Melacak Kampanye Pemasaran Menggunakan URL Builder

Beginner 4 2

Google Analytics menyediakan sebuah alat bernama “URL Builder” berguna untuk memudahkan anda untuk menambahkan sebuah parameter ke URL guna melacak kampanye khusus yang telah di set sebelumnya.

Untuk menavigasi ke URL builder pada Pusat Bantuan klik tautan di akhir pelajaran ini dan gulirkan ke bawah ke formulir URL builder.

Langkah pertama, ketikkan URL situs anda (atau di tautan mana kampanye iklan yang tersebut disematkan). Kemudian isi seluruh isian seperti kampanye, sumber dan media. Anda boleh menambahkan (boleh tidak diisi) bagian syarat, isi dan nama. Syarat, isi dan nama bisa diisi dengan nilai apapun, cuma perlu dipastikan bahwa syarat, isi dan nama ini cukup menjelaskan tentang isi kampanye sehingga Google bisa mengenalinya ketika muncul pada laporan Google Analytics.

Catatan ringkas tentang kaidah penamaan. Biasanya, anda bisa menggunakan satu kata saja untuk menamakan tag yang digunakan. Jika anda menggunakan sebuah phrasa (berisi beberapa buah kata), maka URL builder akan menambahkan garis bawah diantara masing-masing kata sebagai ganti spasi di URL. Pastikan untuk menggunakan ejaan dan huruf kapital yang konsisten ketika menuliskan nilai tagnya. Sejak Google Analytics bisa membedakan antara huruf besar dan kecil (case sensitive), sebuah kampanye dengan nama “PROMO1” dimana seluruhnya menggunakan huruf besar akan berbeda dengan “promo1” yang tidak menggunakan huruf besar. Juga perlu diperhatikan bahwa anda menggunakan media yang sama seperti “display” bagi iklan banner dan “email” untuk kampanye email.

Ketika anda mengklik “Generate URL” di bagian bawah, anda bisa melihat bahwa URL builder menghasilkan tautan dengan seluruh parameter kampanye telah dimasukkan dengan benar.

Dengan demikian akan memudahkan untuk menghasilkan tag kampanye guna dilacak. Tetapi perlu diingat, anda bisa menggunakannya untuk membuat satu URL saja di satu waktu, maka anda mungkin tidak bisa menggunakannya untuk membuat tiap URL jika kampanye iklan dalam skala besar. Makanya, anda bisa menggunakan sebuah spreadsheet untuk memudahkan prosesnya. Kami menyediakan sebuah contoh template pada akhir pelajaran ini yang mana bisa digunakan untuk mengatur nilai kampanye untuk URL-building dalam jumlah banyak.

Sebelum meluncurkan sebuah kampanye dengan tautan ini, anda mungkin harus memastikan bahwa tag pelacakan telah benar. Terkadang sebuah konfigurasi situs bisa merusak pelacakan kampanye Google Analytics. Ini merupakan cara teringkas untuk memeriksa kampanye anda sebelum diluncurkan. Pertama bukalah sebuah jendela web browser dalam mode penyamaran, kemudian copy dan pastekan tautan tadi untuk melacak kampanye tadi, ke address bar di browser dalam mode penyamaran tadi. Setelah website anda tampil, cobalah untuk membuka-buka halaman situs tersebut, terutama halaman penting. Sebagai contoh, jika tujuan website anda adalah agar pengguna mendaftar ke situs, lakukan proses pendaftaran di situs anda itu. Atau jika kampanye iklan itu dengan menyediakan kupon, cobalah untuk melakukan transaksi dengan penggunaan kupon tadi.

Sangat dianjurkan untuk mencobakan cara ini di tiap URL yang telah anda buat. Anda bisa secara langsung melihat informasi kampanye pada laporan Real Time atau tunggu beberapa jam untuk mereview data pada laporan Kampanye. Kemudian kunjungi laporan “All Campaign” di bagian “Acquisition” di bawah “Campaign”. Laporan ini bisa digunakan untuk membandingkan trafik dari kampanye iklan anda. Untuk memastikan bahwa kampanye tadi telah mengumpulkan data dengan benar, tikkan nama kampanye ke filter. Anda harusnya bisa melihat ikhtisar kampanye yang dicobakan tadi.

Jika anda mengklik nama kampanye, anda bisa melihat data sumber dan media yang anda masukkan ke URL Builder. Jika anda ingin memverifikasi tag kampanye lainnya yang telah dimasukkan ke URL, tambahkan dimensi kedua seperti “konten iklan”.

Dengan demikian anda bisa melihat kerusakan tag yang telah ditambahkan ke tautan pada dimensi utama “sumber/media”. Google Store membedakan tag “content” untuk seluruh email newsletter, apakah newsletter itu menawarkan promosi atau tidak, dengan menambahkan dimensi kedua pada “ad content”, kita bisa lihat promosi mana saja paling efektif membawa pengguna ke website.

Ada cara lain untuk menganalisa data kampanye, dimana akan kita bahas di pelajaran selanjutnya. Dengan menggunakan URL Builder untuk menghubungkan laporan Google Analytics bisa membantu anda untuk lebih mengerti secara cepat kampanye mana saja yang menghasilkan trafik berkualitas tinggi ke situs.

Sumber :

Video: https://analytics.google.com/analytics/academy/course/6/unit/4/lesson/2

Transkrip : https://support.google.com/analytics/answer/6385286

 

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda