Mengubah Data Menggunakan Aturan Konfigurasi

Advanced 1 3

Dengan aturan konfigurasi ini anda bisa mengumpulkan data yang ditentukan untuk bisnis atau data organisasi pada laporan Analytics. Konfigurasinya bisa dalam bentuk sederhana seperti mengumpulkan informasi tentang domisili dan kueri mesin pencari, atau konfigurasi yang lebih kompleks seperti mengumpulkan Dimensi Tertentu dan Metrik tertentu untuk bisnis anda.

Pada Google Analytics, anda bisa mengatur aturan konfigurasi data yang menentukan bagaimana data anda akan diproses. Ini termasuk menerapkan fitur-fitur seperti data filter, pengelompokan data, dimensi tertentu, metrik tertentu dan data terimpor yang bisa membantu anda agar lebih jelas dalam menganalisa data pada laporan.

Memfilter Data

Seperti telah dibahas pada Google Analytics untuk Pemula, anda bisa mengatur sebuah filter dalam sebuah view dengan memisahkan beberapa data, hanya memasukkan data tertentu, atau memodifikasi data selama proses pengumpulannya. Ini membantu anda untuk menjelaskan data yang akan dimunculkan pada laporan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Filter pada dasarnya adalah hukum yang akan ditetapkan pada Google Analytics terhadap data selama pemrosesannya. Jika tipe filternya adalah benar, Google Analytics akan menerapkan filter tersebut terhadap data. Jika tipe filternya adalah salah, Google Analytics tidak akan menggunakan filter tersebut.

Ada dua alasan menggunakan filter ini. Anda mungkin butuh untuk mengubah data yang muncul di view. Sebagai contoh, anda ingin memasukkan hanya data dari negara tertentu di sebuah view. Atau anda ingin mengeluarkan trafik dari pegawai dari laporan datanya.

Pemilihan filter yang akan diterapkan akan tergantung dari tujuan pengukuran. Oleh karenanya sangat penting untuk merencanakan secara matang data yang ingin dikumpulkan sebelum membuat filter. Kita akan membahas filter lebih detil di pembahasan mendatang.

Tujuan

Ada empat tipe tujuan di Google Analytics.

  • Tujuan destinasi (atau Pageview) merupakan tujuan adalah ketika seorang pengguna melihat sebuah halaman di website.
  • Tujuan Even adalah ketika beberapa tindakan dilakukan oleh pengguna di situs. Ada dua tipe umum tujuan ini, tetapi anda bisa juga diset tujuan tambahan lainnya untuk mengukur keterlibatan pembaca.
  • Durasi berdasarkan sesi berdasarkan jangka waktu ditentukan.
  • “Halaman atau tampilan per sesi” adalah berdasarkan apakah seorang pengguna telah melihat sejumlah halaman di satu sesi.

Sebuah konversi dihitung tiap sesi di setiap tujuan yang ditentukan. Jadi jika anda telah menentukan sebuah tujuan even seperti mendownload sebuah file PDF, dan pengguna telah mendownload file tersebut lima kali di sesi yang sama, aktifitas ini hanya akan dihitung sebagai satu konversi.

Selama kejadian ini, ketika Analytics mendeteksi data hit terhadap sebuah tujuan, dia akan mengkalkulasikan penyelesaian tujuan, nilai tujuan (jika anda telah mendindikasikannya), dan tingkat konversi, dan semuanya ini akan dimasukkan dalam laporan.

Perlu diperhatikan di Google Analytics, konversi dan transaksi pembelian dikreditkan ke kampanye terakhir, pencarian atau iklan yang direferensikan ke pengguna.

Pengelompokan Kanal dan Konten

Anda mungkin ingin mengorganisasir data yang dikumpulkan dalam beberapa cara pada laporan Google Analytics standar. Pengelompokan kanal bisa mengorganisir data ke kanal tertentu, sementara pengelompokan konten akan mengakregat metrik di dalam laporan berdasarkan susunan situs.

Dimensi dan Metrik Khusus

Anda telah belajar tentang dimensi dan metrik di Google Analytics untuk pemula. Dan anda juga telah membuat dimensi dan metrik pada Analytics, dinamai dengan “Dimensi Custom” dan “Metrik Custom”. Dengan dimensi custom ini membantu anda untuk menentukan sebuah kelompok metrik data yang secara khusus berguna untuk bisnis dan kemudian diterapkan sebagai sebuah dimensi terhadap seluruh laporan.

  • Dimensi khusus bisa digunakan sebagai sebuah dimensi kedua pada laporan standar, dimensi utama pada Laporan khusus, atau sebagai sebuah segmen. Kita akan membahas Laporan khusus dan segmen nanti, di pelajaran selanjutnya.
  • “Metrik Khusus” bisa dikumpulkan untuk beberapa dimensi standar atau dimensi khusus yang bisa diukur oleh metrik tertentu di Google Analytics.

Anda juga bisa mengupload data ke Google Analytics termasuk data hit, data diperluas yang diletakkan pada sebuah dimensi khusus atau metrik khusus, dan kesimpulan data yang bisa menyimpulkan metrik yang telah diupload tadi. Biasanya, informasi ini di ekspor dari alat bisnis secara offline seperti sistem manajemen konten atau sistem manajemen hubungan dengan konsumen ke dalam file berbentuk teks.

Impor Data

Mengimpor data bisa mengkombinasikan data offline ke data hit yang dikumpulkan oleh Analytics dari situs. Dengan demikian anda bisa menggabungkannya ke data khusus untuk bisnis yang anda kumpulkan secara tersendiri untuk memberi konteks dan pemahaman lebih terhadap laporan.

Ini hanya beberapa fitur yang bisa anda konfigurasi untuk membantu menentukan data yang anda kumpulkan untuk bisnis anda. Sebagai catatan, anda harus menset aturan konfigurasi data prioritas terhadap data yang diproses.

Setelah data diproses, anda tidak bisa membatalkan konfigurasi yang telah ditetapkan terhadap data tersebut. Kita akan membahas bagaimana menset konfigurasi ini dan menggunakannya untuk menganalisa di pelajaran selanjutnya.

 

Sumber:

Video : https://analytics.google.com/analytics/academy/course/7/unit/1/lesson/3

Teks : https://support.google.com/analytics/answer/7165155

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda