Laporan Perolehan

Beginner 3.2

Laporan perolehan berguna untuk melihat bagaimana pengunjung menemukan website anda, dan bagaimana kinerja pemasaran secara keseluruhan dan pemasaran melalui media digital dalam berbagai iklan yang dilakukan seperti melalui email, mesin pencari dan iklan. Disini dijelaskan laporan yang paling penting dan laporan perolehan di Google Analytics.

Laporan “perolehan” terletak di bawah bagian akuisisi di bagian kiri navigasi. Anda dapat menggunakan laporan perolehan untuk membandingkan kinerja dari berbagai saluran pemasaran dan menemukan saluran mana yang paling efektif dengan menghasilkan trafik dan konversi paling berkualitas. Dengan demikian akan membantu untuk memutuskan tentang ke arah mana fokus pemasaran harus ditingkatkan di masa mendatang.

Sebelum kita membahas tentang laporan perolehan, akan sangat membantu untuk mengetahui bagaimana cara mengidentifikasi sumber trafik oleh Google Analytics terhadap website. Ketika seorang pengguna berkunjung ke situs anda, maka kode pelacakan Google Analytics akan secara otomatis mengambil beberapa atribut atau dimensi tentang dari situs mana mereka datang. Ini termasuk trafik medium, sumbernya dan nama iklan yang sedang dipergunakan.

Trafik medium disini adalah sebagai mekanisme pelaporan pengguna terhadap situs anda. Beberapa contoh umum dari trafik medium adalah trafik berasal dari pencarian organik, cpc, referal, email dan “none”. Berikut ini beberapa perbedaan dari trafik medium tersebut, yaitu:

  • “Organik” dipergunakan untuk menentukan trafik yang datang ke situs anda melalui pencarian tidak berbayar seperti hasil pencarian di Google.
  • “CPC” mengidentifikasikan trafik yang datang melalui iklan berbayar seperti iklan teks di Google AdWords.
  • “Referral” digunakan sebagai trafik yang datang ke situs anda setelah seorang pengguna berkunjung ke situs anda selain dari mesin pencari.
  • “Email” merupakan trafik yang datang dari iklan melalui email.
  • “None” dipergunakan untuk pengguna yang datang langsung ke situs anda dengan menuliskan langsung URL situs di web browser mereka. Di laporan akan terlihat pengguna ini mempunyai sumber “direct” dengan medium “none”.

“Source” menyediakan informasi lebih tentang medium ini. Sebagai contoh, jika mediumnya adalah referal maka sumbernya bisa jadi URL dari website yang mereferensikan situs anda kepada mereka. Jika medianya adalah “organic” maka sumbernya bisa jadi berasal dari mesin pencari seperti Google.

Di bawah “All Traffic” (seluruh trafik) bisa dilihat laporan “source/medium” pada akun Analytics Google Store menggunakan tanggal 1 Agustus 2015 hingga 31 Agustus 2015. Ini menunjukkan sumber media dan media dari referal, mesin pencari dan trafik langsung ke situs. Sortiran standar adalah pengguna.

Untuk mengidentifikasi efektifitas sumber trafik, kita bisa melihat terhadap kombinasi sumber/media dengan pengguna pada umumnya, tetapi tidak berarti trafik ini adalah trafik terbaik. Idealnya, trafik haruslah berkualitas tinggi, yaitu pengguna yang adatang dari sebuah mesin pencari atau melakukan pembelian. Indikator yang terbaik dari kualitas trafik adalah rasio pentalan.

Sumber trafik tertinggi terhadap Google Store adalah dari mesin pencari Google, yang mana trafik tersebut relatif rendah rasio pentalannya dibandingkan dengan sumber trafik lainnya. Trafik kedua tertinggi adalah trafik langsung. Diikuti oleh referal dari Youtube, tetapi sumber Youtube ini rasio pentalannya tertinggi dibandingkan sumber trafik lainnya. Mari kita lakukan analisis lebih mendalam agar lebih mengerti permasalahannya.

Kita bisa mengklik ke tampilan perbandingan dan pilih metrik “rasio pentalan” untuk membandingkan rasio pentalan dari tiap kombinasi sumber/media terhadap trafik rata-ratanya. Pastikan bahwa kita bisa melihat bahwa trafik Youtube rasio pentalannya lebih tinggi dibandingkan rasio pentalan rata-ratanya. Google Store harus memperbaiki hal ini untuk memastikan bahwa halaman yang dipromosikan di saluran ini bermanfaat bagi pengguna.

Jika kita hanya ingin melihat sumber organik ke situs, kita bisa menuliskan “organic” pada filternya. Anda bisa melihat bahwa sumber dari Google ini merupakan trafik paling banyak dibandingkan sumber lainnya dan rasio pentalannya lebih sedikit di bandingkan sumber lain. Ini berarti bahwa pengguna yang datang dari sumber organik Google lebih relevan dibandingkan sumber trafik lain.

Sekarang mari kita bandingkan performa dari seluruh aktivitas pemasaran Google yang menghasilkan trafik dengan merubah filter menjadi ‘google’. Kita sekarang bisa melihat bahwa trafik organik merupakan sumber trafik terbanyak, diikuti oleh cpc, yang merupakan trafik berbayar menggunakan Google AdWords. Cara ini merupakan cara terbaik untuk menambahkan konteks ke analisis anda dan mengerti tentang aktivitas pemasaran mana yang paling berhasil bagi bisnis anda.

Laporan Saluran

Ada cara lain untuk melihat sumber trafik mana yang paling banyak menarik minat pengguna terhadap situs. Dengan menggunakan laporan saluran kita bisa melihat trafik berdasarkan salurannya, yang dibundel sumbernya bersamaan berdasarkan medianya masing-masing. Sumber trafik akan secara otomatis dikelompokkan terhadap kategori dasar (atau saluran) seperti organik, sosial, langsung, referensi, display, dan lain sebagainya.

Dengan mengklik tiap saluran akan menghasilkan sumber individual dari masing-masing saluran. Jika anda ingin mengelompokkan sumbernya masing-masing, anda bisa membuat pengelompokan saluran di Google Analytics. Ini akan kita bahas pada pembahasan lanjutan.

Laporan Referal

Jika anda ingin melihat trafik anda diorganisir dengan situs mana yang tertaut dengan situs anda, anda bisa melihat pada laporan ‘referal’.

Anda bisa mengklik ke tiap referal untuk melihat situs mana saja yang menautkan situsnya dengan situs anda. Jika anda ingin mengerti halaman mana saja di situs anda yang tertaut ke situs anda, anda bisa menambahkan dimensi kedua terhadap halaman landing di laporan. Ini akan menunjukkan situs luar yang menghasilkan trafik ke tiap halaman secara spesifik, dan bisa berpotensi menambah rekanan beriklan dengan wesite tersebut. Dengan kata lain anda bisa menghubungi mereka untuk bekerjasama mengiklankan situs anda.

Sumber:

Video: https://analytics.google.com/analytics/academy/course/6/unit/3/lesson/2

Teks : https://support.google.com/analytics/answer/6382985

 

 

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda