Ikhtisar Laporan Pemirsa

Beginner 3.1

Laporan pemirsa terletak di bawah “Audience” (pemirsa) di bagian kiri navigasi. Laporan ini dapat membantu anda agar lebih mengerti dengan karakteristik pengguna anda. Termasuk dari negara mana mereka berasal, bahasa apa yang mereka gunakan, dan teknologi yang mereka gunakan untuk mengakses situs anda. Tetapi disamping itu juga termasuk data seperti umur dan jenis kelamin, interaksi dan loyalitas mereka, dan bahkan beberapa minat dari pemirsa tersebut.

Laporan Pengguna Aktif

Mari kita mulai dengan laporan “Pengguna Aktif”. Disini anda akan melihat seberapa banyak pengguna anda berkunjung ke situs, minimal mereka berkunjung dalam satu sesi saja dalam satu hari terakhir, tujuh hari, 14 hari dan bahkan bisa 30 hari terakhir. Kami menyebutnya dengan “site reach” (jangkauan situs) atau “stickness”. Jika aktifitas pemasaran dan isi situs dapat membuat pembaca mengunjungi situs anda dan mau untuk berkunjung kembali, biasanya pengguna aktif akan berkembang dari waktu ke waktu.

Laporan Demografi dan Minat

Kemudian, silakan perhatikan laporan “demographics” (demografis) dan “Interest” (minat). Laporan demografis menyediakan informasi tentang umur dan jenis kelamin pengguna atau pengunjung situs. Laporan minat menunjukkan minat dari beberapa bentuk konten situs seperti teknologi, musik, darmawisata, atau televisi. Informasi ini berguna dalam dua bentuk. Pertama, jika anda tahu target pemirsa anda, dia bisa memferifikasi bahwa situs tersebut telah menjangkau orang yang benar. Kedua, hal ini akan membantu anda untuk menentukan pilihan tentang strategi pemasaran dan isi tulisan yang akan ditulis di situs.

Perlu diperhatikan bahwa untuk melihat data di laporan ini, anda pertama kali harus mengaktifkan fitur periklanan pada laporan “Demographics and Interest” di tiap properti. Klik tab Admin di bawah “Property” dan pilih “Property Setting”. Di bawah “Advertising Features” (Fitur Iklan), on-kan “Enable Demographics and Interest Reports”.

Setelah diaktifkan, anda akan melihat data pada laporan demografis dan minat, diantaranya umur, jenis kelamin dan minat dari pengguna. Jika anda telah mengaktifkan fitur ini, dibutuhkan satu hingga dua hari agar datanya muncul. Juga, laporan Demografis mungkin tidak berisi data yang trafiknya sangat rendah atau segmennya terlalu kecil.

Laporan Geografis

Laporan “Lokasi” di bawah “Geo” adalah salah satu laporan pemirsa paling berguna. Google Analytics bisa menentukan secara anonim kontinen, sub-kontinen, negara dan kota pengunjung situs berdasarkan alamat IP yang digunakan oleh browser pengunjung tersebut. Perhatikan peta geografis di bagian atas laporan, disana anda bisa menyesuaikan tampilannya dalam metrik berbeda. Sebagai contoh, menukar peta untuk menampilkan persentase dari pengunjung baru, bisa mengidentifikasikan pasar potensial baru berdasarkan trafik pengunjung baru ke situs anda. Ini bisa membantu anda untuk menentukan apakah ingin memfokuskan pemasaran pada lokasi tersebut.

Anda juga bisa menggunakan tabel dibawah visualisasi untuk menentukan daerah mana yang memiliki konversi atau tingkat penjualan tertinggi, tetapi trafiknya tidak terlalu tinggi. Ini bisa mengidentifikasi bahwa daerah tersebut merupakan pasar yang belum diolah melalui media periklanan.

Teknik analisa lainnya adalah untuk mengidentifikasi daerah mana yang telah memiliki banyak pemirsa, tetapi mereka tidak terlalu antusias dalam membeli barang anda. Sebagai contoh, jika ada beberapa daerah memiliki rasio pantulannya tinggi dibandingkan secara keseluruhan (rasio pantulan ini adalah pengunjung hanya mengunjungi satu halaman saja dan kemudian menutup atau berpaling ke situs lain), anda barangkali harus mengoptimalkan periklanan atau website. Mungkin anda harus menerjemahkan iklan atau situs anda ke dalam bahasa lokal atau menambahkan konten khusus untuk daerah tersebut.

Laporan Tingkah Laku

Dibawah “Geo”, merupakan setelan laporan tingkah laku yang berguna untuk mengerti seberapa sering pengunjung mengunjungi dan kembali ke situs anda. Laporan “New vs. Returning” (baru dan berulang) menampilkan akuisisi, kebiasaan, dan metrik tujuan konversi untuk pengguna baru dan berulang. Anda bisa melihat pada perbandingan ini dari waktu ke waktu untuk melihat bagaimana perobahan loyalitas pengunjung. Pertimbangkan juga tujuan anda membuat website, seperti juga aktifitas pemasaran anda, ketika mengevaluasi perbandingakn pengguna baru dan berulang ke situs anda.

Laporan Teknologi dan Perangkat Bergerak

Di sebelah bawah laporan tingkah laku, terdapat laporan “Technology” dan “Mobile”. Ini bisa membantu anda untuk mengerti teknologi apa yang digunakan oleh pengguna ketika berkunjung ke situs. Laporan ini bisa membantu anda untuk memperbaiki situs agar berfungsi secara optimal pada seluruh perangkat dan browser.

Sebagai contoh, anda bisa menggunakan laporan “Browser and Operating System” (Browser dan sistem operasi) untuk secara cepat menemukan masalah cengan beberapa browser di situs anda. Jika situs anda memiliki rasio pentalan tinggi terhadap browser di perangkat bergerak, anda harus mengoptimisasi agar situs itu nyaman digunakan sewaktu menggunakan perangkat bergerak serta navigasinya disederhanakan.

Perlu difahami bahwa para pengguna sekarang ini telah mulai berpindah dari menggunakan desktop ke perangkat bergerak dan anda harus bisa mengikuti perkembangan teknologi. Anda bisa menggunakan laporan “overview” dibawah “mobile” untuk melihat permasalahan trafik yang datang dari smartphone, tablet dan desktop. Periksalah laporan ini untuk melihat bagaimana perkembangan pengguna mobile di situs anda dari waktu ke waktu.

Laporan “device” (perangkat) untuk melihat tambahan detail tentang perangkat yang digunakan sewaktu berkunjung ke situs anda. Disini termasuk nama perangkat bergeraknya, merek, penyedia layanan, sistem operasi dan dimensi lainnya seperti resoluti layarnya. Laporan ini bisa memberikan arah yang jelas kepada developer dan desain situs anda bagaimana cara untuk membuat situs tersebut nyaman digunakan sewaktu menggunakan perangkat bergerak.

Sumber:

Video : GA

Transkrip : GA Support

Free Hit Counters
Web Site Hit Counters

Silakan sampaikan komentar Anda