Hal Yang Harus Diperhatikan Sewaktu Memilih Tema atau Template WordPress

tema-wordpressAda yang mengatakan bahwa memiliki banyak pilihan tidak selalu bagus. Dengan adanya banyak pilihan akan mengarah pada kesalahan analisa dan merasa penuh akan informasi sehingga akan menguras lebih banyak energi dalam menentukan pilihan. Demikian juga sewaktu akan menentukan pilihan akan tema WordPress mana yang paling cocok untuk sebuah blog agar terhindar dari salah pilih tema. Oleh karena itu, anda harus mengetahui secara mendalam bagaimana bentuk tema yang benar-benar dibutuhkan.

Dalam tulisan ini, berisikan beberapa faktor penting yang harus diperhatikan sewaktu memilih tema untuk blog menggunakan platform WordPress. Dengan demikian, anda akan dapat mengetahui secara tepat seperti apa yang benar-benar dibutuhkan. Sebagai langkah awal, kita akan menjawab pertanyaan berikut: apakah lebih menguntungkan menggunakan tema berbayar atau gratisan? Berikut ulasannya.

  1. Harga: Gratisan atau Premium

Beberapa tahun lalu, harga merupakan salah satu indikator penting akan bagus atau tidaknya tema tersebut. Tema gratisan biasanya kodingnya buruk dan sering digunakan untuk mencuri data sensitif pengguna. Tetapi seiring dengan berlalunya waktu, sekarang sudah tidak seperti itu lagi. Saat ini developer komunitas WordPress telah membuat ribuan tema gratisan yang sudah aman dan kualitasnya cukup mumpuni.

Dengan begitu, tidak ada perbedaan mencolok diantara gratisan maupun berbayar atau premium. Walaupun demikian masih terdapat beberapa keuntungan dan kekurangannya masing-masing seperti dibahas dibawah ini.

Keuntungan Menggunakan Tema Premium

Sering Diupdate

Barangkali alasan utama menggunakan tema atau template premium karena updatenya lebih sering dibandingkan tema gratisan. Dengan adanya update ini sangat menguntungkan karena dengan demikian masalah keamanan situs bisa tertanggulangi lebih cepat.

Lebih Eksklusif

Karena tema WordPress gratisan sangat populer sehingga banyak situs menggunakannya. Karena terlalu banyak orang menggunakan gratisan ini, kesan eksklusifnya hilang dan berbeda dengan premium dimana akan terlihat lebih eksklusif dan berbeda dibandingkan tema yang banyak beredar di internet.

Dokumentasi Pendukungnya Lebih Baik

Kebanyakan tema premium diiringi dengan dokumen pendukung yang menjelaskan bagaimana menggunakan tema tersebut secara mendetil sehingga penggunanya dapat memaksimalkan seluruh fungsi premium dari tema tadi. Sementara yg gratisan tidak memiliki dokumen pendukung ini, sehingga pengguna gratisan tidak dapat memaksimalkan seluruh kelebihan dari tema tadi.

Dukungan Penuh

Tema premium biasanya menyediakan layanan dukungan penuh, baik itu melalui forum khusus, cetingan langsung dan layanan email. Sementara yang gratis tidak memiliki bantuan seperti ini. Jikalau ada barangkali hanya forumĀ  publik saja dan itu pun tidak dijawab oleh ahli atau dari perusahaan resmi.

Tidak Ada Tautan Atribusi

Kebanyakan tema gratis mencantumkan tautan atribusi yang berada di bagian bawah. Sementara, di tema premium tautan atribusi ini bisa dihilangkan atau tidak disertakan sewaktu mendownloadnya.

Kekurangan Tema Premium

Harga

Biasanya harga tema premium cukup tinggi untuk ukuran orang Indonesia karena kisaran harganya antara 50 dollar hingga 200 dollar untuk satu tema.

Terlalu Banyak Variasi

Tema premium memiliki panel administrasi tersendiri dengan berbagai bentuk setingan variasi. Dengan terlalu banyaknya variasi ini akan membutuhkan waktu lebih untuk mempelajari dan mengaturnya agar sesuai dengan keinginan.

Terdapat Fitur Yang Tidak Dibutuhkan

Pada tema premium biasanya ditambahkan fitur-fitur tambahan yang tidak terdapat pada tema gratisan seperti plugin untuk beberapa buah slider, manajer portofolio dan tambahan skin. Dikarenakan terlalu banyak, terkadang fitur yang tidak dibutuhkan digunakan juga dan ini membuat loading situs akan menjadi lebih lambat.

Secara umum, aspek paling penting yang harus diperhatikan dari sebuah tema, baik itu gratis maupun premium, adalah kualitas dan perawatan di saat membuatnya. Kualitas dari koding akan mempengaruhi seluruh aktifitas situs, dimulai dari masalah keamanan hingga kecepatan loading.

Cara paling gampang untuk melihat kualitas sebuah tema adalah dengan melihat bagaimana pendapat pengguna sebelumnya. Jika tema itu memiliki forum dukungan, bacalah apa saja masalah yang dihadapi oleh pengguna sebelumnya dan bagaimana si pembuat tema menanggapinya untuk memecahkan masalah-masalah tadi.

  1. Kecepatan : Lebih mementingkan kecepatan atau fitur beragam

Kecepatan loading sebuah situs sangat penting. Loading ngebut tidak hanya akan meningkatkan pengalaman pengguna secara umum dari sebuah website, tetapi juga akan meningkatkan rankingnya di hasil pencarian, tingkat konversi dan peningkatan pendapatan dari situs tersebut.

Boleh diibaratkan bahwa loading situs yang lambat telah menjadi penyakit kronis dari website. Untuk itu, sebagai langkah pertama anda harus mengetahui apa penyebab website tersebut menjadi lambat. Secara umum, ada tiga hal penyebab lambatnya sebuah situs.

Terlalu Banyak Fitur

Hati-hatilah jika ada sebuah perusahaan pembuat tema yang dengan sesumbar mengatakan bahwa tema itu dapat menampung hingga 10 slider berbeda, memiliki banyak plugin preinstal dan terdapat banyak animasi JavaScript. Jika terdapat tema seperti ini, biasanya akan mengurangi kecepatan situs dan jika benar-benar menggunakannya, butuh hosting mumpuni agar dapat mengimbangi banyaknya data yang harus ditampilkan.

Terlalu Banyak Menggunakan Format File Besar

Kata kunci disini adalah terlalu banyak dimana jumlah banyaknya akan menjadi subjektif. Cobalah untuk mengurangi penggunaan format file besar seperti gambar berukuran besar, video dan format file lainnya untuk mengurangi beban situs.

Koding Tidak Benar

Kesalahan koding akan berdampak signifikan terhadap performa website. Kesalahan koding biasanya terjadi karena tidak terdapat update dalam rentang waktu dekat. Untuk itu, harus diperhatikan bagaimana sejarah update situs tersebut. Apakah sering di update atau tidak. Jika tidak, sebagus apapun tampilannya, sebaiknya jangan dipergunakan.

Jika anda ingin mengetahui bagaimana kinerja sebuah tema, silakan gunakan Pingdom Website Speed Test. Masukkan URL dari situs demo tema tersebut dan lihat berapa lama loading situs demo tadi dan berapa banyak permintaan (request) HTTP dibuat. Semakin sedikit waktu dibutuhkan untuk loading dan semakin sedikit request HTTP dibuat, akan semakin bagus kinerja tema tadi.

  1. Desain dan Pengalaman Pengguna

Tujuan utama dari sebuah tema adalah agar tampilan website terlihat bagus dan menampilkan brand anda semaksimal mungkin. Walau desain situs agak bersifat subjektif, tetapi secara umum langkah untuk memilih sebuah website dapat mempedomani beberapa hal berikut.

Pertama, carilah tempat penjualan website. Di internet terdapat beberapa pasar tema sebagai tempat memilih tema terbaik untuk website anda. Adapun pasar tadi bisa di ThemeForest, StudioPress dan Elegant Themes.

Kedua, sisihkan waktu untuk melihat-lihat demonya. Apakah cara menggunakannya akan cukup gampang? Apakah ruang putihnya cukup luas? Apakah anda nyaman melihat tampilannya? Apakah dapat menarik perhatian anda? Pertanyaan-pertanyaan tadi merupakan langkah awal dalam memilih template terbaik untuk situs anda.

Terakhir, pastikan untuk memilih tema yang kompatibel untuk seluruh web browser dan mudah diakses.

  1. Responsif

Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa template responsif sudah menjadi harga mati bagi sebuah blog. Hal ini dikarenakan terjadi pelonjakan penggunaan perangkat bergerak dan tablet dari waktu ke waktu. Jika anda ragu apakah tema incaran sudah responsif atau belum, silakan pergunakan mobile-friendliness tool untuk memeriksanya.

  1. SEO

WordPress merupakan salah satu CMS yang paling SEO friendly. Tetapi, masih banyak terdapat diluar sana tema yang masih melakukan kesalahan terhadap SEO, seperti menghilangkan header dan alt-tag, disesaki oleh konten duplikat dan kesalahan URL dinamis.

Ketika memilih sebuah tema, perhatikan apakah sudah dioptimisasi SEOnya dengan benar atau apakah SEOnya sudah siap pakai di deskripsi tema tersebut, tetapi jangan langsung percaya saja. Banyak developer menyebutkan bahwa templatenya sudah SEO friendly dan sebagainya hanya sebagai penglaris saja.

Agar lebih yakin, bisa mempergunakan sebuah ekstensi dari Chrome seperti MozBar atau SEO Site Tools untuk memeriksa SEO dari demo sebuah tema atau template.

  1. Gampang Dirubah

Dashbor untuk merubah bentuk tema telah menjadi keharusan dari sebuah tema. Dengan adanya dasbor ini akan memudahkan anda untuk merubah tampilan situs secara langsung. Sebagai tambahan, menggunakan plugin seperti Visual Page Editor akan lebih memudahkan untuk membangun struktur halaman yang lebih kompleks tanpa harus mengubah kodingnya. Selain itu, ada pula WYSIWYG editor yang agak terbatas penggunaannya.

Secara umum dapat disimpulkan dengan menggunakan editor ini, dengan sedikit usaha, dapat merubah tampilan situs secara signifikan. Jika developer tema memiliki demo akan panel administrasinya, akan sangat direkomendasikan sekali mencobakan panel tersebut untuk memastikan bahwa anda dapat merubah tampilannya seperti diinginkan.

  1. Masalah Keamanan

Efek paling serius akan keamanan sebuah website, termasuk hosting, adalah terhadap plugin dan tingkat kekuatan password. Ketika ingin membeli template, salah satu cara untuk mengetahui tingkat keamanannya adalah dengan membaca apa yang disampaikan oleh pengguna terdahulu. Kecuali kalau tema tersebut dibuat oleh developer terpercaya, sebaiknya hindari tema yang tidak banyak di download atau tidak mempunyai review sama sekali atau reviewnya bernada negatif.

Sangat disarankan sekali untuk mengevaluasinya di forum komunitas seperti ThemeForest, dimana seluruh review pengguna ditampilan secara default. Tingkat transparansi akan kebenaran sebuah tema sangat diperlukan sekali, dimana tidak akan ditemukan keterangan seperti ini dari developernya.

Jika keamanan tema mempunyai titik kelemahan, biasanya pelanggan akan menyampaikannya di forum dan ditandai sewaktu mereka melakukan review. Jika pihak developer telah memperbaiki masalah tadi, maka rating dari tema tersebut akan meningkat sebagai tanda akan kualitas tema secara keseluruhan.

Kesimpulan

Sewaktu melakukan pemeriksaan terhadap seluruh poin diatas, sebenarnya masing-masing poin saling terkait, dan akan menuju ke sebuah kesimpulan bahwa sebuah tema atau template harus dibangun berdasarkan kualitas.

Salah satu hal terbaik ketika memilih sebuah tema adalah mempelajari tentang orang atau perusahaan yang membuatnya. Jika mereka mempunyai reputasi bagus, maka tidak akan diragukan lagi mereka telah memiliki kualitas bagus, dibandingkan yang tidak reputasi sama sekali.

Tidak ada tema atau template yang sempurna, dan anda harus melakukan beberapa perbandingan. Dengan rekomendasi berdasarkan tulisan ini, diharapkan anda telah memperoleh informasi yang cukup untuk memilih tema mana yang bagus dan cocok untuk blog sehingga website bisa lebih cepat loadingnya, kodingnya bagus dan SEO friendly serta fiturnya sudah sesuai dengan kebutuhan.

Terakhir, jika memiliki pengalaman sewaktu memilih tema atau template blog atau tambahan akan kekurangan isi tulisan, silakan sampaikan melalui komentar.

 

 

Silakan sampaikan komentar Anda