Keuntungan dan Larangan Google Plus Bagi Usaha Kecil Menengah

google-plus-untuk-bisnis

Bagi para pengguna Google Plus untuk personal, tidak akan ada bedanya antara Google Plus dan media sosial lainnya. Tetapi bagi Usaha Kecil Menengah, Google Plus tidak bisa diabaikan begitu saja sebagai salah satu media Internet Marketing. Google Plus tidak hanya sekedar media sosial bagi usaha kecil menengah karena dia bisa digunakan untuk meningkatkan ranking situsnya di halaman pencarian Google.

Menggunakan Google Plus bagi usaha kecil menengah merupakan suatu keharusan karena platform ini merupakan bagian tidak terpisahkan dengan Google Search. Dengan Google Plus, sebuah situs sangat berpotensi untuk diranking lebih tinggi dibandingkan situs yang tidak menggunakan Google Plus di hasil pencarian Google, apalagi bila Google Plus ini diintegrasikan dengan layanan Google for Business. Google for Business ini merupakan layanan lain lagi dari Google yang didedikasikan untuk usaha kecil menengah untuk mempromosikan toko fisik, dimana anda bisa mencantumkan lokasi dimana letak toko beserta petunjuk arah, nomor telepon, foto, pendapat pelanggan dan banyak layanan lainnya. Google for Business ini akan diprioritaskan tampil di halaman pencarian. Itulah sebabnya kenapa menggunakan Google Plus memang lebih plus dibandingkan platform lainnya.

Keuntungan

Lebih Menguntungkan Terhadap SEO

Perbedaan utama antara Google Plus dan media sosial lainnya adalah faktor Google. Ini artinya salah satu keuntungan terbesar menggunakan Google Plus adalah nilai SEOnya. Para pemilik usaha kecil menengah harus bisa mengambil keuntungan dengan cara mengkombinasikan Google Plus Local Page (peta) dan Google Plus Business Page. Dengan sedikit sentuhan ini, sebuah bisnis akan lebih tinggi nilainya berdasarkan pencarian secara lokal.

Tampilan Secara Visual

Menambahkan gambar pada bagian kepala laman Google Plus akan membantu pengguna untuk mengenal lebih dekat pada bisnis anda. Apalagi, gambar tersebut yang akan muncul ketika seseorang menemukan usaha anda di halaman hasil pencarian (SERP) jika akun Google for Business tersebut telah terverifikasi. Umumnya, seseorang akan merasa lebih aman bekerja sama dengan usaha yang jelas lokasi toko dan mempunyai informasi jelas.

Bagikan Konten Secara Teratur

Bagian paling penting bagi sebuah usaha adalah memperoleh pelanggan baru melalui website, dan Google Plus bisa mewujudkannya. Caranya adalah dengan membagikan postingan mengenai usaha yang anda geluti di komunitas yang paling sesuai dengan usaha. Tetapi perlu diingat, bahwa orang sangat menyukai untuk terhubung secara personal, untuk itu silakan tambahkan pendapat pribadi anda di postingan tadi. Dengan demikian, anda akan memperoleh lebih banyak komentar, +1, dan barangkali postingan tersebut akan dibagikan ulang oleh orang-orang yang menyukai dan setuju dengan pendapat anda.

Klaim Otoritas Anda Dengan Tag rel=publisher

Langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan markup rel=publisher di website. Dengan demikian laman Google plus tadi akan terhubung dengan website. Keuntungan mengimplementasikan markup rel=publisher ini adalah ketika seseorang melakukan pencarian di Google dan menemukan laman usaha anda, maka informasi di laman akan muncul di bagian kanan dari hasil pencarian. Dengan demikian mereka bisa melihat informasi tentang bisnis anda. Dengan melakukan tips ini merupakan bantuan sangat besar agar audien anda meningkat lebih cepat.

Cara Postingan Lebih Terlihat

Formatlah postingan anda dengan tulisan ditebalkan, miring dan inden. Selain itu, tambahkan juga gambar menarik. Sebagai tambahan, pergunakan hashtag karena hashtag merupakan salah satu bentuk kata kunci.

Tingkatkan Follower

Berusahalah selalu untuk menambahkan follower dari waktu ke waktu. Tambahkan orang yang mungkin tertarik dengan produk atau jasa yang anda geluti ke lingkaran, dengan harapan mereka akan menambahkan anda kembali. Alangkah lebih baiknya jika anda fokus kepada orang yang berada pada industri yang sama, disamping konsumen potensial dan para pakar di bidang usaha yang sedang anda geluti saat ini. Di saat telah mencapai cukup follower, jumlahnya akan terus bertambah dari waktu ke waktu, apalagi laman anda itu akan muncul di pencarian organik Google. Tambahan lagi, ketika jumlah followernya semakin bertambah, maka otoritas atau tingkat kepercayaan Google terhadap brand tadi akan terus bertambah juga. Efeknya tentu saja ke hasil pencarian, dimana anda akan ditampilkan lebih tinggi dibandingkan di saat follower masih sedikit.

Menargetkan Follower

Untuk menargetkan follower ini kelihatannya saja yang gampang, tetapi sesungguhnya membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas karena anda harus memastikan bahwa konten yang ditampilkan sesuai dengan mereka. Pertanyaan yang harus dijawab untuk menargetkan follower ini adalah seperti apa produk yang anda tawarkan tadi akan dilihat oleh konsumen? Apa yang mereka sukai? Apakah sebagian follower itu laki-laki atau perempuan? Dimanakah mereka tinggal? Anda tentunya tidak menginginkan buang-buang waktu saja sewaktu mempromosikan usaha di internet, bukan?

Tambahkan Tombol +1 di Situs

Satu lagi yang paling penting adalah usahakan agar follower tadi bersedia untuk membagikan atau memberi +1 situs. Dengan demikian, anda harus menambahkan tombol +1 di situs dan usahakan agar tampilannya menarik perhatian mereka untuk bersedia mengklik tombol tersebut. Jika mereka mengklik tombol +1 tadi akan mempunyai dampak cukup signifikan terhadap ranking pencarian di Google tergantung berapa banyak +1 didapatkan. Jika seseorang mengklik tombol +1 pada postingan anda, itu artinya tulisan telah direkomendasikan terhadap seluruh teman yang ada di lingkaran dan teman dari teman orang tadi. Disamping dari Google plus, Google juga akan mengambil data dari media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter tentang usaha kecil anda.

Keuntungan Membuat Komunitas

Komunitas merupakan salah satu fitur di Google Plus. Fitur ini sangat bagus untuk terhubung dengan orang di bidang industri anda, klien potensial dan partner strategis. Semuanya tergantung tujuan yang ingin anda tuju sewaktu menggunakan komunitas. Sebagai contoh, jika anda bergerak di bidang jasa konsultan pemasaran dan klien sasaran adalah perusahaan lokal maka anda bisa membuat sebuah komunitas untuk berdiskusi dengan klien dan rekan kerja di komunitas tersebut. Dengan menggunakan komunitas anda akan menjadi lebih terorganisir walaupun anggota komunitas tadi bukanlah salah satu dari lingkaran anda.

Keuntungan Review

Review merupakan ulasan seseorang tentang sebuah perusahaan atau jasa yang telah mereka pergunakan sebelumnya. Disini mereka bisa menyampaikan pendapat pribadi mereka terhadap bagaimana perasaan mereka ketika menggunakan jasa sebuah perusahaan. Dengan adanya review ini akan meningkatkan kredibilitas perusahaan, apalagi kalau reviewnya bernada positif dan efeknya di mesin pencari pun akan meningkat seiring review positif yang anda terima. Oleh karena itu, jangan pernah merasa malu untuk meminta mereka untuk mengulas atau menyampaikan pendapat mereka (terutama jika anda yakin bahwa mereka puas akan layanan yang telah diberikan) pada laman Google Bisnis perusahaan.

Memfollow Perusahaan Lain

Dengan memfollow perusahaan sejenis dan para pakar di bidang usaha anda akan meningkatkan kesempatan bagi majunya perusahaan. Dengan mengikuti mereka, anda akan memperoleh informasi terbaru dan update yang mereka bagikan.

Larangan Yang Harus Dihindari

Lupa Mengklaim Laman Bisnis

Hal terpenting setelah anda membuat laman bisnis Google, adalah mengklaimnya bahwa laman tersebut kepunyaan anda. Cara tergampang apakah sudah terdaftar di Google pencarian adalah dengan melihat di hasil pencarian Google dengan cara menuliskan nama perusahaan di Google. Jika sudah ada, silakan klaim bahwa laman tersebut adalah milik anda dan lanjutkan dengan memverifikasi alamat perusahaan dan menautkannya ke situs perusahaan.

Mengabaikan Profil

Setelah anda mengklaim laman bisnis tadi, jangan lupa untuk memastikan bahwa seluruh informasi mengenai usaha anda sudah tercantum dengan benar di sana. Jangan pernah abaikan detil sekecil apapun, terutama alamat beserta nomor telepon serta foto-foto toko atau perusahaan dan suasana di sekitar toko serta video. Pastikan juga menggunakan kata kunci yang cocok dengan jenis usaha yang sedang dijalani. Dengan demikian ketika orang membutuhkan jenis jasa anda, maka mereka akan bisa menemukan laman bisnis tadi. Untuk itu, sewaktu akan membuat kata kunci, bayangkan anda merupakan seseorang yang butuh pertolongan perusahaan dan apa kira-kira yang akan anda tuliskan ketika mencari jasa anda tersebut di Google.

Melupakan Lingkaran Google Plus

Lingkaran merupakan sarana bagi anda untuk mengelompokkan pelanggan. Ini penting karena tipe-tipe pelanggan sebuah perusahaan tentu tidak akan sama karena produk yang ditawarkan perusahaan pun pastinya tidak satu jasa saja. Dengan menggunakan lingkaran Google Plus secara benar, anda bisa membagikan konten yang lebih tertarget dan meningkatkan kemungkinan berinteraksi dengan audien.

Spam

Spam adalah salah satu paling tidak disukai oleh Google dan para penggunanya. Spam merupakan kegiatan memposting terlalu banyak di sebuah komunitas. Jika anda telah ditandai sebagai spammer, artinya kiamat bagi perusahaan dan laman bisnis perusahaan.

Menyamakan Google Plus Dengan Media Sosial Lain

Biasanya Google Plus dipergunakan untuk bisnis, beda dengan Facebook atau Pinterest. Media sosial lain, seperti Facebook, merupakan sarana untuk saling terhubung dengan teman dan keluarga. Sementara Google Plus merupakan sarana bagi para pengusaha dan para profesional untuk meningkatkan eksistensi dan kredibilitas mereka di internet. Dengan demikian, konten yang anda bagikan tentu tidak akan sama.

Menyamakan Fungsi Google Plus dan Laman Google

Cara menggunakan dan konten yang dibagikan di Google Plus dan Laman Google tentu akan sangat berbeda. Google Plus sebaiknya digunakan untuk menyampaikan pendapat atau keahlian pribadi anda di internet. Sementara Laman Google adalah media untuk mempromosikan sebuah usaha atau perusahaan.

Silakan sampaikan komentar Anda