Panduan Adsense: Keterlibatan Pembaca

61% pengguna akan pindah ke situs lain jika mereka tidak menemukan apa yang mereka cari. Hal ini disebabkan karena informasi sangat mudah didapatkan hanya dengan satu klik dan informasi tersebut bisa diakses dari manapun dengan perangkat apapun dan dari website manapun. Bagi anda pemilik situs, mempunyai blog yang terlihat menarik merupakan hal lebih menantang dan lebih penting dari hal lainnya.

Pertanyaannya adalah bagaimana anda bisa menarik oleh pengguna sehingga mereka mau kembali berkunjung ke situs anda kembali? Sayangnya, untuk saat ini tidak ada cara pasti. Bagaimanapun, dengan menghasilkan konten unik dan menyenangkan para pengguna dengan adanya rasa nyaman mengunjungi situs merupakan langkah tepat agar mereka mau kembali ke blog anda. Oleh karena itu, saatnya sekarang anda harus merubah mindset dari menjual produk ke membangun pertemanan.

Konten berkualitas merupakan hal paling penting guna membangun hubungan dengan audien anda dan menciptakan interaksi positif. Dalam tulisan ini, kita akan membahas beberapa tindakan yang bisa anda lakukan sekarang untuk menciptakan hubungan antara anda dengan pengguna anda melalui konten yang anda ciptakan.

Disini saya akan membahas tentang :

  1. bagaimana cara membantu pembaca anda untuk menjadi lebih familiar dengan merek atau blo,
  2. mendesain blog agar pelanggan nyaman ke situs,
  3. bagaimana membangun sebuah konten yang terhubung dengan audien,
  4. cara membuat konten anda mudah dipahami, dan
  5. kenapa anda harus berbagi dengan blog sejenis dengan cara mereferensikan situs lain.

Bantu Audien Agar Terbiasa Dengan Brand Anda

60% dari pelanggan mengharapkan pengalaman berkunjung yang sama dari sebuah brand ketika mereka berinteraksi melalui online, kunjungan langsung maupun menghubungi lewat telpon. Untuk itu, buatlah konten anda berbeda dengan konten competitor sehingga bisa menarik pengunjung untuk menyukai blog anda. Salah satu caranya adalah dengan selalu konsisten “hadir” di tengah-tengah fan anda melalui berbagai cara.

a. Tetapkan Cara Anda

Untuk itu, anda harus mempunyai ciri khas sehingga terlihat beda dengan produk atau blog lainnya. Tidak peduli apakah anda menulis dengan gaya kasual atau langsung ke pokok masalah tanpa basa-basi ataupun dengan berbagai macam data hasil analisa. Yang penting anda harus selalu konsisten dengan gaya tulisan anda.

b. Konsisten

Dengan selalu konsisten terhadap gaya tulisan tersebut, sehingga para pengunjung akan familiar dengan blog atau brand dan mengetahui apa yang bisa mereka harapkan ketika mereka mengunjungi situs atau media sosial lain yang anda pergunakan untuk mempromosikan brand anda.

c. Memenuhi Keinginan Pelanggan

Selain konsisten dengan gaya tulisan tadi, anda juga harus memastikan bahwa pengunjung akan berfikir bahwa apa yang anda tulis pastilah hal penting dan relevan dengan keinginan mereka.
Pergunakan Google Analytics

Tiap pengguna mempunyai cara, ketertarikan dan kebutuhannya masing-masing. Diferensiasi ini penting ketika mereka menentukan apa yang akan dibaca, dimana tempat berbelanja dan apa yang akan dibagikan. Dengan mempelajari analitis situs bisa membantu anda dalam menentukan topik apa yang disukai oleh pelanggan dan topik mana yang kurang disukai.

Anda dapat mengatur Dashboard untuk menelusuri metric apa saja yang paling penting. Ini merupakan hal pertama ketika anda log in ke akun analytic dan bisa membantu untuk membuat keputusan dengan cepat.

Pergunakan Google Consumer Surveys

Dengan menggunakan Google Consumer Survey, anda bisa membuat survey buat situs anda agar memperoleh data dan statistic apa yang mereka fikirkan tentang blog atau produk anda, seberapa penting situs anda bagi mereka, dan bahkan warna apa yang paling cocok untuk desain web anda.

Desainlah Pengalaman Pengguna, Tidak Hanya Halaman Situs

Hanya 9% dari pengguna yang akan tetap berada di situs anda ketika menggunakan media bergerak jika mereka tidak menemukan apa yang mereka butuhkan (seperti mencari informasi). Saya telah menjelaskan bahwa konten unik dan berkualitas tinggi adalah kunci agar pengunjung berdatangan ke situs anda dan membagikan konten anda. Tetapi bagaimana dengan pengalaman pengguna?

Daripada mendesain tujuan halaman web bagi pengguna anda, cobalah mendesain bagi pengalaman mereka sewaktu berkunjung. Materi yang saling berkaitan dan desain situs yang terfokus terhadap pengguna akan menghadirkan hasil terbaik bagi audien dan bisnis anda.

a. Buatlah Catatan Kunjungan Pengguna

Membuat catatan kunjungan merupakan sebuah jalan keluar untuk menentukan bentuk kunjungan yang ingin anda menangkan. Ini akan meletakkan dasar untuk menerapkan pengalaman pengguna dan mendorong desain situs agar fokus terhadap arus bagaimana pembaca terlibat dengan konten anda.

91% dari pengguna smartphone anda mencari ide melalui smartphone mereka ketika mereka sedang diberi sebuah tugas. Buatlah catatan kunjungan agar anda bisa mengantisipasi kebutuhan pelanggan dan akan berguna untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Ujilah dan catat seluruh fase dari pengalaman pengguna terhadap brand anda dan perhatikan apakah mereka ingin menemukan inspirasi, mempelajari sesuatu dari tulisan anda, membuat statemen sosial, dan sebagainya. Kemudian tentukan format terbaik yang akan dibagikan di konten anda ketika anda temukan batasan dari tipe-tipe pengunjung yang beragam tersebut.

Sebagai contoh, apakah mereka hanya membaca tulisan anda sebagai perintang waktu semata, ingin membeli sesuatu atau apakah mereka ingin membandingkan produk anda dengan produk sejenis dari perusahaan lain? Dengan mengerti motif pengguna sebelum memulai membentuk desain web akan membantu anda membuat pengalaman mereka menjadi lebih bermakna yang bisa melayani seluruh tipe pengunjung sehingga mereka sangat menyukai untuk berlama-lama di situs anda.

b. Buatlah Semudah Mungkin Bagi Pengguna Untuk Mendapatkan Keinginan Pelanggan

Contoh: dapatkan perhatian pengguna dengan konten terbatas. Menggunakan bentuk konten yang eksklusif dan menyenangkan merupakan strategi paling berguna untuk memperoleh perhatian pengguna. Wawasan pengguna akan membantu anda agar lebih mengerti demografi audien dan akan menghasilkan konten yang lebih tertarget sehingga dapat memenuhi kebutuhan mereka. Bantu mereka agar mudah memperoleh konten yang mereka butuhkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 67% pengguna tidak akan mau berbelanja atau menjadi pembaca tetap jika syarat yang diminta terlalu banyak.

c. Buatlah Ajakan Bertindak Yang Jelas

Disini termasuk tombol “sign up” dengan tulisan tebal. Dengan tombol ini mereka akan langsung membawa pengunjung ke konten atau halaman tertentu.

Bangun Konten Yang Terhubung Dengan Audien

68% pengguna akan bersedia membagikan agar mereka memperoleh kesan tertentu dan apa yang mereka pedulikan.

Pengguna menginginkan pendekatan secara pribadi. Masuklah ke dalam fikiran dan hati mereka. Tempatkan diri anda sebagai pelayan. Apa yang mereka inginkan dan butuhkan dalam hal informasi yang relevan, ide, inspirasi dan kesenangan? Tulisan yang “membawa” emosi akan menyentuh mereka.

a. Buatlah konten yang membangkitkan emosi

Relevanlah dengan minat mereka karena orang akan membagikan konten yang mereka sukai.

Sesuaikan dengan keinginan mereka karena orang-orang akan bersedia membagikan konten anda jika sesuai dengan keinginannya.

Ceritakanlah sebuah cerita agar mereka selalu terhubung karena mereka akan lebih baik merespon terhadap cerita. Orang lebih suka membagikan cerita, tidak informasi.

b. Gunakan Pendekatan Berbeda Terhadap Strategi Konten Anda

Evergreen content:

Evergreen content adalah konten yang akan selalu relevan dimanapun dan kapanpun. Jika anda menceritakan sebuah kejadian atau tren di sebuah tempat, maka cerita anda bukanlah evergreen. Tetapi jika menyampaikan sebuah resep masakan (tentu saja tidak akan banyak berubah seiring dengan waktu) itu dinamakan dengan evergreen content. Konten seperti ini akan selalu dicari orang dan biasanya page viewnya akan selalu bertambah seiring waktu. Galilah konten lama yang bersifat evergreen ini dan bagikan kembali melalui media sosial.

Trending content:

Merupakan konten yang menceritakan sesuatu yang sedang tren di suatu waktu. Untuk melihat tren ini, bisa pergunakan Google Trends dan jika pengguna anda berasal dari luar negeri atau daerah yang tidak anda kenal, bisa digunakan Google Almanac untuk mengetahui hari hari libur atau hari besar untuk memberi anda topik tulisan di masa mendatang.

In-depth content:

Seperti diketahui bersama bahwa biasanya orang pergi ke Google untuk mencari jawaban secara cepat dan ringkas, tetapi ada 10% pengguna membutuhkan data lebih mendalam. Untuk menganalisa hal ini, bisa mempergunakan tool Webmaster Console agar anda lebih mengerti konten di situs anda dan meningkatkan keterlihatan di hasil pencarian.

Buatlah Tulisan Yang Mudah Dimengerti

Dengan menceritakan sebuah cerita dapat melibatkan audien anda. Inilah yang dicari oleh para pengguna, tentunya dengan cara seunik mungkin dan sekreatif mungkin. Terkadang cerita tersebut bisa melampaui kata-kata dan menggunakan media. Sebagai pemilik blog, carilah caranya agar pemirsa anda mudah memahami konten tersebut. Berikut beberapa alternatifnya.

a. Daftar Perusahaan, Infographik, Gambar, GIF dan video

Bentuk visual dan bentuk media online lainnya akan secara langsung menarik perhatian pemirsa anda menuju pesan yang ingin disampaikan. Dengan demikian akan menarik mereka untuk terasa terlibat dan membagikannya melalui media sosial. Situs yang menyertakan video rata-rata akan menambah kunjungan pemirsa anda selama 2 menit dibandingkan situs yang tidak menyertakan video didalamnya.

b. Selingi Konten Dengan Gambar

Konten yang panjang akan lebih baik jika diselingi dengan gambar seperti grafik.

c. Sertakan bukti sosial ke konten anda

Gabungkan beberapa kutipan yang bisa dibagikan melalui media sosial di dalam konten untuk memperlihatkan social proof positif. Social proof ini bisa didapatkan melalui tampilan visual dari informasi yang diberikan untuk mempengaruhi keputusan pengguna.

Contoh adalah:

1) tombol like, love, dan lainnya

2) Tampilkan jumlah “like” yang telah didapat di tiap halaman

3) Buat semudah mungkin konten tersebut disebarkan

4) Tampilkan jumlah konten telah dibagikan

5. Testimoni, badge, jumlah subscribe, rating dan review.

Referensikan Sumber Bacaan Lain

80% konsumen mengatakan bahwa konten otentik merupakan faktor paling berpengaruh ketika mereka memutuskan akan menjadi follower dari sebuah brand atau situs.

Dengan selalu menulis tulisan yang fresh tidak mengharuskan anda untuk ahli dibidang tersebut. Anda bisa meningkatkan kredibilitas situs dengan menyebutkan sumber bacaan yang menjadi referensi anda dalam menulis tulisan tersebut. Dengan demikian akan meningkatkan kekuatan konten dan dapat memperoleh kesukaan dan perhatian dari seluruh anggota komunitas.

a. Beri Kredit Ke Pemilik Konten Original

Jika anda membagikan konten atau cerita orang lain, alangkah sangat bijak jika anda buat tautan ke konten si pemilik cerita. Dengan demikian anda telah membuat sebuah backlink atau inblund link, dan ketika pemilik konten asli mengetahuinya, mereka akan sangat berterima kasih sekali.

b. Hasilkan Link Buat Konten Anda

Agar selalu diingat, pemilik situs lain dan pengguna media sosial sangat suka sekali membagikan ulang postingan yang relevan dengan audien mereka. Ketika anda menulis konten yang bagus, dengan demikian anda telah meningkatkan kemungkinan situs lain untuk mencantumkan link ke situs anda. Inbound link ini merupakan sinyal positif bagi mesin pencari dan akan meningkatkan kualitas situs secara keseluruhan.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda