Komunitas Yatim Piatu

Komunitas Google Plus akan menjadi "yatim piatu" jika tidak memiliki pemilik. Pemilik merupakan orang yang membuat sebuah komunitas. Hal ini bisa terjadi jika akun si pemilik dihapus atau tidak aktif lagi.

Sayangnya, tidak ada cara apapun untuk menjadikan salah satu anggota komunitas menjadi pemilik. Artinya juga menjadi mustahil akan ada moderator baru yang bisa dipromosikan. Sehingga jalan keluar yang terbaik adalah membuat komunitas baru dan meminta anggota komunitas tadi pindah ke sana.

Yang bisa melakukan hal permintaan untuk pindah adalah moderator yang ada di komunitas itu. Oleh karena itulah sangat penting jika anda membuat sebuah komunitas untuk "mengangkat" beberapa orang menjadi moderator di komunitas.

Jika suatu komunitas kehilangan pemiliknya, tentu saja si moderator masih bisa menjalankan komunitas ini.

Namun, alangkah baiknya dimulai untuk mengajak seluruh anggota untuk pindah ke komunitas baru yang anda buat. Langkah-langkah berikut dapat anda lakukan.
1. Buatlah sebuah komunitas baru sebagai tempat berlabuh anggota lama ke tempat yang baru.

2. Buatlah sebuah pos yang di pin yang menjelaskan tentang :

Jelaskan bahwa komunitas akan ditutup.

Ajaklah seluruh anggota untuk bergabung ke komunitas baru dan meninggalkan komunitas lama tersebut.

Beritahu mereka bahwa tidak akan ada postingan baru yang diizinkan untuk ditampilkan.

3. Rubahlah photo komunitas yang menginformasikan bahwa komunitas akan dihapus.

4. Seluruh moderator harus menolak permintaan calon anggota baru untuk bergabung.

5. Jika moderator merasa tidak ada lagi anggota yang mau keluar secara sukarela, maka anda bisa mengeluarkan anggota yang tertinggal tersebut.

6. Jika sudah seluruh anggota pergi, maka moderator bisa keluar dan Google akan menghapusnya jika seluruh anggota sudah tidak ada lagi.

Jika komunitas yang anda ikuti tidak mempunyai moderator, langkah terbaik adalah keluar dari komunitas tersebut karena isinya hanya spam saja, dan tidak ada yang bisa dilakukan terhadap komunitas tersebut.

Silakan sampaikan komentar Anda