Menseting Dimensi Khusus

Advanced 2 3

Dimensi Khusus adalah salah satu setingan konfigurasi paling berguna dimana anda bisa mengumpulkan data tertentu untuk keperluan usaha. Toko Google Merchandise menggunakan dimensi khusus untuk membandingkan metrik kebiasaan pengguna pegawai Google terhadap konsumen eksternal.

Pendahuluan

Dimensi khusus sama saja dengan dimensi standar, perbedaannya terdapat pada anda dapat menentukan bagaimana bentuknya dan nilainya. Dengan demikian anda bisa mengumpulkan data tertentu khusus untuk tujuan perusahaan. Alat ini sangat bermanfaat karena dengan demikian laporan anda bisa lebih khusus sesuai dengan jenis perusahaan berdasarkan pengguna anda atau kebiasaan anda melalui data Google Analytics yang anda kumpulkan.

Anda mengumpulkan data untuk dimensi khusus ini menggunakan kode pelacakan JavaScript yang disematkan pada tiap halaman yang ingin dilacak. Ketika seorang pengunjung mengunjungi halaman tersebut atau melakukan suatu tindakan tertentu, Dimensi Khusus akan menangkap data tersebut dan mengirimkannya bersama parameter tambahan yang telah ditambahkan pada hit. Anda kemudian bisa menggunakan Dimensi Khusus ini pada laporan.

Contoh, Toko Google Merchandise bisa menggunakan Dimensi Khusus untuk menangkap apakah pengunjung situs mereka merupakan pelanggan retail atau dari karyawan mereka. Mereka menset sebuah URL khusus untuk karyawan untuk di klik agar bisa terdeteksi sebagai hit dari karyawan ketika mengunjungi situs mereka.

Setingan Dimensi Khusus

Untuk menyeting Dimensi Khusus, pergilah ke Admin, pilih Property dimana anda ingin dimensi ini diterapkan. Kemudian, klik “Custom Dimensions” dan kemudian “Custom Dimension”. Kemudian klik “New Custom Dimension”.

Kemudian anda harus memberikan nama untuk Dimensi Khusus ini dan kemudian tentukan jangkauannya. Perlu diingat bahwa dimensi bisa memiliki jangkauan berupa hit, produk, sesi atau pengguna. Semuanya itu berdasarkan seberapa besar anda ingin mengkelompokkan metrik data anda.

Sebagai contoh, jika anda ingin dimensinya termasuk tiap kali seorang pengguna mengunjungi halaman tertentu atau melakukan suatu kegiatan di situs, anda mungkin harus menset sebuah jangkauan pada level hit. Jika anda ingin dimensi tersebut mengelompokkan data berdasarkan sekelompok produk, anda akan menset jangkauannya berdasarkan level produk. Jika dimensi untuk melihat seberapa lama seorang pengguna dalam sebuah sesi atau pengguna, anda bisa menset jangkauannya berdasarkan sesi dan level pengguna.

Sama juga dengan dimensi dan metrik standar, Dimensi dan Metrik Khusus hanya bisa digabungkan dengan dimensi atau metrik dari jangkauan yang sama. Dikarenakan toko Google Merchandise ingin melacak apakah pengunjung situsnya adalah para pelanggan atau karyawan, maka Toko Google Merchandise akan menset jangkauannya sebagai “user”.

Jangan lupa untuk menceklis agar dimensi tersebut bisa aktif. Anda bisa menjadikan Dimensi Khusus ini tidak aktif kapan saja dengan menghilangkan ceklisnya. Seluruh data Dimensi Khusus yang telah dikumpulkan dan diproses akan muncul di laporan, tetapi tidak akan ada data yang dikumpulkan jikalau dimensi tersebut di non aktifkan. Untuk menyimpan setingan Dimensi Khusus, klik “Create”.

Waktu pertama kali membuat sebuah Dimensi Khusus, anda akan dibawa ke halaman dimana anda bisa mencopy dan mempastekan sebuah JavaScript ke situs anda. Setelah selesai mengkopi kode JavaScript tadi, silakan klik “Done”.

Anda akan dibawa ke layar overview dimana anda bisa lihat seluruh Dimensi Khusus yang telah diatur untuk properti tersebut. Perlu diingat, persis sama dengan Goal, Google Analytics menetapkan sebuah indeks (atau nomor slot) untuk seluruh Dimensi Khusus yang anda buat. Anda tidak bisa memilih nomor indeks nama yang telah ditetapkan, mereka akan otomatis ditetapkan sewaktu dibuat.

Setelah menyetel Dimensi Khusus, anda harus meletakkan kode pelacakan JavaScript yang telah anda kopi dari Analytics ke website agar bisa langsung bekerja untuk mengumpulkan data khusus tadi. Beda jenis usaha akan beda pula caranya, tergantung dari metode pengumpulan data dan apa yang ingin mereka ketahui. Google Tag Manager merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatur kode pelacakan Dimensi Khusus ini secara lebih mudah.

Toko Google Merchandise akan menggunakan JavaScript untuk melacak apakah karyawan mereka menggunakan tautan yang telah diberikan. Jika mereka menggunakannya, lantas kode tadi akan menyampaikan ke Analytics sebagai nilai karyawan ke kode pelacakan di Dimensi Khusus pada halaman tersebut. Jika seorang pengguna mengunjungi website tanpa menggunakan tautan tadi, kode pelacakan akan menyampaikannya sebagai pelanggan ke Dimensi Khusus.

Kode pelacakan Dimensi Khusus kemudian mengambil nilai-nilai ini dari kode JavaScript dan melampirkan data dimensi ini pada hit pageview sewaktu pengunjung pertama kali masuk ke halaman. “dimensions1” mengacu kepada nomor indeks dari Dimensi Khusus yang dibuat di Analytics. Variabel “UserStatus” merupakan apa yang disampaikan oleh kode khusus Javascript ke Dimensi Khusus agar digunakan pada laporan.

Ketika JavaScript khusus tadi mengumpulkan apakah pengguna datang dari tautan URL menawarkan diskon atau tidak, dia akan mengumpulkan variabel indeks dan nilai dengan status pengguna.

Sekali hit telah dikirimkan ke Google Analytics, Analytics akan memproses data itu ke sebuah Dimensi Khusus yang mungkin di aplikasikan ke laporan untuk membandingkan antara tindak tanduk pelanggan dan tindak tanduk karyawan.

Menggunakan Dimensi Khusus Pada Laporan

Anda dapat menggunakan Dimensi Khusus sebagai sebuah dimensi kedua pada laporan standar atau sebagai dimensi utama di Laporan Khusus (hal ini akan dibahas nanti). Sebagai contoh, jika toko Google Merchandise ingin melihat produk mana yang paling populer di kalangan karyawan dan pelanggan umum, kita bisa membuka laporan Performa Produk di bawa Conversion pada Ecommerce dan menambahkan setingan dimensi kedua pada “User Category”.

Anda tidak bisa menerapkan Dimensi Khusus ke data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Anda harus membuat Dimensi Khusus terlebih dahulu dan setelah diterapkan barulah dia bisa mengumpulkan data dan tampil di dalam laporan. Sekarang ini, pengguna Google Analytics standar bisa membuat hingga 20 buah Dimensi Khusus dan pengguna Analytics 360 bisa membuat hingga 200 buah. Kami akan melihat bagaimana menggunakan Dimensi Khusus di analisis anda sebentar lagi.

 

Sumber:

Video : https://analytics.google.com/analytics/academy/course/7/unit/2/lesson/3

Teks : https://support.google.com/analytics/answer/7165564

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda