kesalahan data. Trafik internal adalah trafik berasal dari anda atau tim anda sewaktu mengakses situs. Untuk membuat filternya dari IP anda:

  1. Pilih Filter pada tab Admin
  2. Tambahkan Filter
  3. pada Jenis Filter klik Khusus
  4. Pastikan anda mengklik Kecualikan dan pilih Alamat IP
  5. Untuk mengetahui alamat IP komputer anda, silakan kunjungi situs Google dan dapatkan alamat IP anda.
  6. Setelah didapat alamat IP, pastekan ke kotak Pola Filter. Ingat, Filter Khusus harus menggunakan Regular Expression. Untuk itu, anda harus merenovasi sedikit IP tersebut. Misal, IP nya adalah 23.123.321.43, maka expressionnya harus menjadi 23\.123\.321\.43

Kalau situsnya dikelola oleh beberapa orang dengan beberapa computer (bisa jadi beda letak geografis), tidak perlu membuat beberapa filter, cukup tambahkan tanda pemisah antara masing-masing IP tersebut.

23\.123\.321\.43|34\.565\.987\.33

Setelah semuanya terset dengan benar, langkah terakhir klik Simpan. Untuk memeriksa apakah filternya telah diterapkan dengan benar, silakan lakukan lakukan pemeriksaan dengan cara:

  1. Klik Pelaporan
  2. Klik Waktu Nyata
  3. Klik Ikhtisar

Jika filternya telah aktif, maka sewaktu anda mengunjungi situs, alamat IP anda tidak akan terdeteksi. Tetapi jika masih terdeteksi, artinya anda harus menunggu sekitar 24 jam untuk aktivasi.

Membersihkan Spam Di Data Laporan

Seperti telah disampaikan diatas, spam yang telah terdaftar di Analytics tidak bisa dihapus secara permanen. Oleh karenanya anda harus membuat filternya terlebih dahulu agar trafik sampah ini tidak datang lagi. Bagaimanapun anda masih bisa membersihkan data yang ada trafik sampahnya itu menggunakan expression valid hostname tadi dan segmen tingkat lanjut.

Cara membuat segmen terpilih untuk membuang spam

1. Langkah pertama, pergi ke bagian Pelaporan di Google Analytics.

2. Pada bagian atas laporan, klik Tambahkan Segmen

3. Pilih Segmen Baru

4. Pilih Ketentuan di bawah Lanjutan

5. Konfigurasikan seperti gambar di bawah.

Untuk perayap bisa digunakan Expression dibawah ini sebagai awal.

# Expression 1

(best|dollar|success|top1)\-seo|(videos|buttons)\-for|anticrawler|^scripted\.|\-gratis|semalt|forum69|7make|sharebutton|ranksonic|sitevaluation|dailyrank|vitaly|profit\.xyz|rankings\-|dbutton|\-crew|uptime(bot|check|\.com)

# Expression 2

responsive\-test|torrent\-to|magnet\-to|dogsrun|tkpass|free\-video|keywords\-monitoring|pr\-cy\.ru|fix\-website

6. Beri nama bagi segmen ini. Terakhir klik Simpan.

Setelah tersimpan, anda akan bisa melihat laporan Google Analytics akan bersih dari spam yang berasal dari segmen tadi.

Sebagai tambahan, berikut merupakan daftar spam. Daftar ini mungkin tidak up to date, sehingga perlu perbaikan di masa mendatang.

forum.topic123456.ilovevitaly.xyz

share buttons sharebutton.org

eu cookie law eu-cookie-law.info

share buttons www.get-free-social-traffic.com

law-enforcement-check-**.xyz

free-social-buttons-**.xyz

slow-website.xyz

site-auditor.online

law-enforcement-bot-**.xyz

fix-website-errors.com

social-buttons-**.xyz

law-enforcement-**.xyz

cookie-law-enforcement-**.xyz

ghostvisitor.com

magicdiet.gq

burn-fat.ga

monetizationking.net

eu-cookie-law-enforcement*.xyz

keywords-monitoring-your-success.com

free-video-tool.com

rank-checker.online

maps.ilovevitaly.com

Silakan sampaikan komentar Anda