Metodologi Inbound Marketing

Cara inbound marketing merupakan cara terbaik untuk menjadikan pengunjung situs menjadi pelanggan dan agen promosi bagi sebuah bisnis. Metodologi inbound marketing sangat berbeda sekali, dimana anda tidak terlalu membutuhkan terlalu banyak promosi sehingga akan dapat menekan biaya pemasaran semaksimal mungkin.

Metodologi Inbound Marketing Di Jaman Digital

Sejak tahun 2006, pemasaran secara inbound marketing telah menjadi metode pemasaran paling efektif untuk bisnis dilakukan secara online. Dibandingkan cara metode outbound marketing dengan membayar iklan, membeli email list dan cara lama lainnya, maka inbound marketing lebih fokus terhadap membuat konten berkualitas yang dapat menggiring orang untuk melirik perusahaan dan produk secara lebih natural. Dengan mengatur konten yang dipublikasikan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, secara natural anda telah menghadirkan inbound trafik yang bisa dirubah menjadi penjualan.

Pengertian Inbound Marketing

Inbound marketing adalah tentang menggunakan pemasaran untuk menjaring konsumen potensial, bukan untuk menarik perhatian mereka. Inbound marketing adalah tentang membuat dan berbagi konten dengan dunia luas. Dengan membuat konten secara spesifik di desain untuk menarik perhatian konsumen, dan inbound akan memikat prospek potensial di bidang usaha dan membuat mereka menjadi pelanggan tetap perusahaan.

Topik Utama

 Pembuatan Konten Plus Pendistribusian

Buatlah konten tertarget yang dapat menjawab pertanyaan dan kebutuhan calon pelanggan kemudian bagikan tulisan tadi seluas mungkin.

Pemasaran Berkelanjutan

Orang yang mempromosikan tidak hanya terdiri dari kalangan terbatas, mereka bisa saja dari orang yang tidak dikenal, pengunjung situs, dan bahkan bisa jadi para pelanggan pun bisa mempromosikan barang perusahaan. Beberapa tindakan dan alat tertentu bisa merubah orang yang tidak dikenal ini menjadi agen promosi handal terhadap perusahaan.

Ciri Khas

Rangkai konten semenarik dan sebagus mungkin sehingga mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Ini dapat dilakukan dengan mempalajari tindak mereka di situs seiring dengan berlalunya waktu sehingga nantinya anda dapat membentuk sebuah ciri khas terhadap barang yang mereka inginkan.

Menggunakan Berbagai Canel

Inbound marketing pada hakikatnya harus menggunakan berbagai canel seperti media sosial, media berbagi video dan sebagainya karena secara natural dia harus bisa meraih calon pelanggan mereka dimana mereka berada. Di canel-canel inilah mereka akan bisa berinteraksi dengan anda.

Terintegrasi

Membuat tulisan, mempublikasikannya dan alat analitis merupakana satu kesatuan untuk menganalisa dan memfokuskan materi konten agar bisa berada di tempat yang tepat dan di saat yang pas.

Waktu Mempublikasikan

Dengan mempublikasikan sebuah konten di tempat yang tepat dan saat yang pas, akan menjadikan pemasaran yang sedang dilakukan akan menjadi relefan dan berharga di mata konsumen tanpa ada keraguan sedikitpun.

Empat Langkah Inbound Marketing

  1. Menarik

Tujuan dari sebuah situs tidak hanya memperoleh trafik pengunjung saja, tetapi trafik yang tepat. Anda tentu menginginkan trafik yang datang tersebut adalah dari orang yang ingin bertransaksi dan tujuan akhirnya adalah memperoleh pelanggan, tepatnya pelanggan yang puas dengan layanan perusahaan. Untuk mendapatkan pelanggan yang puas ini dapat diperoleh dengan cara ‘buyer persona’. Buyer persona adalah segala sesuatu yang sangat disukai oleh pelanggan. Dengan persona akan mengarahkan calon pelanggan ke tujuan umum produk dan layanan, seperti informasi khusus dan letak perusahaan yang disebarkan ke seluruh tipe pelanggan. Persona anda adalah orang-orang yang berada di sekitar perusahaan, baik di dalam (seperti karyawan) dan di luar (pelanggan dan follower).

Beberapa cara untuk menarik perhatian calon pelanggan secara umum adalah:

Blogging. Inbound marketing dimulai dengan membangun sebuah blog. Sebuah blog adalah salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian pengunjung baru ke situs anda. Untuk memperoleh calon pelanggan yang tepat, anda harus membuat konten berkualitas dan mengedukasi mereka untuk menjawab pertanyaan atau kesulitan yang sedang mereka hadapi.

SEO. Proses pembelian dilakukan pertama kali oleh pelanggan adalah melalui melakukan pencarian secara online di internet, biasanya menggunakan sebuah mesin pencari untuk menemukan pertanyaan atau menjawab kesulitan yang sedang mereka hadapi. Makanya, anda harus memastikan agar situs atau blog anda dapat mereka temukan. Untuk melakukan hal ini, anda harus secara hati-hati memilih kata kunci yang tepat untuk blog, mengoptimisasi halaman situs, membuat konten, dan membangun jaringan agar dapat ditemukan di internet.

Halaman. Halaman website adalah halaman depan dari blog. Ibarat sebuah kantor, dia adalah tempat mereka akan dilayani. Untuk itu halaman depan ini harus menampilkan tampilan terbaik. Anda harus mengoptimalkan tampilan website untuk menarik calon pelanggan dan mereka harus merasa nyaman berada di sana.

Publikasi Sosial. Strategi inbound marketing adalah tentang konten yang luar biasa dan dengan mempublikasikannya melalui berbagai media sosial akan dapat membantu anda untuk menyebarkan informasi tadi, berinteraksi dengan calon pelanggan dan mendekatkan diri dengan mereka.

  1. Konversi

Setelah mendapatkan perhatian dari calon pelanggan, langkah selanjutnya adalah menggiring para pengunjung tadi agar memperoleh cara menghubungi mereka. Paling kurang, anda harus dapat memperoleh alamat emailnya. Informasi cara menghubungi mereka ini sangat berharga bagi seluruh pemasaran melalui internet. Agar dapat mendapatkan alamat email tadi, anda bisa melakukannya dengan menawarkan sesuatu sebagai balasan dari informasi kontak mereka. Anda bisa menawarkan sebuah ebook, atau konten lain yang tidak anda terbitkan di website, dimana informasi tadi harus menarik dan bermanfaat bagi seluruh pengunjung.

Beberapa cara untuk memperoleh alamat email mereka adalah:

Formulir. Agar para pengunjung tadi bisa dibimbing untuk memberikan alamat email mereka, anda harus membuatkan sebuah formulir sehingga mereka mereka mengisi formulir tadi dan mensubmitkan informasi tadi. Optimisasilah formulir tadi agar proses pengisiannya semudah dan segampang mungkin.

Permintaan Bertindak. Permintaan bertindak adalah sebuah tombol atau tautan yang menggelitik mereka untuk mengklik tombol tersebut, seperti kata-kata ‘klik dan dapatkan ebook rahasia pemasaran paling efektif’. Silakan pergunakan kata-kata sendiri yang penting kata tersebut dapat membuat mereka penasaran sehingga memiliki keinginan untuk memperoleh apa yang ditawarkan tadi dengan mengklik tombol permintaan bertindak tadi.

Halaman Arahan. Ketika pengunjung mengklik tombol permintaan bertindak tadi, mereka lantas akan diarahkan ke sebuah halaman arahan atau landing page. Halaman arahan ini merupakan tempat dimana tawaran tadi akan dipenuhi, dan disanalah mereka akan mengisikan dan mensubmit informasi yang akan mereka berikan sehingga bagian penjualan dapat melakukan konversi dengan mereka. Ketika pengunjung mengisi formulir dalam halaman arahan ini pertama kali, pengunjung tersebut menjadi sebuah kontak.

Kontak. Terus amati bimbingan yang telah anda konversikan di sebuah database pemasaran secara terpusat. Dengan memiliki seluruh data ini di satu tempat bisa membantu anda untuk berinteraksi dengan mereka, bisa melalui email, halaman arahan, media sosial, atau media lainnya dan bagaimana untuk mengoptimalkan interaksi di masa mendatang agar lebih menarik, terasa dekat dan terkonversi menjadi pembelian secara efektif.

  1. Pembelian

Jika telah dilakukan dengan benar, artinya anda telah dijalur yang benar. Anda telah menarik pengunjung dan mengkonversinya dengan membimbing mereka, tetapi bagaimana caranya agar mereka menjadi pelanggan. Bagaimana cara efektif merubah mereka menjadi pelanggan? Ada beberapa tool yang bisa digunakan pada tahapan ini agar memastikan anda melakukan pembelian pada saat dan tempat paling tepat. Tool tersebut adalah:

CRM. Berguna untuk mengamati secara detail terhadap seluruh kontak, perusahaan dan deal pada jalur yang telah anda buat, dan akan memudahkan anda untuk selalu terhubung dengan prospek di waktu yang tepat. CRM merupakan kependekan dari Customer Relationship Management yaitu sebuah sistem yang memfasilitasi penjualan dengan memastikan anda telah memperoleh informasi yang benar supaya bisa berhubungan langsung dengan seluruh prospek tadi di seluruh canel.

Laporan Simpulan. Bagaimana anda mengetahui usaha pemasaran mana yang bisa membawa keuntungan paling banyak? Apakah tim penjualan telah secara efektif melakukan penjualan kepada pelanggan? Dengan mengintegrasikannya dengan sistem CRM akan memudahkan anda untuk menganalisa seberapa baik pemasaran anda dan tim penjualan secara bersamaan.

Email. Apa yang anda lakukan jika seorang pengunjung mengklik tombol call-to-action, mengisi formulir pada landing page atau mendownload materi yang anda bagikan secara gratis, tetapi tetap tidak menjadi pelanggan? Sebuah seri email berfokus pada kebergunaan, konten yang relefan bisa membangun kepercayaan dengan prospek tersebut dan membantu mereka untuk lebih siap membeli produk perusahaan.

Marketing Automation. Proses ini merupakan pemasaran melalui email dan menjaga calon pelanggan disesuaikan dengan kebutuhan dan siklus hidup dari masing-masing arahan. Sebagai contoh, jika seorang pengunjung mendownload sebuah PDF di masa lalu, anda mungkin akan mengirimkan topik yang sama terhadap mereka melalui email. Tetapi jika mereka tidak menjadi pengikut anda di Twitter atau media sosial lainnya dan telah mengunjungi beberapa halaman di situs anda, barangkali anda ingin merubah pesan yang ingin disampaikan untuk merefleksikan perbedaan kebutuhan mereka.

  1. Menyenangkan

Cara inbound merupakan segala upaya dilakukan untuk menyenangkan pelanggan melalui konten, apakah mereka hanya pengunjung, calon pelanggan atau pelanggan lama. Walaupun seseorang telah membayar anda bukan berarti anda bisa melupakan mereka begitu saja. Perusahaan menerapkan inbound marketing akan selalu berusaha terus menerus berinteraksi, menyenangkan dan diharapkan bisa menjadi pelanggan tetap mereka sehingga pelanggan tersebut bisa mempromosikan kembali perusahaan dan produk yang mereka sukai.

Cara untuk mengetahui apakah mereka adalah pelanggan tetap atau tidak bisa dilakukan dengan cara:

Survey. Cara terbaik untuk mengetahui apa saja keinginan pelanggan adalah dengan menanyakan langsung kepada mereka. Pergunakan feedback dan survei secara berkala untuk memastikan produk anda adalah sesuatu yang mereka butuhkan.

Calls-to-action yang lebih smart. Beda pelanggan, beda masa tentu akan berbeda pula kebutuhan pelanggan.

Smart Text. Menyediakan pelanggan tetap anda dengan konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Dengan Smart Text dapat membantu mereka untuk mencapai keinginan perusahaan, seperti memperkenalkan produk dan fitur baru yang mungkin menarik minat mereka.

Social Monitoring. Selalu pantau seluruh percakapan paling berharga di media sosial. Dengarkan keinginan, pertanyaan, komentar, suka dan ketidak sukaan mereka sehingga bisa memberi ide untuk konten paling relevan bagi mereka di masa mendatang.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda