Menganalisa Data Berdasarkan Kanal

Untuk masuk ke bagian pelaporan kanal, klik Acquisition, All Traffic, kemudian Channel.

Laporan kanal menampilkan data tersegmentasi berdasarkan kanalnya.

Sewaktu sebuah data kampanye iklan melalui AdWords atau DoubleClick masuk pada jaringan Google Display, trafik tersebut akan dikelompokkan sebagai kanal Display.

Jika anda beriklan menggunakan Google Search, trafik itu nantinya dikelompokkan sebagai kanal Paid Search (Pencarian Berbayar).

Menu konversi menunjukkan tujuan yang diatur oleh Google Merchandise Store. Smart Goals merupakan goal yang dihasilkan otomatis oleh algoritma mesin pencari Google (untuk lebih detailnya silakan klik tautan berada di bawah).

 

Klik menu dan pilih “Goal1: Purchase completed” (pembelian sukses).

Untuk analisis contoh ini, pastikan bahwa rentang tanggalnya telah diset dari 1 Februari 2016 hingga 29 Februari. Kemudian buka penentu tanggal dan centang “compare to previous period” (bandingkan dengan periode sebelumnya) sehingga anda bisa membandingkan kanal per bulannya.

Terapkan segmentasi pada Landing Page Android yang telah dibuat pada pelajaran sebelumnya.

Agar laporannya lebih jelas, buanglah segmen “All Users” Dengan mengklik tanda panah pada bagian atas segmen.

Sekarang kita bisa membandingkan pembelian sukses oleh pengguna yang telah berkunjung pada halaman Android pada bulan Januari dan Februari.

Kita bisa melihat tingkat konversi terhadap “pembelian sukses” secara keseluruhan yang telah berkunjung pada halaman Android hingga satu bulan belakangan.

Kita bisa melihat bahwa jumlah pembelian sukses terus meningkat.

Kita juga bisa mengurutkan kanal berdasarkan tingkat konversi dengan mengklik bagian atas kolom “pembelian sukses” (Goal 1 tingkat konversi).

Perhatikan perubahan persentase pada tingkat konversi di pencarian berbayar. Peningkatan pada bulan Februari, merupakan sebuah indikasi potensial bahwa iklan berbayar toko Google tidak sia-sia.

Klik kolom bagian tas “New Users” untuk mengurut data berdasarkan pengunjung baru. Sekarang perhatikan perubahan persentase pada bagian New Users berdasarkan kanalnya. Anda bisa melihat bahwa pengunjung baru untuk segmen ini meningkat pada bulan Februari melalui iklan berbayar dan pencarian organik, Direct dan Referral.

Klik kanal Referral.

Anda bisa melihat situs mana saja yang membawa pengunjung paling banyak pada halaman Android. Beberapa di antaranya bisa jadi akan menjadi rekanan.

 

Sumber:

Tour : https://analytics.google.com/analytics/academy/course/7/unit/3/lesson/2

Teks: https://support.google.com/analytics/answer/7165722

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda