Hitung-hitungan 100.000 dolar per tahun dengan Adsense

Apakah mungkin mendapatkan penghasilan sebanyak 100.000 dolar dalam satu tahun dari Google Adsense? Jika ya, pertanyaannya adalah berapa banyak trafik yang diperlukan untuk mendapatkan uang sebanyak itu?

Sangat betul sekali kalau kita tidak bisa memperkirakan berapa pendapatan yang bisa didapatkan dari Google Adsense. Oleh karena itu kita harus bereksperimen.

Disamping itu, kita harus pastikan juga bahwa kategori situs kita termasuk kategori yang “menjual” karena pendapatan Adsense tergantung sekali dari kategori apa dari sebuah website. Untuk membantu mengetahui bagaimana ketatnya persaingan dalam nice blog yang ingin dibuat, dapat dipergunakan Google Adwords Keyword Planner.

Jika persaingan di nice tersebut cukup ketat, dapat diasumsikan bahwa Google akan membayar dengan harga tinggi.

Contoh, jika kamu lakukan pencarian di mesin pencari tentang “pinjaman”, lantas dari hasilnya terlihat bahwa persaingannya tinggi, artinya andai kamu mempunyai sebuah blog yang berhubungan dengan peminjaman uang maka kompetisinya cukup ketat. Persaingan ketat berarti uang bagi pengiklan pun akan mahal (suggested bidnya akan mahal).

Bayaran per klik untuk advertiser (pemilik blog) lebih tinggi dibandingkan bayaran per klik untuk iklan yang tampil di jaringan Google (salah satunya adalah AdWord). Kalau bayaran per klik untuk advertiser sebesar 0,5 dolar, maka bayaran iklan di AdWord hanya sebesar 0,10 saja.

Beberapa nice yang paling mahal adalah finance, internet marketing, teknologi, web hosting, internet dan computer, software, kesehatan.

Sementara pembayaran paling rendah adalah entertainmen, seni, movie, gossip selebriti, berita, lucu-lucuan, wallpaper, kutipan, resep, foto dan sebagainya.

Berapa banyak trafik yang dibutuhkan agar menghasilkan di Adsense?

Seperti judul di atas, kita asumsikan target pendapatan per tahun adalah 100.000 dolar per tahun. Jadi seharinya adalah 100.000 : 365 = 274 dolar sehari.

Maka pilihan agar mendapatkan 274 dolar per hari adalah:

Kita mempunyai 274 halaman yang menghasilkan 1 dolar per hari, atau 548 halaman dengan penghasilan 0,5 dolar per hari atau 1,096 halaman dengan pendapatan perharinya sebesar 0,25 dolar.

Barangkali pilihan terakhir yang mungkin paling masuk akal, yaitu dengan 1.096 halaman akan menghasilkan 0,25 dolar perhari.

Mari kita lanjut ke hitung-hitungannya.

Rata-rata Page CTR sekitar 1% dan rata-rata CPC adalah 0,25 dolar.

Target pendapatan adalah 100.000 dolar per tahun, artinya harus mendapatakan 274 dolar per hari. Jika rata-rata CPC sebesar 0,25 dolar, yang dibutuhkan adalah 100.000/0,25 = 400.000 klik dalam setahun atau kira-kira 1.000 klik dalam sehari untuk mendapatkan 100.000 dolar setahunnya dari GA.

Asumsi kita adalah Page CTR adalah 1%, maka page view yang dibutuhkan per hari sebanyak 100.000. Sekarang, katakanlah Bounce Rate (perkiraan persentase kunjungan ke sebuah website yang terdiri dari satu page view) adalah 100%. Ini berarti bahwa kita butuh 100.000 pengunjung unik dalam sehari supaya mendapatkan 100.000 page view perhari.

Dengan kata lain, kita butuh 100.000 pengunjung dalam sehari agar tujuan mendapatkan 100.000 dolar per tahun barulah dapat tercapai (dengan asumsi bahwa CTR 1% dan CPC 0,25 dolar).

Pengertian istilah

Page Views, adalah apa yang dihitung oleh Google dalam laporan kita tiap seseorang membuka halaman yang menampilkan iklan Google. Kita akan hitung satu page view tanpa memperhitungkan jumlah iklan yang ditayangkan di satu halaman itu.

Contoh, Jika di dalam satu halaman itu ada tiga buah unit iklan dan halaman itu dilihat sebanyak dua kali, artinya page viewnya berjumlah 2.

Clicks

Untuk iklan standar, Google menghitung sebuah klik ketika seseorang mengklik iklan.

Link unit, Google menghitung sebuah klik ketika seorang mengklik iklan di laman ads setelah memilih sebuah tautan di suatu unit iklan.

Page Click Through Rate (Page CTR)

Merupakan jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayang atau page view yang didapat.

Page CTR = klik / jumlah tayang iklan

Contohnya, jika didapat 5 buah klik dari 100 page views, maka Page CTRnya adalah 5% (5/100*100% = 5%).

Cost Per Click (CPC)

CPC adalah jumlah yang didapat tiap kali seseorang mengklik iklan. CPC bagi tiap iklan ditentukan oleh pemasang iklan; beberapa pemasang iklan mau membayar lebih dari saingannya, tergantung dari apa yang mereka iklankan.

Page Revenue Per Thousand Impression (Page RPM)

RPM dihitung dengan membagi perkiraan pendapatan dengan jumlah page view didapat, kemudian dikalikan 1000.
Page RPM = (perkiraan pendapatan / jumlah total tayang) * 1.000

Contoh: jika perkiraannya 0,15 dolar dari 25 total tayang, maka RPMnya = (0,15 / 25) * 1000 = 6 dolar.
Perkiraan pendapatan dalam suatu periode waktu tertentu.

Perkiraan saya, kita tentu tidak hanya mengandalkan dari GA saja. Blog ini bisa juga mengiklankan dengan menggunakan direct banner ads, iklan teks, tautan bersponsor, affiliate marketing, dan lain-lain.

Berikut alternatif memonetasi blog.

Beriklan dengan Cost Per Impression (CPM)

Katakanlah kita juga menempatkan direct banner dan CPM yang dapat berpengaruh kepada jumlah pendapatan dari website.

Pengertian Iklan CPM

CPM (Cost Per Mille) artinya adalah biaya per 1000 kali tayang. Jaringa CPM akan membayar tiap 1000 kali tayang yg dihasilkan. Jika sebuah jaringan CPM membayar sebesar 1 dolar, artinya mereka akan membayar kamu sebesar 1 dolar tiap 1000 tayang.

Pendapatan CPM sangat tergantung kepada kualitas trafik yang didapat. Biasanya total per 1000 kali tayang ini berkisar antara 1 hingga 3 dolar. Maka, jika websites kamu trafik perharinya adalah 100.000 tayang, artinya pendapatan dari CPM ini sekitar 100 hingga 300 dolar.

Sekarang, kamu bisa membagi trafik menjadi tiga agar mendapatkan 300 dolar dari 3 jenis jaringan iklan. Artinya kita butuh 100.000 / 3 = 33.333 pengunjung unik dalam sehari (dengan bounce rate 100%) agar menghasilkan 274 dolar perhari.

Jika situs kamu TLD, bounce ratenya tidak akan pernah 100%. Anggaplah rata-rata page viewnya untuk tiap pengunjung sebesar 1,5. Artinya adalah 50% dari pengunjung akan keluar dari landing page dan 50% lainnya akan mengunjungi lebih dari satu laman.

Secara keseluruhan, kita harus mendapatkan 20.000 pengunjung perhari untuk mendapatkan lebih kurang 30.000 page view sehingga dapat menghasilkan 274 dolar per hari.

Jika anda juga mengikuti iklan afiliasi, perkiraan jumlah pengunjung akan lebih sedikit lagi.

Cara Mengoptimasi Google Adsense

Ada beberapa cara mengoptimisasi iklan GA. Kamu bisa mencoba iklan teks saja, gambar saja, dan gabungan teks dan gambar untuk menemukan format mana yang paling bagus dan mendapatkan penghasilan terbesar. Google merekomendasikan format 728 x 90, 336 x 280, 300 x 250 dan 160 x 600.

Format iklan diatas merupakan rekomendasi dari GA karena iklan seperti diataslah menghasilkan pendapatan paling banyak berdasarkan pengalaman Google Adsenses dan Google akan menempatkan iklan paling mahal di jenis iklan ini.

Kesimpulan

Berdasarkan hitung-hitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa jumlah tulisan merupakan hal penting untuk mendapatkan trafik tayang halaman. Oleh karena itu, jika dapat menghasilkan uang banyak dari Google minimal jumlah tulisan adalah 1000 buah dengan artikel berbahasa Inggris.

Bagaimana dengan websites berbahasa Indonesia? Karena bahasa Indonesia tidak setenar Bahasa Inggris, jumlah halaman yang diperlukan bisa jadi 2000 atau 3000 buah guna mendapatkan pendapatan 100.000 dolar per tahun.

Untuk menjadi blogger tidaklah mudah. Menghasilkan karya sebanyak 2000 hingga 3000 buah tidaklah pekerjaan gampang. Jangan pernah bermimpi untuk menjadi kaya dalam beberapa bulan. Kita perlu kerja keras, militansi tinggi, waktu dan tekad kuat.

Terakhir, jika anda mempunyai pendapat, berbagi pengalaman, silakan sampaikan melalui komentar.

Silakan sampaikan komentar Anda