Langkah Awal Seorang Blogger

Membuat blog merupakan sebuah profesi seperti guru atau seorang konsultan. Sewaktu menulis sebuah blog, sama saja dengan mengajarkan dan memberi tahu sesuatu. Bedanya, jika guru atau konsultan mereka mengajarkan sesuatu kepada orang tertentu, yaitu murid atau klien mereka. Sementara menjadi blogger yang diajarkan adalah masyarakat luas melalui media internet.

Beberapa hal yang perlu diketahui bagi seorang blogger pemula, diantaranya:

1. Anda tidak hanya seorang blogger

Anda adalah seorang ahli, mentor, guru bahkan mungkin pengusaha. Sebuah blog bisa dibuat untuk semua hal tersebut. Bisa kita lihat dari banyak contoh, hampir semua blogger yang mempunyai pendapatan yang luar biasa menerbitkan buku, kursus-kursus, dan terkadang menjadi keynote speaker di sebuah forum diskusi atau seminar, bahkan mereka juga membuat software yang bisa dijual. Begitulah menghasilkan uang. Blog hanyalah sebagai media untuk menunjukkan eksistensi diri bahwa mereka adalah seorang ahli di bidangnya untuk menarik pelanggan agar menggunakan jasa mereka.

2. Jangan Jual Iklan

Memasang iklan sangat menggiurkan, karena dengan beriklan merupakan pendapatan pasif, tetapi kita biasanya dapat menghasilkan 3 hingga 10 kali pendapatan menggunakan iklan untuk menjual produk dan layanan pribadi atau mempromosikan produk secara afiliasi.

3. Juallah Produk Termahal Terlebih Dahulu

Sebuah perusahaan memikat anda dengan sebuah produk gratis, kemudian mereka menawarkan produk yang murah tetapi menarik, dan kemudian mereka akan merayu anda untuk membeli lebih banyak produk yang lebih mahal. Cara ini telah dilakukan dan merupakan salah satu taktik pemasaran.

Andapun harus melakukan hal seperti diatas, namun harus dilakukan secara terbalik. Banyak para blogger menjual ebook yang murah sebagai produk pertama mereka, dan kemudian mereka menjadi frustrasi ketika mereka tidak banyak menghasilkan keuntungan.

Alasannya adalah keuntungan yang sebenarnya terletak di akhir, bukan di awal. Menjual sebuah ebook oke-oke saja tetapi harus mempunyai banyak produk yang lebih bernilai untuk ditawarkan ke konsumen setelah penjualan pertama. Jika anda tidak mempunyai banyak produk yang bisa dijual, maka melakukan hal tersebut adalah sebuah kesalahan besar.

Lebih baik membuat dan menjual produk yang sangat bernilai di awal, dan kemudian membuat dan menjual produk yang lebih murah kepada mereka. Jika anda melakukan seperti ini, jika dikalkulasikan secara keseluruhan, akan jauh lebih banyak untungnya.

4. Tidak Ada Namanya Pasar Murah

Sebagai blogger, juallah produk anda dengan harga premium. Walaupun tidak seluruh orang yang bisa membelinya, tetapi akan lebih menguntungkan. Anggaplah diantara pemirsa kita 98% nya tidak bisa membeli, tetapi targetnya adalah yang 2% tersebut. Jika dihitung, lebih menguntungkan menjual kepada 2% ini dengan harga yang mahal dibandingkan menjual ke 98% dengan harga murah.

5. Dengan Harga Premium, Layanan Harus Premium

Jangan pernah merasa bersalah jika menjual dengan harga mahal. Dengan harga premium, anda bisa memberikan layanan yang khusus pula. Jika anda menjual sebuah ebook mengenai "bagaimana cara membuat blog", tentu para pembeli anda akan menanyakan dan ingin berkonsultasi mengenai isi ebook yang telah mereka beli, seperti menjawab telepon, melihat blog mereka dan membimbing langkah demi langkah tiap proses yang telah dituliskan pada ebook tersebut. Apakah bisa anda jual ebook tersebut dengan harga Rp. 100.000,- saja? Tentu saja tidak. Inilah yang disebut dengan harga dan layanan premium. Mereka tidak hanya membeli ebook saja, tetapi juga pelayanan.

6. Bangun Kepercayaan

Daripada memaksa orang untuk membeli produk anda terlebih dahulu, blogger yang pintar akan menunda penjualannya. Orang yang membaca beberapa postingan blog sebelum mendaftar untuk produk free trial akan meneliti dan membaca lebih lama dua hingga tiga kali daripada orang yang tidak ingin mendaftar.

Lebih bagus jika beri mereka beberapa konten dan bangun kepercayaan sebelum berbicara mengenai harga. Memang akan menghasilkan sedikit uang di awal, tetapi untuk jangka panjang akan sangat menguntungkan.

7. Mintalah Bantuan Ke Ahlinya

Tidak bisa diragukan lagi, waktu merupakan masalah besar bagi seorang blogger. Tidak hanya harus tetap menulis di blog, tetapi juga harus berurusan dengan masalah teknis, membaca buku dan artikel agar tidak ketinggalan, membuat produk baru untuk dijual, menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca dan sebagainya.

Akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa anda tidak bisa melakukan segalanya. Oleh karena itu, mintalah bantuan seseorang jika diperlukan agar bisnis tetap bisa berjalan dengan lancar.

8. Ukurlah Nilai Keseluruhan Pekerjaan

Jika tujuan anda adalah meningkatkan trafik, mulailah mengukur berapa banyak pengunjung per jam yang dipakai. Anggaplah anda memakai waktu 3 jam untuk menulis sebuah tulisan dan menghasilkan 100 pengunjung, sementara anda menulis selama 5 jam dan menghasilkan 500 pengunjung. Mana yang akan dipilih?

Hal ini merupakan perspektif jangka pendek, tidak cocok untuk jangka panjang, tetapi masih berguna untuk mengukur waktu anda seperti ini. Tidak hanya untuk trafik, tetapi juga untuk pertumbuhan follower dan lainnya.

9. Ditahap Awal, Jangan Membuat Blog Sendiri

Di tahap awal, blog anda ibarat sebuah kelas yang kosong. Tidak ada yang membacanya, tidak ada yang mendengarkan anda. Oleh karena itu, untuk tahap awal, membuat tulisan di blog pribadi kurang efisien untuk membangun pemirsa. Lebih baik menjadi penulis di blog orang lain yang sudah mempunyai pemirsanya sendiri. Buatlah mereka terpukau dan tertarik dengan tulisan anda. Jika sudah merasa cukup, barulah membuat blog sendiri.

10. Jangan Habiskan Waktu di Facebook, Twitter, Google+ dan media sosial lainnya

Jika membuat akun di media sosial untuk mempromosikan blog anda, maka hal itu adalah ide yang buruk sekali. Berdasarkan tulisan yang saya baca, membangun follower di sosial media hanya menghasilkan sedikit pengunjung bagi blog anda. Jika melakukannya, maka strategi ini merupakan hal yang terburuk.

11. Buatlah Seminar Melalui Internet

Melakukan sebuah seminar melalui internet akan membuat anda lebih dekat ke pemirsa, dan akan menghasilkan lebih banyak follower dan subscriber.

12. Konten Lebih Panjang Akan Menghasilkan Lebih Banyak Trafik

Konten yang panjang akan menghasilkan trafik yang jauh lebih banyak dibandingkan sebuah pos dengan isiĀ  sedikit. Hal ini telah teruji dan dibuktikan oleh banyak blogger yang telah ahli. Konten dengan isi antara 2000 hingga 3000 kata akan lebih menarik pemirsa untuk membacanya dibandingkan yang berisi hanya 500 kata saja.

Hal ini juga akan membuat para pemirsa akan lebih berlama-lama di halaman tersebut untuk membaca tulisan anda. Google akan mencatat berapa lama seseorang membuka sebuah blog. Semakin lama mereka membaca, akan meningkatkan kualitas blog anda di mata Google. Artinya pagerank blog akan semakin naik. Memang membuat sebuah konten panjang akan memakan lebih banyak waktu, tetapi hasil yang didapatpun akan lebih baik dibandingkan konten yang pendek.

13. Promosikan Konten Anda

Hampir semua orang tidak cukup mempromosikan konten yang mereka buat. Promosi yang dimaksud disini bukanlah membagikannya dengan membuat status di Twitter dan Facebook atau Google+ tentang isi blog, tetapi yang perlu dilakukan adalah membangun hubungan baik dengan para influencer (orang yang mempunyai banyak follower) di media sosial dan meminta mereka untuk membagikan karya anda.

Waktu yang dibutuhkan untuk membangun hubungan baik dengan influencer ini harus setara dengan waktu yang anda butuhkan untuk membuat sebuah tulisan dalam seminggu. Contohnya, jika anda menulis dalam seminggu sebanyak 10 jam, maka waktu yang dibutuhkan untuk membangun hubungan ini pun harus 10 jam juga per minggunya.
Jika anda lakukan secara rutin, maka hasil yang didapatkan akan lebih bagus.

14. Abaikan SEO di Tahun Pertama

Banyak blogger pemula melakukan langkah salah ini. Karena mereka terlalu cepat memikirkan tentang SEO. Ketika blog masih baru, hal yang lebih efisien dilakukan adalah bangun hubungan dengan para influencer di berbagai media sosial, buat konten yang bagus dan juallah produk dan layanan anda.

Ketiga hal ini tidak hanya menghasilkan trafik yang banyak tetapi akan menghasilkan trafik pencarian yang lebih baik tanpa melakukan apapun.

15. Perlunya Email List

Jumlah email list adalah alat prediksi yang paling akurat tentang berapa banyak uang yang bisa dihasilkan. Semakin banyak subscriber yang didapat, maka semakin banyak pula uang yang dihasilkan. Hubungan anda dengan subscriber dan kualitas produk dan layanan dan berbagai faktor lainnya masih berpengaruh, tetapi fokuslah terhadap perkembangan email list.

16. Mulailah Menjual Sejak Hari Pertama

Kenapa harus memulai menjual di hari pertama?

Faktor terbesar yang berpengaruh terhadap pertumbuhan blog adalah orang yang disewa untuk membantu anda, karena anda baru dan belum mengerti tentang blogging. Karena menyewa orang yang berpengalaman, tentu saja membutuhkan uang. Oleh karena itu mulailah tawarkan sesuatu yang dibutuhkan oleh pemirsa anda. Jangan paksa mereka untuk membelinya, tetapi buat saja dulu produk yang mereka butuhkan, dan kemudian barulah ingatkan mereka membutuhkan produk tersebut.

17. Buatlah produk Yang Dibutuhkan

Jangan berpikiran macam-macam tentang produk apa yang akan dibuat seperti ebook, kursus, atau mungkin aplikasi untuk telepon genggam. Kenapa? Karena anda adalah pemula, bukan orang terkenal. Juallah produk yang bisa membantu masalah konsumen anda dimana mereka sadar bahwa mereka mempunyai masalah tersebut. Sehingga produk anda adalah produk yang mereka butuhkan.

18. Bahayanya Survey

Bagaimana cara seseorang menemukan kebutuhan konsumen? Jawabannya adalah sebuah survey. Namun, sebuah survey bisa jadi hal yang berbahaya bagi seorang pemula. Jika menanyakan pertanyaan yang salah, maka jawaban yang didapat berkemungkinan akan ngawur. Berhati-hatilah jika anda ingin membuat sebuah survey, hendaknya serahkan ke ahlinya.

19. Mulai Dengan Pelayanan Baru Kemudian ke Produk

Pelayanan bisa dilakukan kapan saja, walaupun tidak mempunyai produk satupun. Mulailah menawarkan layanan untuk menyelesaikan masalah pemirsa. Setelah anda mengerti tentang suatu permasalahan, barulah mulai membuat sebuah produk seperti ebook, buku dan lain sebagainya.

20. Ajarkan Orang Lain Apa yang Telah Dipelajari

Inilah alasan membuat sebuah blog, yaitu mengajarkan orang lain tentang sesuatu yang kita ketahui dan pelajari. Dan poin paling menyenangkan adalah mereka membayar untuk itu.

4 thoughts on “Langkah Awal Seorang Blogger

  1. makasi gan

  2. Kalau Baru buat Blog terus langsung pasang Backlink bagus gak tuh min ?

  3. Boleh gan, asal jangan terlalu agresif

Silakan sampaikan komentar Anda