Konsep Dasar SEO di Youtube

Dasar SEO di Youtube

SEO di Youtube barangkali salah satu hal yang sering terlupakan ketika seseorang mengupload videonya. Subscriber, di share dan komentar yang membangun sebuah komunitas memang perlu dan penting tetapi pada dasarnya sewaktu beraktifitas secara online adalah SEO.

SEO di Youtube hampir sama caranya dengan ketika anda membangun SEO sebuah website, walau ada beberapa perbedaan. Salah satu bedanya adalah, kalau di Youtube semakin baik rankingnya maka akan semakin besar pula kemungkinan memperoleh uang atau pendapatan. Untuk itu marilah kita melihat perbedaan keduanya sehingga anda bisa memonetasi video anda lebih baik di masa mendatang, baik itu memonetasi untuk youtube itu sendiri maupun kalau anda menggunakan video itu untuk mendukung agar monetasi website bisa tampil lebih baik di mesin pencari.

Konsep Dasar SEO Youtube

Youtube mencatat segala sesuatu yang terjadi di sebuah video dan menggunakan seluruh data tadi untuk meranking video tersebut. Salah satu terpenting (walaupun masalah ini jarang diperbincangkan) adalah lama seseorang sewaktu menonton video. Boleh diibaratkan bahwa jumlah waktu seseorang menonton video itu sama dengan bounce rate bagi sebuah website. Jika sebuah video sering dilihat sampai habis maka dia akan diranking lebih baik dibandingkan video lain yang baru beberapa detik saja dibuka langsung ditutup kembali.

Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan agar memperoleh pengertian yang lebih baik mengenai SEO di Youtube.

  1. Youtube Analytics. Di Youtube, seluruh video mempunyai analitiknya masing-masing. Analitik ini akan memperlihatkan statistik berapa waktu rata-rata pemirsa melihat video tersebut. Perhatikan baik-baik masalah ini dan carilah pemecahannya jika ada sebuah video yang tidak terlalu disukai oleh pemirsa atau mereka terlalu cepat menutup video tersebut.
  2. Kemudian masalah editing. Editing yang dilakukan terhadap video akan menentukan seberapa sukses sebuah video itu. Jika anda membuat sebuah video yang tidak cocok dengan judul video itu, maka anda akan merusak rankingnya. Sebagai contoh, anda membuat sebuah video dengan judul serigala diseruduk kerbau, tetapi isinya hanya menggambarkan kehidupan serigala beserta kerbau saja, tanpa ada konflik di antara keduanya yang mengakibatkan kerbau menyeruduk si serigala.
  3. Kata kunci merupakan faktor penting, karena dengan kata kunci ini anda akan bisa menarik audien. Jika kata kunci yang digunakan tidak cocok dengan isi video itu atau anda memaksakan sebuah kata kunci karena kata kunci tersebut sedang tren, maka akan merusak video tersebut.

Tiga hal di atas merupakan SEO secara garis besarnya di Youtube. Pengerjaan ini tidaklah sekali jalan saja, tetapi berlaku terhadap seluruh video yang sedang dan akan anda upload di Youtube. Anda tidak boleh berhenti atau merasa sudah mengerti tentang SEO. Anda harus tetap mempelajari apa yang sedang terjadi terhadap video yang telah anda upload tadi.

Mempersiapkan Kata Kunci di Youtube

Tadi sudah dijelaskan tentang komponen paling unik di Youtube, yaitu lama waktu seseorang menonton video itu. Sekarang kita masuk ke topik paling umum, yaitu perencanaan kata kunci. Perencanaan kata kunci hampir sama caranya dengan mempersiapkan kata kunci terhadap sebuah website. Cari dan gunakanlah kata-kata apa saja yang dicari oleh calon penonton video anda.

Sebagaimana di website, anda dapat menggunakan Google Adwords dan tool lainnya untuk mencari kata kunci paling tepat bagi video anda. Lakukanlah beberapa percobaan terhadap beberapa kata kunci yang telah dipilih dan lihat konten apa saja yang muncul. Dengan melakukan percobaan ini akan menghemat waktu anda di masa mendatang.

Tempat Meletakkan Kata Kunci

SEO di Youtube berbeda dengan SEO di website. Di Youtube, anda dapat meletakkan kata kunci di:

  1. Judul video, sebagai ganti judul halaman
  2. Deskripsi video, menjadi deskripsi meta di website
  3. Tag video, sama juga dengan alt tags di website
  4. Skrip video, adalah teks artikel di website.

Menempatkan kata kunci di keempat tempat ini merupakan komponen kunci agar kata kunci tadi bisa menjadi efektif. Disamping itu jangan pernah lupa untuk membuat sebuah transkrip yang menceritakan tentang isi video. Jadi, di keempat tempat tadi harus terdapat kata kunci.

Deskripsi Video

Ada tiga hal yang harus menjadi perhatian anda sewaktu menuliskan deskripsi video ini, yaitu:

  1. Kalimat pertama akan muncul di mesin pencari, untuk itu sertakan kalimat ajakan untuk menonton video ini atau minimal sampaikan alasan kenapa mereka harus menonton video.
  2. Gunakanlah kata kunci kedua dan kata-kata bersinonim.
  3. Tautkan video anda ke website atau blog, agar orang bisa memperoleh lebih banyak informasi.

Jumlah View

Youtube tidak pernah menyampaikan secara resmi bahwa jumlah view akan berpengaruh terhadap SEO. Tetapi cobalah anda perhatikan, apakah video yang telah ditonton oleh ribuan atau bahkan jutaan orang akan berada di bawah? Tentu saja tidak karena SEO membahas segala sesuatu yang dibaca oleh mesin pencari sehingga dia dapat memutuskan video mana yang akan diranking lebih baik dibandingkan video lainnya dan tingkat popularitas video pun salah satu faktor penentu, termasuk lama seseorang menonton sebuah video.

Dapat diambil kesimpulan bahwa anda harus memperoleh lebih banyak view agar SEO nya menjadi lebih baik, tetapi anda pun butuh SEO untuk memperoleh lebih banyak view.

Cara Meningkatkan Jumlah View

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan jumlah view, terutama bagi anda yang baru memulai berkecimpung di Youtube secara serius:

  1. Embed kan video ke website
  2. Bagikan di media sosial
  3. Buatlah agar video anda saling terhubung satu sama lain.
  4. Buatlah cuplikan dari beberapa video dan berikan tautan ke masing-masing video tadi.

Membangun Link

Sama juga dengan website, video pun membutuhkan link building. Berikut beberapa taktik yang bisa digunakan untuk membangun link bagi video:

  1. Tampilkan video ke website, dengan demikian video tadi memperoleh link dari website anda. Disamping itu bagikan ke berbagai media sosial serta grup diskusi dan lainnya.
  2. Sertakan ajakan bertindak untuk meningkatkan jumlah view, karena akan berdampak terhadap SEO.

Selain taktik di atas, saran di bawah ini bisa dilakukan juga:

  1. Email marketing,
  2. Press release
  3. Letakkan video di landing page website
  4. Berteman dan berhubungan baik dengan orang berpengaruh di media sosial.

Setelah anda membaca SEO di Youtube ini, diharapkan anda telah memperoleh sedikit gambaran tentang bagaimana SEO di Youtube. Sebenarnya, mengoptimisasinya tidak jauh beda dengan mengoptimisasi sebuah website dengan sedikit beda di sana sini. Jika anda mempunyai beberapa saran dan masukan atau merasa masih ada yang kurang terhadap tulisan ini, silakan sampaikan di komentar.

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda