Panduan Laporan Tampilan Ikhtisar Pemirsa

Beginner 2.2

Rentang Waktu

Bagian terpenting dari seluruh laporan adalah rentang waktu. Dengan menentukan rentang waktunya, anda bisa menentukan periode waktu yang ingin dianalisa datanya. Klik rentang waktu untuk membuka pemilih rentang tanggal.

Pemilih Rentang Tanggal

Tombol ini membuka kalender di bagian kiri dimana anda bisa memilih sebuah rentang tanggal. Ketika anda menukar data tanggal, ini akan berpengaruh kepada seluruh laporan pada view. Jadi, anda bisa menukar antar laporan tanpa harus menyesuaikan data tanggal tiap menukar laporan tersebut.

Anda bisa memilih rentang tanggalnya seperti minggu lalu, bulan lalu, atau 30 hari terakhir. Tetapi anda juga bisa mengaturnya pada tanggal tertentu dengan mengklik di awal tanggal dan di akhir tanggal dan memilih tanggal kalendernya. Jika anda ingin memilih pada bulan tertentu, klik saja nama bulan di kalender di bagian kiri.

Perbandingan Antar Rentang Tanggal

Anda juga bisa membandingkan data dari dua rentang tanggal berbeda dengan mengklik “Compare to” dan menambahkan di rentang tanggal yang ingin dibandingkan. Dengan demikian anda akan melihat bagaimana bisnis anda berkembang dari waktu ke waktu.

Pemilih Segmen

Pada bagian atas laporan, terdapat pemilih segmen. Segmen adalah cara untuk melihat pada tanggal tertentu dan membandingkan metriknya. Untuk pembahasan lebih lanjut akan dibahas pada tingkat lanjut nantinya. Untuk sekarang, perhatikan segmen standar, termasuk seluruh pengguna yang mengunjungi situs anda yang diberikan dalam rentang tanggal.

Grafik Garis

Di bawah pemilih segmen terdapat metrik berbeda dari laporan ikhtisar pemirsa yang ditampilkan dalam bentuk lain. Paling menyolok adalah grafik garis yang secara standar menunjukkan sebuah titik data untuk jumlah pengguna tiap hari berdasarkan rentang tanggal yang telah ditentukan sebelumnya.

Pemilih Durasi

Jika anda ingin melihat data ini lebih khusus, anda dapat merubah titik data berdasarkan per jam, per minggu atau per bulan. Ini akan lebih berguna ketika melihat data dalam jumlah besar. Jika anda melihat data harian, viewnya akan di standarkan per jam.

Pemilih Metrik

Anda dapat merubah metrik yang ditunjukkan dari pengguna ke metrik berbeda dengan memilih menu drop down di bawah tab Overview. Analytics akan membandingkannya ke metrik kedua berdasarkan periode waktu yang sama dengan mengklik “Select a metric”.

Grafik Anotator

Perhatikan panah kecil pada bagian bawah grafik garis. Jika tanda panah tersebut di klik akan menganotasi grafik dengan catatan bantuan untuk menambah konteks bisnis terhadap data anda. Setelah anda menambahkan sebuah anotasi, sebuah indikator kecil akan muncul di grafik yang dapat dilihat oleh pengguna lain yang memiliki akses terhadap view. Dengan mengklik beberapa metrik dibawah akan menampilkan poin data bagi metrik ini pada grafik garis diatasnya.

Metrik

Ada beberapa metrik berguna di bawah grafik garis, yaitu:

  • “Session” adalah jumlah total dari sebuah sesi berdasarkan rentang tanggal tertentu.
  • “Users” adalah jumlah total dari pengguna yang telah mengunjungi situs berdasarkan rentang waktu tertentu.
  • “Pageviews” adalah jumlah waktu halaman tampil, termasuk kode pelacakan Analytics yang ditampilkan oleh pengguna. Ini termasuk tampilan berulang dari sebuah halaman oleh pengguna yang sama.
  • “Pages per session” adalah jumlah rata-rata tampilan halaman selama tiap sesi. Ini juga termasuk tampilan berulang dari sebuah halaman tunggal.
  • “Average session duration” adalah rata-rata lamanya waktu dari sebuah sesi berdasarkan kunjungan pengguna di situs dalam rentang tanggal tertentu.
  • “Bounce rate” adalah persentase pengguna yang pergi setelah melihat satu halaman saja di situs anda dan tidak ada tindakan lain atau mengunjungi halaman lain.
  • “Percent of new sessions” adalah persentase sesi di rentang tanggal untuk pengguna atau pengunjung baru situs.

Pengunjung Baru vs. Pengunjung Berulang

Di bagian kanan metrik adalah grafik lingkaran yang mengilustrasikan persentase dari pengunjung baru atau pengunjung berulang di situs.

Dimensi dan Metrik

Dengan mengklik dimensi pada bagian kiri bawah laporan, disana anda akan melihat 10 dimensi teratas dan metrik di tiap kategori.

Dimensi Bahasa

Dimensi awal yang dipilih pada laporan tampilan pemirsa adalah “bahasa”. Ketika bahasa di pilih, dapat terlihat daftar di sebelah kanan berisi 10 bahasa dan sesinya masing-masing. Anda bisa juga melihat 10 metrik teratas dari negara dan kota.

Untuk melihat metrik teknologi apa yang dipergunakan pengunjung sewaktu mengunjungi situs anda, bisa dengan mengklik Browser, Sistem Operasi dan Service Provider.

 

Sumber:

Demo : https://analytics.google.com/analytics/academy/course/6/unit/2/lesson/2

Teks : https://support.google.com/analytics/answer/6382999

 

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda