Hashtag dan Cara Penggunaannya

Penggunaan kata Hashtag atau dilambangkan dengan # barangkali sudah biasa bagi anda yang sudah malang melintang di dunia maya. Namun bagi sebagian, penggunaan Hashtag belum sepenuhnya dipahami. Penggunaan Hashtag menjadi sangat penting karena Hashtag berfungsi untuk mengorganisasikan topik atau kata kunci yang ditulis oleh para pengguna Google+.
Cara memakai hashtag sangatlah gampang, tinggal menuliskan lambang # di depan kata yang ingin dijadikan kata kunci atau topik mengenai tulisan yang ingin dibahas. Namun tidak boleh memberi spasi pada kata kunci yang ingin dibuat setelah tanda # tersebut artinya jika kata kunci tersebut lebih dari satu kata, maka penulisannya mesti disambung karena jika tidak maka kata pertama saja yang akan menjadi hashtag, kata kedua dan seterusnya tidaklah menjadi hashtag dari topik yang dibahas. Sebagai contohnya adalah: #carapenggunaanhashtag.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kegunaan hashtag? Jawabannya adalah untuk memfilter pencarian  di waktu ingin mencari sesuatu. Jadi, jika ingin mencari yang berhashtag #android, maka google akan mengurutkan postingan mengenai android dari seluruh pengguna Google+.

Sebaliknya, bagi yang menginginkan untuk ditemukan di Google+, maka penggunaan hashtag menjadi penting karena calon pelanggan  akan mudah menemukan anda.

Sebagai contoh adalah jika seorang pengusaha yang bergerak di bidang finansial, tentunya akan menulis di blog atau di postingan segala sesuatu tentang finansial maka janganlah lupa untuk selalu membuat hashtag #finansial atau yang berkaitan dengan finansial. Sehingga jika seorang calon pelanggan  membutuhkan bantuan di bidang finansial, maka calon pelanggan  tersebut cukup mencari dengan menuliskan #finansial di kotak pencarian.

Bagaimana hashtag ini mempengaruhi pencarian seseorang di mesin pencari google? Penggunaan hashtag yang konsisten dan terus menerus oleh seorang pengguna Google+ akan memudahkan bagi mesin pencari google untuk menemukan postingan anda. Hashtag merupakan karakter khusus yang menjadi salah satu pertimbangan prioritas bagi mesin pencari google dalam memberikan hasil yang paling relevan bagi para penggunanya.

Namun untuk membuat hashtag ini, anda harus berhati-hati karena jika tidak maka anda akan dianggap sebagai spam oleh Google. Hashtag harus berhubungan dengan isi postingan. Jika menggunakan hashtag untuk mengakali mesin pencari google, akibatnya bisa jadi penghapusan akun anda karena Google sangat tidak menyukai kecurangan.

Dapat disimpulkan bahwa menggunakan hashtag berarti anda mengkategorikan informasi yang ditulis berdasarkan kata kunci (hashtag).

Semoga bermanfaat.

Silakan sampaikan komentar Anda