Menavigasi Laporan Penuh : Bagian 2

Beginner 2.4

Berbagi dan Menyesuaikan Laporan

Setelah anda dapat mengerti bagaimana pentingnya data di dalam laporan Analytics, Google Analytics menawarkan beberapa cara untuk membagikan atau mereferensikan laporan tersebut berdasarkan nama laporannya di tingkat atas tampilan.

Meskipun cara ini agak rumit, “Customize” (menyesuaikan) memperkenankan anda untuk masuk dan menyesuaikan isi laporan dengan menambahkan beberapa kelompok metrik, filter atau tampilan tambahan lainnya. Ini akan membuat sebuah laporan baru di bawah tab “custom” di bagian atas bar.

“Email” adalah alat untuk mengirimkan salinan laporan tadi melalui email sebagai lapiran dan bahkan bisa dibuat pengiriman melalui email ini secara berkala.

“Export” adalah untuk menyimpan laporan ke komputer dalam berbagai format file, seperti PDF atau CSV, dimana dapat dirubah menjadi berbentuk excel.

“Add to dashboard” (tambahkan ke dashboard) adalah alat untuk menambahkan sebuah representasi kecil dari sebuah laporan yang disebut dengan widget ke sebuah area dimana anda dapat melihat beberapa laporan sekaligus.

Dan “Shortcut” adalah sebuah tautan mengacu ke laporan tertentu di bawah menu “shortcut” di bagian kiri navigasi. Shortcut ini sama fungsinya untuk membookmark di browser.

Kita akan membahas dashboard dan shortcut pada bagian berikutnya.

Hal penting terakhir yang perlu diperhatikan tentang laporan.

Anda akan melihat sebuah menu pulldown pada bagian kiri atas yang diset secara standar sebagai “Slower response, greater precision” (respon lebih lambat, tapi lebih akurat). Terhadang Analytics harus memilih karena data yang harus diolah terlalu banyak agar laporan bisa tersedia lebih cepat. Dia hanya akan menganalisa sampel datanya saja. Kami menyebutnya dengan “sampling”, maksudnya adalah dia akan memberikan perkiraan saja berdasarkan sampel data. Jika anda ingin datanya itu lebih akurat dan tidak bermasalah mengenai tenggat waktu, biarkan setingan ini seperti apa adanya. Jika anda ingin memperoleh laporan lebih cepat dan bersedia mengorbankan beberapa metrik untuk tidak dianalisa, silakan pilih “Faster response, less precision” (respon lebih cepat, tapi tingkat akurasi berkurang). Di bagian menu adalah sebuah indikator seberapa banyak sesi dan bagaimana persentase sesi sekarang ini digunakan untuk memperkirakan metrik laporan anda.

Disamping itu, perlu diperhatikan ikon edukasi di bagian kanan menu. Mengklik ikon ini akan membuka sebuah tab edukasi kontekstual dengan video dan informasi berguna untuk mengajari anda lebih mendalam tentang bagaimana cara kerja semua laporan.

Sekarang, anda telah mengikuti tour ini, anda harusnya telah familiar dengan bagaimana tampilan laporan di Google Analytics.

 

Sumber:

Demo : Google

Teks / Transkrip : Google

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda