Membuat Sebuah Perencanaan Terukur

Advanced 1 5

Kami sangat merekomendasikan membuat sebuah perencanaan terukur untuk bisnis anda. Perencanaan ini akan membantu anda untuk mengklarifikasi data apa saja yang anda butuhkan untuk dikumpulkan untuk mengukur tujuan perusahaan dan menentukan konfigurasi apa saja yang akan diterapkan.

Untuk memandu data yang anda butuhkan untuk dikumpulkan pada Analytics dan fitur apa saja yang harus di atur, anda harus memiliki sebuah strategi pengukuran yang jelas untuk bisnis anda. Anda harus menyisihkan waktu untuk menentukan tujuan perusahaan dan apa yang ingin dicapai dari pengukuran ini.

Ada kunci tindakan yang pengguna ambil di website untuk memenuhi tujuan bisnis seperti melakukan pembelian. Kami menyebutnya dengan konversi ‘makro’, karena tindakan ini mempresentasikan tujuan lebih luas dari sebuah bisnis. Tetapi juga ada tujuan lebih kecil yang membawa calon pembeli untuk lebih dekat ke tujuan utama tadi, seperti bergabung dengan situs untuk sebuah kupon belanja atau notifikasi untuk tiap produk baru yang dikeluarkan. Kami menyebutnya dengan konversi ‘mikro’, karena konversi ini akan mendorong pengunjung untuk melakukan konversi makro.

Tiap jenis usaha secara alamiah memiliki konversi makro dan mikronya masing-masing.

  • Untuk situs e-commerce, konversi makronya mungkin melakukan pembelian sebuah produk dengan bergabung untuk berlangganan newsletter sebagai konversi mikronya.
  • Untuk situs mempunyai pengaruh besar, konversi makronya mungkin mengisi formulir kontak dengan mikro konversinya adalah menjadi pengikutnya di situs media sosial.
  • Untuk situs konten publisher, konversi makronya adalah interaksi sejumlah pembacanya dengan konten dengan jumlah klik ke sebuah artikel sebagai konversi mikro.
  • Untuk sebuah situs informasi dan dukungan, konversi makronya mungkin agar pembacanya mengikuti petunjuk yang diberikannya untuk menyelesaikan masalah si pembaca dengan sebuah dukungan pembaca terhadap artikel tersebut sebagai mikro konversinya.

Jika telah ditetapkan konversi makro dan mikro, anda bisa memulai sebuah perencanaan terukur secara bersamaan. Sebuah perencanaan yang terukur adalah sebuah cara bagi anda untuk menyelaraskan tujuan bisnis dengan pengaturan konfigurasi di Google Analytics. Perencanaan terukur anda harus memasukkan tujuan bisnis secara keseluruhan, strategi-strategi berbeda yang mendukung tujuan perusahaan, dan taktik yang membantu anda untuk menggapai strategi tersebut. Tiap taktik harus memiliki indikator kunci tertentu (key performance indicators / KPI) untuk membantu anda mengukur konversi makro atau mikro.

Konversi makro biasanya mengukur taktik yang mendukung seluruh strategi anda. Konversi mikro adalah metrik yang membantu anda untuk lebih mengerti tentang kebiasaan pengguna menuju konversi makro.

Setelah menentukan konversi makro dan mikronya, dan membuat sebuah perencanaan terukur untuk mengukur bisnis, anda bisa menentukan bagaimana setingan Google Analytics untuk mengumpulkan metrik-metrik tersebut.

Perlu diingat bahwa ini hanya sebuah contoh dari sekian banyak perencanaan yang ada. Untuk anda mungkin lebih banyak dan lebih mendetail tergantung dari seberapa kompleks dan seberapa ambisius bisnis yang sedang anda jalankan.

Sebuah perencanaan terukur adalah sebuah cara terbaik untuk mendokumentasi data yang paling penting untuk bisnis anda. Pergunakan pengukuran terukur dari Google Merchandise Store di akhir pelajaran ini sebagai contoh untuk belajar.

Sumber:

Video : https://analytics.google.com/analytics/academy/course/7/unit/1/lesson/5

Teks : https://support.google.com/analytics/answer/7165633

 

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda